Written by 8:19 am Sosial Media, Tips & Trik

Cara Jualan Di Facebook Biar Laris, Dijamin Banyak Leads

Cara Jualan Di Facebook Biar Laris, Dijamin Banyak Leads

Facebook adalah salah satu media sosial yang sampai saat ini masih menjadi platform yang banyak digunakan untuk memulai bisnis, jika kamu akan menjual di facebook kamu harus tau cara jualan di facebook agar laris manis.

Seperti yang kita ketahui facebook identik dengan fitur ads atau iklannya yang berbayar, namun bukan berarti kamu mengesampingkan versi organik alias gratis dengan membuat konten jualan di facebook.

Agar kamu tidak tersesat dalam mengetahui cara jualan di facebook, sebaiknya kamu simak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Leads ?

apa itu leads

source : onering.in

Dalam dunia bisnis ada istilah yang menandakan bahwa orang tersebut masih prospek belum menjadi pelanggan, terlepas apakah kamu ngiklan ataupun versi organik. Ya, orang yang nyemplung ke dunia bisnis ini mengenal dengan sebutan leads.

Apa itu leads? Leads adalah orang – orang yang menunjukan minatnya terhadap produk yang kamu jual, pada dasarnya prospek itu bisa dibilang leads.

Leads disini adalah calon pelanggan yang potensial yang mungkin akan segera membeli produk kamu.

Dalam bisnis offline, misalnya kamu memiliki sebuah toko baju, maka orang – orang yang masuk ke dalam toko baju kamu disebut leads, namun untuk bisnis online, agak susah untuk menganggap mereka leads karena kamu belum mengetahui apakah mereka memiliki minat terhadap produk kamu atau tidak.

Untuk menentukan apakah kumpulan orang – orang secara online merupakan leads, kamu bisa mengamati ciri – ciri berikut ini;

  • Biasanya orang yang tertarik dengan produk kamu akan meninggalkan interaksi di sosial media, misalnya like, comment atau share postingan kamu.
  • Orang yang mengunjungi situs website kamu secara langsung atau dari iklan
  • Orang – orang yang memfavoritkan toko kamu
  • Orang – orang yang sukarela memberikan emailnya untuk mendapatkan penawaran gratis.

Dengan ciri – ciri diatas kamu bisa melihat seberapa banyak leads yang kamu miliki untuk dijadikan buyer potensial.

Secara sederhana untuk mendapatkan leads kamu harus mendatangkan mereka, mengajak mereka masuk ke dalam funnel bisnis kamu terlebih dahulu. Karena pada prinsipnya buyer adalah leads yang sudah terkonversi dalam tahap pemasaran yang kamu lakukan.

Sebagian pebisnis menganggap mendatangkan leads ini mudah, tinggal memberikan penawaran gratis dan mereka akan mendapatkan leads. Namun terkadang leads yang didapatkan tidak sesuai dengan target market kamu.

Nah biasanya alasan tersebut yang membuat jualan kamu di facebook tidak laku. Ada beberapa alasan kenapa jualan di Facebook tidak laku, kamu harus mengetahuinya agar bisa menghindari kesalahan dan membuat jualan kamu tetap laris.

Alasan Kenapa Jualan Di Facebook Tidak Laku

Jualan di facebook masih efektif dilakukan namun sayangnya banyak pebisnis yang melakukan kesalahan sehingga jualannya menjadi tidak laku. Berikut ini adalah alasan kenapa jualan kamu di facebook tidak laku, yaitu;

  • Salah menargetkan audiens

Target market itu penting agar pesan yang kamu buat sebagai konten promosi di facebook sampai ke audiens yang memang dituju, jika salah menargetkan kamu akan mendapatkan leads yang tidak sesuai bahkan tidak memiliki minat terhadap produk kamu, hasilnya bisa jadi tidak ada penjualan. Oleh karena itu jangan sampai salah menargetkan audiens.

  • Termakan Hoax Penipuan

Sering banyaknya kasus penipuan dari facebook yang mana oknum tertentu, mengakibatkan kurangnya kepercayaan pelanggan untuk bertransaksi di facebook karena takut tertipu. Oleh karena itu tugas yang perlu kamu lakukan adalah membuat pelanggan percaya bahwa produk yang kamu jual adalah real dan kamu adalah bisnis yang profesional.

  • Terlalu banyak persaingan.

