Written by 2:49 am Marketing

Contoh & Cara Branding Produk Yang Dilakukan Brand Terkenal

Contoh & Cara Branding Produk Yang Dilakukan Brand Terkenal

Dalam dunia bisnis, branding sangat penting untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan atau lebih dikenal dengan brand awareness.

Brand awareness sendiri adalah kemampuan sebuah brand untuk bisa diingat oleh konsumen dengan mudah. Namun untuk mencapai brand awareness yang sukses perlu strategi dan effort yang luar biasa dan bisa dilakukan dalam proses yang lama.

Bagian penting dalam brand awareness adalah bagaimana branding produk atau bisnis kamu bisa mudah diingat dan menempel dalam ingatan konsumen, dalam bisnis dikenal dengan istilah top of mind.

Menjadi top of mind di kalangan masyarakat perlu kerja keras dari brand meningkatkan brandingnya dari waktu ke waktu. Sebut saja Marjan, yang iklannya selalu muncul hanya di bulan Ramadhan, mampu menjadi top of mind kala ramadhan tiba.

Di artikel ini akan dibahas Brand terkenal yang sukses menjadi top of mind dan cara branding produk serta strategi pemasarannya.

3 Brand Terkenal Yang Sukses Menjadi Top Of Mind & Cara Mereka Branding

Pertama, apakah kamu sadar jika kamu sedang membeli sesuatu yang kamu sebutkan mereknya atau brandnya bukan barangnya.

Misalnya Chiki, sebuah brand makanan ringan atau snack yang bergambar bebek kuning. Namun kebanyakan orang membeli apapun makanan ringan dengan sebutan “beli chiki”.

Atau ketika beli detergen, orang akan menyebutkan kata Rinso, padahal di warung ada merk lain. Lagi – lagi yang disebutkan adalah MEREK atau BRAND bukan barangnya. Kan aneh ya rasanya beli ke warung bilangnya “Bu beli sabun cuci baju ya” pasti lebih banyak “Bu, beli Rinso”

Dalam bahasa Indonesia disebut majas Metonimia, majas yang memuat kalimat dengan sebuah nama brand, sedangkan dalam dunia bisnis, merek atau brand – brand yang disebutkan pada saat membeli produk, padahal kategorinya banyak dikenal sebagai Top of mind. Dimana brand berhasil menjadi merek yang dikenal luas dan mudah diingat, nempel di pikiran pelanggan.

Ada beberapa brand terkenal di Indonesia yang sudah menjadi top of mind di kalangan masyarakat, sebut saja Aqua, Rinso, Softex dan Indomie.

1. Cara Branding AQUA

Siapa yang tak kenal dengan Brand air kemasan ini? Aqua sudah menjadi top of mind dikalangan masyarakat, apapun merek air kemasannya, pelanggan pasti selalu ingat aqua. Itulah contoh branding produk Aqua yang sudah melekat di pikiran pelanggan.

Selain itu, ada banyak tagline yang bikin masyarakat makin ingat dengan Aqua, seperti ada aqua? Yang melekat dalam jangka waktu yang lama. Bahkan yang terbaru adalah Aqua Dulu, yang bikin masyarakat makin ingat ketika melakukan aktivitas apapun yang penting aqua dulu.

Aqua tidak serta merta langsung menjadi terkenal di kalangan masyarakat, ada cara branding produk Aqua yang terus dilakukan sehingga branding produk tetap terjaga.

Berikut ini adalah cara branding produk aqua agar sukses menjadi top of mind, yaitu;

Aqua selalu menjaga kualitas produk, dengan menampilkan visual sebagai representasi 100% murni dari sumber mata air pegunungan.

Karena hal tersebut, Aqua menjamin kebersihan dan keamanan untuk dikonsumsi, membuat masyarakat percaya dengan produk Aqua.

Bangun Citra brand yang kuat, jika kamu lihat Aqua selalu identik dengan aktifitas keluarga atau kebersamaan, bahkan dalam iklannya Aqua selalu menampilkan visual saat minum bersama keluarga. Momen – momen tersebut yang melekat di benak konsumen, Aqua jadi minum aman untuk keluarga.

