Written by 2:09 am Marketing, Sosial Media

Cara Beriklan Di FB Ads Dengan Facebook Ads Library

Cara Beriklan Di FB Ads Dengan Facebook Ads Library

Siapa yang tak kenal Facebook Ads, salah satu fitur dari platform sosial media yang berguna untuk mengiklankan atau mempromosikan produk yang kamu jual ke seantero negeri. Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui cara membuat facebook ads di artikel ini : Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads Untuk Pemula, pasti sudah familiar dengan cara membuat facebook ads yang benar dan bisa menghasilkan profit yang maksimal.

Namun ternyata, ada cara lebih sederhana lho, yang bisa kamu gunakan sebagai cara beriklan di Facebook Ads dan tetap bisa menonjol dibandingkan kompetitor bahkan mendapatkan keuntungan yang maksimal pula.

Cara beriklan di Facebook Ads yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah cara membuat facebook ads dengan menggunakan facebook ads library.

Apa Itu Facebook Ads Library ?

Jika kamu belum pernah memakai Facebook Ads Library pasti fitur satu ini terlihat asing apalagi jika kamu adalah seorang pemula yang baru saja mencoba untuk beriklan. Facebook Ads library merupakan sebuah fitur dari Facebook yang bisa menampilkan banyak iklan yang tayang baik di media sosial Facebook, Instagram, Messenger hingga Audience Network.

Dengan kata lain kamu bisa melihat iklan orang lain yang sedang tayang atau sedang aktif beriklan, dari mulai tanggal penayangan, platform yang digunakan untuk menarik audiens agar bertindak, gambar atau video iklan, hingga copywriting yang mereka gunakan.

Dalam Facebook Ads Library, karena semua iklan bisa ditampilkan, kamu juga bisa melihat iklan kompetitor yang produknya serupa dengan kamu, tentu saja untuk di ATM atau sekedar referensi untuk membuat iklan yang lebih nampol.

Di Facebook Ads Library terdapat 2 jenis iklan, yaitu umum seperti jualan produk, promosi barang, dan iklan pemilu atau politik.

Jika kamu ingin melihat iklan kompetitor kamu bisa memilih iklan umum, namun hanya bisa melihat iklan yang sedang aktif saja, sedangkan iklan politik akan menampilkan iklan yang sudah tidak aktif juga.

Kerennya lagi, fitur Facebook Ads Library ini gratis, siapapun bisa mengaksesnya meskipun kamu tidak memiliki akun facebook sama sekali.

Selain untuk melihat dan mengintip iklan kompetitor, kira – kira apa saja sih manfaat dari fitur Facebook Ads Library ini? Simak terus artikel ini ya

Manfaat Facebook Ads Library Untuk Riset Kompetitor

Ingin sukses beriklan itu prosesnya tidak mudah, ada hal yang perlu kamu lakukan untuk mengetes apakah iklan kamu bekerja secara efektif atau tidak, dari mulai kontennya, cara beriklannya hingga riset kompetitor yang penting untuk dilakukan.

Facebook Ads library memang penting untuk riset kompetitor, karena kamu bisa dengan mudah mengintip apa saja yang dilakukan kompetitor dalam iklannya.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat FB Library untuk riset kompetitor, yaitu sebagai berikut; 1

Sebagai Referensi Pembuatan Iklan

Saat akan membuat sebuah konten iklan, kamu pasti melakukan riset terlebih dahulu, kira – kira apa yang disukai oleh target audiens kamu, dengan facebook ads library riset referensi iklan semakin mudah, karena kamu bisa melihat berbagai iklan dari kompetitor yang sedang tayang.

Kamu bisa mengecek gaya bahasa copywritingnya, call to actionnya, landing pagenya, hingga konten iklannya baik gambar maupun video, dan lain sebagainya.

Dengan facebook ads library, kamu bisa mendapatkan referensi lengkap sehingga dapat membuat konten iklan yang lebih baik dari kompetitor.

Sebagai Perencanaan Strategi Bisnis

Setelah mengetahui apa yang dilakukan kompetitor dalam iklannya, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perencanaan strategi bisnis dengan membuat konten iklan yang lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Apabila iklan kompetitor berhasil, maka kamu bisa mengikuti strateginya dengan catatan selalu memodifikasi tergantung dengan target audiens yang kamu tuju. Sedangkan jika iklan mereka gagal, kamu bisa menyusun iklan lebih baik lagi agar tidak mengikuti kegagalan dari kompetitor.

Sebagai Ajang Memenangkan Persaingan

Dalam bisnis, persaingan adalah hal yang wajar terjadi, setiap bisnis pasti memiliki pesaing. Namun dengan adanya riset kompetitor bisa menjadi jalan untuk kamu memenangkan persaingan bisnis, apalagi jika riset yang kamu lakukan dengan Facebook Ads library berhasil dan benar maka peluang memenangkan persaingan pun menjadi jauh lebih besar.

Nah itulah manfaat dari Facebook ads library untuk riset kompetitor, berikutnya ada tips atau cara menggunakan fitur facebook ads library agar riset kompetitor kamu benar dan berhasil memenangkan persaingan meskipun produk kamu sama.

Baca juga : 5 Strategi Menghadapi Persaingan Harga Antar Kompetitor

Cara Menggunakan Fitur Facebook Ads Library

Berikut ini adalah cara menggunakan Facebook Ads Library agar iklan kamu sukses dan berhasil, caranya cukup mudah.

Pertama kamu buka situs Facebook Ads Library, kemudian kamu bisa login facebook jika mempunyai akun facebook, atau bisa langsung menggunakannya tanpa harus login.

Langkah berikutnya, pilihlah lokasi target iklan, biasanya di kolom ini kamu bisa mengetikkan nama negara, atau langsung memilih contohnya indonesia.

Kemudian, pilih kategori iklan atau jenis iklan, ada 2 pilihan yaitu semua iklan atau kategori isu, politik dan pemilu.

Langkah selanjutnya kamu bisa langsung mencari iklan dengan memfilter berdasarkan kata kunci atau keyword, misalnya kamu berjualan dress wanita, kamu bisa menggunakan kata kunci “jualan dress wanita”. Selain itu kamu juga bisa memilih iklan berdasarkan pengiklan. Misalnya kompetitor kamu adalah Dropshipaja, kamu bisa mengetikkan Dropshipaja di kolom pencarian iklan.

Baca juga : Cara Membuat Iklan Yang Baik & Menarik Untuk Pemula

Setelah itu, lihat bagian platform iklan. Kamu bisa memilih iklan kompetitor yang ditayangkan di semua platform atau salah satunya, misalnya hanya iklan yang tayang di Facebook.

Selain itu, kamu juga bisa memfilter berdasarkan jenis media iklan yang digunakan, seperti gambar, teks, video dan lain sebagainya. Dan yang terakhir kamu melihat iklan berdasarkan status aktif penayangan dan tanggal penayangan.

Setelah semua filter kamu atur, maka akan muncul beberapa iklan sesuai dengan yang kamu atur, lalu kamu bisa bandingkan iklan kompetitor satu dengan yang lainnya. Semakin banyak riset yang kamu lakukan, semakin besar juga peluang kamu membuat konten yang lebih baik.

Nah itulah beberapa cara menggunakan facebook ads library untuk membuat iklan yang lebih powerfull dari kompetitor.

(Visited 278 times, 1 visits today)
Close