Written by 3:06 am Marketing

Apa Itu Digital Marketing ? Pengertian, Manfaat & Tugasnya

Apa Itu Digital Marketing Pengertian, Manfaat & Tugasnya

Jika saat ini kamu sedang menjalani bisnis, ada hal yang perlu kamu miliki yaitu strategi digital marketing, tanpa strategi ini, maka bisnis kamu akan sulit berkembang.

Di era digital, Setiap pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik dan dapat digunakan oleh pakar pemasaran untuk menyampaikan pesan promosi dan mengukur dampaknya melalui perjalanan pelanggan Kamu adalah konsep dari digital marketing.

Dalam praktiknya, digital marketing biasanya mengacu pada campaign pemasaran yang muncul di komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lainnya. Ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk video online, iklan bergambar, iklan sosial berbayar, dan postingan media sosial.

Strategi digital marketing memungkinkan Kamu memanfaatkan saluran digital yang berbeda, seperti media sosial, bayar per klik, pengoptimalan mesin telusur atau SEO, dan pemasaran email, untuk terhubung dengan pelanggan dan individu yang sudah ada yang tertarik dengan produk atau layanan Kamu.

Hasilnya, Kamu mungkin akan tertarik untuk memanfaatkan dunia digital dengan kehadiran iklan online, karena dapat membangun brand, memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa yang juga mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial dan lebih banyak lagi, dengan strategi digital.

Tapi, apa pengertian paling tepat tentang apa itu digital marketing? Apa saja manfaatnya untuk bisnis kamu apalagi bisnis online, dan bagaimana tugas seorang digital marketer untuk bisa menerapkan strategi – strateginya di dalam perjalanan bisnis kamu. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Apa Itu Digital Marketing ?

apa itu digital marketing

Digital marketing, juga disebut pemasaran online, adalah promosi brand untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Ini tidak hanya mencakup email, media sosial, dan iklan berbasis web, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran.

Intinya, jika campaign pemasaran melibatkan komunikasi digital, itu adalah digital marketing

Pada dasarnya digital marketing adalah tindakan mempromosikan produk dan layanan melalui saluran digital, seperti media sosial, SEO, email, dan aplikasi seluler. Segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik dianggap digital marketing.

Itu bisa dilakukan secara online dan offline; sebenarnya, kedua jenis itu penting untuk strategi digital marketing yang menyeluruh.

Jadi jika kamu sedang menjalankan bisnis online dan ingin mempromosikannya ke audiens kamu lebih luas lagi, maka strategi digital marketing memang wajib kamu gunakan. Apalagi berdasarkan survey dari dataindonesia.id jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya, pada periode 2021 – 2022 saja ada sekitar 210juta orang yang mengakses internet.

jumlah pengguna internet grafik

Dengan data tersebut kamu bisa memanfaatkan promosi digital marketing lebih gencar lagi, karena audiens kamu ada diantara 210 juta orang di Indonesia.

13 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Online

manfaat digital marketing

Selain untuk promosi produk, apa saja manfaat dari digital marketing untuk bisnis online? Digital marketing telah menjadi pusat perhatian terutama karena menjangkau khalayak luas. Namun, ia juga menawarkan sejumlah keunggulan lain yang dapat meningkatkan upaya pemasaran Kamu.

Berikut ini adalah manfaat dari digital marketing untuk bisnis online.

 1. Jangkauan geografis yang luas

jangkauan geografis yang luas

Saat Kamu memposting iklan online, orang dapat melihatnya di mana pun mereka berada (asalkan Kamu tidak membatasi iklan Kamu secara geografis). Ini memudahkan untuk mengembangkan jangkauan pasar bisnis Kamu dan terhubung dengan audiens yang lebih besar di berbagai saluran digital.

Secara jangkauan, sebenarnya ada dua tipe yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi produk atau bisnis kamu, yaitu;

Jangkauan Global

Jika tradisional marketing dibatasi oleh geografi dan membuat campaign pemasaran internasional bisa jadi sulit, serta biayanya cukup mahal. Namun, digital marketing terjadi di Internet, yang berarti jangkauan yang dapat Kamu capai sangat besar. Bahkan pemilik bisnis lokal yang sangat kecil pun memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens internasional dengan toko online.

