Written by 6:06 am Tips & Trik

5 Manfaat & Cara Membuat Google Formulir Dalam Waktu Singkat

5 Manfaat & Cara Membuat Google Formulir Dalam Waktu Singkat

Siapa yang tak kenal dengan google formulir, salah satu fitur yang disediakan oleh google untuk membantu penggunanya dalam mendapatkan data yang banyak.

Biasanya google formulir digunakan untuk pendataan atau survey, bagi mahasiswa semester akhir google formulir digunakan untuk melakukan survey kuesioner, sedangkan di sekolah – sekolah, banyak para guru menggunakan google formulir untuk melakukan kuis atau ujian bagi para muridnya.

Dibalik kegunaannya tersebut, Google formulir tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, kamu juga bisa menggunakannya sebagai kebutuhan bisnis.

Ada banyak manfaat google formulir yang bisa didapatkan termasuk ketika kamu menjalankan bisnis.

Manfaat Google Formulir Untuk Bisnis

Bisa dikatakan, google formulir adalah sebuah program administrasi yang mempermudah pelaksanaan pendataan, seperti survey. Kamu hanya perlu mengirimkan satu link untuk bisa mendapatkan banyak data dari audiens kamu dalam satu waktu.

Data yang didapatkan juga terbilang mudah dan sudah otomatis tersusun rapi dalam bentuk spreadsheet atau excel. Kerennya lagi, data dapat terupdate secara real time.

Dengan adanya google formulir, banyak perusahaan mulai menghemat biaya pemakaian kertas, karena untuk melakukan pendataan hanya cukup mengandalkan satu link saja, tanpa harus minta tanda tangan dari responder untuk melakukan persetujuan.

Selain manfaat diatas, ada pula manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan google formulir, yaitu;

Sebagai pendataan kontak untuk bisnis

Dalam bisnis, kontak pelanggan adalah hal yang penting, karena kamu bisa memanfaatkannya untuk promosi event atau promosi marketing dari bisnis, kamu juga bisa menjaga hubungan dengan pelanggan jika memiliki kontak mereka, seperti mengucapkan selamat ulang tahun atau menawarkan produk terbaru.

Nah, untuk bisa mendapatkan data kontak dari pelanggan, kamu bisa menggunakan manfaat google formulir, kamu bisa mendapatkan data seperti email, nama, no handphone dan lain sebagainya.

Sebagai formulir Rekrutmen karyawan baru

Ketika menjalankan bisnis, tentu kamu memerlukan karyawan untuk membantu mengurus bisnis kamu, seperti karyawan administrasi, staff HRD dan lain sebagainya.

Dalam proses rekrutmen, kamu perlu data mengenai karyawan dari mulai nama, pendidikan, skill, hingga pengalaman bekerja. Namun, jika menggunakan kertas kamu akan kesulitan dan membutuhkan waktu serta biaya yang tak sedikit.

Oleh karena itu, dengan menggunakan google formulir, kamu bisa mendapatkan data rekrutmen karyawan baru dengan rapi dan cepat.

Cukup masukkan pertanyaan yang harus calon karyawan isi, dan jawaban akan muncul di hasil dari google formulir.

Sebagai Formulir Registrasi Event

Jika kamu memiliki event sebagai ajang promosi bisnis, kamu perlu banyak orang dan pelanggan untuk meramaikan eventnya bukan? Jika kamu lakukan secara manual, maka akan butuh waktu yang panjang untuk mengumpulkan mereka, namun dengan adanya google formulir, kamu bisa melakukannya dengan cepat.

Cukup buat google formulir dengan mencantumkan keterangan event dan kapan event diadakan, lalu kirimkan link yang berisi formulir pendaftaran event ke pelanggan setia kamu, agar mereka dapat hadir dalam event promosi yang kamu adakan.

Sebagai kuesioner / Survey

Dalam berbisnis, survey atau Kuesioner jadi hal penting untuk menentukan apakah bisnis kamu berjalan dengan baik atau tidak. Seperti contoh, jika kamu akan launching produk baru, tentu kamu perlu feedback dari pelanggan, apakah produk baru tersebut menarik dan dibutuhkan oleh mereka, dan feedback lainnya sebagai saran dan kritik terkait produk.

