Written by 1:07 am Marketing

5 Aplikasi Kirim Email Massal Gratis untuk Campaign Pemasaran

Aplikasi Kirim Email Massal Gratis untuk Campaign Pemasaran

Email marketing punya manfaat yang penting untuk kelangsungan bisnis, dengan menggunakan email kamu bisa menjangkau customer dan mempertahankan mereka agar menjadi pelanggan yang loyal. 

Namun untuk menggunakan email marketing, kamu memerlukan aplikasi software kirim email massal kepada customer. 

Bayangkan jika kamu punya 1000 customer, tidak mungkin kamu harus kirim secara manual satu per satu bukan?

Oleh karena itu, kamu butuh aplikasi kirim email massal. 

Selain membantu dalam pengiriman email, ternyata aplikasi kirim email massal punya manfaat lain lho, yang bisa membantu kamu mengoperasikan email marketing lebih efisien dan efektif. 

Manfaat Penggunakan Aplikasi Pengirim Email Massal Untuk Email Marketing

Email marketing memberikan beberapa manfaat yang dapat membantu mengembangkan brand Kamu. Itu sebabnya perangkat lunak ini sangat berguna. Itu dapat melakukan beberapa hal yang mencapai tujuan perangkat lunak email marketing. Lebih baik lagi, ini dapat dilakukan dengan lebih efisien daripada departemen pemasaran biasa.

Berikut ini adalah manfaat menggunakan software kirim email massal, yaitu; 

  • Pengiriman Otomatis

Sementara industri lain membutuhkan tenaga kerja manual dan kerja keras untuk menciptakan brand awareness, perangkat lunak email marketing mengotomatiskan prosesnya. Kamu dapat dengan cepat mendorong loyalitas pelanggan dan yang perlu Kamu lakukan hanyalah menulis pesan.

  • Pemasaran Murah

Biasanya biaya email marketing lebih murah daripada bentuk pemasaran online lainnya dan memiliki kapasitas untuk menjangkau lebih banyak orang dan perangkat lunak ini dapat melakukannya dengan cepat dan efisien.

  • Interaksi Pelanggan Lebih Tinggi

Sama seperti pemasaran media sosial, ada beberapa contoh perangkat lunak email marketing untuk membantu Kamu berinteraksi dengan audiens. Kamu dapat menerima email balasan dari pelanggan Kamu dan menanggapinya dengan baik. Ini lebih cepat daripada media lain dan dapat menjangkau pengguna internasional tanpa biaya terlalu banyak. Konten yang Kamu kirim juga membantu pelanggan merasa lebih terlibat langsung daripada bentuk pemasaran lainnya. Kamu juga dapat menggunakan penjawab otomatis untuk bertindak berdasarkan kata kunci pemicu.

  • Personalisasi Mudah

Konten yang dibuat untuk email bisa berasal dari beberapa template dan bisa dikirim ke banyak pengguna sekaligus. Apa yang membuat alat ini lebih istimewa adalah Kamu dapat mempersonalisasi masing-masing dengan editor visual. Ini berarti Kamu dapat mengatur email untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun yang dipersonalisasi atau pembaruan yang dipersonalisasi. Ini mudah dilakukan dengan menambahkan data yang dapat ditukar di email, seperti nama pengguna.

  • Hasil yang Dapat Diukur

Perangkat lunak pemasaran lainnya dapat lebih digeneralisasikan dalam hal hasil. email marketing menonjol karena datanya lebih tepat. Kelas perangkat lunak telah mengembangkan komponen analisis metrik yang akurat yang dapat membantu Kamu mengukur data pelanggan dan menyajikan data tersebut menggunakan laporan dan ilustrasi yang disederhanakan.

  • Konten yang Dapat Dibagikan

Penawaran khusus dan tautan ke media sosial telah membuat email marketing dapat dibagikan. Ini dapat mempermudah untuk menambahkan lebih banyak pelanggan ke milis Kamu. Ini juga lebih mudah karena email dapat diteruskan dan dikirim oleh pelanggan ke kontak mereka sendiri. Dengan insentif seperti penawaran promo untuk suka atau berbagi, Kamu dapat mengubah pelanggan Kamu menjadi pendukung brand yang kuat.

  • Jangkauan Luas

Perangkat lunak email marketing telah berkembang seiring dengan teknologi mutakhir. Itu sebabnya ada email ramah seluler. Ini membantu Kamu menjangkau pemirsa meskipun mereka sedang dalam perjalanan dan jauh dari desktop.

  • Pengurangan Beban Kerja

Saat Kamu mengembangkan konten dan daftar kontak, perangkat lunak email marketing membuat pekerjaan Kamu lebih mudah. Dengan pemasaran brand yang otomatis yang lebih cepat. 

Itulah manfaat menggunakan software kirim email massal, lalu bagaimana cara kerja aplikasi email massal?

