Written by 1:14 am Bisnis Online, Tips & Trik

Panduan Belajar Bisnis Online Terlengkap Untuk Pemula [2024]

Panduan Belajar Bisnis Online Terlengkap Untuk Pemula

Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis sukses maka kamu harus mengetahui cara  belajar berbisnis online yang benar itu seperti apa, karena berbisnis itu tidak bisa asal, semua ada proses dan tata caranya jika ingin bisnis kamu berjalan lancar dan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Dalam berbisnis di era seperti sekarang banyak pelaku usaha maupun pebisnis membuka bisnis melalui internet bisa dikatakan berbisnis online, namun aktivitas bisnis ini banyak jenisnya, jadi jika kamu ingin menggeluti dunia bisnis online memang harus tau cara belajar berbisnis online yang baik.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebenarnya cara belajar berbisnis online itu relatif mudah kok, banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis online meskipun mereka adalah seorang pemula dan tidak punya bakat bisnis sama sekali.

Apapun yang menghargai proses akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Untuk itu, di artikel berikut ini kamu akan mendapatkan panduan lengkap mengenai cara belajar berbisnis online yang baik untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses.

5 Langkah Untuk Menjadi Pebisnis Online Sukses

Peluang Bisnis Online Jualan Online

Cara menjadi pebisnis online sukses adalah dengan mengetahui cara belajar berbisnis online yang baik, berikut ini adalah 5 langkah lengkap yang bisa kamu ikuti untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses.

1. persiapan yang matang sebelum memulai bisnis online

Sama hal nya ketika kamu sedang menyusun sebuah acara besar, pasti memerlukan perencanaan yang matang agar acara bisa berjalan dengan sukses, sama dengan memulai bisnis online juga perlu persiapan yang matang sebelum memulai.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan, bukan hanya modal dan kesiapan mental saja, namun ada riset – riset dan juga fokus utama yang perlu kamu tentukan sebelum terjun ke dunia bisnis online.

Persiapan sebelum memulai bisnis online

Berikut ini adalah persiapan yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis online, yaitu;

1. Modal

Untuk memulai cara belajar berbisnis online, kamu harus tahu jika dalam bisnis modal menjadi hal yang penting, meskipun banyak bisnis online yang menawarkan solusi bisnis modal minim, namun tak bisa dipungkiri setiap bisnis yang ingin dijalankan dalam waktu jangka panjang membutuhkan modal.

Modal dalam berbisnis online adalah modal yang dibutuhkan seperti modal produksi produk, modal operasional bisnis dan lain – lain. Kamu harus menentukan keuangan yang baik untuk bisa menjalankan bisnis.

Baca juga : 4 Jenis Modal Usaha : Contoh & Cara Mendapatkannya

2. Kesiapan Mental

Mental itu penting untuk bisa disiapkan secara matang, jangan sampai kamu hanya semangat pas di awal memulai saja, namun tenggelam karena tidak kuat akan persaingan atau mulai bosan dengan rutinitas bisnis, apalagi jika bisnis kamu belum berjalan dengan stabil.

Kamu harus siap mental jika ingin menjalankan bisnis, karena merintis bisnis itu memiliki resiko dan konsekuensi, kamu juga harus siap gagal jika rencana bisnis kamu tidak berjalan semestinya, namun jangan pantang menyerah.

Itulah kenapa kamu harus mengetahui cara belajar berbisnis online yang tepat, agar saat bisnis kamu gagal kamu sudah punya back up planning untuk bisa bangkit dan kembali berbisnis.

3. Menentukan Perencanaan yang matang

Cara belajar berbisnis online berikutnya adalah menentukan perencanaan yang matang, dimana dalam memulai bisnis kamu memang butuh rencana sebagai langkah awal kamu dalam memulai bisnis.

Setelah kamu mengetahui berapa modal yang kamu miliki dan kesiapan mental yang matang, perencanaan akan jauh lebih mudah dilakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kamu bisa menyusun rencana dengan menggunakan daftar kebutuhan yang dibutuhkan dalam memulai bisnis seperti berapa modal awal, produk apa yang akan dijual, produksi produknya seperti apa, sampai ke target pasar kamu siapa saja.

Semua rencana disusun dengan rapih agar kamu bisa menjalankan langkah demi langkah secara terorganisir.

