Written by 5:42 pm Marketing

7 Fungsi Email Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui

Meningkatkan Brand Awareness dengan Email Marketing

Email marketing sebagai salah satu channel pemasaran yang biayanya sangat rendah dibandingkan channel lainnya, mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri untuk kelangsungan bisnis menjadi lebih maju.

Apakah kamu salah satu yang memakai email marketing? Jika iya, fungsi email marketing dan manfaat email marketing wajib kamu ketahui agar kamu bisa lebih memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

7 Fungsi dan Manfaat Email Marketing

Berikut ini adalah fungsi dan manfaat email marketing untuk bisnis kamu;

  1. Membuat konten yang dipersonalisasi
  2. Mengumpulkan feedback dan survei
  3. Meningkatkan penjualan
  4. Berkomunikasi dengan audiens Kamu
  5. Menghasilkan traffic ke situs Kamu
  6. Meningkatkan prospek
  7. Memiliki media dan daftar kontak (email list pelanggan)

1. Membuat konten yang dipersonalisasi.

Dengan pemasaran email, Kamu dapat menyesuaikan kampanye dan membuat konten yang ditargetkan.

Personalisasi bisa sekecil memasukkan nama kontak di email. Faktanya, email yang menyertakan nama depan penerima di baris subjeknya memiliki rasio klik email lebih tinggi daripada yang tidak.

Di sisi lain, Kamu juga dapat membuat konten individual berdasarkan segmentasi audiens Kamu sehingga Kamu mengirimkan email yang tepat ke pelanggan yang tepat.

Misalnya jika kamu punya database email pelanggan yang sudah membeli berbagai produk yang kamu jual, tapi kamu hanya ingin menyasar pelanggan yang membeli produk B, maka email bisa dipersonalisasi untuk pelanggan produk B saja.

Salah satu manfaat utama pemasaran email adalah konten email Kamu dapat disesuaikan dengan kebutuhan audiens Kamu.

2. Mengumpulkan feedback dan survei.

Menjaga hubungan dengan pelanggan sangat berharga jika Kamu ingin pelanggan terus berinteraksi, terlibat, dan membeli dari merek Kamu.

Pemasaran email dapat membantu Kamu melakukan ini. Misalnya, Kamu dapat mengirimkan survei kepuasan pelanggan untuk mendapatkan feedback pelanggan melalui kampanye email.

3. Meningkatkan penjualan.

Pemasaran email merupakan alat pemasaran yang sangat baik dan dapat meningkatkan penjualan Kamu juga.

Faktanya, 59% pengguna mengatakan email adalah sumber ROI terbesar mereka dan pengguna yang menggunakan kampanye tersegmentasi mencatat peningkatan pendapatan sebesar 760%.

Kampanye pemasaran email dapat menampilkan produk atau layanan, mendorong pelanggan untuk membeli setelah meninggalkan keranjang mereka, atau memberikan penawaran khusus kepada pelanggan Kamu.

Selain itu, 59% responden dalam survei ini mengatakan bahwa email pemasaran memengaruhi keputusan pembelian mereka.

4. Berkomunikasi dengan audiens Kamu.

Sebagai seorang marketer atau pemilik bisnis, selalu penting untuk meningkatkan komunikasi dengan audiens Kamu. Ketika audiens Kamu merasa mereka dapat berbicara dengan Kamu, mereka cenderung menjadi loyal terhadap merek Kamu.

Dengan pemasaran email, Kamu dapat menjangkau lebih banyak audiens dan berkomunikasi dengan duta brand dengan mudah. Selain itu, email ini membuat audiens Kamu tetap terlibat setiap saat sepanjang tahun, baik saat musim sepi ataupun sibuk.

5. Menghasilkan traffic ke situs Kamu.

Ketika Kamu menghasilkan konten yang bagus, bagaimana Kamu menyebarkannya ke audiens Kamu? Kemungkinan besar, Kamu mengirimi mereka email.

Dengan kampanye pemasaran email, Kamu akan mengirimkan traffic ke situs Kamu dan meningkatkan SEO Kamu. Selain itu, Kamu akan membuat pelanggan tetap terlibat dengan merek dan situs Kamu.

Saat Kamu membuat email yang tertaut ke konten Kamu, ingatlah bahwa setiap email harus berisi ajakan bertindak (CTA) sehingga pembaca dapat mengklik ke situs Kamu.

6. Meningkatkan prospek.

Sejalan dengan meningkatkan penjualan, Kamu juga dapat meningkatkan prospek dengan pemasaran email. Bahkan, dengan metode inbound, email marketing digunakan untuk memupuk prospek dan meningkatkan konversi.

Misalnya, Kamu mengunduh lead magnet dari sebuah situs seperti download ebook atau nonton video gratis. Kemudian, Kamu mulai menerima email dan pada akhirnya, Kamu memutuskan untuk memesan demo dan mempelajari lebih lanjut.

Kampanye pemasaran email dapat lebih memenuhi syarat prospek sehingga tim penjualan Kamu tidak membuang waktu untuk prospek yang buruk. Selain itu, jika perusahaan Kamu melakukan penilaian prospek, Kamu dapat melacak apakah prospek tersebut membuka email Kamu atau terlibat dengan mengeklik tautan di email Kamu.

7. Memiliki media dan daftar kontak (email list pelanggan)

Dengan platform seperti media sosial, Kamu tidak memiliki daftar kontak atau bahkan informasi yang Kamu posting. Biasanya, konten dan daftar pengikut Kamu dimiliki oleh platform media sosial tersebut.

Coba pikirkan, bagaimana jika media sosial menghilang besok, berapa banyak pengikut dan pelanggan yang akan hilang?

Itu sebabnya membangun daftar email penting bagi pemilik bisnis maupun marketer.

Kesimpulan

Pemasaran email adalah salah satu cara teratas untuk menjangkau audiens Kamu. Plus, itu juga dapat meningkatkan penjualan dan prospek. Karena ini masih merupakan tempat di mana orang ingin menerima informasi, anggap saja pemasaran email belum mati sebagai channel pemasaran terbaik.

Dilhat dari fungsi dan manfaatnya, email marketing memiliki semua yang dibutuhkan oleh bisnis dari mulai menarik pelanggan, meningkatkan brand awareness, bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan hingga meningkatkan penjualan.

(Visited 34 times, 2 visits today)
Close