Written by 5:58 am Bisnis Online

Keuntungan & Kerugian Jualan di Shopee Yang Wajib Kamu Tahu

Keuntungan & Kerugian Jualan di Shopee Yang Wajib Kamu Tahu

Apakah kamu sedang menjalani bisnis online dan ingin memaksimalkan omset kamu menjadi lebih besar lagi? Marketplace seperti shopee cocok untuk kamu jadikan wadah untuk melejitkan omset jualan.

Namun jualan di shopee tidak semudah seperti yang dikira, karena ada beberapa aturan dan juga persaingan antar penjual yang sangat ketat, belum lagi jika kamu terlibat perang harga.

Nah jika kamu tetap ingin berjualan di Shopee maka kamu wajib mengetahui keuntungan dan kerugian jualan di Shopee agar kamu bisa mempertimbangkan dan menghindari kerugiannya.

Keuntungan Jualan di Shopee

Memulai bisnis online di Shopee memiliki keuntungan yang beragam dan bisa meningkatkan omset kamu menjadi lebih besar lagi. Jika kamu membuka platform ecommerce Shopee kamu pasti bisa melihat banyak keuntungan dan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat toko kamu ramai pembeli dan meningkatkan penjualan.

Baca juga : Ide Usaha Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

Nah, keuntungan jualan di shopee itu beragam, berikut diantaranya;

  • Program Shopee yang banyak

Keuntungan pertama berjualan online di shopee adalah kamu bisa merasakan banyaknya program dan fitur yang disediakan, dari mulai fitur seperti gratis ongkir, cashback, murah lebay dan lain – lain.

Dilansir dari website resmi Shopee, ada beberapa program, yaitu;

  • program gratis ongkir yang jadi primadona bagi pembeli dan membuat toko kamu kebanjiran pembeli,
  • program gratis ongkir XTRA, cocok untuk kamu yang menjual produk tidak terlalu tinggi harganya, sehingga program ini bisa meningkatkan jumlah pesanan
  • Cashback XTRA, program yang memberikan subsidi cashback kepada penjual
  • Star dan star+, program ini adalah program pengakuan dimana kategori star dan star+ menandakan bahwa penjual sudah menjual produk lebih banyak
  • Flash Voucher, program yang menawarkan penjual untuk memasang voucher yang bisa di klaim oleh pembeli saat mengunjungi toko kamu.
  • Program Ekspor Shopee, program yang membantu penjual yang ingin menjual barang atau produknya sampai ke luar negeri.

Program ini bisa menguntungkan kamu sebagai penjual bahkan juga pembeli. Semenjak Shopee hadir, banyak penjual maupun pembeli yang memanfaatkan salah satu programnya yaitu gratis ongkir.

Itulah keuntungan jualan di shopee yang pertama.

  • Pasar yang Luas

Keuntungan jualan di shopee yang kedua adalah pasar yang luas. Berdasarkan data dari similarweb ada 190,7 juta pengguna shopee di Indonesia. Dengan banyaknya pengguna membuktikan jika shopee adalah pasar yang luas dengan audiens banyak yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan di shopee.

Selain itu jangkauan jualan di shopee juga tak terbatas, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan di shopee ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Semakin banyak produk yang terjual maka semakin besar juga jangkauan wilayah yang bisa membeli produk kamu.

  • Sistem yang Mendukung

Shopee menjadi salah satu marketplace yang mendukung UMKM go digital di negara – negara Asia, sehingga fasilitas dan sistem yang ada di shopee pun ditingkatkan untuk bisa mendukung proses berjualan para penggunanya, khususnya para seller.

Salah satu sistem yang mendukung penjualan adalah adanya panduan untuk memperlancar setiap transaksi jual beli secara online di toko si penjual. Dengan adanya panduan ini maka memudahkan para seller dalam berjualan.

Selain itu, customer service nya pun disiapkan untuk membantu para seller yang kesulitan dalam bertransaksi di aplikasi Shopee.

  • Praktisnya bertransaksi di Shopee

Bertransaksi menjadi hal penting dalam sistem jual beli bagi penjual maupun pembeli. DI Shopee kamu dapat memanfaatkan jenis transaksi yang disediakan oleh shopee, seperti metode pembayaran sampai pemilihan jenis pengiriman bagi penjual maupun pembeli.