4. Fokus, Jangan mudah goyah

Setelah kamu menyusun perencanaan bisnis yang matang, yang perlu kamu lakukan sebagai cara belajar berbisnis online adalah fokus, tetaplah fokus pada tujuan mengapa kamu berbisnis dan tetap dalam perencanaan.

Dengan melatih fokus, kamu bisa menggunakan manajemen waktu agar bisa memaksimalkan persiapan memulai bisnis online. Jangan sampai kamu juga melenceng dari perencanaan awal agar rencana yang sudah disusun tidak berantakan.

5. Menyusun Anggaran

Cara belajar berbisnis online berikutnya adalah menyusun anggaran, dimana kamu harus bisa mengontrol dan mengendalikan biaya pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis kamu agar meminimalisir terjadinya kerugian. Lebih baik lagi jika kamu sudah mempersiapkan cost control yang baik untuk menyusun anggaran agar tetap stabil.

6. Menentukan Produk

Cara belajar berbisnis online berikutnya adalah menentukan produk, jika kamu sudah yakin akan berbisnis online, sebaiknya kamu mulai menentukan produk yang akan kamu jual itu seperti apa, apakah kamu butuh supplier atau penyedia produk sehingga kamu tidak perlu produksi produk sendiri atau malah kamu ingin melakukannya sendiri.

Untuk menentukan produk seperti apa yang kamu jual kamu perlu melakukan riset produk agar produk yang kamu jual memang ada pasarnya.

Jangan lupa dalam meriset produk kamu harus mengikuti tren produk yang ada, jika saat ini industri wewangian sedang naik bahkan digandrungi masyarakat, kamu bisa membuat inovasi baru tentang produk wewangian, misalnya kamu mengincar target pasar remaja, kamu bisa mencari tahu parfum apa yang cocok dengan mereka, apa yang harus ditonjolkan agar parfum ini bisa relate dengan dailylife nya mereka.

Namun jika kamu akan menggunakan supplier, kamu tidak perlu repot meriset produk sesuai tren karena biasanya ada supplier yang menyediakan produk sesuai tren dan siap untuk dijual.

Baca juga : Perbedaaan Antara Supplier dan Distributor dalam Bisnis

7. Mengetahui Target Market

Langkah berikutnya sebagai cara belajar berbisnis online yang tepat adalah mengetahui target market sebelum kamu memulai bisnis.

Target market adalah hal yang penting dalam bisnis, karena target market berhubungan dengan pelanggan yang akan membeli produk kamu nantinya.

Cara belajar berbisnis online pada tahap ini, Kamu harus mengetahui cara meriset target market yang baik dan mengetahui bagaimana menjangkau mereka, dimana tempat mereka berkumpul dan lain sebagainya.

Jika produk sudah ada, dan target market sudah jelas, maka selanjutnya kamu bisa membuat toko online kamu dan membuat website kamu agar bisnis lebih terlihat profesional.

Baca juga : Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Untuk Bisnis Online

8. Riset Kompetitor

Cara belajar berbisnis online berikutnya adalah riset kompetitor yang memang  penting untuk dilakukan, agar kamu mengetahui siapa saja yang jadi kompetitor kamu, dan kamu juga bisa menghindari persaingan dengan menonjolkan apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Dengan meriset kompetitor, kamu bisa membuat konten dan strategi marketing yang baik dan bisa lebih menonjol daripada kompetitor, dan membuat pelanggan menjadi lebih loyal kepada bisnis kamu dan tidak berpaling ke pesaing.

Tips atau cara belajar berbisnis online berikutnya adalah melakukan riset kompetitor dengan baik, seperti mulai menganalisis mereka, bisa dimulai dengan mengelompokkan kompetitor, mengunjungi website atau sosial media kompetitor, melihat bagaimana review kompetitor.

Hasil riset kompetitor tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat strategi marketing yang lebih baik dari pesaing.

Baca juga : Riset Kompetitor Adalah: Manfaat & Cara Melakukannya

9. Buka toko online

Setelah semua langkah – langkah cara belajar berbisnis online sudah dilakukan, berikutnya adalah kamu siap membuka toko online kamu, dalam membuka toko online kamu harus memikirkan nama toko yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual berbagai produk skincare kamu bisa menggunakan nama Beauty Skin Care, setelah nama selesai kamu bisa memulai hal teknis dengan membuat toko di marketplace, membuat website kamu sendiri.

