Written by 3:13 am Tips & Trik

40+ Contoh, Arti & Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus

Contoh, Arti & Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus

Nama usaha memang penting, tidak hanya untuk sebuah legalitas saja, tapi untuk kelangsungan bisnis kedepannya, bahkan banyak orang yang percaya bahwa nama yang baik akan memberikan keberuntungan ataupun keuntungan bagi pemiliknya. 

Lantas bagaimana memilih nama usaha yang baik dan mudah diingat, dan apa pentingnya sebuah nama untuk usaha? Di artikel ini akan dikupas jawabannya, simak sampai habis ya. 

Pentingnya Memiliki Nama Usaha Yang Bagus & Mudah Di Ingat

Di dunia bisnis baik online maupun offline, nama sebuah bisnis atau brand punya kekuatan tersendiri untuk bisa membawa brand semakin besar. 

Secara legalitas atau hukum, nama usaha memang penting untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang kamu jual kepada audiens. Tapi nama usaha ini tidak boleh sembarangan lho, ketika kamu sudah memilih nama usaha, pastikan sudah yakin dengan nama usaha tersebut. 

Jika kamu merasa kurang sreg dan ternyata sudah disahkan oleh notaris, kamu hanya akan merugikan diri kamu sendiri dari segi finansial, karena biasanya ada biaya untuk mengganti nama usaha. Oleh karena itu, kamu perlu memilih nama usaha yang baik dan tepat untuk bisnis yang kamu jalani. 

Selain dari segi hukum, nama usaha juga bisa berdampak pada kesuksesan bisnis seperti keuntungan besar dari segi keuangan, dan memilih nama usaha itu tidak bisa asal – asalan, karena nama usaha adalah hal yang pertama kali dilihat oleh audiens kamu. 

Dari segi promosi, kamu harus pastikan jika kamu telah memilih nama usaha yang sesuai dan menggambarkan produk yang kamu tawarkan. 

Contoh memilih nama usaha yang tepat bisa dilihat dari perusahaan – perusahaan besar seperti Gojek, Shopee, IKEA, BCA dan lain – lain. 

Nama usaha perusahaan besar tersebut sudah dikenal luas dan terbukti sukses dalam bidangnya masing – masing, dengan kata lain, brand awareness mereka berjalan dengan efektif. Karena nama usaha juga berdampak pada brand awareness untuk memudahkan konsumen mengingat produk kamu dibandingkan produk kompetitor

Baca juga13 Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Di Era Digital

Itulah beberapa alasan kenapa memilih nama usaha yang baik itu wajib kamu lakukan demi kesuksesan bisnis di masa yang akan datang, berikutnya jika kamu belum mengetahui bagaimana memilih nama usaha yang baik, ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan.

12 Tips & Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus

Tips & Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus

Jika kamu baru saja akan memulai bisnis,maka hal pertama yang perlu kamu miliki selain modal adalah nama usaha. Ingat, nama yang bagus dan baik bisa membawa dampak yang baik pula untuk bisnis kamu di masa yang akan datang. 

Berikut ini adalah tips dan cara memilih nama usaha yang bagus, cocok untuk kamu yang akan merintis bisnis; 

Nama harus singkat dan mudah diucapkan 

Biasanya nama – nama perusahaan besar terdiri dari satu hingga tiga kata, hal ini berguna untuk memudahkan dalam penulisan khususnya jika kamu membuka bisnis di bidang online, kamu perlu nama yang singkat untuk media sosial

Pilihlah nama usaha yang jelas, singkat dan mudah diucapkan orang lain, agar audiens pun mudah mencari brand kamu di internet. 

Seperti contoh Shopee, satu kata tapi bisa menggambarkan bisnis apa yang mereka tawarkan, dari kata shop yang artinya toko, atau bisa digambarkan belanja. 

Mampu memberikan dampak brand awareness 

Branding punya power yang luar biasa untuk menarik perhatian pelanggan, agar selalu tertuju pada brand kamu, nama usaha bisa dijadikan strategi branding dan bisa membantu proses dari brand awareness agar audiens bisa mengenal dan mengingat brand kamu, meskipun mereka belum bertransaksi dengan bisnis kamu. 

Strategi branding berhasil, maka apapun produk yang kamu tawarkan pasti akan mudah dikenali oleh audiens dan bisa menjadi pilihan terbaik mereka untuk membeli produk kamu.