Jenis transaksi yang praktis dan efisien seperti metode pembayaran di Shopee ada 13 pilihan metode pembayaran mulai dari Shopeepay, Spaylater, COD alias bayar di tempat, transfer bank dengan 2 metode di cek otomatis atau manual), ada juga metode virtual account, Cicilan Kartu Kredit, OneKlik, Kartu Kredit/Debit, BRI Direct Debit, Agen BRILink,  Indomaret, BNI Agen46, Mitra Shopee, Akulaku PayLater dan  Alfamart.

Dengan kemudahan ini membuat penjual mampu bertransaksi dengan nyaman dan aman.

  • Punya omset melejit dengan modal minim

Keuntungan jualan di Shopee berikutnya adalah modal awal minim, untuk membuka toko online kamu hanya memerlukan kuota internet dan skill mendesign toko yang bisa dilakukan oleh diri sendiri.

Dengan shopee kamu gak perlu sewa toko yang harganya bisa sampai jutaan, cukup produksi produk di rumah.

Modal minim yang kamu keluarkan di awal bisa memberikan banyak keuntungan, karena kamu bisa menikmati berbagai fitur yang ada di Shopee.

Selain itu manfaat jualan di Shopee juga cocok untuk pemula yang ingin bisnis online, dengan memulai bisnis sistem dropship sehingga kamu hanya perlu jualan di toko shopee tetapi pengiriman dilakukan oleh supplier, lebih mudah bukan?

Nah itulah keuntungan jualan di Shopee yang wajib kamu ketahui. Namun dibalik keuntungannya tetap ada kekurangan yang harus kamu hindari agar tidak merugi.

Kekurangan Jualan di Shopee

Setiap ada keuntungan pasti ada kekurangan seperti di marketplace pada umumnya. Kekurangan berjualan di Shopee adalah yang paling krusial terlibat perang harga, karena ada banyak penjual yang menjual produk yang sama namun harganya berbeda, ada yang jual mahal ada pula yang jual murah.

Kebanyakan pembeli melihat dari harga namun tidak menutup kemungkinan pembeli melihat dari kualitas produk.

Baca juga : Cara Jualan Online Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis !

Selain perang harga ada beberapa kekurangan berjualan di shopee yang terkadang bisa membuat penjualan kamu rugi.

  • Saingan antar kompetitor terlalu ketat

Shopee diakses oleh 190jt pengguna, yang diantaranya adalah seorang seller, bahkan seller shopee tidak hanya di dalam negeri saja ada pula yang di luar negeri sehingga persaingan pun tak terelakan dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu sebagai penjual kamu harus mempunyai ciri khas agar produk yang kamu jual bisa menarik perhatian pelanggan. Misalnya kamu menjual produk parfum, bisa memberikan giveaway emas logam mulia, namun dengan catatan kamu tidak merugi, dipertimbangkan dari segi harga dan keuntungan.

Jika kamu melakukan hal tersebut maka produk parfum kamu yang akan dilirik dibandingkan dengan kompetitor yang menjual produk serupa.

Ingatlah dimanapun kamu berjualan persaingan antar kompetitor itu pasti ada, namun kamu harus memiliki unique selling point yang bisa membedakan kamu dengan kompetitor.

  • Persaingan dengan Akun Shopee Lama

Persaingan tidak hanya terjadi dengan para seller baru namun ada juga para seller lama yang sudah terlebih dahulu nyemplung dan memulai bisnis di Shopee. Biasanya secara sistem produk penjual baru cenderung akan ditampilkan di halaman pencarian yang jauh, dan produk dari seller lama dengan angka terjual yang banyak akan muncul paling atas.

  • Program Gratis Ongkir yang bersyarat

Dulu program gratis ongkir ini tidak terlalu banyak mencantumkan syarat bagi penjual yang akan menggunakan fitur ini, namun sekarang program gratis ongkir terlalu banyak syaratnya sehingga terkadang voucher gratis ongkir yang tersedia tidak dapat digunakan oleh pembeli, apalagi jika ada syarat minimal belanja.

Jika sebelumnya minimal belanja 0 rupiah dan 30 ribu, sekarang minimal belanja 40rb sehingga pembeli yang akan membeli produk dibawah harga 40 ribu akan mengurungkan niatnya untuk membeli dan bisa merugikan penjual.

Nah itulah keuntungan dan kerugian berjualan di Shopee, semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu memutuskan untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan shopee, dan bisa mempertimbangkan kekurangan yang bisa kamu hindari.

(Visited 2,708 times, 13 visits today)
Close