Selain nama toko, kamu juga perlu memiliki identitas toko loh seperti logo, karena logo itu adalah representasi brand kamu.

Baca juga : Cara Menentukan Nama & Logo Brand Yang Bagus Untuk Bisnis

Nah setelah cara belajar berbisnis online bagian persiapan ini selesai kamu lakukan, selanjutnya kamu masuk ke langkah kedua, yaitu konsisten dalam mengurus bisnis online.

2. Konsisten dalam mengurus bisnis online

Konsisten adalah hal penting dalam segala hal, apapun yang dilakukan dengan konsisten maka kamu bisa memperoleh hasil yang baik.

Adapun beberapa hal yang harus kamu lakukan secara konsisten untuk mengurus bisnis online, yaitu;

  • Tetap Jalankan Strategi Marketing

Poin penting sebagai cara belajar berbisnis online yang tepat, jika kamu ingin bisnis kamu berjalan dengan baik dan sukses, kamu perlu menjalankan strategi marketing, karena dengan marketing yang baik maka penjualan pun akan meningkat dengan baik.

Dalam menjalankan strategi marketing kamu harus konsisten, jangan sampai hari ini kamu menjalankan promosi pemasaran, besoknya tidak. Karena jika kamu melakukan hal tersebut dampak buruknya terhadap bisnis sangat signifikan, pelanggan tidak bisa mengenali bisnis maupun produk kamu.

Sebagai salah satu cara belajar berbisnis online, strategi marketing yang wajib kamu jalankan secara konsisten adalah email marketing. Selain biaya promosi yang relatif rendah, email marketing memberi manfaat yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, seperti bisa menjaga interaksi pelanggan dengan konten yang dipersonalisasi, bisa mengumpulkan feedback atau membuat survey, bisa menghasilkan traffic ke situs bisnis dan paling penting bisa meningkatkan penjualan.

Selain itu kamu harus pahami cara kerja bisnis online dengan konsisten memahami 4P (product (produk/jasa), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi) agar bisnis semakin sukses. Nah itulah cara belajar berbisnis online dengan memanfaatkan strategi marekting, jika kamu tertarik menggunakan email marketing dan belum mengetahui bagaimana konten email marketing yang menarik, bisa baca juga : Contoh Konten Email Marketing Penawaran Produk Yang Menarik

  • Produk berkualitas

Selain cara belajar berbisnis online dengan menjalankan strategi marketing yang konsisten, kamu juga harus konsisten menjaga kualitas produk, jangan sampai pelanggan kecewa karena produknya kurang sesuai ekspektasi mereka.

Kualitas produk adalah cerminan bahwa bisnis kamu adalah yang terbaik, kamu juga bisa mempercantik jualan kamu dengan membuat katalog atau foto produk.

Foto produk yang profesional akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan konversi pembelian dari pelanggan.

Dan yang paling penting kamu harus sering konsisten menjaga kualitas produk kamu dengan rutin memeriksa keadaan pabrik produksi tempat kamu membuat produk.

Cara belajar berbisnis online ini mengajarkan “Jika kualitas bisa dijaga, sama artinya kamu menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap produk maupun bisnis kamu”

Jika kamu belum tahu bagaimana menciptakan produk yang berkualitas tinggi, baca juga : Cara Menciptakan Produk Berkualitas Tinggi Agar Pelanggan Puas

  • Buat Personal Branding untuk Meningkatkan brand awareness

Cara berlajar berbisnis online adalah dengan menerapkan personal branding dalam bisnis, karena Personal branding itu penting untuk keberlangasungan bisnis kamu, bahkan dengan adanya personal branding, kamu bisa mudah dikenali oleh pelanggan, dengan menjadi top of mind di audiens, maka kamu tak perlu khawatir akan selalu ada pelanggan yang membeli produk kamu.

Namun membangun personal branding itu tidak mudah, banyak proses yang harus dilewati. Tapi pada intinya kamu bisa membangun personal branding jika kamu bisa menunjukkan keunikan diri sendiri atau bisnis kamu agar lebih menonjol.

