Written by 3:45 am Marketing

Contoh & Cara Membuat Judul iklan / Headline Yang Menarik

Cara Membuat Judul iklan yang menarik

Dalam menjalankan pemasaran di bisnis, kamu perlu memikirkan bagaimana menulis atau membuat copywriting yang menarik dalam pembuatan konten iklan. Copywriting yang dibuat dengan baik akan kalah konversinya jika headline pada iklan yang kamu gunakan tidak powerfull.

Kenapa harus memperhatikan headline dalam iklan? Alasannya sederhana karena headline adalah kata pertama yang dilihat oleh pelanggan, jadi bagaimana caranya headline tersebut bisa menarik perhatian pelanggan agar mau melihat konten iklan kamu secara keseluruhan.

Baca juga : Cara Membuat Iklan Yang Baik & Menarik Untuk Pemula

Biasanya headline iklan yang digunakan dibuat lebih singkat, padat dan jelas, serta menonjolkan benefit dari penggunaan atau pemakaian produk yang kamu jual.

Bayangkan jika kamu ngasal dalam membuat headline iklan? Tentu saja tidak ada pelanggan yang tertarik untuk melihat iklan, sehingga iklan kamu boncos karena konversi yang kecil.

Itulah kenapa headline atau judul iklan yang menarik sangat penting untuk diperhatikan. Semakin nampol headline iklan kamu, maka semakin besar peluang mereka mengikuti sales funnel dari bisnis kamu.

Selain asal bikin copywriting, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat judul iklan, simak artikel berikut sampai selesai ya.

Kesalahan – Kesalahan Dalam Membuat Judul Iklan

Membuat headline atau judul iklan yang menarik adalah sebuah keharusan, dimana dengan headline yang menarik, kamu bisa memikat pelanggan agar membeli produk kamu. Namun jika kamu melakukan kesalahan – kesalahan berikut ini, maka judul iklan kamu tidak akan menarik bagi pelanggan. Berikut adalah kesalahan – kesalahan dalam membuat judul iklan, yaitu;

Copywriting Judul yang Ngasal

Judul ngasal itu bumerang, kalimat pada iklan memang harus powerfull, kalau ngasal pasti konten iklan kamu otomatis tidak akan dilirik oleh pelanggan. Tapi yang paling fatal sih kalau iklannya gak ada judulnya, makin tidak jelas.

cara membuat judul yang menarik itu tidak boleh ngasal, kamu perlu kategorikan target audiens kamu, apakah termasuk hot, warm atau cold?

Setelah berhasil mengkategorikan baru deh bikin judul iklan yang efektif.

Jangan Bahas Fitur Terus

Kesalahan membuat judul iklan berikutnya adalah judul hanya membanggakan fitur dari produk yang kamu jual. Padahal kamu perlu memberitahu pelanggan tentang manfaat dan apa arti manfaat yang didapatkan untuk pelanggan.

Contohnya kamu menjual produk parfum cewek, yang kamu bahas hanya seputar BPOM, halal, komposisi dan lain – lain. Padahal yang dibutuhkan oleh audiens adalah manfaat dan maknanya.

Misalnya Kalau kamu pakai parfum ini, wangi kamu tahan sepanjang lama, awet sampai 6 jam.

Jangan lupa kasih tau maknanya juga kalau pakai parfum ini kamu bisa bikin kamu jadi elegan dan mewah.

Nah 2 hal tersebut harus ada dalam judul iklan kamu. Jadi pelanggan tuh gak cuma beli pewangi, tapi juga beli kesegaran dan kemewahan.

Tidak Jelas Positioningnya

Judul atau headline untuk iklan harus jelas ditujukan untuk siapa? Jelas target marketnya. Jadi kalau iklan kamu boncos terus, coba di cek apakah headline kamu sudah tepat belum positioningnya.

Gak Pakai Sistem ATM

Dalam bisnis memang ada istilah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), begitupun dengan copywriting judul untuk iklan.

Gak usah capek – capek ngarang copywriting dari NOL, kamu bisa melakukan sistem ATM dengan menggunakan copywriting yang udah terbukti sukses, lalu modifikasi saja. Namun jangan jiplak plek ya.

Gak Ada Hook Yang Menarik

Hook adalah kalimat yang bisa membuat pelanggan kamu penasaran untuk memutuskan melihat iklan sampai membeli produk kamu.