Tetapi ini tidak akan pernah terjadi atau bisa kamu jangkau jika kamu hanya memakai strategi tradisional marketing. Aksesibilitas online ini telah membuka banyak peluang pertumbuhan bagi bisnis untuk dijelajahi. Kombinasi jangkauan dan visibilitas global adalah peluang besar untuk bisnis apa pun.

Jangkauan Lokal

Sementara jangkauan global adalah keuntungan signifikan dari digital marketing, itu juga meningkatkan visibilitas lokal, yang sangat penting jika bisnis Kamu bergantung pada pelanggan terdekat. SEO lokal dan iklan bertarget lokal dapat bermanfaat bagi perusahaan yang mencoba membawa lebih banyak pelanggan ke pintu mereka. Digital marketing dapat memberikan kamu jangkauan lebih spesifik di lingkungan kamu berada.

2. Menghemat biaya

menghemat biaya

Digital marketing tidak hanya menjangkau audiens yang lebih luas daripada pemasaran tradisional tetapi juga memberikan biaya yang lebih rendah. Bayangkan jika kamu mengiklan di surat kabar atau media televisi kemungkinan harga iklannya akan jauh lebih tinggi, sedangkan dengan digital marketing kamu bisa mengatur seberapa banyak biaya yang ingin kamu keluarkan untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik dan tertarget, sehingga pesannya pun sampai sesuai dengan tujuan kamu.

Dengan digital marketing, Kamu dapat membuat hanya 1 konten yang menarik pengunjung ke blog Kamu selama itu aktif. Kamu dapat membuat campaign pemasaran email yang mengirimkan pesan ke daftar pelanggan yang ditargetkan sesuai jadwal, dan mudah untuk mengubah jadwal atau konten tersebut jika Kamu perlu melakukannya.

Ketika Kamu menambahkan semuanya, digital marketing memberi Kamu lebih banyak fleksibilitas dan kontak pelanggan untuk pengeluaran iklan Kamu.

Contoh lain, menghemat biaya dari digital marketing adalah;

Dengan digital marketing, Kamu memiliki kendali penuh atas apa yang  Kamu pilih untuk membelanjakan uang Kamu. Misalnya, Kamu menghabiskan uang untuk perangkat lunak desain untuk membuat konten Instagram dengan konversi tinggi daripada membayar campaign PPC. Strategi digital marketing memungkinkan Kamu berputar terus menerus, memastikan Kamu tidak pernah membuang uang untuk saluran yang tidak berkinerja baik.

Pada umumnya, digital marketing adalah solusi yang lebih hemat biaya dan memberikan peluang unik untuk memastikan Kamu mendapatkan hasil maksimal dari uang Kamu.

Misalnya, jika Kamu bekerja untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas, Kamu dapat mencoba berinvestasi di media sosial, blog, atau SEO, tiga strategi yang dapat memberi Kamu ROI tinggi bahkan dengan pengeluaran minimal.

3. Hasil yang terukur

Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran Kamu berhasil, Kamu harus mencari tahu berapa banyak pelanggan yang ditariknya dan berapa banyak pendapatan yang akhirnya dihasilkannya. Tetapi bagaimana Kamu melakukannya dengan strategi pemasaran non-digital?

Selalu ada pilihan tradisional untuk bertanya kepada setiap pelanggan, “Bagaimana Kamu menemukan kami?”

Sayangnya, itu tidak bekerja di semua industri. Banyak perusahaan tidak dapat melakukan percakapan empat mata dengan pelanggan mereka, dan survei tidak selalu mendapatkan hasil yang lengkap.

Dengan digital marketing, pemantauan hasil menjadi sederhana. Perangkat lunak dan platform digital marketing secara otomatis melacak jumlah konversi yang diinginkan yang Kamu dapatkan, baik itu rate ketika pelanggan membuka email, kunjungan ke beranda toko kamu, atau pembelian langsung.

