Written by 7:49 am Bisnis Online

Panduan Menjadi Dropshipper Sukses [Terbaru 2024]

Apa Itu Dropship, Dropshipper, Dropshipping

Cara menjadi dropshipper tanpa modal itu mudah lho, sudah banyak orang yang membuktikan jika sistem dropship adalah peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Dropship sendiri adalah salah satu model bisnis online dimana kamu gak perlu memikirkan produk untuk jualan karena ada supplier yang menyediakan, kamu juga tidak perlu stok barang.

Sebelumnya kami juga sudah membahas seputar bisnis model dropship, baca disini :

Jika kamu masih ragu apakah dropship bisa menjadi jalan kamu mendapatkan penghasilan meskipun pemula, simak beberapa kisah dropshipper dibawah ini yang bisa menginspirasi kamu bahwa dropship adalah bisnis terbaik jika ingin memulai bisnis tanpa modal.

4 Orang Yang Sukses Jadi Dropshipper

  • Jafar Hafidzul Alim

Jafar Hafidzul Alim, seorang dropshipper yang tergabung dalam komunitas Dropshipaja. Ia adalah seorang yang masih muda, usianya 16 tahun saat bergabung, namun dia berhasil sukses menjadi dropshipper dengan omset sampai 150 Jutaan per bulan.

Di dropshipaja, Jafar berjualan produk custom yang marginnya tinggi bahkan keuntungannya bisa sampai 100% bahkan lebih. Jafar fokus di hoodie custom.

Walaupun sempat gagal, namun akhirnya jafar bisa berhasil tahu cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses dengan bantuan mentor dan kelas bimbingan yang disediakan oleh Dropshipaja.

  • Isabela 

Isabela, gadis berusia 19 tahun, masih member komunitas Dropshipaja berhasil meraih omset 10juta pertamanya bahkan sampai 52 Juta per bulan berkat jualan hoodie custom.

Awal bergabung isabela tidak punya bakat jualan sama sekali, namun bersama dropshipaja ia bisa belajar dan mengetahui cara menjadi dropshipper tanpa modal sampai bisa berhasil.

Di usianya 21 tahun, sekarang isabela mampu meraih omset hingga 450jutaan per bulannya dan hasil pencapaiannya tersebut mampu membantu adiknya kuliah di kedokteran.

Jika kamu ingin tau cara menjadi dropshipper pemula, kisah isabela ini bisa menginspirasi kamu lho, karena berawal dari gak bisa jualan sampai akhirnya jago jualan

  • Vikram Jeetsingh

Mantan driver ojol yang banting setir menjadi dropshipper dengan menjual barang di e commerce. Pernah gagal berkali – kali dari mulai gagal bisnis dropship hingga ditipu partner sendiri. Namun kegagalan membawanya ke hasil akhir yang memuaskan, ia mampu meraih omset hingga jutaan rupiah dalam sebulan, kunci sukses Vikram adalah riset produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Vikram lebih fokus menjual produknya secara online di marketplace seperti lazada. Jika kamu ingin mengetahui cara menjadi dropship di lazada, kisah vikram bisa jadi contoh.

  • Ben Lewis

Seorang pemuda yang bekerja paruh waktu dan serius dalam menjalani bisnis dropship bersama partnernya lewis morgan, hingga mampu membuat brand produk olahraga sendiri.

Dengan dropship, ben dan lewis tidak direpotkan dengan produksi barang dan pengiriman karena sudah diurus oleh suppliernya.

Itulah beberapa contoh orang yang sukses menjadi dropshipper, sebenarnya masih banyak orang – orang sukses lainnya yang bisa di contoh dalam memulai bisnis dropship.

Sekarang, bagaimana cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menjadi dropshipper sukses.

Cara agar sukses dalam bisnis dropship

Berikut ini adalah tips dan cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses dan sudah terbukti berhasil, update terbaru di tahun 2024, yaitu;

1. Pilih Niche yang tepat

Pertama, cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses adalah Kamu harus memilih niche yang tepat untuk sukses di bisnis dropship, semakin spesifik niche maka semakin besar potensi sukses kamu.

Disini kamu bisa memilih niche yang punya potensi produk dengan harga tinggi. Misalnya kamu menyasar fans kpop, dengan niche BTS yang dikenal memiliki fandom yang kuat dan banyak.

Kolam dengan niche BTS ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat produk yang berkualitas dengan harga tinggi. Karena jika seseorang menyukai suatu produk yang sangat relate dengan kesukaannya maka ia akan sukarela memberikan uangnya kepada kamu.

niche yang kamu pilih harus berfokus pada laser dan sesuatu yang benar-benar kamu minati. Rentang produk yang tidak terfokus akan sulit dipasarkan. Jika kamu tidak bersemangat dengan niche yang kamu pilih, kamu akan cenderung berkecil hati, karena butuh banyak usaha untuk berhasil meningkatkan skala bisnis dropshipping. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih niche kamu:

Berikut ini tips untuk kamu dalam menentukan niche yang tepat;

  • Berkaca dari passion sendiri

Apa sih yang menjadi passion kamu? Golf? Mancing? Basket? Gowes? K-pop? J-dorama?