Selain karena dua alasan diatas, persaingan juga memiliki pengaruh mengapa jualan kamu di facebook tidak laku, jika kamu tidak bisa menonjolkan keunikan dari produk kamu, maka kamu akan kalah dalam persaingan.

Selain keunikan kamu juga harus menonjolkan unique selling point dari produk kamu, sehingga meskipun produknya sama, tapi kamu bisa lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Namun jika USP saja tidak ada, maka potensi terjadi penjualan pun semakin tipis.

Baca juga : 8 Cara Menghadapi Persaingan Usaha dengan Produk yang Sama

  • Makin banyak ecommerce atau marketplace.

Masyarakat di era serba digital sekarang lebih menyukai transaksi yang simple, makanya ecommerce atau marketplace paling disukai dan menjadi tempat ternyaman audiens berbelanja. Marketplace seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak dan lainnya memang banyak digunakan untuk berbelanja karena kemudahan transaksinya serta keamanannya baik dari segi materi maupun dari segi produk yang diterima oleh audiens.

Itulah alasan kenapa jualan di facebook tidak laku, untuk bisa bersaing dengan marketplace, kamu harus memanfaatkan fitur – fitur berjualan yang ada di dalam facebook, sehingga cara jualan di facebook pun menjadi bervariasi untuk bisa meningkatkan penjualan.

Fitur Facebook Yang Bisa Dipakai Untuk Berjualan

Sama halnya dengan media sosial lainnya, facebook memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan agar laris manis. Berikut ini adalah fitur – fitur terbaik dari facebook yang harus kamu miliki.

  • Facebook Ads

Facebook ads adalah salah satu fitur terbaik dari facebook yang menyediakan platform iklan untuk memperluas jangkauan pemasaran dan bisa meningkatkan penjualan produk. Biasanya banyak pebisnis yang mencoba ngiklan di facebook untuk mendapatkan leads maupun mendapatkan penjualan.

  • Success Story

Fitur yang disediakan facebook untuk melihat bagaimana kisah sukses seseorang dalam bisnisnya. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mencari ide – ide segar yang mendukung konten promosi kamu.

  • Power Editor

Fitur ini yang membantu kamu menawarkan kontrol detail terhadap iklan yang sudah kamu buat, kamu bisa mencari, membuat atau mengedit iklan secara cepat dan efisien menggunakan fitur ini.

  • Facebook Marketing Pages

Fitur ini membantu kamu untuk berjualan online, karena kamu bisa memiliki halaman profil bisnis untuk melakukan pemasaran, menjangkau pelanggan dan bisa membuat kampanye branding dari bisnis kamu.

  • Page Insights

Fitur ini bisa membantu kamu menganalisis data dari iklan atau konten yang kamu buat, dari mulai berapa banyak like, komen dan share dalam konten kamu.

  • News Feed

Fitur ini membantu audiens mendapatkan informasi mengenai produk kamu, kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang siapapun yang mengikuti profil kamu. Sama halnya dengan feed instagram.

  • Marketplace

Sama halnya dengan jenis marketplace lain, marketplace yang dibuat oleh facebook ini adalah fitur untuk mempromosikan toko atau jualan kamu.

  • Facebook Live

Di era sekarang, live streaming sedang hype dan banyak yang beralih ke metode live untuk melariskan jualan, karena tingkat penjualannya bisa naik secara signifikan. Facebook pun mempunyai facebook live untuk membantu kamu mempromosikan bisnis kamu.

Nah itulah beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat jualan di facebook laris. Namun jika kamu belum mengetahui cara jualan di facebook biar laris, simak informasinya dibawah ini.

Cara Jualan Di Facebook Biar Laris Gratis

Cara jualan di facebook biar laris secara gratis adalah sebagai berikut;

1. Bergabunglah dengan Grup Jual Beli

Fitur grup di facebook bisa kamu manfaatkan, karena banyak pilihan grup yang ada di Facebook seperti grup pelaku bisnis atau grup menjual barang dan jasa.

Di grup nanti kamu bisa bertemu dengan sesama penjual atau pembeli yang sedang mencari produk yang dijual di dalam grup.

Kamu bisa bergabung dengan sebanyak – banyaknya grup khususnya grup berjualan untuk meningkatkan penjualan kamu menjadi lebih laris.

Setelah bergabung jangan lupa untuk membagikan postingan terkait produk kamu di dalam grup.