4. Personalisasi yang lebih mudah

digital marketing memungkinkan Kamu mengumpulkan data pelanggan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pemasaran offline. Data yang dikumpulkan secara digital cenderung jauh lebih tepat dan spesifik.

Bayangkan jika kamu menawarkan layanan asuransi dan ingin mengirimkan ke pelanggan yang tertarget yang memang sudah mengenal produk kamu.

Kamu mungkin berpikir hasilnya akan lebih baik, karena kamu menargetkan penawaran sesuai dengan minat pelanggan.

Kamu bisa menggunakan 2 campaign, satu untuk keluarga muda yang sudah melihat produk asuransi kamu, dan satu lagi kamu bisa siapkan untuk orang yang sedang atau akan pensiun.

Hasilnya tentu akan bagus bukan? Karena kamu langsung mengirimkan campaign ke orang yang tertarget.

Namun, bagaimana kamu mengumpulkan data tanpa melacak secara otomatis? Bagaimana kamu mengumpulkan data telepon yang masuk? Bagaimana kamu menelusuri profil pelanggan? Dan bagaimana kamu tahu siapa yang sudah mengenal produk kamu dan siapa yang belum?

Dengan digital marketing,  semua informasi ini sudah ada di ujung jari Kamu. Tinggal kelola data yang sudah ada baik dari iklan maupun sosial media.

Tak terbayang jika kamu masih memakai cara tradisional? Tentu akan membuang waktu yang banyak untuk memulai campaign bukan?

5. Lebih banyak koneksi dengan pelanggan

koneksi dengan pelanggan

Digital marketing memungkinkan Kamu berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time. Lebih penting lagi, itu memungkinkan mereka berkomunikasi dengan Kamu.

Misalnya kamu memakai strategi media sosial, yang memungkinkan hasilnya sangat bagus ketika audiens target Kamu melihat posting terbaru Kamu, tetapi lebih baik lagi ketika mereka mengomentari atau membagikannya. Ini berarti lebih banyak orang yang akan mengenal produk atau layanan Kamu.

Semakin tinggi intensitas interaksi mereka di postingan terbaru kamu, maka semakin besar keterlibatan mereka dengan brand kamu. rasa kepemilikan yang terjadi antara pelanggan dan brand kamu akan menciptakan loyalitas pelanggan untuk tetap setia terhadap brand kamu.

Seperti yang Kamu ketahui, biaya untuk menarik dan mengonversi pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Loyalitas pelanggan bisa sulit dibangun, tetapi itu sepadan dengan usaha Kamu.

Menyelesaikan penjualan sampai pelanggan menerima produk kamu, memang bagus tetapi lebih baik mempertahankan pelanggan tersebut setelah penjualan. Pelanggan yang dipertahankan dapat melakukan pembelian lagi atau merekomendasikan brand Kamu kepada orang lain, yang membantu meningkatkan penjualan.

Untuk mempertahankan pelanggan, Kamu harus tetap berhubungan dengan mereka dan digital marketing membuatnya lebih mudah dari sebelumnya. Ada beberapa cara digital marketing yang bisa membantu kamu mempertahankan pelanggan, yaitu;

Penawaran email yang dipersonalisasi: Saat Kamu mempelajari tentang pelanggan, Kamu dapat mengirimi mereka penawaran yang dipersonalisasi seperti kode diskon musiman untuk produk terkait atau akses eksklusif ke peluncuran produk baru. Ini tidak hanya membuat pelanggan merasa dihargai, tetapi juga akan mendorong mereka untuk terus repeat order.

Baca juga : Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita ?

Keterlibatan media sosial: Dorong pelanggan untuk mengikuti Kamu di saluran media sosial. Saat mereka melakukannya. Buat mereka tetap terlibat dengan konten yang bermanfaat dan relevan atau dengan konten yang menginspirasi dan menyenangkan mereka. Kapan pun mereka membutuhkan layanan atau produk Kamu lagi, mereka akan lebih cenderung membeli dari bisnis Kamu, dibandingkan harus membeli di kompetitor atau brand lain.

