Written by 5:58 am Bisnis Online

6 Cara Jadi Penulis Online Yang Bisa Menghasilkan Uang

Cara Jadi Penulis Online Yang Bisa Menghasilkan Uang

Kamu hobi menulis tapi bingung bagaimana menyalurkan skill kamu dan bisa mendapatkan banyak uang? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menjadi penulis online. Cara menjadi penulis online, saat ini banyak macamnya, kamu bisa menjadi freelancer, penulis novel ataupun membuka jasa menulis.

Menulis dapat uang memang terlihat pekerjaan yang mudah, namun kamu membutuhkan beberapa skill dan platform yang bisa membantu kamu mengubah tulisan menjadi uang secara online.

Baca juga : 18 Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal Untuk Pemula 

Artikel berikut ini akan membantu kamu mengubah tulisan atau hobi menulis kamu menjadi uang dengan cara yang mudah secara online. Cara menjadi penulis online ini bisa kamu lakukan meskipun kamu adalah seorang pemula di bidang menulis.

6 Cara Jadi Penulis Online Agar Menghasilkan Uang

Di era serba digital, memanfaatkan online untuk bisa menghasilkan uang adalah alaternatif yang layak untuk dicoba, selain karena caranya yang simple dan mudah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak seperti berbisnis pada umumnya.

Menjadi penulis online agar menghasilkan uang, bisa jadi pilihan untuk kamu bekerja secara online dan mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Berikut ini adalah cara menjadi penulis online agar bisa menghasilkan uang, yaitu:

1. Membuat Karya Novel Sendiri di Platform Menulis

Era sekarang ada banyak platform menulis yang bisa membantu kamu menyalurkan bakat menulis dan karya kamu, sekaligus dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah. Namun, kamu juga harus memilih platform menulis yang bisa memberikan banyak manfaat dibandingkan sisi negatifnya.

Membuat karya novel atau cerita fiksi bisa menjadi pilihan kamu untuk menulis agar menghasilkan uang. Kamu bisa memilih paltform seperti karyakarsa, wattpad dan platform menulis lainnya, kemudian mulailah menulis karya kamu. Jika ada banyak pembaca yang tertarik dengan hasil novel kamu, kamu bisa menjual karya tulisan kamu dengan cara langganan pembaca. Biasanya di beberapa platform sudah disediakan.

Sehingga ketika kamu mengunggah novel kamu ke platform, dan pembaca ingin membaca novel yang sudah diunggah, mereka harus membayar terlebih dahulu, dari situlah kamu mendapatkan keuntungan. Selain itu, jika novel kamu viral dan banyak pembacanya, kemungkinan ada penerbit buku yang akan membantu kamu membukukan karyamu atau bahkan production house film akan menghubungi kamu untuk mengangkat karya kamu menjadi sebuah film.

Baca juga : 7 Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerpen Online

2. Menjadi Freelancer Copywriter

Jika kamu memiliki kemampuan menulis sebagai copywriter, kamu bisa membuka jasa freelancer, biasanya beberapa perusahaan banyak membutuhkan copywriter untuk membantu bisnis mereka berkembang.

Menjadi copywriter freelance memiliki berbagai keuntungan, seperti kamu bisa mengerjakan tugas menulis secara fleksibel, bisa di rumah ataupun dimana saja, tidak bergantung harus bekerja kantoran. Selain itu, biaya atau gaji menjadi freelancer juga cukup menjanjikan, apalagi jika kamu sudah memiliki pengalaman serupa, biasanya gaji kamu akan semakin tinggi

3. Menjadi Content Creator di Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi media yang bisa membantu kamu menghasilkan uang secara online. Kamu bisa menjadi penulis online di media sosial dengan cara membuat konten atau biasa dikenal sebagai content creator. Ada banyak cara menjadi penulis online sebagai content creator di media sosial, salah satunya kamu bisa membuat konten berupa tulisan puitis, motivasi atau berbagi opini yang bisa menarik minat followers, selain itu kamu juga bisa membuat sebuah cerita yang divisualkan seperti cerita POV yang sedang tren saat ini.