Cara Kerja Aplikasi / Software Email Massal

Jika kamu akan mengirim pesan kepada pelanggan dengan menggunakan software email marketing, maka pesan yang terkirim akan lebih cepat dan kamu juga bisa mnyertakan file – file pendukung seperti logo perusahaan, gambar promosi dan lain – lain. , 

Ternyata cara kerja email marketing menggunakan software email cukup mudah lho, seperti; 

  1. Pertama kamu buat pesan email yang akan dikirimkan di bagian email editor yang ada di software email yang sudah kamu pilih.
  2. Kemudian kamu tinggal setting penerima email kamu dan berapa jumlah kontak yang akan menerima email kamu. 
  3. Setelah semua sudah diatur, kamu hanya tinggal mengklik send. 
  4. Ketika email akan dikirim, email server dalam aplikasi akan otomatis mengirimkan pesan kepada penerima email yang sudah kamu pilih. Biasanya server akan mengidentifikasi alamat email tujuan.
  5. Setelah email terkirim, maka konten pesan email kamu akan tersimpan secara otomatis dalam email server. Sehingga kamu bisa melihat kembali email yang sudah terkirim dan juga report data dari emailnya.  

Sekarang sudah banyak aplikasi kirim email massal dari yang gratis hingga berbayar, jika kamu memerlukan rekomendasi aplikasi kirim email gratis, simak artikel ini sampai habis. 

5 Rekomendasi Aplikasi Kirim Email Massal Gratis

  • Mailchimp

Mungkin kamu pernah mendengarnya? Mailchimp adalah Salah satu platform kirim email massal yang paling banyak digunakan oleh bisnis kecil hingga menengah karena adanya fitur gratis yaitu pembuatan email dan penjadwalan kapan email bisa di posting. 

Platform ini memberikan kemudahan untuk kamu mengirim email, dari mulai menulis konten email dan juga menyimpan gambar dan file yang dibutuhkan dalam konten email. Mailchimp juga memberikan kamu tools gratis bagaimana mengotomatisasi email berdasarkan segmen pembeli, sehingga kamu bisa membagi audiens berdasarkan tahapan apakah pelanggan baru mendaftar, sudah membeli produk atau belum melakukan tindakan apapun.

Selain itu, mailchimp memiliki fitur rekomendasi cerdas, dimana ia mampu memberikan insight mengenai perilaku audiens sehingga kamu bisa memaksimalkan konten email marketing agar lebih tertarget. 

Konten yang tertarget menjadikan bisnis kamu lebih optimal dalam hal pemasaran. Jika kamu belum memahami bagaimana targeting diperlukan dalam pemasaran baca : Apa itu segmentasi, targeting dan positioning dalam marketing

Selain itu, di mailchimp kamu juga bisa mendapatkan 2000 daftar kontak dan 10,000 email per bulannya, semua bisa kamu dapatkan secara gratis. 

  • Sendinblue

Sendinblue salah satu platform email marketing yang punya fitur customer relationship management dan pembuatan landing page. aplikasi ini salah satu yang paling mudah digunakan oleh pemula sekalipun walaupun belum pernah menggunakan platform email marketing. 

Dalam sendinblue ada 70 template desain email marketing sehingga konten email kamu akan terlihat profesional dan mudah dibaca oleh pengguna.

Selain itu, platform ini menawarkan opsi email autoresponder dimana server akan mengirimkan email secara otomatis ke kontak yang masuk ke dalam suatu campaign yang telah dibuat penggunanya.

Selain pilihan desain yang banyak kamu bisa menggunakan fitur A/B Testing dan segmentasi audiens, sehingga konten email yang dibuat akan sesuai target kamu.

Sendinblue bisa mengirimkan email dalam sehari 300 email. 

  • Sender

Selanjutnya adalah platform sender yang menawarkan tools untuk email yaitu push notifications, ada juga template yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan segmentasi audiens dan brand kamu.

Sender memiliki keunggulan di fitur analitisnya yang memungkinkan kamu memonitor siapa yang membuka email dan mengklik link di dalamnya.

Untuk kapasitas daftar kontak sender menyediakan hingga 2500 subscribers dan 15,000 email yang bisa dikirim per bulannya.

 

  • Omnisend

Omnisend menyediakan fitur dimana kamu bisa mengotomatisasi pengiriman email berdasarkan perilaku pelanggan kamu dan ada fitur “perfect timing” dimana email akan terkirim di waktu paling optimal atau waktu dimana pelanggan sering membuka email kamu.

Selain itu, omnisend juga memberikan kamu jumlah subscribers yang tidak terbatas, namun penggunaan email yang terkirim hanya 15,000 email per bulan.

Jika kamu seorang penjual online, kamu bisa memanfaatkan omnisend dengan membuat web jualan online yang tersedia di omnisend.  

 

  • MailerLite

MailerLite adalah  platform email marketing yang gratis dengan fitur yang unik yaitu pop-up dan survei yang bisa di-customize.

Selain bagi kamu yang pemula fitur drag-and-drop dan editor teks memudahkan kamu dalam mendesain email marketing yang akan dikirim ke pelanggan kamu. 

Kamu juga bisa membuat landing page yang berhubungan dengan email yang kamu kirim, sehingga kamu bisa meningkatkan konversi dari web maupun email kamu.

Dalam MailerLite kamu bisa menggunakan fitur laporan seperti berapa rasio klik, rasio berhenti langganan, rasio jumlah subscribers per harinya dan lain – lain.

Berbeda dengan platform lainnya, MailerLite membatasi jumlah kontak dari 1000 hingga 12,000 email per bulannya. 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi kirim email gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

(Visited 57 times, 1 visits today)
Close