Menggunakan Akronim atau singkatan 

Jika kamu ingin memilih nama usaha yang bagus, akronim bisa jadi pilihan, karena banyak perusahaan besar memakai akronim untuk nama usahanya, seperti BCA (Bank Central Asia), HBO (Home Box Office ) dan BBC (British Broadcasting Corporation).

Brand Harus sesuai dengan Produk yang dijual 

Pertimbangkan untuk memilih nama usaha yang bagus sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa mengambil satu niche yang menggambarkan produk, dan bisa membuat audiens mengingat kamu secara tidak langsung. 

Misalnya kamu akan membuka usaha di bidang pendidikan seperti kursus online bahasa asing, kamu bisa memakai nama Best english course atau menggunakan akronim menjadi BEC. 

Pastikan ada Filosofi kuat dibalik nama

Seperti yang kita ketahui, memilih nama usaha yang bagus tidak bisa asal – asalan. Kamu perlu memiliki alasan dari pemilihan nama usaha seperti filosofi. Karena hal tersebut secara tidak langsung bisa membantu kamu dalam berpromosi lho. 

Semakin sering nama usaha kamu dibicarakan oleh audiens, maka semakin besar pula potensi usaha kamu dikenal oleh banyak orang.

Pilihlah nama usaha dengan makna positif 

Pemberian nama usaha itu harus punya makna yang positif, baik dan bagus, ingat bisa saja nama adalah sebuah doa, atau harapan dari pemilik usaha agar usahanya bisa berkembang maju. Maka hindarilah kata – kata yang punya makna negatif. 

Menggabungkan Kata 

Saat memilih nama usaha, kamu tidak perlu kaku dan baku, kamu bisa menggunakan nama yang digabung menjadi dua atau tiga kata yang bisa mencerminkan perusahaan kamu. Seperti contoh Netflix yang merupakan gabungan dari kata internet dan flicks. 

Tips pro : kamu harus memilih gabungan kata yang bisa mencerminkan bisnis kamu.

Pakai huruf latin 

Jika kamu ingin mencari nama usaha yang keren gabungan dengan huruf latin memang bisa jadi pilihan, namun pastikan huruf latin yang kamu pilih sudah dikenal dan mudah diucapkan oleh audiens. 

Pakai nama sendiri 

Memakai nama sendiri bisa jadi pilihan memilih nama usaha yang unik dan keren lho, pasalnya nama sendiri itu biasanya sudah memiliki arti kata yang baik. Ide nama sendiri juga bisa menunjukkan rasa kepercayaan diri dan memotivasi kamu untuk bisa lebih bekerja keras untuk memajukan brand kamu. 

Seperti contoh perusahaan Boeing yang memakai nama asli dari pendirinya, William Boeing. Hingga saat ini boeing menjadi perusahaan besar di bidang pesawat udara.  

Mitologi dan Sastra

Bagi sebagian orang, memakai nama usaha yang berasal dari mitologi dan sastra adalah hal yang keren dan unik, tapi banyak yang belum mengetahui pilihan nama seperti ini. 

Namun bukan berarti, pemilihan nama usaha dengan mitologi dan sastra kurang disarankan, justru sudah banyak perusahaan besar yang memakai mitologi dan sastra seperti brand Nike yang dikenal sebagai dewi kemenangan dalam mitologi yunani. 

Selain itu, ada Oracle, Hermés, dan Mars.

Gabungkan Semuanya

Kamu bisa memilih nama usaha dengan pilihan menggabungkan semuanya, kamu bisa memakai nama sendiri, memakai akronim dan lain – lain, yang terpenting nama usaha yang kamu pilih bisa mencermikan produk yang kamu jual. 

Seperti contoh IKEA, nama usaha ini berasal dari gabungan nama pendirinya dan kota kelahirannya yaitu Ingvar Kamprad, dan kota  Elmtaryd Agunnaryd.

Jangan  Memakai Nama Tempat atau Daerah

Mungkin bagi sebagian usaha memakai nama tempat atau daerah bisa membuat bisnisnya sukses, namun lebih baik kamu menghindari penggunaan nama tempat atau daerah, karena akan sangat susah jika kamu memiliki cabang ataupun berpindah tempat usaha.

Nah itulah beberapa tips dan cara memilih nama usaha yang bagus dan tepat untuk bisnis kamu. sekarang tinggal menentukan nama usaha kamu bukan?

Jika kamu masih kesulitan, tenang saja karena ada rekomendasi contoh nama usaha yang bagus, mudah dingat beserta artinya.