Inovasi Produk selalu dilakukan, tujuannya agar Aqua bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi, salah satunya dengan meluncurkan produk Aqua botol biru yang kemasannya jadi mudah dibawa kemana – mana.

Aktif dalam Campaign Sosial, Aqua terlibat aktif dalam kampanye – kampanye sosial seperti menjaga lingkungan tetap bersih. Dengan keterlibatannya Aqua menjadi semakin dikenal oleh masyarakat.

Itulah beberapa cara branding yang dilakukan oleh Aqua untuk menjadi top of mind di pelanggan setianya.

2. Cara Branding Rinso

Sebagai merek deterjen terkenal di Indonesia, Rinso melakukan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan branding dan menjadi top of mind di kalangan masyarakat. Berikut ini strategi pemasaran yang sudah dilakukan Rinso hingga menjadi Brand sukses seperti sekarang, yaitu;

  1. Rinso fokus pada kualitas dimana brand ini mampu menjadi pemimpin di pasar segmentasi kategori produk deterjen. Meningkatkan produk dari segi kualitas daya cuci hingga aroma wangi yang otentik.
  2. Media promosi televisi menjadi salah satu cara Rinso membangun brandingnya selama bertahun – tahun. Iklannya menekankan pada manfaat produk yang mampu menghilangkan noda dengan cepat, karena manfaat tersebut Rinso mampu memikat audiensnya khususnya ibu – ibu.
  3. Strategi pemasaran yang dilakukan Rinso adalah dengan menawarkan berbagai hadiah ataupun diskon menarik bagi audiens yang melakukan pembelian paket deterjen.
  4. Kolaborasi Rinso dengan brand lain yang membuat produk Rinso menjadi top of mind di masyarakat, seperti pernah melakukan kolaborasi campaign bersama Zara dan H&M
  5. Diversifikasi produk dengan mengembangkan berbagai jenis deterjen seperti Rinso Molto dan Rinso Anti Noda, dengan diversifikasi, Rinso mampu menjangkau segmen pasar yang lebih luas lagi.
  6. Program sosial yang membuat Rinso semakin dikenal oleh masyarakat seperti donasi dalam setiap pembelian produk.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh brand Rinso untuk menjadi top of mind di masyarakat.

3. Cara Branding Produk Softex

Siapa yang tak kenal dengan produk pembalut wanita ini, sejak dulu sudah dikenal oleh masyarakat dan menjadi top of mind, namun semua tidak terjadi begitu saja, ada beberapa cara branding produk yang dilakukan softex hingga akhirnya sukses, yaitu;

  1. Membuat identitas brand yang kuat, dari mulai nama, logo, slogan hingga warna dipilih sesuai dengan nilai – nilai dari brand softex.
  2. Menentukan target pasar yang sesuai dengan softex yaitu market perempuan. Sehingga kampanye pemasarannya lebih mengedepankan target perempuan.
  3. Membangun citra brand yang positif dengan tetap menjaga kualitas produk, layanan produk hingga bahan baku yang terjamin aman digunakan oleh mayoritas perempuan ini, semua dibangun melalui pemasaran iklan dan media sosial
  4. Meningkatkan brand awareness dengan membuat berbagai kampanye konten di media sosial, iklan televisi, billboard, menjadi sponsor program acara dan lain sebagainya. Serta Softex selalu memberikan layanan diskon maupun giveaway menarik bagi konsumen setianya.
  5. Mengembangkan produk inovatif sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti membuat pembalut dengan bahan alami daun sirih yang tidak dilakukan oleh brand lain guna menjaga kesehatan dan kebersihan perempuan saat, hal tersebut mendatangkan feedback yang baik dan berdampak baik pula bagi brand.

Nah itulah cara branding produk softex yang sudah menjadi top of mind di kalangan masyarakat.

3 brand diatas sudah berhasil melakukan strategi pemasaran secara offline maupun online untuk menarik perhatian pelanggan, sehingga brandingnya bisa terbentuk, semoga cara branding produk ini bisa membantu kamu dalam membuat branding bisnis kamu semakin baik lagi.

(Visited 1,207 times, 1 visits today)
Close