Sebut saja Tesla, pasti ingat elon musk dan begitupun sebaliknya, semakin terkenal branding yang kamu buat dan melekat di hati pelanggan, maka pelanggan akan mudah mengenali bisnis kamu. Apalagi di jaman serba digital seperti sekarang, secara tak sengaja membangun personal branding juga meningkatkan brand awareness dari produk maupun bisnis kamu.

3. Evaluasi Bisnis Online Kamu

Kenapa kamu harus evaluasi bisnis online? Jawabannya sederhana jika kamu menemukan masalah kamu sudah tau harus mengambil tindakan seperti apa.

Evaluasi bisnis tidak hanya sebagai problem solving tapi juga sebagai bentuk apresiasi. Bayangkan setelah berhari – hari mengadakan campaign tapi tidak ada evaluasi,maka yang terjadi adalah kita tidak tahu apakah satu hal tersebut bisa jadi masalah atau tidak, dan apakah keberhasilan tersebut bisa diapresiasi dengan baik dan bisa ditingkatkan lagi untuk mendapatkan goal yang lebih baik lagi.

Evaluasi tidak hanya untuk bisnis saja,namun juga evaluasi pelanggan.

Mungkin kamu pernah berpikir, kenapa ya kok jualan sepi banget? Jika kamu tidak pernah menemukan jawabannya bisa jadi karena kamu tidak melakukan evaluasi terhadap pelanggan. 

Evaluasi terhadap pelanggan ini bukan hanya sebagai sumber testimoni tapi juga untuk mengetahui apa saja yang bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Selain evaluasi terhadap pelanggan, kamu juga memerlukan evaluasi bisnis secara rutin, bisa dilakukan setiap bulan, setiap 3 – 6 bulan bahkan setiap tahun. Hal ini diperlukan untuk menjaga bisnis kamu dalam jangka panjang. Evaluasi ini juga membantu kamu menentukan strategi marketing mana saja yang bisa ditingkatkan dan mana yang sudah tidak relevan digunakan, karena setiap strategi marketing tidak ada yang bisa bertahan lama, kamu perlu inovasi dalam pemasaran.

Jika kamu belum mengetahui cara melakukan evaluasi bisnis yang baik, baca juga : Pengertian, Tujuan & Cara Evaluasi Usaha Yang Baik

4. Jangan Berhenti Promosikan Bisnis Online Kamu

Seperti yang kita ketahui promosi adalah sumber kehidupan bagi sebuah bisnis, dengan adanya promosi maka bisnis bisa berjalan, dikenali pelanggan dan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu jangan berhenti mempromosikan bisnis online kamu.

Cara belajar berbisnis online dengan tidak berhenti mempromosikan bisnis online ini adalah hal yang tepat jika kamu ingin bisnis menjadi sukses.

Dalam menjalankan promosi bisnis online kamu juga harus memperhatikan beberapa faktor agar cara belajar berbisnis online ini bisa dilakukan dengan maksimal dan tentu akan memberikan dampak baik pada bisnis kamu.

  • Pahami STP

Pemasaran yang efektif adalah memberikan pesan yang tepat kepada audien yang tepat, oleh karena itu STP (Segmentasi, Targeting, Positioning)  baik untuk dijadikan alat untuk memastikan pesan tersampaikan dengan baik kepada audiens tertarget.

STP sendiri adalah proses yang digunakan dalam strategi marketing untuk mengelompokkan pelanggan potensial (segmentasi), memilih kelompok yang akan dijadikan sasaran (targeting), dan menempatkan produk atau jasa kamu di dalam pikiran pelanggan potensial dengan cara yang unik dan berbeda dari pesaing (positioning).

Baca juga : Apa Itu Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Marketing ?

  • Memahami copywriting promosi

Copywriting adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnis karena kalimat promosi yang relate dengan audiens akan jauh lebih engage dibandingkan dengan kalimat biasa. Selain itu copywriting juga bisa menjadi ciri khas dari brand atau bisnis kamu.

Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia, yang mempunyai copywriting tagline #mulaiajadulu atau Shopee yang membuat kalimat promosi repetisi atau pengulangan yaitu Shopee COD.

Cara belajar berbisnis online tidak hanya teknis atau strategi yang penting, namun copywriting juga sama pentingnya. Semua copywriting yang dilakukan memberikan dampak yang baik dengan lebih dikenalnya brand oleh audiens.

