Written by 9:53 pm Marketing

Brand Persona : Pengertian, Contoh & Cara Membangunnya

Persona Branding Pengertian, Contoh & Cara Membangunnya

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat atau mendengar sebuah brand? Apakah kamu langsung mengingat slogan atau taglinenya? Mengingat logonya? Mengingat warnanya? Atau nada seperti jingle brand?

Padahal brand itu kan banyak, tapi kenapa kamu bisa mengingat salah satu hal tentang brand itu ketika kamu mendengarnya?

Contoh ketika kamu mendengar brand air mineral Aqua, mungkin yang terlintas di benak kamu seperti taglinenya ada aqua, atau warna logonya dan lain sebagainya.

Hal diatas hanya sebagian aspek penting dalam sebuah brand personality atau brand persona, yang menggambarkan sebuah kepribadian brand tersebut.

Untuk lebih jelasnya, di artikel ini akan dibahas mengenai apa itu persona branding, contohnya seperti apa dan bagaimana membangun persona brand agar bisnis kamu semakin sukses.

Apa Itu Brand Persona ?

Persona branding atau brand persona adalah bagaimana sebuah brand bisa dideskripsikan atau digambarkan jika dalam bentuk kepribadian, sikap dari seseorang yang biasanya akan terhubung dengan audiens tertarget brand kamu.

Secara sederhana, brand persona itu merupakan cara menggambarkan brand melalui sebuah kepribadian jika brand dianggap sebagai seorang individu.

Selain itu, persona brand juga mengacu kepada bagaimana brand bisa berinterkasi dengan pelanggan, dengan produk dan lain sebagainya.

Sebuah brand persona yang baik akan memberikan kesan yang baik pula yaitu brand mudah diingat oleh audiens, dan kamu bisa membayangkan sebuah brand dengan kepribadian yang familiar di lingkungan kamu.

Biasanya seorang owner bisnis akan membuat persona brand dengan cara membayangkan individu mana yang kira – kira akan tertarik dengan produk yang kamu jual, dan pesan dari brand mewakili kepribadian audiens.

Baca juga : Contoh & Cara Branding Produk Yang Dilakukan Brand Terkenal

Seperti contoh, joe taslim untuk karakternya di head & shoulder atau Jessica Mila untuk personalitynya dalam fair n lovely dan masih banyak lainnya.

Personality atau kepribadian dari karakter yang kamu tunjuk akan membantu brand meningkatkan citranya, membangun kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan kamu.

Dan yang paling penting dalam membangun persona brand adalah karakter yang kamu tunjukkan kepada audiens mampu memberi pengaruh baik kepada perusahaan khususnya dari segi penjualan.

Ada tips simple yang biasanya dilakukan oleh owner bisnis dalam membuat persona brand, yaitu bagaimana produk yang kamu jual bisa muncul dalam kondisi yang tepat. Apa yang kamu inginkan dari brand ketika audiens mendengar nama brand kamu.

Contohnya, Brand sarung wadimor yang dikenal sebagai sarung khas indonesia dari tahun ke tahun. Maka tak heran jika banyak audiens  yang mengenal brand sarung ini, dan setiap membutuhkan alat perlengkapan ibadah wadimor menjadi salah satu brand yang akan dipilih karena brand personanya yang sudah terbentuk.

Mungkin kamu bertanya, setiap brand memiliki personanya masing – masing, ada yang dianggap kompeten, ada juga brand yang menggambarkan luxury atau kemewahan. Lantas bagaimana kita bisa menggambarkan brand dengan tepat?

Berikut ini ada karakteristik dari tipe brand persona yang bisa jadi referensi kamu untuk menentukan akan seperti apa persona brand yang kamu bangun.

Tipe persona brand dikenal dengan The big five. Setiap brand biasanya harus memiliki kombinasi unik dari 5 tipe untuk menciptakan karakter atau kepribadian yang sesuai dengan target pasar yang kamu sasar.

The Big Five dari persona brand;

  1. Excitement yang berarti membangkitkan semangat

Tipe persona excitement biasanya mengacu pada brand – brand yang bisa membangkitkan semangat, kegembiraan dan kesenangan, cenderung memiliki karakter yang bebas, ekspresif dan penuh semangat.

  1. Sincerity yang berarti kejujuran 

Kepribadian yang ditonjolkan dalam tipe ini adalah jujur, positif, membawa kebaikan dan peduli terhadap konsumen. Biasanya mengarah kepada nilai kekeluargaan.

  1. Ruggedness yang berarti tangguh

Biasanya brand personality ruggedness menggambarkan sifat tangguh, berani, kuat dan atletik. Brand tipe ini cocok dan identik dengan produk olahraga, otomotif hingga perlengkapan pria.