2. Mengaktifkan Fitur Marketplace

Sama halnya dengan marketplace pada umumnya, fitur marketplace ini memudahkan pembeli untuk mencari informasi produk dari mulai nama penjual, gambar barang, informasi barang, lokasi hingga deskripsi produk secara detail.

Namun berbeda dengan sistem marketplace lain, di facebook pembayarannya melakukan COD untuk mencegah terjadinya penipuan, kamu juga bisa negosiasi harga sebelum transaksi dilakukan.

3. Pahami Copywriting

Copywriting memang penting untuk menarik perhatian pelanggan hingga menjadi penasaran terhadap produk kamu, satu kalimat promosi yang tertarget bisa membantu audiens mengenali produk kamu, sampai menjadi pembeli produk kamu. jika kamu belum mengetahui bagaimana membuat copywriting yang menarik untuk audiens, kamu bisa baca : Copywriting untuk Pemula : Cara Menulis Teks yang Memikat

4. Upload Konten Secara Konsisten

Karena kamu jualan di facebook, dalam arti pelanggan tidak bisa melihat dan menyentuh barang yang kamu jual secara langsung, oleh karena itu kamu harus memberikan informasi yang jelas, terutama dari segi visual produk, kamu bisa membuat foto produk yang bagus dan profesional untuk menarik perhatian pelanggan.

foto produk tersebut bisa kamu jadikan konten untuk menarik perhatian mereka agar terlibat di postingan kamu hingga akhirnya memutuskan membeli. Uploadlah konten secara konsisten, tapi ingat jangan selalu jualan, kamu harus membuat jenis konten lainnya agar mereka lebih engage dengan bisnis kamu.

5. Rutin Analisa Kompetitor

Karena persaingan di facebook sangat ketat dengan munculnya banyak usaha – usaha dari kecil hingga besar, kamu perlu menganalisa kompetitor untuk mengetahui strategi seperti apa yang harus kamu lakukan agar tidak kalah saing, dan tetap menjadi incaran pelanggan.

Baca juga : Riset Kompetitor Adalah: Manfaat & Cara Melakukannya

6. Melayani Customer dengan Baik

Setelah kamu melakukan langkah – langkah diatas, selanjutnya adalah melayani customer secara baik, membut customer puas adalah salah satu cara membuat mereka menjadi pelanggan yang setia.

Meskipun bisnis ini dilakukan secara online melalui facebook, kamu tetap harus memberikan pelayanan terbaik, agar mereka senang berbelanja di bisnis kamu.

Nah itulah cara jualan di facebook biar laris secara gratis, jika cara diatas belum berhasil, kamu bisa melakukan cara jualan di facebook biar laris dengan menggunakan Facebook Ads atau menggunakan sistem berbayar.

Cara Jualan Di Facebook Biar Laris Dengan Facebook Ads (Berbayar)

cara jualan di facebook dengan ngiklan berbayar ini memang paling powerfull untuk mendatangkan leads maupun penjualan, namun kamu perlu modal yang lebih untuk bisa mendapatkan goal yang sudah kamu tentukan.

Cara jualan di facebook ads dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu;

  1. Buatlah halaman facebook atau fanpage untuk menjelaskan informasi tentang bisnis kamu
  2. Login ke Facebook Ads manager, disini kamu bisa mengelola iklan
  3. Kemudian buat dan tentukan kampanye untuk iklan kamu
    pada tahap ini kamu harus mengatur campaign untuk menentukan tujuan dari iklan apakah untuk drive traffic atau untuk lainnya, lalu siapkan juga ads set dimana kamu mengatur kepada siapa iklan ini ditujukan dan ada ad sebagai iklan kamu dari mulai gambar, deskripsi hingga tautan
  4. Buatlah anggaran, disini kamu harus mengatur anggaran iklan yang akan kamu keluarkan, apakah anggaran harian atau sepanjang masa promosi
  5. Setelah materi iklan selesai, kamu masuk ke metode pembayaran iklan, biasanya menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

itulah cara jualan di facebook dengan menggunakan ads, pada dasarnya keberhasilan ads tergantung pada budget dan konten ad yang sudah kamu buat.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara jualan di facebook baik yang gratis maupun berbayar? semua kembali ke pilihan kamu jika kamu ingin mencoba menaikan profit penjualan, kamu bisa mencoba dengan metode berbayar.

(Visited 446 times, 1 visits today)
Close