Written by 3:51 am Marketing

Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads Untuk Pemula

Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads Untuk Pemula

Facebook ads adalah sarana yang memungkinkan Anda untuk mengiklankan produk atau jasa secara berbayar di Facebook. Menggunakan Facebook ads, iklan dapat ditargetkan secara spesifik, misalnya berdasarkan lokasi, umur, hobi, dan minat, dll.

Meskipun memerlukan biaya untuk membuat iklan di Facebook ads, tetapi jika dibandingkan dengan iklan offline seperti Koran, spanduk atau brosur, media iklan ini mungkin lebih efektif dalam hal biaya dan hasil.

Keuntungan Beriklan Di Facebook Ads

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan misalnya :

  1. Targeting yang spesifik: Anda dapat menargetkan iklan ke audiens yang spesifik berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, hobi, minat, dan sebagainya.
  2. Cepat dan mudah : Membuat dan mengelola iklan di Facebook sangat mudah dan cepat. Anda dapat membuat iklan dalam beberapa menit dan mulai menargetkan audiens yang spesifik sesegera mungkin.
  3. Biaya yang efektif : Facebook Ads memungkinkan Anda untuk mengatur anggaran iklan Anda sendiri dan hanya membayar ketika seseorang mengeklik iklan Anda, sehingga Anda dapat mengoptimalkan anggaran iklan Anda.
  4. Laporan dan analitik : Facebook memberikan akses ke laporan dan analitik yang detail, sehingga Anda dapat melacak kinerja iklan Anda dan mengoptimalkan strategi iklan Anda untuk meningkatkan hasil.
  5. Audience yang luas : Facebook memiliki jutaan pengguna aktif setiap bulan, sehingga iklan Anda dapat ditayangkan kepada audiens yang sangat luas, yang akan membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda.
  6. Fleksibilitas : Facebook Ads menyediakan berbagai jenis iklan yang dapat digunakan sesuai dengan tujuan iklan Anda. Anda dapat membuat iklan berupa foto, video, atau iklan carousel untuk menampilkan produk Anda dari berbagai sudut.
  7. Eksperimen : Facebook Ads memperbolehkan Anda untuk menguji berbagai variasi iklan sekaligus, seperti jenis iklan, pesan, dan target audiens, dll. Ini akan membantu Anda menentukan kombinasi iklan yang paling efektif.
  8. Re-targeting : Facebook Ads memungkinkan Anda untuk melakukan re-targeting, yaitu menayangkan iklan kepada orang-orang yang sudah pernah mengunjungi situs web Anda atau memengangi produk Anda. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dan pembelian.
  9. Automatisasi : Facebook Ads menyediakan fitur Automatization yang akan membuat proses pembuatan iklan, targeting, dan optimisasi menjadi lebih mudah dilakukan dan membantu anda untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi.
  10. Multi platform: Facebook memiliki beberapa platform seperti Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network, yang semuanya dapat digunakan dalam satu iklan, sehingga anda bisa meningkatkan jangkauan audiens yang lebih luas.
  11. Custom Audience: Anda dapat menggunakan data pelanggan yang Anda miliki untuk membuat audiens yang disesuaikan, yang memungkinkan Anda untuk menargetkan iklan yang lebih relevan kepada orang yang Anda inginkan.

Cara Membuat dan menargetkan iklan facebook ads yang benar

Untuk membuat facebook ads, pastikan kamu sudah login ke akun facebook, kemudian pastikan pula kamu sudah memiliki fanspage / halaman facebook. Jika belum punya, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.

Jika sudah login, silahkan klik menu (icon kotak di sudut kanan atas) -> iklan seperti pada gambar dibawah ini :

cara membuat facebook ads

masuk ke menu facebook

masuk ke menu facebook | Step 1

masuk ke iklan | Step 1

Jika sesuai, kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini, selanjutnya kamu bisa klik buka pengelola iklan.

buka pengelola iklan facebook ads

buka pengelola iklan facebook ads | step 3

Lalu kamu akan melihat tampilan dashboard untuk pembuatan iklan di facebook ads. Karena kita belum pernah membuat campaign sebelumnya, maka tampilannya masih kosong, namun jika sudah pernah buat sebelumnya, kamu akan melihat campaign di halaman ini.

Baca juga : Cara Marketing Online Yang Akan Membuat Bisnismu Melonjak

Selanjutnya klik button Buat untuk membuat campaign iklan facebook ads nya.

Setelah itu akan muncul popup untuk mengatur campaign kamu, terdapat pula pilihan tujuan campaign beserta penjelasannya, pilihlah sesuai dengan tujuan iklan kamu ya, setelah itu klik “Lanjutkan”.

Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, di halaman ini kamu bisa skip saja dengan klik Lanjutkan.

Setelah itu kamu diminta untuk mengatur iklan, pastikan dilangkah ini jangan sampai salah ya.

