Written by 3:52 am Marketing

Endorse : Pengertian, Contoh & Manfaatnya Bagi Bisnis Online

Endorse Pengertian, Contoh & Manfaatnya Bagi Bisnis Online

Siapa yang tak kenal dengan istilah Endorse atau endorsement? Semua orang yang memakai sosial media baik individu maupun brand mengenal istilah ini sebagai bagian dari proses marketing atau pemasaran.

Endorse biasanya melibatkan selebgram atau influencer yang memiliki pengaruh untuk mempromosikan suatu produk.

Endorse juga sering digunakan oleh brand untuk memperkenalkan brandnya kepada khalayak lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Lalu apa sebenarnya endorse atau endorsement? Apa manfaat serta bagaimana contoh melakukan endorse yang baik agar hasilnya maksimal.

Apa Itu Endorse ?

Berdasarkan Economic Times, endorse adalah suatu bentuk proses pemasaran atau periklanan dengan memanfaatkan tokoh atau publik figur terkenal yang bisa dipercaya oleh orang banyak.

Sedangkan, berdasarkan cambridge dictionary, endorse adalah suatu proses pernyataan di depan publik tentang sebuah dukungan, jika dikaitkan dengan bisnis maka endorse adalah salah satu proses dimana seorang tokoh terkenal mempromosikan produk yang kamu jual agar konsumen menyukainya dan memberikan dukungan dengan membeli produk yang kamu tawarkan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, endorse atau endorsement memang berperan penting dalam proses pemasaran, bagaimana proses marketing menjadi lebih efektif karena menggunakan talent atau orang terkenal yang memberikan pengaruh baik bagi produk maupun brand.

Selain memberikan dampak baik bagi promosi bisnis ataupun produk, adapun manfaat endorse bagi mereka yang memiliki bisnis online.

Manfaat Endorse Bagi Bisnis Online

Ada banyak manfaat endorse bagi bisnis online, yaitu;

Mengenalkan brand atau berperan sebagai brand awareness

Seperti yang kita ketahui, bahwa endorse dilakukan oleh orang terkenal atau biasa disebut influencer. Secara psikologi orang – orang yang menyukai seorang influencer akan mengikuti apapun yang influencer itu gunakan.

Atas dasar tersebut, endorse menjadi sangat bermanfaat untuk mengenalkan brand kamu kepada penggemar si influencer yang jumlahnya bisa ribuan hingga ratusan juta orang.

Dengan endorse, kamu bisa mengenalkan produk sekaligus brand kamu dengan mudah lewat bantuan si influencer.

Misalnya kamu melakukan endorse kepada influencer Dara Arafah, maka penggemarnya Dara Arafah akan mengingat brand kamu, “oh brand ini pernah dipakai oleh dara arafah”. Sesederhana itu.

Membangun Personal Branding sekaligus Kredibilitas Brand

Jika kamu perhatikan, ada banyak artis, influencer maupun selebgram yang selalu memakai atribut khusus di dalam setiap konten mereka. Atribut tersebut biasanya adalah hasil endorse yang sengaja selalu dipakai atas permintaan dari brandnya.

Misalnya seorang selebgram selalu menyempatkan melakukan perawatan dengan skincare dari brand A, di setiap kontennya selalu ada brand tersebut. Secara tidak langsung, selebgram tersebut sudah membentuk personal branding dari brand A dan juga kredibilitas “ternyata perawatan pakai brand A bagus ya, dia aja pakai setiap hari wajahnya sehat dan glowing”

Membuka peluang pasar yang baru.

Dengan endorse, kamu bisa membuka pasar baru dengan produk yang sama. Misalnya yang dilakukan oleh brand NIKE, mereka melakukan endorse kepada Michael Jordan, karena dia selalu memakainya saat berolahraga tenis dan lari, maka Nike sudah membuka pasar baru di 2 cabang olahraga tersebut.

Media Promosi paling efektif

Endorse atau endorsement adalah salah satu media promosi yang paling efektif meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan penjualan dari brand.

Dengan adanya endorse, banyak pelanggan baru yang melihat produk kamu melalui postingan endorsement yang diposting oleh si influencer, semakin banyak yang melihat postingan tersebut maka semakin besar pula peluang kamu mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan penjualan.

Nah itulah 4 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari endorse atau endorsement. Jika kamu pemula dalam endorse, kamu bisa menyimak contoh endorse berikut ini yang bisa membantu bisnis kamu semakin berkembang.

Contoh Endorsement Yang Baik Agar Bisnis Berkembang

Endorse atau endorsement tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus memilih media promosi, kamu harus memilih influencer yang pas dengan bisnis dan target pasar kamu. Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Berikut ini adalah contoh endorsement yang baik agar bisnis kamu berkembang.

Mengambil Endorsement Free

Endorsement free bukan hal yang buruk dan bisa kamu coba sebagai pemula, biasanya beberapa influencer memberikan promosi endorse gratis hanya mengirimkan barang saja untuk di review sebagai bentuk membantu bisnis kamu.

Endorse free ini bisa sangat bermanfaat bagi bisnis yang sedang kamu rintis, karena hemat biaya pula.

Seperti yang dilakukan oleh influencer Nabilaisma, seorang gadis asal bandung yang membuka jasa endorse gratis untuk membantu para UMKM mempromosikan produk mereka.

Endorse sesuai dengan budget

Endorsement biasanya harus mengeluarkan biaya tertentu, oleh karena itu jika kamu ingin mengendorse influencer, pastikan budget kamu sesuai. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap endorse tapi budget kamu cukup, yaitu dengan memilih influencer nano dan micro influencer. Jika macro influencer mungkin kamu hanya bisa mencoba satu influencer terlebih dahulu dan melihat hasilnya.

Perhatikan Engagement Rate dari Influencer

Endorse memang tidak bisa sembarangan, salah satunya adalah melihat engagement rate dari akun influencer, jika ER nya bagus, kamu bisa pertimbangkan untuk endorse influencer tersebut

Itulah beberapa contoh yang bisa kamu lakukan untuk endorse agar bisnis berkembang dengan baik.

(Visited 741 times, 1 visits today)
Close