Jika kamu begitu passionate akan sebuah topik, maka bisa dipastikan niche tersebut juga akan ada orang-orang seperti kamu.

Jika kamu baru memulai membangun bisnis, pastikan kamu mengikuti passion agar ketika badai menerjang, kamu masih punya alasan untuk tetap bertahan.

Atau kamu bisa mengunjungi amazon.com, watchcount.com, aliexpress.com, tokopedia.com, shopee.co.id untuk memilih niche apa yang ingin kamu mainkan.

  • Paham Persona Market

Dalam bisnis dropsip, Cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses itu bergantung pada siapa audiens di dalam niche sehingga kamu perlu riset.

Apakah mereka target audiens idaman kamu? Apakah mereka punya kemampuan untuk membeli produk yang akan kamu tawarkan ke mereka? Apakah mereka bisa mengambil keputusan sendiri jika mau membeli produk kamu?

Jangan sampai kamu jualan ke anak di bawah 15 tahun yang masih belum punya atm, jajan juga masih dari orang tua dan mau beli ini itu harus nanya ke orang tua?

  • Pelajari tentang niche kamu

Kamu harus memahami betul siapa niche kamu, pelajari apa yang mereka suka dan tidak suka, dan apa yang bisa bikin mereka teringat dengan hobi mereka. Jangan lupa cari tahu dimana mereka berkumpul (ini akan dibutuhkan nanti ketika kamu membuat konten di Instagram atau jika kamu ingin beriklan nantinya)

2. Lakukan Riset kompetitor

Cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses berikutnya adalah riset kompetitor.

Ingat, kamu akan bersaing dengan operasi dropshipping lainnya. Di sinilah banyak dropshippers potensial salah, karena mereka mencari produk yang memiliki sedikit persaingan. Itu pertanda tidak ada permintaan untuk produk tertentu itu.

Ada banyak alasan mengapa suatu produk mungkin tidak memiliki banyak persaingan, termasuk biaya pengiriman yang tinggi, masalah pemasok dan manufaktur, atau margin keuntungan yang buruk. Saat kamu melakukan riset pasar, cari produk yang memiliki persaingan, karena itu pertanda permintaan tinggi dan model bisnisnya berkelanjutan.

Dengan melakukan riset kompetitor kamu sudah melewati cara menjadi dropshipper tanpa modal yang paling krusial, karena jika tanpa riset kompetitor kamu akan mengalami perang harga.

3. Pilih supplier yang tepat

Sebelumnya kami sudah pernah membahas kriteria seperti apa yang harus kamu perhatikan saat memilih supplier. Baca juga : Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

Cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses ketiga adalah memilih supplier yang tepat.

Supplier adalah salah satu partner bisnis kamu, dan penting untuk menjaga kolaborasi bersama supplier yang menyediakan produk yang kamu jual.

Pastikan supplier memiliki kinerja yang baik, produk yang berkualitas dan layanan yang tepat waktu, agar tidak merusak bisnis kamu di kemudian hari.

Cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses adalah memilih supplier terpercaya seperti Dropshipaja yang menyediakan produk custom dan wewangian yang produknya viral. Jika kamu ingin menjadi dropshipper, dropshipaja bisa membantu kamu dengan fasilitasnya yang lengkap.

4. Buat Toko Marketplace Onlinemu

Setelah kamu menentukan niche, riset kompetitor dan memilih supplier, Cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses berikutnya adalah kamu membuat toko marketplace untuk berjualan.

Platform e commerce seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada bisa jadi pilihan untuk memulai bisnis dropship.

Jika kamu pemula ada beberapa cara menjadi dropshipper tanpa modal di berbagai e commerce.

Misalnya cara menjadi dropshipper shopee kamu bisa meriset kompetitor di platform shopee untuk menentukan harga jual produk agar tidak terlibat perang harga.

Atau cara menjadi dropshipper di Tokopedia, kamu bisa memulai bangun toko online kamu seperti gunakan nama toko sesuai niche misalnya niche kamu BTS maka nama tokonya bisa aksesoris.bts atau allabout-bts.

5. Optimalkan Bisnis Dropship

Ada beberapa cara menjadi dropshipper tanpa modal yang sukses dengan mengoptimalkan bisnis dropship agar penjualan meningkat dengan memulai kampanye iklan Facebook.

Ini memungkinkan kamu menghasilkan penjualan dan pendapatan sejak awal, yang dapat berkontribusi pada penskalaan cepat. Facebook memungkinkan kamu untuk menempatkan penawaran kamu langsung di depan audiens yang sangat bertarget. Ini memberi kamu kemampuan untuk bersaing dengan merek dan pengecer terbesar dengan segera

Itulah cara agar sukses dalam bisnis dropship dan cara menjadi dropshipper tanpa modal. Semoga membantu.

(Visited 984 times, 4 visits today)
Close