Baca juga : Cara Menentukan Nama & Logo Brand Yang Bagus Untuk Bisnis

Contoh Nama Usaha Yang Bagus, Mudah Diingat dan Artinya

Karena jenis usaha bermacam – macam, kami bagikan beberapa contoh nama usaha yang bagus dan mudah diingat beserta artinya agar kamu bisa lebih mudah memilih nama usaha yang bagus untuk bisnis kamu.

✅ FashionDewakids, Dresspedia, BW, Queensist, OFM (Outfit For Men)
✅ Makanan dan MinumanSari Suka, Warung Rasa, Kedai Gurih, Jajan Asyik, Rasa Manis, 3K (Kafe Kopi Kita), Sop Khas, Warung Berkat, Poci Tea House (PTH), Jus Segar
✅ Usaha Yang KekinianBeyond Boundaries, Quantum Tech Solutions, Inspire Academy, Simply Delicious, Mindful Wellness, Bold Ventures
✅ Lain – LainStellar Solutions, Urban Bites, Prime Logistics, Creative Sparks, Elemental Energy, Cloud Nine

#1 Nama Usaha untuk Bidang Fashion

Fashion memang menjadi kebutuhan yang selalu ada pasarnya, untuk bisa meraih keuntungan dan menarik pelanggan, pastikan kamu memilih nama usaha yang bagus dan sesuai, berikut ini adalah contoh – contohnya. 

  1. Dewakids yang berasal dari kata dewa yang berarti sesuatu yang besar dan kids dari bahasa asing yang sudah populer yang berarti anak – anak. Dewakids menggambarkan bagaimana kamu bisa menjadi fashion anak – anak besar dan menjadi pilihan terbaik untuk baju anak – anak.
  2. Dresspedia yang berasal dari kata dress yang berarti gaun dan pedia yang berasala dari bahasa Yunani Kuno “paidia” yang berarti pendidikan. brand ini cocok untuk digunakan oleh bisnis yang membuka kelas fashion, khususnya pembuatan dress.
  3. BW yang merupakan singkatan dari Baju wanita, menggambarkan kamu menjual baju – baju wanita
  4. Queensist yang berasal dari kata queen yang berarti ratu dan singkatan sist yang berarti sister atau kakak dalam bahasa indonesia, menggambarkan brand ini bisa menjadi partner baik untuk memilih baju dan bisa menjadi seperti ratu ketika memakai baju yang dipilih
  5. OFM (outfit for men) lebih menunjukkan bahwa usaha kamu menjual produk – produk baju khusus pria.

#2 Nama Usaha untuk Bidang Makanan dan Minuman

  1. Sari Suka: “Sari” dalam bahasa Indonesia berarti esensi atau rasa, sedangkan “Suka” berarti menyukai atau menyenangi. Nama ini cocok untuk bisnis minuman, seperti jus atau smoothie, yang menawarkan esensi rasa yang nikmat dan menyenangkan.
  2. Warung Rasa: “Warung” dalam bahasa Indonesia berarti tempat makan atau restoran kecil, sedangkan “Rasa” berarti rasa atau citarasa. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau restoran yang menawarkan hidangan dengan citarasa yang lezat dan autentik.
  3. Kedai Gurih: “Kedai” dalam bahasa Indonesia berarti toko atau kedai kecil, sedangkan “Gurih” berarti gurih atau sedap. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau restoran yang menawarkan hidangan gurih dan lezat, seperti masakan nusantara atau hidangan Asia.
  4. Jajan Asyik: “Jajan” dalam bahasa Indonesia berarti makanan ringan atau camilan, sedangkan “Asyik” berarti menyenangkan atau seru. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau kedai yang menawarkan camilan atau makanan ringan yang lezat dan menghibur.
  5. Rasa Manis: “Rasa” dalam bahasa Indonesia berarti rasa atau citarasa, sedangkan “Manis” berarti manis atau lezat. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau restoran yang menawarkan hidangan manis atau pencuci mulut, seperti kue atau dessert.
  6. Kafe Kopi Kita (3K) : “Kafe” dalam bahasa Indonesia berarti kafe atau kedai kopi, sedangkan “Kopi Kita” berarti kopi kami atau kopi lokal. Nama ini cocok untuk bisnis kafe atau kedai kopi yang menawarkan kopi lokal atau kopi dengan cita rasa khas daerah.
  7. Sop Khas: “Sop” dalam bahasa Indonesia berarti sup atau kuah, sedangkan “Khas” berarti khas atau unik. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau restoran yang menawarkan hidangan sup atau kuah dengan cita rasa unik dan khas.
  8. Warung Berkat: “Warung” dalam bahasa Indonesia berarti tempat makan atau restoran kecil, sedangkan “Berkat” berarti berkah atau anugerah. Nama ini cocok untuk bisnis makanan atau restoran yang menawarkan hidangan dengan rasa lezat dan disajikan dengan keberkahan.
  9. Poci Tea House (PTH): “Poci” dalam bahasa Indonesia berarti teko kecil atau the-pot, sedangkan “Tea House” berarti rumah teh. Nama ini cocok untuk bisnis kedai teh atau kafe yang menawarkan teh dengan berbagai rasa dan varian yang disajikan dalam teko-teko kecil.
  10. Jus Segar: “Jus” dalam bahasa Indonesia berarti jus atau minuman buah, sedangkan “Segar” berarti segar atau fresh. Nama ini cocok untuk bisnis minuman atau kedai yang menawarkan jus buah segar dan menyegarkan.

