Written by 9:23 pm Marketing, Tips & Trik

5 Tips Trik Memilih Media Promosi Untuk Bisnis Pemula

5 Tips Trik Memilih Media Promosi Untuk Bisnis Pemula

Dalam menjalankan bisnis, promosi adalah bagian penting yang tidak boleh dilewatkan, karena dengan promosi bisnis kamu bisa dikenal oleh audiens lebih luas lagi.

Namun promosi juga tidak bisa dilakukan secara asal – asalan, kamu harus mengetahui cara memilih media promosi yang tepat yang akan memberikan dampak signifikan pada bisnis kamu.

Misalnya kamu menjual produk skincare anti aging untuk target pasar 35 tahun keatas, media promosi yang harus kamu pilih juga harus sesuai dengan target pasar, bayangkan jika kamu memilih media promosi tanpa mempertimbangkan target audiens kamu, bisa jadi produk kamu dikenal oleh orang – orang yang bukan segmentasi pasar.

Itulah kenapa kamu harus selektif saat melakukan cara memilih media promosi yang tepat.

Lantas, media promosi sendiri itu apa sih? Dan bagaimana cara memilih media promosi yang tepat untuk bisnis? Simak terus artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Media Promosi ?

Media Promosi adalah tempat dimana kamu mempromosikan produk maupun bisnis kamu ke khalayak luas. Selain itu media promosi juga dikenal sebagai alat untuk mengkomunikasikan isi pesan berupa produk kamu kepada masyarakat.

Media promosi saat ini banyak variannya mulai dari media promosi cetak seperti koran, majalah dan lain sebagainya, media online dari mulai portal berita, media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook dan lain – lain. Bahkan ada pula media promosi seperti baliho, spanduk yang bisa mengincar banyak segmentasi sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya media promosi mempunyai segmentasinya masing – masing, jika kamu mempromosikan produk untuk generasi millenial kamu bisa memilih media promosi online seperti Instagram dan Tiktok.

Namun berbeda dengan segmentasi diatas 50 tahun, mungkin media cetak seperti koran bisa menjadi media promosi paling tepat untuk produk kamu.

Itulah sekilas tentang media promosi, bagaimana cara memilih media promosi yang tepat agar bisnis dan produk kamu bisa dipromosikan secara efektif?

Bagaimana Cara Memilih Media Promosi Yang Tepat ?

Cara memilih media promosi yang tepat memang penting, apalagi di jaman sekarang banyak segmentasi yang terpecah – pecah sesuai dengan media yang mereka gunakan.

Oleh karena itu penting sekali memilih media promosi yang tepat, semua dilakukan untuk keberlangsungan bisnis kamu kedepannya lebih baik.

Berikut ini adalah cara memilih media promosi yang tepat untuk bisnis, yaitu;

Tentukan tujuan promosi di awal

Cara memilih media promosi yang pertama adalah dengan menentukan tujuan promosi di awal sebagai langkah paling utama yang harus kamu lakukan, agar kamu bisa lebih bijak dalam menentukan media promosi bisnis kamu.

Tujuan promosi tidak hanya seputar ingin menaikan brand awareness, ingin menggaet pelanggan tetapi juga sebagai sarana untuk menaikan omset penjualan.

Contohnya, jika kamu berjualan parfum cewek untuk remaja, kamu harus tentukan terlebih dahulu goal dari promosi yang kamu lakukan, apakah untuk menggaet para remaja agar mengetahui produk kamu atau langsung mempromosikan agar mereka membeli produk. 

Tentukan Budget Sesuai Kebutuhan Promosi

Promosi memang membutuhkan budget yang tidak sedikit, banyak pebisnis pemula yang kesusahan dalam menentukan budget promosi karena ingin langsung mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, cara memilih media promosi berikutnya setelah menentukan tujuan dari promosi adalah kamu harus menentukan budget promosi, ingat untuk sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kamu mengorbankan banyak budget tapi salah memilih media promosinya.

