Written by 7:55 pm Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui

Contoh Ide Konten Email Marketing Yang Menarik

Jika sebelumnya kamu sudah memanfaatkan strategi email marketing dan membuat konten email marketing yang menarik untuk menawarkan produk kamu ke pelanggan yang ada di database, berarti kamu sudah tahu jika email marketing bisa membantu kamu memberikan penawaran secara tertarget.

Namun strategi email marketing memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui agar bisa memanfaatkan email dengan sebaik mungkin.

Di artikel kali ini kami akan membahas apa saja sih kelebihan dan kekurangan email marketing biar kamu mengerti kapan saat yang tepat untuk menggunakan salah satu teknik marketing terbaik ini.

Kelebihan Email Marketing

Berikut ini adalah 8 kelebihan dari Email marketing;

  1. Channel Paling Efektif
  2. Mengantongi Izin Pelanggan
  3. Desain fleksibel
  4. Dapat di Scale
  5. Kamu bisa Personalisasi Email dan segmentasi audiens
  6. Mudah di Share atau dibagikan
  7. Meningkatkan Konversi dan peningkatan penjualan
  8. Mudah Diukur

1. Channel Paling efektif

Biaya pemasaran email bisa jauh lebih rendah daripada banyak bentuk pemasaran lainnya. Dalam email marketing kamu bisa menjangkau pelanggan bahkan tanpa biaya iklan sama sekali.

2. Mengantongi Izin Pelanggan 

Daftar pemasaran atau database Kamu terdiri dari orang-orang yang secara aktif memilih untuk menerima komunikasi email dari Kamu dengan OPT IN. Pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk dan/atau layanan Kamu lebih cenderung terlibat dengan bisnis Kamu.

3. Desain fleksibel 

Kamu dapat mengirim teks biasa, grafik, atau melampirkan file, pilih mana yang paling sesuai dengan pesan Kamu. Pilihan opsi desain memberimu ruang untuk menyampaikan branding bisnis Kamu secara profesional. 

4. Dapat di Scale

Pemasaran email dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang besar atau daftar target yang lebih kecil. Kamu bisa memperluas maupun mempersempit target yang akan menerima email kamu.

5. Kamu bisa Personalisasi Email dan segmentasi audiens

Dengan pemasaran email Kamu dapat mempersonalisasi pesan. Kamu juga dapat mengelompokkan daftar pemasaran Kamu, sehingga pelanggan akan menerima pesan dari Kamu sesuai dengan apa yang mereka minati, ini akan membantu meningkatkan engagement mereka dengan bisnis kamu. 

6. Mudah di Share atau dibagikan 

Mudah bagi orang untuk meneruskan dan membagikan konten email Kamu, membangun reputasi Kamu melalui pemasaran dari mulut ke mulut atau viral. Ini dapat membantu mempengaruhi pelanggan baru untuk menjadi pengikut brand Kamu.

7. Meningkatkan Konversi dan peningkatan penjualan

Jika Kamu memiliki campaign baru, orang dapat mengeklik tautan dan segera mengikuti ajakan untuk terlibat dengan brand Kamu. Pemasaran email juga efektif di setiap tahap proses pembelian. Misalnya, Kamu dapat memengaruhi seseorang untuk memilih produk Kamu, memelihara hubungan pelanggan pasca transaksi, dan juga mendorong pembelian di masa mendatang.

8. Mudah Diukur

Kamu dapat mengevaluasi keberhasilan kampanye dengan menggunakan perangkat lunak analisis web. Kamu dapat dengan mudah menguji copy, baris subjek, dan desain yang berbeda untuk melihat mana yang paling efektif. Ini memungkinkan Kamu mengoptimalkan kampanye di masa mendatang.

Kekurangan Email Marketing

Berikut ini beberapa potensi masalah pemasaran email meliputi;

  1. Spamming
  2. Email tidak terkirim
  3. Masalah desain

1. Spamming

Email komersial atau ‘spam’ mengganggu konsumen. Jika pesan Kamu tidak ditargetkan ke orang yang tepat, penerima dapat menghapus email Kamu atau berhenti berlangganan (OPT Out). Kamu perlu memastikan bahwa pemasaran email Kamu mematuhi aturan privasi dan perlindungan data, dan ditargetkan dengan benar pada orang yang ingin menerimanya.

2. Email tidak terkirim

Email yang dirancang dengan buruk mungkin tidak terkirim. Email yang menggunakan kata kunci atau karakter spam tertentu dalam judul atau konten email, misalnya GRATIS, klik di sini, kemungkinan akan disaring oleh perangkat lunak email dan penyedia layanan internet.

Atau jika Kamu tidak memperbarui daftar pemasaran Kamu, Kamu akan menemukan alamat email yang salah berarti pesan Kamu tidak akan sampai ke orang yang tepat.

3. Masalah desain

Email Kamu harus dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat sebagaimana mestinya di berbagai perangkat dan penyedia email. Kamu mungkin mengalami trade-off antara desain dan fungsionalitas. Beberapa orang memilih untuk menerima email hanya teks, pertimbangkan bagaimana tampilan pesan Kamu jika ini masalahnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan email marketing, semoga kamu bisa lebih meningkatkan performa email marketing dengan mencegah terjadinya potensi masalah yang ada saat mengirim email.

(Visited 30 times, 1 visits today)
Close