#3 Nama Usaha Untuk Bidang Lainnya 

  1. Beyond Boundaries: Nama ini cocok untuk bisnis konsultan, perencanaan acara, atau agensi perjalanan yang menawarkan pengalaman yang berbeda dari yang biasa.
  2. Quantum Tech Solutions: Nama ini cocok untuk bisnis teknologi yang menawarkan solusi inovatif dan terdepan.
  3. Green Oasis: Nama ini cocok untuk bisnis pertanian atau kebun yang menawarkan lingkungan yang hijau dan menyegarkan.
  4. Inspire Academy: Nama ini cocok untuk bisnis pendidikan atau pelatihan yang menawarkan inspirasi dan motivasi untuk belajar dan berkembang.
  5. Simply Delicious: Nama ini cocok untuk bisnis kuliner yang menawarkan hidangan sederhana namun lezat dan nikmat.
  6. Mindful Wellness: Nama ini cocok untuk bisnis kesehatan dan kebugaran yang menawarkan kesadaran dan perhatian dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.
  7. Bold Ventures: Nama ini cocok untuk bisnis investasi atau konsultan keuangan yang menawarkan keberanian dan kepercayaan dalam mengambil risiko bisnis.
  8. Fresh Start: Nama ini cocok untuk bisnis kecantikan atau perawatan diri yang menawarkan awal yang segar dan baru untuk penampilan dan gaya hidup.
  9. Visionary Media: Nama ini cocok untuk bisnis media atau agensi iklan yang menawarkan pandangan ke depan dan visi yang inovatif.
  10. Pure Serenity: Nama ini cocok untuk bisnis spa atau relaksasi yang menawarkan ketenangan dan kedamaian.
  11. Urban Bites: Nama ini cocok untuk bisnis kuliner yang menawarkan hidangan kota dengan sentuhan modern dan trendy.
  12. Mystic Artistry: Nama ini cocok untuk bisnis seni atau kreatif yang menawarkan daya tarik dan keunikan yang magis dan menarik.
  13. Stellar Solutions: Nama ini cocok untuk bisnis konsultan atau solusi teknologi yang menawarkan solusi hebat dan bintang-bintang yang bersinar.
  14. Prime Logistics: Nama ini cocok untuk bisnis logistik atau pengiriman yang menawarkan layanan yang tepat waktu dan berkualitas.
  15. Blue Horizon: Nama ini cocok untuk bisnis perjalanan atau petualangan yang menawarkan pandangan panorama dan cakrawala yang menawan.
  16. Wise Mind: Nama ini cocok untuk bisnis konseling atau terapi yang menawarkan kebijaksanaan dan pandangan baru untuk kehidupan dan kesehatan mental.
  17. Trendy Threads: Nama ini cocok untuk bisnis pakaian atau fesyen yang menawarkan gaya dan tren terbaru.
  18. Creative Sparks: Nama ini cocok untuk bisnis desain atau kreatif yang menawarkan ide-ide dan gagasan yang kreatif dan menginspirasi.
  19. Cloud Nine: Nama ini cocok untuk bisnis jasa atau produk teknologi cloud yang menawarkan layanan yang andal dan aman.
  20. Elemental Energy: Nama ini cocok untuk bisnis energi terbarukan atau teknologi hijau yang menawarkan sumber daya yang alami

Itulah sekilas tentang pentingnya nama usaha, dan cara memilih nama usaha yang bagus serta rekomendasi contoh nama usaha beserta artinya di berbagai bidang. Semoga bermanfaat

(Visited 2,113 times, 25 visits today)
Close