Beberapa point penting yang perlu kamu atur yaitu :

  1. Konversi -> simpelnya kamu akan mengarahkan visitor kemana, misalnya kamu ingin mengarahkan ke whatsapp berarti kamu bisa pilih whatsapp, atau kamu ingin mengarahkan ke situs web milik kamu, berarti pilihlah situs web, dst. Saran kami gunakan situs web (Landing Page) agar kamu bisa lebih banyak memberikan CTA (Call To Action) ke calon pembeli.
  2. Materi iklan dinamis -> saran kami aktifkan saja, tujuannya agar iklannya bisa di optimalkan oleh facebook sehingga terlihat lebih menarik
  3. Anggaran & Jadwal -> tentukan anggaran budget iklan kamu, mau harian atau sepanjang masa, masukkan juga jumlah nominal nya yang bertujuan untuk menghentikan iklan jika sudah menyentuh angka X (nominal tersebut berlaku per hari ya dan akan di reset kembali pada hari berikutnya). Atur juga jadwal mulai dan berakhirnya iklan.
  4. Pemirsa -> kamu bisa atur target iklan facebook ads kamu seperti lokasi, umur, kelamin, dll, jika kamu punya daftar pemirsa sendiri (misal dari facebook pixel), kamu juga bisa gunakan itu untuk retargeting. Ketika kamu menargetkan ke pemirsa baru, pastikan jangan melewatkan “penargetan terperinci” biar target iklan kamu lebih spesifik lagi. Dengan penargetan terperinci kamu bisa menyasar orang dengan demografis, minat atau perilaku sesuai dengan target pasar kamu.

Jika kamu sudah mengatur iklan facebook ads nya, kamu bisa klik Selanjutnya, dan kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya, scroll dan temukan section “Materi Iklan”. Kamu bisa pilih materinya dapat berupa gambar atau video.

Jangan lupa juga untuk mengisi Judul, Deskripsi, dan URL Website / Landing Page. Setelah kamu mengisinya, kamu akan melihat preview iklan nantinya saat dilihat oleh audience, Jika sudah sesuai kamu bisa klik terbitkan. Di tahap ini, proses pembuatan iklan kamu sudah selesai. Namun iklan tidak akan tayang jika kamu belum mengisi uang untuk pemotongan biaya iklan nantinya.

Untuk menambahkan dana ke facebook ads manager, kamu bisa klik icon menu -> tagihan.

Masuk ke menu tagihan facebook ads manager

Masuk ke menu tagihan facebook ads manager

Setelah halaman aktivitas pembayaran muncul, klik tambahkan dana. Lalu akan muncul popup dimana kamu harus memasukkan jumlah dana yang ingin ditambahkan beserta metode pembayarannya.

Note : Pastikan dana dilebihkan setidaknya 10-20% ya, karena biasanya akan ada biaya pajak.

Lakukan pembayaran dengan mengikuti intruksi yang diberikan oleh facebook. Jika sudah dibayar kamu cukup klik “selesai“, nantinya dana akan muncul di “Saldo Pabayar“. Jika saldo prabayar sudah terisi, iklan kamu akan otomatis berjalan.

Kamu bisa lihat statusnya di halaman manage campaign / kampanye / Dashboard kampanye untuk melihat kampanye iklan facebook ads kamu. Dihalaman ini pula kamu bisa melihat statistik seperti jangkauan, impresi, dll yang bisa membantu kamu untuk menentukan strategi iklan yang tepat kedepannya.

Dashboard Campaign

Dashboard Campaign

Kamu sudah tahu bagaimana cara membuat facebook ads, kamu tidak perlu terpaku dengan tutorial yang kami sajikan, kamu juga bisa kembangkan tutorial ini dengan inisiatif kamu sendiri lho.

Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa tonton video ini :

 

Tips Trik Agar Iklan Di Facebook Ads Tidak Boncos

Terdapat beberapa tips yang mesti kamu perhatikan dalam beriklan, diantaranya :

Pastikan target audience iklan kamu tepat

Jangan sampai salah atau bahkan asal-asalan dalam memilih target audience, hal ini sangat penting untuk menciptakan tindakan pada iklan yang kamu buat.

Berikut ini adalah contoh target iklan yang spesifik tentang jualan parfum wanita :

Target IklanContoh Audiens
LokasiPengguna di Jakarta, Indonesia
UmurPengguna usia 25-45 tahun
Jenis KelaminPengguna perempuan
Status PerkawinanPengguna yang telah menikah
PendidikanPengguna yang telah lulus dari universitas X
HobiPengguna yang menyukai shopping dan mode
MinatPengguna yang tertarik dengan produk parfum dan kecantikan
Kata KunciPengguna yang mencari produk parfum wanita

Kamu bisa sesuaikan dengan produk & target yang ingin kamu jual tentunya.

Buatlah beberapa kampanye facebook ads (A/B Testing)

Kamu bisa membuat beberapa kampanye facebook ads dengan tampilan serta target audience yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membandingkan kampanye mana sih yang kinerja nya bagus. Ngapain kamu mempertahankan kampanye yang kinerja nya jelek karna itu hanya menghabiskan uang tanpa ada hasilnya.

Mulailah dengan budget yang kecil

Kamu wajib memulai iklan dengan budget yang kecil, ketika kamu sudah menentukan kampanye mana yang memiliki kinerja bagus, kamu bisa menambah budget nya kapan saja.

Mengukur dan menganalisis hasil dari kampanye

Ini sangat penting, dengan mengukur serta menganalisa hasil dari kampanye iklan facebook ads, kamu bisa memperbaiki mana yang salah, tujuannya agar iklan yang ada memiliki hasil yang memuaskan.

Penutup

Untuk membuat iklan facebook ads bisa dibilang gampang – gampang susah, kamu bisa trial & error untuk menemukan formula terbaik sesuai dengan produk yang kamu jual. Gunakan kreatifitas dan analisa karena hasil iklan setiap orang tentu akan berbeda.

Maka dari itu kami sangat menekankan bahwa insting serta kreatifitas kamulah yang sangat diperlukan agar hasilnya memuaskan. Sekian dari kami, terimakasih.

Gambar pada tutorial kali ini diambil dari screenshoot video di youtube channel Kepoin IT

(Visited 29 times, 1 visits today)
Close