6. Konversi mudah dan nyaman

Digital marketing memungkinkan pelanggan Kamu mengambil tindakan segera setelah melihat iklan atau konten Kamu. Dengan iklan tradisional, biasanya hasil paling cepat yang dapat Kamu harapkan adalah panggilan telepon segera setelah seseorang melihat iklan Kamu.

tapi di jaman era digital sekarang, orang lebih banyak mengakses internet dibandingkan panggilan telepon, bukan?

Dengan digital marketing, mereka dapat mengklik tautan atau menyimpan postingan sosial media kamu dan langsung bergerak di sepanjang sales funnel bisnis kamu. Mereka mungkin tidak langsung melakukan pembelian, tetapi mereka akan tetap terhubung dengan Kamu dan memberi Kamu kesempatan untuk berinteraksi lebih jauh dengan mereka.

7. Penargetan yang Efektif

Karena sudah serba akses digital, digital marketing memungkinkan kamu memiliki data audiens dengan mengumpulkannya dari iklan yang kamu bayarkan.

Kamu bisa melihat audiens mana yang paling cocok dan bisa mengoptimalkan iklan kamu untuk menjangkau mereka yang sudah tertarget.

Ada banyak opsi penargetan yang berbeda seperti melalui kata kunci untuk pengoptimalan SEO, pay per click (PPC), atau melalui informasi demografis di media sosial. Sejumlah besar elemen penargetan yang Kamu inginkan memastikan bahwa setiap campaign menjangkau audiens yang tepat. Ini juga membantu Kamu menganalisis perubahan perilaku pelanggan dan memodifikasi campaign untuk perubahan tersebut. Kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan yang berubah dengan cepat ini adalah cara pasti untuk sukses bagi perusahaan mana pun.

Dan semua bisa dilakukan jika kamu menggunakan strategi promosi digital marketing.

8. Berbagai Strategi

Berbicara tentang strategi marketing, mungkin diluar sana banyak agen digital marketing yang menerapkan strategi untuk membuat brand atau bisnis kliennya sukses.

Namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa mengetahui strategi apa saja yang bisa dipakai untuk brad atau bisnis kamu.

Ada berbagai strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Strategi Bisnis B2B dengan B2C tentu akan berbeda, kamu mungkin bisa menggunakan content marketing dan SEO, atau kamu membuat campaign iklan berbasis konversi. Kuncinya adalah selalu menganalisis hasil dan mengembangkan taktik dan metode yang lebih baik dari waktu ke waktu. Strategi digital marketing yang dijalankan dengan baik adalah salah satu yang berubah dan beradaptasi dengan cepat seiring dengan perubahan kebutuhan bisnis.

9. Peningkatan Keterlibatan

Salah satu keuntungan terpenting dari digital marketing adalah peningkatan keterlibatan. digital marketing dirancang agar sangat menarik secara alami.

Pengguna dapat membagikan postingan blog, menyukai foto, menyimpan video, atau terlibat dengan situs web Kamu melalui klik iklan berbayar. Bagian terbaiknya adalah semua tindakan ini dapat diukur. Ini memungkinkan Kamu membuat postingan yang lebih menarik untuk meningkatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan. Semakin banyak Kamu terlibat secara online, semakin banyak pelanggan setia yang bisa Kamu dapatkan. Bisnis yang menggunakan format menarik secara efektif dalam strategi online mereka memiliki waktu yang lebih mudah untuk mengubah cold traffic (red : orang yang belum mengenal produk atau brand kamu) menjadi pelanggan setia.

10. Analisis dan Pengoptimalan

Keuntungan penting lainnya dari digital marketing adalah analitik web yang mengukur hasil campaign digital marketing secara real-time. Ini membantu mengoptimalkan campaign yang akan datang dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dengan cepat. Menganalisis campaign digital marketing, Kamu juga memungkinkan memiliki kemampuan untuk menentukan dengan tepat setiap sumber traffic dan mengambil kendali penuh atas sales funnel Kamu.

11. Ukur Semua Hasil Secara Akurat

Biasanya jika kamu melakukan strategi marketing offline akan sulit mengukur hasil campaign apakah sudah bisa dibilang berhasil atau tidak.