Ketika banyak followers yang menyukai hasil karya tulisan kamu, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk di endorse atau hasil karya kamu dilirik oleh perusahaan media untuk dijadikan film maupun series drama.

4. Mengikuti Lomba Penulisan

Ada berbagai cara menjadi penulis online dan bisa menghasilkan uang, salah satunya dengan mengikuti lomba penulisan, biasanya beberapa media atau event membuka lomba penulisan yang hadiahnya beragam, dari mulai 25 juta hingga 500juta rupiah, bahkan ada juga yang membayarnya dengan dollar.

Nah untuk mengikuti lomba penulisan ini, kamu harus menyiapkan beberapa hal seperti membaca persyaratan yang ditujukan, membuat persiapan penulisan dari mulai mencari cerita sesuai tema lomba, dan mulai menulis. Biasanya tulisan yang dilombakan akan diunggah ke platform event atau dikirimkan melalui email event yang menyelenggarakan.

Untuk mengikuti lomba penulisan, kamu diberikan waktu sekitar 2 bulan tergantung dengan berapa kata yang harus kamu penuhi sebagai syarat lomba penulisan.

Seperti yang dilakukan oleh kwikku, sebuah platform tulisan yang sedang mengadakan lomab penulisan dengan tema sepotong kisah 98. Atau lomba menulis karya tulis ilmiah atau berita yang diselenggarakan oleh media – media berita di Indonesia.

5. Menulis di Blog

Menulis di blog memang bisa dijadikan alternatif untuk menjadi penulis online yang bisa menghasilkan uang. Dengan menulis blog, kamu bisa membuat tulisan yang mengangkat produk – produk tertentu, sehingga brand lain bisa menggunakan blog kamu menjadi sarana promosi.

Menulis di blog juga bisa membantu kamu mendapatkan uang dengan cara memasang iklan di blog yang kamu sudah buat.

Blog ini bisa sangat membantu kamu mendapatkan sumber penghasilan yang cukup menjanjikan asal kamu bisa membuat konten tulisan secara konsisten.

Membuat blog agar bisa menghasilkan uang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, kamu perlu konsistensi dan biasanya perlu waktu yang lama untuk bisa mendapatkan uang dari menulis blog

Baca juga : 7 Rekomendasi Website Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

6. Membuka Jasa Endorse Tulisan

Endorse atau endorsement adalah sarana promosi produk. Tulisan bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan alat endorse. Kamu bisa membuka jasa endorse menulis seperti mereview produk atau membuat testimoni brand yang menguntungkan bisnis klien hingga meningkatkan penjualan mereka.

Endorse dengan media tulisan itu susah – susah gampang, karena kamu harus bisa memvisualisasikan sebuah produk hanya dengan menggunakan tulisan. Itu juga termasuk tantangan yang harus kamu hadapi jika membuka jasa endorse tulisan.

Namun tulisan memiliki power yang kuat untuk bisa menggerakkan pelanggan agar mau membeli produk dari klien, sehingga jika kamu membuka jasa endorse tulisan ini, kamu perlu media pendukung lainnya, seperti akun sosial media yang sudah banyak followersnya, akun blogging yang sudah banyak pembacanya dan lain sebagainya. Lebih keren lagi jika kamu mempunyai satu website yang bisa membantu kamu menyalurkan review produk lewat tulisan, sehingga pelanggan akan dengan mudah mendapatkan review yang mereka cari.

Nah itulah beberapa cara menjadi penulis online dan mampu memberikan kamu penghasilan. Menjadi penulis online bisa dijadikan sumber penghasilan utama jika dilakukan secara konsisten. Apalagi jika kamu sudah memiliki banyak klien yang percaya dengan kemampuan menulis yang kamu miliki.

Cara menjadi penulis online ini bisa banget kamu coba, karena di jaman era serba online ini tulisan juga berperan penting untuk bisa menggerakkan siapa saja agar tertarik dengan jasa yang kamu miliki. Dan yang terpenting menjadi penulis online ini juga sangat bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah lho. Selamat mencoba

(Visited 7,331 times, 12 visits today)
Close