Written by 4:13 am Marketing

Cara Mendapatkan Endorse di Tiktok Untuk Creator Pemula

Cara Mendapatkan Endorse di Tiktok Untuk Creator Pemula

Bagi masyarakat sekarang mendapatkan uang dari internet ada banyak caranya, salah satunya dengan cara endorse di Tiktok.

Namun bagi pemula dan baru ingin memukai, pasti belum mengetahui cara mendapatkan endorse di Tiktok, padahal syarat utamanya adalah mempunyai akun Tiktok dan mempunyai banyak followers.

Jika kamu ingin mengetahui cara mendapatkan endorse di Tiktok, maka kamu wajib simak artikel ini sampai habis ya.

Tips & Cara Mendapatkan Endorse di Tiktok Bagi Pemula

Di era digital sekarang, sosial media memang mempunyai peran untuk bisa mendapatkan penghasilan, salah satunya dengan cara endorsement di sosial media.

Tidak hanya instagram, youtube saja yang bisa menerima endorsement, sekarang Tiktok menjadi platform yang populer untuk mendapatkan endorsement.

Artikel ini akan membantu kamu mengetahui cara menerima endorse sekaligus cara jadi tiktokers yang terkenal agar bisa mendapatkan endorse berkali kali.

Berikut ini adalah cara mendapatkan endorse di Tiktok, yaitu;

Buatlah Akun yang Menarik

Pertama sebagai cara mendapatkan endorse di Tiktok adalah pastikan kamu mempunyai akun, namun akun yang kamu punya harus yang menarik dan mempunyai keunikan tersendiri agar bisa dilirik oleh pemilik brand dan menjadikan kamu sasaran media endorse.

Selain dari segi konsep konten dan akun yang menarik, setidaknya kamu perlu followers diatas 1000 karena banyak brand yang melirik akun – akun tiktok dari mulai micro influencer hingga macro influencer, sehingga jika kamu baru memulai membuat akun, kejarlah 1000 followers pertamamu.

Baca juga : 8 Cara Endorse Selebgram & Artis Untuk Pemula, Dijamin Untung!

Setelah itu pastikan kamu mengupload konten secara konsisten, dan berinteraksi dengan followers agar meningkatkan engagement dari akun kamu.

Akun Sudah Ready, Mulailah Beri Service Gratis

Sama seperti berbisnis, jika kamu ingin audiens mengenal kamu, sebagai perkenalan kamu bisa memberikan pelayanan gratis, misalnya kamu membuat konten review, bisa produk yang sudah kamu punya atau menerima pengiriman produk dan endorse gratis.

Biasanya, cara ini sangat dilirik oleh brand – brand UMKM, sehingga kamu bisa mempromosikan produk mereka secara gratis dan membantu bisnisnya semakin maju.

Jika konten kamu bagus dan menarik, ada banyak peluang untuk dilirik oleh brand dan mendapatkan bayaran dari endorsement yang kamu lakukan lewat konten

Harus Buat Konten Yang Gak Cuma Bagus, Tapi Konsep Unik dan Menarik

Konten yang bagus di Tiktok itu banyak, bahkan seliweran di halaman for your page, lantas bagaimana cara menerima endorse jika konten kamu hanya cukup di bagus saja? Kemungkinan tetap ada, tapi persaingan ketat.

Oleh karena itu, kamu harus membuat konten dengan konsep unik dan menarik.

Kamu bisa memakai konsep storytelling, karena masyarakat indonesia sendiri memang suka dengan cerita, drama dan lain – lain.

Baca juga : 11 Ide Konten Tiktok Untuk Bisnis Biar FYP & Viral

Misalnya kamu akan mempromosikan produk penutup motor agar tidak terkena hujan maupun panas. Kamu bisa memulai dengan konsep point of view sebagai motor bagaimana kondisinya saat kepanasan hingga kehujanan.

Sehingga endorsement produk penutup motor ini out of the box dan berbeda dengan konten promo penutup motor lainnya.

Konten unik dan menarik seperti inilah yang dicari oleh pemilik brand untuk mempromosikan brandnya.

Pertahankan Interaksi dengan Follower, Tingkatkan Engagement Akun

Tidak bisa di pungkiri, followers mempunyai peran penting dalam cara mendapatkan endorse di tiktok maupun cara menjadi tiktokers terkenal. Followers adalah fans yang akan membuat akun kamu ramai dan konten kamu viral namun dengan syarat kamu bisa menjaga interaksi dengan followers.

Misalnya dengan membalas komen, membuat video sebagai reply comment yang diminta followers, dengan cara tersebut followers merasa dihargai sehingga akan terus setia di akun kamu. Namun jangan salah diantara followers yang menyukai pasti juga ada haters, tapi kamu harus berpikir positif saja.

Dengan mempertahankan interaksi maka engagement akun kamu akan terjaga bahkan naik, sehingga konten – konten yang kamu upload memiliki kemungkinan untuk masuk fyp dan viral.

Konsisten dalam Upload Konten

Pemilik brand tidak hanya melirik konten yang bagus atau viral saja, banyak elemen yang diperhatikan untuk akhirnya memilih kamu sebagai calon tiktokers yang menerima endorse. Salah satunya adalah konsistensi kamu dalam upload konten dan menjaga interaksi bersama pengguna lainnya.

Kenapa hal ini penting dan menjadi bahan pertimbangan pemilik brand? Karena mereka tidak ingin produknya di review oleh akun yang hanya viral sekali saja lalu tidak ada konten yang dibuat secara konsisten, karena mengandalkan viral saja tidak cukup, tapi harus ada konsistensi dalam pembuatan konten berikutnya.

Kolaborasi dengan Influencer atau Tiktokers Lainnya

Kolaborasi adalah salah satu ide konten yang masih memiliki kekuatan untuk mempromosikan produk menjadi lebih baik, kamu bisa menggandeng influencer micro untuk review produk endorse kamu. Bahkan jika kamu memiliki circle influencer macro akan lebih baik memilih influencer tersebut untuk menjadi partner kolaborasi.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah kamu harus sesuaikan target pasar pemilik produk dengan influencer yang kamu ajak kolaborasi, karena pemilihan influencer yang tepat untuk target market yang sudah ditentukan akan memberikan peluang konten diterima dengan baik alias tepat sasaran.

Nah itulah beberapa cara mendapatkan endorse di tiktok bagi kamu yang pemula, serta menjadi tiktokers terkenal, ingatlah bahwa untuk mendapatkan endorse ini tidaklah instan, kamu perlu berjuang membuat konten terlebih dahulu dengan keunikan tersendiri agar pemilik brand pun tidak ragu memilih kamu sebagai partner endorsement.

Selain itu konsistensi dalam menjaga interaksi dan membuat konten juga diperlukan.

Selamat mencoba cara menerima endorse bagi pemula ini, dan semoga bisa cuan dari endorsement ya.

(Visited 2,085 times, 1 visits today)
Close