Misalnya kamu beriklan di surat kabar atau papan reklame secara bersamaan, apakah kamu akan tahu pasti berapa banyak yang sudah melihat iklan di papan reklame?

Padahal penting bagi bisnis kamu untuk bisa melihat hasilnya, sehingga kamu tidak akan frustrasi untuk mengetahui iklan mana yang lebih efektif dan iklan mana yang akan diinvestasikan.

Namun, digital marketing tidak memiliki masalah seperti itu. Padahal, dengan digital marketing, Kamu bisa mengukur segala sesuatu yang layak diukur. Dari saat iklan diklik hingga pengunjung meninggalkan halaman. Semuanya bisa kamu ukur, datanya pun tersusun rapih di dashboard iklan kamu.

Kamu juga dapat menentukan berapa banyak orang yang melihat iklan Kamu, berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari iklan tersebut, dan pada akhirnya, laba atas investasi (ROI) Kamu. Perangkat lunak analitik data (seperti Google Analytics) dan jaringan sosial atau platform iklan (seperti Iklan Facebook dan Iklan Google) memungkinkan pemantauan atau pengukuran ini.

Namun, penting bagi Kamu untuk memprioritaskan data yang paling penting karena ada banyak metrik yang dapat dilacak. Data penting ini disebut dengan Key Performance Indicators (KPIs). KPI adalah metrik yang terkait dengan tujuan dan sasaran yang digariskan dalam perencanaan strategi dan mewakili hasil bisnis yang efektif. Beberapa contoh KPI adalah:

  • Biaya per klik (BPK)
  • Laba atas investasi (ROI)
  • Biaya akuisisi pelanggan (CAC)
  • Nilai seumur hidup pelanggan (CLTV)

12. Dapatkan Kredibilitas Brand

Jika brand kamu ingin mendapatkan kredibilitas yang cepat dan berkelanjutan, maka kamu wajib memakai internet. Studi pemasaran konten menunjukkan bahwa brand yang aktif secara digital biasanya memiliki kredibilitas paling tinggi. Melalui kontennya, sebuah perusahaan dapat mengatasi keraguan pelanggan, mengklarifikasi konsep-konsep penting, dan menunjukkan bahwa mereka memahami apa yang dibutuhkan pasar saat ini.

Konten yang bermanfaat dan menarik membantu perusahaan mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Ini bisa efektif sejauh pesaing mulai mengutipnya juga di konten mereka.

Tapi bagaimana Kamu tahu brand Kamu telah memperoleh kredibilitas? Nah, satu hal yang harus diperhatikan adalah peringkatnya di halaman hasil mesin pencari organik (SERP). Kamu bisa menjadi referensi jika peringkat Kamu ada diatas di pencarian Google, misalnya.

Ini menarik lebih banyak pemangku kepentingan ke bisnis Kamu dan membangun kepercayaan pada apa yang Kamu hasilkan.

13. Libatkan Pelanggan di Setiap Tahap Pembelian

Sebelum digital marketing menjadi populer, tidak banyak orang yang membicarakan perjalanan pelanggan, terutama karena sulit untuk dipahami dan dianalisis. Lebih sering daripada tidak, pelanggan akan pergi ke toko fisik setelah melihat iklan di TV atau di surat kabar, membuat keputusan, dan membayar produk atau layanan di dalam toko. Namun, dalam digital marketing, kami dapat melacak setiap langkah yang dilakukan pelanggan, seringkali sejak mereka terpicu untuk menemukan solusi atau produk.

Saat ini, konsumen biasanya melihat iklan online, mencari dan membandingkan harga di berbagai situs web, lalu pergi ke toko untuk mencoba produk atau berbelanja di toko online. Aplikasi seluler memberi pembeli penawaran dan kupon khusus, dukungan pelanggan, yang meningkatkan pemahaman kita tentang proses pembelian. Dengan digital marketing, pemasar dapat mengikuti seluruh perjalanan pembelian pelanggan.

