Written by 7:51 am Marketing

7 Cara Terbaik Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

7 Cara Terbaik Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

Berbisnis online di Facebook masih diminati oleh berbagai kalangan pebisnis, karena potensi keuntungannya lebih besar apalagi dengan adanya Facebook Ads.

Facebook Ads tidak hanya berpotensi pada keuntungan saja, namun juga bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis maupun produk yang kamu jual, apalagi kalau budget yang kamu keluarkan untuk iklan tinggi.

Baca juga : Cara Jualan Di Facebook Biar Laris, Dijamin Banyak Leads

Namun, tidak semua pebisnis bisa memakai facebook Ads dan mendapatkan keuntungan, salah satunya karena terkendala modal. Oleh karena itu, pebisnis yang berjualan di facebook bisa mencoba fitur Facebook Marketplace.

Jika kamu pemula dan ingin tau cara jualan di marketplace fb biar laris, wajib simak artikel ini sampai habis.

Sebelum mengetahui cara jualan di marketplace fb, kamu perlu tahu apa itu marketplace facebook.

Apa Itu Marketplace Facebook?

7 Cara Terbaik Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

Fitur yang disediakan oleh facebook untuk membantu pengguna facebook dalam transaksi menjual atau membeli barang. Fitur marketplace facebook ini gratis dan bisa langsung kamu gunakan untuk jualan, syaratnya kamu harus sudah mempunyai akun facebook.

Biasanya di marketplace facebook, kamu bisa menawarkan barang sesuai dengan lokasi domisili, dan untuk berkomunikasi antara pembeli dan penjual, kamu bisa memanfaatkan  fitur messenger yang ada di Facebook. Namun berbeda Shopee, tokopedia, lazada dan dengan ecommerce lainnya, marketplace fb tidak menyediakan berbagai macam fitur pembayaran, di fitur marketplace fb kamu hanya dapat bertransaksi dengan 2 metode pembayaran yang disepakati oleh penjual dan pembeli, biasanya melalui transfer bank atau cash on delivery (COD).

Cara Membuat Marketplace Facebook

Jika kamu tertarik untuk berjualan di marketplace facebook, yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat marketplace fb terlebih dahulu.

Cara membuat marketplace di fb juga mudah banget kok, berikut ini adalah caranya, yaitu;

  1. Masuk ke akun facebook yang sudah kamu buat khusus untuk jualan atau bisnis, setelah itu kamu masuk ke halaman facebook
  2. Lalu pilih jual barang. Setelahnya akan muncul pilihan jenis tawaran, dan pilih barang dijual
  3. Lalu tambahkan foto sesuai dengan barang yang akan kamu jual, lengkapi deskripsi produk mulai dari nama produk, harga, ukuran, lokasi kamu dan lain – lain.
  4. Setelah itu kamu cek pratinjau untuk mengetahui apakah informasi produk yang akan kamu jual sudah lengkap atau belum
  5. Setelah itu kamu pilih terbitkan untuk memposting produk yang kamu jual di marketplace facebook

Setelah produk sudah diterbitkan, kamu hanya tinggal menunggu klien atau calon pembeli yang akan membeli produk kamu, biasanya akan muncul notifikasi dari facebook messenger jika ada yang tertarik dengan produk yang kamu jual.

Setelah produk habis terjual, jangan lupa untuk menandai sebagai habis, mak otomatis produk kamu akan terhapus dan tidak bisa dilihat oleh pengguna facebook lagi.

Nah itulah cara membuat marketplace facebook, mudah bukan?

Sekarang, pertanyaannya, apakah marketplace fb ini bisa jadi cara jualan di facebook yang bisa laris manis?

Cara Terbaik Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

Meskipun kemungkinan untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan cukup besar di fitur marketplace fb, kamu tetap harus mengetahui cara agar marketplace facebook dilihat banyak orang dan bisa menghasilkan penjualan secara otomatis. Oleh karena itu, kamu memerlukan cara berjualan di marketplace facebook yang benar dan terbukti mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan dan penjualan.

Berikut ini adalah cara jual di marketplace fb yang laris manis, yaitu;

  1. Deskripsi Produk Harus Jelas

Cara jualan di marketplace fb biat laris yang pertama adalah memastikan bahwa deskripsi produk yang kamu tampilkan di halaman marketplace jelas dan detail, agar pelanggan bisa langsung memahami kondisi produk yang kamu jual, dan memudahkan serta meyakinkan pembeli untuk membeli produk kamu.