  1. Competence yang berarti kompetensi

Tipe personality brand ini menggambarkan sifat kompeten, profesional dan efisien. Biasanya digunakan oleh brand untuk menunjukkan jika brand mereka adalah leader, memberi pengaruh dan menunjukkan kesuksesan dari sebuah brand.

  1. Sophistication pemberi kesan mewah

Tipe sophistication memberikan persona brand yang elegan, berkelas, dan mewah. Lebih bisa menunjukkan bahwa brand kamu adalah sebuah kesempurnaan.

Nah itulah sedikit pengertian singkat mengenai brand persona yang wajib kamu miliki untuk mensukseskan brand yang kamu bangun

Contoh Persona Branding / Brand Persona

Contoh persona branding yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan melekat hingga sekarang. Mari kita buat contoh persona dengan menganalisanya menggunakan the big five, yaitu;

Baca juga : 13 Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Di Era Digital

Excitement atau memberi kesan semangat

Contoh persona brand dengan tipe excitement bisa kamu dapatkan dari brand seperti coca cola yang setiap promosinya menggambarkan kebahagiaan, keceriaan, ekspresif hingga bebas. Persona brand dari coca cola dikenal sebagai open happiness yang artinya membuka kebahagiaan.

Sehingga audiens akan membayangkan ketika mereka meminum coca cola, mood, perasaan menjadi lebih bahagia dan membangkitkan semangat.

Sincerity yang berarti kejujuran

Tipe personality dengan sifat kejujuran bisa kamu lihat dari brand shampo Dove. Dove tidak hanya memikirkan tentang sebuah produk yang menunjukkan kepeduliannya terhadap wanita yang ingin tampil cantik dengan rambutnya saja, namun ada bentuk ketulusan yang brand ingin tonjolkan dengan konsep brand persona inspiring yaitu memberikan inspirasi agar para wanita bisa lebih percaya diri.

Ruggedness yang berarti tangguh

Brand personality ruggedness dengan konsepnya yang tangguh dan berani serta atletik, bisa kamu lihat dari brand Nike, sepatu olahraga yang memberikan kesan atletik pada siapa saja yang menggunakannya.

Competence yang berarti kompetensi

Brand persona yang memberikan kesan kompeten, bisa kamu lihat di brand Space X Elon Musk, brand ini memiliki tingkat kompetensi dan profesionalisme yang sangat tinggi dengan dibuktikan oleh produk – produknya yang menjadi leader dalam bidang teknologi dan inovasi.

Sophistication, brand persona mewah

Brand persona tipe ini banyak sekali bermunculan, seperti salah satunya brand hermes, gucci dan lain sebagainya, yang memberikan kesan mewah dan eksklusif pada setiap penggunanya.

Nah itulah beberapa contoh persona branding berdasarkan the big five.

Lantas bagaimana cara membangun brand persona agar brand mudah diingat oleh audiens? Simak berikutnya.

Cara Membangun Persona Branding Yang Baik

Brand persona tidak bisa dibangun dalam waktu yang singkat, kamu butuh proses secara menyeluruh untuk bisa membangun brand persona yang baik, berikut ini adalah cara membangun persona branding yang baik untuk bisnis kamu;

Pahami Brand Kamu dengan Baik

Untuk bisa membangun brand persona, langkah pertama kamu harus memahami brand kamu dengan baik, bagaimana identitasnya, karakternya seperti apa dan nilai – nilai apa yang kamu inginkan ada dalam brand, tentukan ciri khas dari brand kamu agar berbeda dengan kompetitor.

Dengan memahami brand dengan baik, kamu akan lebih mudah menentukan brand persona dari brand kamu.

baca juga : Cara Menentukan Nama & Logo Brand Yang Bagus Untuk Bisnis

Pahami Target dengan Benar

Langkah kedua yaitu, menentukan siapa target pasar kamu dengan benar, kamu perlu melakukan beberapa riset pasar, agar produk yang kamu jual dan juga brand persona yang kamu buat nantinya bisa sesuai dengan target pasar kamu.

Menentukan Voice Brand dan Storynya

Langkah berikutnya adalah menentukan story dan pesan dari brand, kamu ingin pesan dan cerita seperti apa yang akan diangkat sesuai dengan brand kamu.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menentukan brand persona, apakah menggunakan karakter maskot, menggunakan public figure dan lain sebagainya. Biasanya jika brand voice dan story kamu menarik, akan lebih efektif menarik perhatian pelanggan kamu nantinya.

Nah itulah tentang brand persona yang penting untuk kamu bangun jika ingin bisnis kamu semakin dikenal oleh audiens

(Visited 123 times, 1 visits today)
Close