Written by 2:09 am Tips & Trik

6 Solusi Terbaik Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Solusi Terbaik Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Pernah mengalami percobaan pengiriman gagal di shopee?

Pasti sebagai seller maupun pembeli ketika ada pengiriman yang gagal akan merasa panik, karena takut paketnya hilang, rusak atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada paket yang dikirim.

Kejadian percobaan pengiriman gagal di shopee memang kadang terjadi, dan ada banyak alasan yang bisa mengakibatkannya.

Arti Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Percobaan pengiriman gagal di shopee adalah proses dimana pengiriman paket terkendala atau bahkan gagal dikirim ke gudang hub atau ke alamat si penerima.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kendala seperti in kadang memang terjadi pada penjual di shopee, dan biasanya dari

Pihak shopee akan bertanggung jawab sampai paket kamu bisa diterima dengan baik.

Kenapa Pengiriman Paket Gagal Di Shopee Express ?

Nah, Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan percobaan pengiriman gagal di shopee yang bisa kamu ketahui sebagai antisipasi.

1. Penerima Tidak Ditempat

Penyebab pertama dari percobaan pengiriman paket yang gagal adalah penerima barang tidak ada di tempat.

Baca juga : 5 Cara Kirim Paket Makanan Keluar Kota Agar Aman

Terkadang kesalahan pengiriman paket ada pada penerima, bukan dari kurir maupun seller, biasanya ketika kurir mengirimkan paket dan terlanjur sampai ke tujuan, dan penerima tidak ada di tempat.

Contohnya saat penerima tidak ada dirumah namun kurir sudah mengantarkan sampai didepan rumahnya, otomatis paket akan dibawa kembali ke gudang oleh kurir, untuk dikirimkan kembali esok harinya.

Nah di aplikasi shopee akan ada keterangan Jika percobaan paket gagal dan akan dikirim besok.

2. Mengalami Keterlambatan Transportasi

Jika kamu membeli paket dari luar kota, maka kamu harus sabar menunggu, terkadang paket yang dibawa oleh pesawat atau kapal mengalami keterlambatan sehingga proses pengiriman bisa saja gagal atau tertunda.

Contohnya terjadi delay pesawat karena cuaca ekstrim, atau terjadi kemacetan parah pada jalur darat yang dilalui ekspedisi shopee express.

3. Terjadi Reschedule Kurir

Penyebab ke 3 ada masalah dari ekspedisi, biasanya kurir terlalu malam dalam mengantarkan paket sehingga dikirimkan besok, atau ada satu lain hal yang menyebabkan paket di reschedule pengirimannya, atau bahkan paket tertahan di gudang dan tidak dikirim dalam jangka waktu lama.

4. Susah Menemukan Alamat

Biasanya jika kurir susah menemukan alamat penerima, proses pengiriman akan terhambat.

Ada dua hal yang bisa terjadi, paket gagal dan kembali ke gudang atau paket tetap dikirim namun perlu waktu yang lama sampai alamat penerima berhasil ditemukan.

5. Overload Pengiriman

Biasanya jika marketplace sedang mengadakan promo besar – besaran, ada banyak paket yang harus dikirimkan, dan mengakibatkan gudang overload dan banyak paket yang tertahan dan belum sempat dikirimkan ke penerima. Sehingga proses pengiriman pun bisa terlambat bahkan gagal.

Lantas, apa saja cara atau tips mengatasi percobaan pengiriman gagal di shopee sebagai solusi terbaik?

Solusi / Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Jika paket kamu mengalami percobaan pengiriman gagal di shopee ada berbagai cara untuk mengatasinya dan mudah untuk dilakukan.

1. Hubungi Pihak Shopee

Cara pertama, kamu bisa menghubungi Chat dengan Shopee, disana kamu bisa menceritakan permasalahan kamu. Biasanya kamu akan diminta untuk mengirimkan nomor pesanan yang mengalami kendala pengiriman.

Nantinya, CS dari shopee akan membantu melacak pesanan kamu, jika sudah ketemu pesanannya maka tim shopee akan membantu memproses kembali paket agar bisa dikirimkan ke penerima.

Namun, jika pengiriman masih tetap gagal, biasanya paket akan dikembalikan kepada seller atau penjual, untuk dikirimkan pakai metode atau ekspedisi lainnya.

Pastikan kamu memberitahu penerima agar mereka tidak komplain terkait paket yang gagal di kirim.

2. Sabar Menunggu Besok Hari

Sebagai penerima, Jika percobaan pengiriman paket ini penyebabnya adalah gudang hub atau tempat ekspedisinya tutup karena melewati jam operasional, kamu bisa menunggu hingga besok.

Namun jika kamu penjual, kamu bisa meminta pelanggan untuk menunggu paket dikirimkan esok harinya.

3. Ambil Di Drop Point

jika saat diantar, penerima paket tidak ada di tempat cobalah untuk mengunjugi drop point shopee express terdekat.

Namun jika kamu penjual, kamu bisa minta kurir untuk menyerahkan paketnya ke drop point terdekat dan nantinya informasikan pelanggan untuk mengambil sendiri.

4. Hubungi Pihak Ekspedisi

Jika percobaan pengiriman gagal di shopee, kamu bisa hubungi ekspedisi secara langsung dan meminta penjelasan kenapa pengiriman paket gagal.

Tanyakan juga kondisi paket apakah baik – baik saja atau tidak.

Dengan menghubungi langsung kamu akan mendapatkan jawaban yang akurat.

Baca juga : 10++ Contoh Kata – Kata Auto Reply Olshop Shopee Terbaik

5. Sabar & Cek Berkala

Langkah terakhir, cek atau lacak paket secara berkala.

Kamu bisa mengecek lokasi paket dengan berbagai cara, mulai dari cek paket melalui website resmi si ekspedisi yang dipilih atau kamu bisa manfaatkan situs cek resi untuk mengetahui posisi paket.

Nah itulah cara mengatasi percobaan pengiriman gagal di shopee, kendala seperti ini bisa saja terjadi, namun karena kamu sudah mengetahui caranya kamu bisa dengan tenang menyelesaikan masalah seperti ini.

Percobaan pengiriman gagal di shopee memang terkadang jadi boomerang untuk penilaian dari customer, namun jika kamu memberitahukan customer lebih dulu, maka biasanya mereka akan memahaminya.

(Visited 2,840 times, 1 visits today)
Close