Jika iklan tanpa ada hook, maka tidak ada yang membuat pelanggan penasaran melihat iklan kamu, apalagi mengenal brand maupun produk kamu.

Biasanya hook itu paling bagus di 3 detik pertama, apakah konten iklan kamu bisa menarik perhatian pelanggan atau tidak.

Nah itulah beberapa kesalahan – kesalahan dalam membuat judul untuk iklan yang menarik. Lantas bagaimana cara membuat judul yang menarik agar mampu memikat perhatian pelanggan untuk menonton iklan kamu sampai habis, bahkan langsung membeli produk yang kamu jual.

Baca juga : Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita ?

Cara Membuat & Contoh Judul Iklan Yang Menarik

Ada beberapa cara membuat judul yang menarik untuk iklan dan efektif meningkatkan konversi iklan kamu. Kamu bisa mencoba cara ini dan memodifikasi beberapa contoh judul iklan yang menarik.

Berikut adalah cara membuat judul yang menarik beserta contohnya;

Tentukan siapa target audiens kamu

Tujuan kamu beriklan adalah menarik pelanggan agar melakukan tindakan seperti membeli produk ,mendownload ebook atau aplikasi, mendaftarkan diri dan lain sebagainya.

Nah untuk membuat headline yang menarik kamu perlu menentukan siapa target audiens kamu, agar jusul yang dibuat disesuaikan dengan kategori atau persona dari pelanggan kamu.

Contoh Judul Iklan yang menariknya adalah

Misalnya target audiens kamu adalah orang – orang yang mempunyai mimpi besar, dan kamu berjualan training online, maka contoh judul iklannya adalah

“Khusus Kamu Yang Bosan Jadi Karyawan! Hadirilah Webinar Gratis untuk bisa mendapatkan 10 Juta Pertamamu dari Bisnis Dropship”

“Bunda Ingin Cepat Punya Momongan? Ikuti Webinar Program Hamil bersama Pejuang Garis Dua”

Buatlah Judul Singkat, Padat dan Jelas

Biasanya judul yang menarik adalah yang memiliki hook yang powerfull, yang bisa membuat pelanggan penasaran dalam 3 detik pertama. Oleh karena itu kamu perlu membuat judul iklan yang singkat, padat dan jelas, karena waktu untuk menonton iklan kamu ditentukan dalam 3 detik saja atau maksimal 10 detik pertama.

Contoh judul iklan yang menariknya seperti ini;

“Bisnis tanpa modal, cukup bikin konten dan sebar link saja”

“Ingin tampil cantik tapi gak jago make up? dandan gratis di MUA [Brand]Hanya untuk 10 orang pendaftar pertama”

Langsung To The Point

Iklan yang bertele – tele justru akan banyak di skip oleh pelanggan, oleh karena itu buatlah judul iklan yang to the point, apakah kamu mau mengangkat judul tentang fitur, benefit, makna atau manfaat dari produk yang kamu jual.

Contoh judul iklan yang menarik “To the point” adalah

” Kesempatan Langka! Nikmati momen Staycation kamu secara GRATIS dari [Brand]”

” Cashback Ratusan Ribu Menanti Anda! Belanja Minimal 50Ribu saja sudah bisa dapat cashback!”

“Awalnya Coba – Coba, Berikutnya Pasti Nagih Makan Ayam Geprek Pak Mamat”

Arahkan Pada Call To Action Yang Jelas

Call to Action adalah hal paling penting, karena memberikan perintah yang jelas kepada pelanggan, apakah kamu ingin mereka membeli, mendownload, mendaftar dan lain sebagainya.

Beberapa contoh judul iklan dengan call to action yang jelas adalah

“Beli Sekarang dan Dapatkan Potongan Harga 50% Hanya untuk Baju Couple”

” Tempat Healing Terbaik di Labuan Bajo, Cuma x Jutaan saja, Daftarkan diri kamu sekarang”

“Ingin cepat dapat kerja? Upgrade skill kamu bersama ayokerja sekarang, Klik link di bio”

Nah itulah beberapa cara membuat judul yang menarik untuk iklan, semakin hooknya jelas dan menarik maka semakin terpikat pula pelanggan untuk mengenal brand dan membeli produk yang kamu tawarkan.

(Visited 593 times, 1 visits today)
Close