Dengan google formulir, kamu menjadi lebih mudah mendapatkan feedback dari pelanggan, yang hasilnya bisa dipakai untuk evaluasi bisnis atau produk semakin baik lagi.

Sebagai formulir untuk membeli produk

Jika kamu ingin database penjualan kamu rapi, maka setiap pelanggan melakukan pembelian, kamu harus menggunakan form, dengan adanya form maka data pembelian dari pelanggan akan tersusun rapi, sehingga kamu pun lebih mudah menganalisis dan menghitung berapa banyak penjualan yang terjadi setiap harinya.

Ada banyak cara menggunakan formulir untuk pembelian produk, kamu bisa memanfaatkan website toko online, biasanya website tersebut menyediakan form pembelian produk.

Atau kamu bisa mengambil data pembelian produk dengan menggunakan google formulir. Kamu bisa mencantumkan data apa saja yang perlu diisi oleh pelanggan untuk membeli produk kamu.

Nah itulah beberapa manfaat dari google formulir untuk membantu keberlangsungan bisnis kamu agar lebih rapi dan baik lagi, khususnya dalam mengumpulkan database pelanggan kamu.

Cara Membuat Google Formulir Dengan Cepat

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja manfaat google formulir untuk bisnis, berikutnya adalah ketahui cara membuat google formulir yang cepat dan mudah, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya.

Ada beberapa cara membuat google formulir, seperti;

  1. Buka google drive terlebih dahulu dengan akun yang sudah kamu miliki
  2. Kemudian pilih NEW dan Google Forms, untuk membuat google formulir.
  3. Setelah itu kamu bisa atur dan mulai mengisi google formulir sesuai kebutuhan bisnis kamu

Cara diatas membantu kamu mengkategorikan google formulir sesuai dengan folder akun yang kamu miliki, misalnya kamu akan membuat google formulir untuk database pembelian produk, maka kamu bisa membuat folder “Database produk” lalu baru pilih Google Forms untuk mulai membuatnya, sehingga formulir yang kamu buat tidak tercampur dengan data lainnya.

Namun jika kamu membutuhkan cara yang lebih simple dan lebih cepat, kamu bisa menggunakan link google untuk membuat google formulir, seperti cara berikut ini;

  1. Kunjungi halaman berikut ini https://docs.google.com/forms
  2. Kemudian pilih template google formulir yang kamu butuhkan, kamu bisa memilih blank atau memilih template yang sudah tersedia.
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke form editor untuk mengedit formulir sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan

Dan formulir pun siap digunakan.

Atau, jika kamu ingin cara membuat google formulir yang super cepat, kamu bisa menggunakan link url shortcut berikut ini form.new, maka kamu akan diarahkan ke halaman editor google formulir, dan kamu siap membuat google formulir.

Itulah cara membuat google formulir yang simple, mudah dan cepat, cocok untuk kamu yang ingin cepat dalam membuat pendataan.

Setelah google formulir selesai, jangan lupa untuk menyebarkannya dengan cara berikut ini, yaitu dengan mengklik tombol send di sebelah kanan google formulir, kemudian pilih media penyebarannya, apakah menggunakan email atau menggunakan link.

Untuk hasil response, kamu bisa pergi ke halaman dashboard dari google form lalu memilih responses. Nanti hasil dari formulir yang kamu buat bisa terlihat di halaman tersebut. Kamu bisa memfilter hasil responnya sesuai dengan kebutuhan.

Kamu juga bisa mendownload hasilnya dalam bentuk spreadsheet atau CSV sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan dalam bisnis.

Itulah sekilas tentang cara membuat google formulir yang bisa kamu praktekkan secara langsung. Dengan google formulir, mendata untuk bisnis jadi lebih mudah dan rapi, bisa jadi salah satu alternatif untuk merapikan data bisnis yang berantakan ya.

(Visited 395 times, 1 visits today)
Close