Jika budget yang kamu miliki cukup besar, maka kamu bisa memilih media televisi sebagai media promosi untuk mengenalkan brand sekaligus produk kamu lebih luas lagi, namun jika budget kamu tidak terlalu besar, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan berkolaborasi dengan influencer, atau membuat konten iklan di sosial media seperti Facebook, Instagram atau Tiktok.

Jadi sebelum memilih media promosi yang tepat, pastikan kamu menentukan anggaran atau budget yang sesuai kebutuhan ya.

Itulah cara memilih media promosi yang tepat kedua, selanjutnya adalah cara memilih media promosi ketiga, yaitu;

Menentukan Segmentasi atau Target Pasar Kamu

Setelah cara memilih media promosi yang pertama dan kedua sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu lakukan cara memilih media promosi berikutnya yaitu dengan menentukan segmentasi atau target pasar yang kamu incar.

Hal tersebut perlu dilakukan karena menyangkut pada bagaimana produk kamu dipromosikan ke orang yang tepat, bukan yang asal – asalan.

Jika kamu tidak menentukan segmentasi pasar, maka akan dipastikan kamu susah untuk memilih media promosi yang tepat dan efektif, karena kamu tidak tahu dimana target pasar kamu berada.

Baca juga : Apa Itu Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Marketing ?

Misalnya kamu berjualan baju dengan tema mickey mouse, tentu segmentasi kamu adalah remaja sampai dewasa yang mempunyai minat dengan mickey mouse, namun apa jadinya jika kamu tidak menentukan segmentasi pasar di awal, kamu akan kebingungan dalam membuat konten promosi, kalimat promosi hingga media promosi yang harus kamu gunakan.

Sesuaikan Materi Iklan Promosi

Setelah segmentasi pasar sudah kamu tentukan, cara memilih media promosi berikutnya adalah menyesuaikan materi iklan promosi.

Baca juga : Cara Membuat Iklan Yang Baik & Menarik Untuk Pemula

Misalnya kamu mengincar segmentasi mahasiswa kekinian, maka materi iklan yang harus kamu buat perlu disesuaikan, dengan menggunakan konsep kekinian, tema yang aesthetic, musik yang sedang tren hingga copywriting yang kekinian.

Sesuaikan materi iklan dengan produk kamu sekaligus dengan segmentasi yang kamu tuju. Jika kamu bisa melakukannya, kamu sudah semakin di depan untuk mendapatkan media promosi yang tepat untuk bisnis kamu.

Tentukan Media Promosi yang tepat

Dan, langkah terakhir sebagai cara memilih media promosi adalah menentukan media mana yang tepat untuk kamu pakai.

Sama halnya dengan memilih partner untuk berbisnis, kamu harus selektif memilih media promosi yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu kepada audiens. Media yang tepat akan membawa produk maupun bisnis kamu lebih banyak dikenal oleh audiens.

Seperti contoh, jika kamu menjual produk fashion kekinian yang dikhususkan untuk para millenial, kamu bisa memilih media sosial online seperti Tiktok dan Instagram, karena biasanya segmentasi milenial lebih banyak berkumpul di media sosial tersebut.

Kamu bisa membuat konten sendiri dengan konsep kekinian, atau kamu menggaet influencer yang memang sedang hype di kalangan milenial untuk menarik perhatian mereka agar tertarik pada brand maupun produk yang kamu tawarkan.

Apalagi saat ini banyak konsep viral yang membawa berkah bagi pebisnis baik yang pemula maupun yang sudah advance, membuat konten viral atau for your page memang tidak mudah, namun bisa dilakukan jika ingin promosi kamu berjalan dengan efektif dan memberikan dampak bagus bagi bisnis kamu.

Setelah konten kamu viral di media promosi tertentu, kamu tetap harus bisa mempertahankan brand kamu dengan konsisten dalam membuat promosi baik untuk brand awareness ataupun penjualan.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan sebagai cara memilih media promosi yang tepat. Apapun media promosi yang kamu pilih, semoga kualitas dan kuantitas dari promosi tetap terjaga, sehingga kamu tidak merasa rugi telah memilih media tertentu untuk melakukan promosi.

(Visited 1,450 times, 1 visits today)
Close