Nah itulah beberapa manfaat dari digital marketing, selain manfaat kamu juga harus mengetahui tugas dan jobdesk digital marketer sebagai pelaku pemasaran digital marketing.

Tugas Yang Wajib Dilakukan Seorang Digital Marketer

tugas dan keterampilan seorang digital marketer

Tugas digital marketer adalah menggunakan saluran digital untuk menjangkau pelanggan, membangun brand awareness dan mempromosikan produk dan layanan.

Karena untuk bisa mempromosikan produk dengna baik membutuhkan kombinasi unik dari perencanaan, kreativitas, dan strategi maka kamu membutuhkan peran digital marketer. Mereka harus menguasai berbagai keterampilan agar tetap berada di atas saluran media digital yang terus berkembang yang mereka gunakan untuk membuat, menerapkan, mengelola, dan melacak campaign.

Pekerjaan Digital marketer adalah untuk mendorong brand awareness dan memimpin bisnis melalui saluran digital, dan itu berarti digital marketer menghabiskan hari-hari mereka membuat, memposting, atau memperbarui konten, memantau atau menangani interaksi dan campaign sosial, atau melakukan pekerjaan lain dalam upaya untuk mendukung saluran digital perusahaan.

Pada dasarnya, secara umum ini adalah jobdesk digital marketer di sebuah perusahaan atau brand;

  • Menguraikan, menyusun strategi, dan melaksanakan campaign digital marketing, termasuk search engine optimization (SEO) dan Search engine marketing (SEM), pemasaran konten, pemasaran email, pemasaran media sosial, dan upaya PPC
  • Mengelola dan membentuk upaya pemasaran media sosial, termasuk menentukan platform dan saluran media sosial yang optimal
  • Analisis campaign untuk menentukan metrik dan indikator kinerja utama (KPI) yang tepat sebelum mengukur kinerja dan membuat laporan
  • Identifikasi peluang baru untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi
  • Berkolaborasi lintas disiplin untuk memaksimalkan keefektifan campaign digital marketing, termasuk dengan desainer, pengembang, dan profesional komunikasi

Secara umum, digital marketer bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai saluran digital untuk menghasilkan arahan dan membangun brand awareness perusahaan kamu. Saluran digital yang dikelola oleh digital marketer meliputi:

  • Situs web perusahaan
  • Jaringan media sosial seperti Facebook, YouTube, TikTok dan Instagram
  • Mesin pencari termasuk Google dan Bing
  • Email Pemasaran
  • Aplikasi seluler seperti  WhatsApp
  • Iklan bergambar daring
  • Blog

Selain itu, digital marketer juga harus menggunakan analitik terukur untuk mengidentifikasi kelemahan dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja di seluruh saluran ini. Dalam peran ini, seorang digital marketer dapat bertanggung jawab atas semua aspek strategi digital perusahaan atau hanya berfokus pada salah satunya.

Seorang digital marketer bisa memilih keterampilan atau skill mana yang mau ia fokuskan, skill wajib yang perlu dimiliki oleh seorang digital marketer adalah;

1.Keterampilan digital marketing – Video

Untuk menarik perhatian audiens secara online memang sulit, apalagi statistik menunjukkan bahwa video meningkatkan keterlibatan sekaligus berperingkat lebih tinggi di Google.

Digital marketer dengan skill ini memang tidak perlu jago atau Kamu tidak harus menjadi produser video, tetapi fokuslah pada dasar-dasar pembuatan video. Memiliki pemahaman tentang cara menulis skrip video, menggunakan platform dan aplikasi untuk membuat video. Dengan pemasaran video sekarang menjadi bagian dari media sosial, pastikan Kamu memahami cara menggunakannya secara efektif di platform yang melibatkan audiens Kamu. Ingat, selalu ada kemungkinan untuk menjadi viral dengan sebuah video, jadi pastikan Kamu mengetahui atribut utama yang akan membantu meningkatkan peluang Kamu.