Maka tugas pertama yang [erlu kamu lakukan adalah deskripsikan produk kamu sejelas mungkin, dari ulai tipe, warna, ukuran, benefit, fitur, hingga kondisi barang dan apapun informasi yang memang penting untuk diketahui oleh pelanggan.

Semakin jelas deskripsi produk yang kamu jual, maka semakin besar pula potensi calon pelanggan membeli produk kamu.

  1. Kualitas Foto Produk Menarik

Dikarenakan kamu menjual produk secara online, maka kamu harus menyediakan foto produk yang bagus untuk bisa meyakinkan dan menarik perhatian pelanggan, semakin baik kualitas foto produk yang kamu punya, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan konsumen kepada produk yang kamu jual.

Kamu bisa membuat foto produk berkualitas dengan memperhatikan berbagai hal seperti tata pencahayaan, background foto yang menarik dan lain sebagainya.

  1. Upload Produk sesuai kategori

Jika foto produk kamu sudah menarik, langkah berikutnya sebagai cara jualan di marketplace fb biar laris adalah dengan mengupload produk sesuai kategori, jangan sampai kamu salah memasukka produk ke kategori berbeda. misalnya kamu memasukkan produk fashion ke kategori kendaraan, maka produk kamu tentu akan sulit ditemukan oleh konsumen, bahkan produk kamu bisa tidak muncul.

Jadi pastikan kamu mengupload produk sesuai kategori ya jika ingin lebih banyak dilihat oleh pengguna facebook lainnya.

  1. Cantumkan Nomor Pemesanan

Salah satu cara jualan di marketplace fb biar laris yang berhasil adalah dengan mencantumkan nomor pemesanan, karena marketplace fb tidak sama seperti ecommerce lainnya, kamu bisa mencantumkan sejumlah kontak baik no telpon, nomor whatsapp untuk bisa dihubungi oleh pembeli yang akan melakukan pemesanan.

Biasanya jika kamu mencantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk bertanya perihal produk maupun melakukan pemesanan, tingkat konversi jadi membelinya cukup baik.

Dalam beberapa kasus, penjual yang tidak menyertakan nomor kontak admin maupun pemesanan biasanya dicurigai sebagai modus penipuan, sehingga jualan kamu bisa sepi karena hal ini.

  1. Rajin Posting, minimal 10 kali sehari

Cara jualan di marketplace fb biar laris adalah dengan rajin posting produk yang kamu jual, dalam sehari usahakan untuk memposting minimal 10 produk, semakin banyak kamu posting maka facebook akan menyadari adanya jualan kamu, dan akan lebih merekomendasikan produk kamu kepada penjual, namun perlu diingat dalam sekali posting kamu harus memberi jeda setiap postingannya agar tidak dikira spam.

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah selalu memakai CTA atau call to action di setiap postingan, sehingga pelanggan tahu harus bertindak seperti apa untuk melakukan pemesanan.

  1. Balas Pelanggan dengan Cepat

Salah satu cara jualan di marketplace fb biar laris adalah dengan membalas pesan yang ada di fitur messenger dengan cepat, pelanggan akan menyukai tanggapan yang cepat, dan komunikasi yang nyaman antara penjual dan pembeli. Jangan sampai kamu mengabaikan pelanggan jika tidak ingin kehilangan mereka.

  1. Menggunakan Fitur Facebook Ads

Sama – sama fitur facebook, kamu bisa memanfaatkan facebook ads untuk membuat marketplace fb kamu ramai pembeli, namun cara jualan di facebook dengan iklan perlu sedikit modal agar penjualan kamu bisa menghasilkan profit.

Kamu bisa mengiklankan produk yang ada di marketplace fb kamu dengan menggunakan iklan, biasanya kamu bisa memasang tarif sesuai dengan jumlah audiens yang kamu jadikan target market.

Namun, jangan sampai kecewa jika hasil iklan kamu boncos ya, terus konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itulah cara terbaik jualan di marketplace fb biar laris manis, semoga cara ini bisa kamu praktekkan dan berhasil ya. selamat mencoba!

(Visited 603 times, 1 visits today)
Close