Apalagi jika copywriting dipadukan dengan strategi STP dengan baik, maka kalimat promosi akan powerfull karena langsung ditujukan pada target pasar yang sesuai dan sudah ditentukan.

Jika kamu ingin mengetahui contoh kalimat promosi yang baik kamu bisa baca juga : 30+ Contoh Kalimat Promosi Agar Cepat Closing

  • Hindari kesalahan promosi

Sebagai cara belajar berbisnis online yang baik, menggunakan kalimat promosi yang baik adalah hal yang bagus untuk bisnis, namun dalam membuat copywriting promosi kamu tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari agar bisnis kamu tetap dilirik oleh pelanggan.

Kesalahan kalimat promosi yang perlu dihindari adalah overpromise atau terlalu menjanjikan hingga pelanggan merasakan ekspektasi yang tinggi, kamu bisa mengatasi kesalahan kalimat overpromise dengan memberikan kata penegasan setelah kalimat promosi, selain itu tambahkan juga social proof dalam hal ini bisa berbentuk screenshot pencapaian, atau review dari pelanggan.

Kamu juga bisa mengetahui kesalahan yang perlu dihindari dalam kalimat promosi baca juga : Kesalahan & Cara Membuat Kalimat Promosi Yang Benar

Nah itulah cara belajar berbisnis online dengan tidak berhenti mempromosikan bisnis online kamu, promosikan terus dengan strategi – strategi yang unik, jangan lupa untuk mengikuti langkah demi langkah cara belajar berbisnis online yang sukses ini.

Terakhir, sebagai cara belajar berbisnis online adalah memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan puas. Cara belajar berbisnis online yang terakhir ini bisa menjadi senjata untuk kamu mempertahankan bisnis dalam jangka panjang, karena siapa lagi yang akan mendukung penjualan dalam bisnis selain pelanggan yang puas.

5. Berikan Pelayanan Terbaik Agar Pelanggan Puas

Sebagai cara belajar berbisnis online berikutnya, bisnis dengan pelayanan terbaik adalah bisnis yang disukai oleh audiens, mereka akan sangat loyal jika brand kamu bisa memberikan produk yang mereka butuhkan dengan pelayanan yang baik. Oleh karena itu pelayanan terbaik itu penting.

Biasanya pelanggan menyukai pelayanan yang ramah, fast respon dan juga dalam hal pengiriman barang yang cepat. Ada banyak faktor yang bisa membuat pelanggan menjadi pelanggan setia, namun salah satunya adalah bagaimana cara kamu berkomunikasi dan memberikan apa yang mereka butuhkan secara cepat.

Dalam hal pengiriman barang juga perlu diperhatikan lho, jangan sampai produk yang diinginkan pelanggan yang sudah dibayar tiba dengan rusak, kamu perlu memperhatikan bagaimana cara packing yang benar untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Selain itu, untuk bisa membuat pelanggan menjadi setia ada tahapan atau prosesnya lho, pelanggan yang baru berbelanja di tempat kamu berjualan biasanya terpaku pada review atau testimoni dari pelanggan lain agar bisa yakin membeli produk di toko bisnis online kamu.

testimoni pelanggan sendiri adalah ulasan dari pelanggan baik yang merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan maupun yang pernah kecewa dengan pelayanan kamu.

Jika testimoni mendapatkan yang negatif kamu harus bisa mengubah perspektif pelanggan menjadi positif dengan menghadirkan pelayanan terbaik lainnya, karena ulasan atau testimoni itu penting.

Jika kamu belum mengetahui cara membuat testimoni bisa baca juga : Contoh & Cara Membuat Testimonial Yang Baik Serta Menarik

Sebagai cara belajar berbisnis online tahap memberikan pelayanan terbaik, kamu juga harus bisa mempertahankan pelanggan yang sudah membeli produk kamu menjadi pelanggan yang loyal, karena pelanggan memang bisa dibilang adalah raja, sehingga kamu perlu menyediakan pelayanan terbaik bagi mereka.

Nah itulah beberapa cara belajar berbisnis online yang tepat dan juga cara memulai bisnis online dari nol khusus kamu yang baru akan memulai. Cara belajar berbisnis online ini bisa kamu ikuti langkah demi langkahnya agar kamu tidak buta dalam memulai bisnis.

(Visited 548 times, 1 visits today)
Close