2. Keterampilan digital marketing – SEO & SEM

Penelusuran internet mendorong traffic ke situs web, iklan, atau laman landas. Kamu harus memahami Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) untuk bekerja dalam digital marketing. Kamu tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis back-end di sini. Ini lebih tentang memahami pentingnya dan mekanisme SEO dan praktik terbaik yang digunakan dalam industri ini. Memahami bagaimana SEO dan SEM bekerja sama dan mempengaruhi upaya online Kamu.

3. Keterampilan digital marketing – Content Marketing

Konten adalah apa yang digunakan untuk menarik dan melibatkan pelanggan, bisa berupa video, blog, artikel, podcast, youtube, studi kasus, testimoni dan banyak lagi. Pada dasarnya semua yang dapat diakses orang secara online di situs web atau saluran sosial Kamu. Memahami semua aspek konten, cara pembuatannya, cara efektifnya, dan cara terbaik untuk menggunakannya di berbagai platform dan demografi yang berbeda akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk hampir semua peran digital marketing. Kamu harus memahami cara terbaik menggunakan konten untuk membantu bisnis mencapai tujuannya, terutama platform media sosial utama.

Kesimpulan

Digital marketing adalah proses promosi yang mengandalkan internet untuk menjangkau audiens agar tertarik dan mau membeli produk atau brand kamu. Pada dasarnya segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik dianggap digital marketing.

Agar proses atau strategi digital marketing ini sukses, kamu harus menerapkan beberapa tugas seperti menguraikan, menyusun strategi, dan melaksanakan campaign digital marketing, termasuk search engine optimization (SEO) dan Search engine marketing (SEM), pemasaran konten, pemasaran email, pemasaran media sosial, dan upaya PPC pada iklan yang kamu pasang di jejaring sosial seperti Facebook misalnya.

Pemasaran digital harus menjadi salah satu fokus utama dari hampir semua strategi pemasaran bisnis secara keseluruhan. Belum pernah ada cara untuk tetap berhubungan secara konsisten dengan pelanggan Kamu, dan tidak ada lagi yang menawarkan tingkat personalisasi yang dapat disediakan oleh data digital. Semakin kamu bisa menerapkan digital marketing dalam bisnis, semakin kamu dapat mewujudkan potensi pertumbuhan perusahaan Anda.

Kenapa digital marketing sangat penting untuk bisnis, karena bisa membantu kamu menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang kamu bisa melalui metode tradisional dan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan kamu. Selain itu, sering kali lebih hemat biaya daripada periklanan tradisional dan memungkinkan kamu mengukur kesuksesan setiap hari dan berputar sesuai keinginan kamu untuk bisnis yang lebih berkembang.

Selain itu ada banyak manfaat digital marketing untuk keberlangsungan bisnis kamu, seperti dapat menjangkau geografis yang lebih luas, walaupun lokasi bisnis kamu berada di daerah Jakarta tapi kamu masih tetap bisa menjangkau wilayah spesifik seperti daerah jawa, sumatera hingga wilayah timur dimana target pelanggan kamu berada.

Ada pula manfaat lainnya yaitu, menghemat biaya lebih banyak, dibandingkan kamu harus beriklan di media surat kabar atau televisi yang sebenarnya lebih menjangkau mass market lebih baik menggunakan digital marketing, bisa lebih terjangkau dalam biaya akuisisi, data pun lebih detail dan terorganisir dalam dashboard iklan.

jika kamu ingin mempromosikan produk dari brand kamu tetapi kamu tidak mengerti bagaimana caranya, kamu bisa merekrut seorang digital marketer untuk mengurus segala jenis promosi dan pemasaran brand kamu. karena tugas digital marketer mencakup semua jenis pemasaran di berbagai saluran media, seperti situs web, sosial media, email dan lain – lain.

selain digital marketer, kamu juga bisa menyewa atau merekrut agen digital marketing, biasanya mereka membuka jasa untuk content marketing, jasa sosial media marketing, SEO marketing hingga paid marketing atau jasa iklan.

Itulah beberapa informasi mengenai digital marketing, dari mulai pengertian, cara kerja hingga tugas dari digital marketer untuk membangun brand kamu ke tingkat yang lebih tinggi.

(Visited 119 times, 1 visits today)
Close