Written by 2:59 am Tips & Trik

Jualan Di Tokopedia / Shopee / Lazada Sepi ? Ini Solusinya

Membuka toko di marketplace memang menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan secara online atau versi digital.

Sekarang sudah banyak toko online yang tersedia di marketplace yang menyediakan berbagai macam produk untuk dijual, terkadang hal tersebut membuat persaingan menjadi ketat antara sesama penjual.

Namun pada kenyataannya, jualan di marketplace tidak selamanya indah, karena ada saja toko yang jualan di marketplace sepi pembeli. 

Ada banyak alasan yang menjadi kemungkinan kenapa jualan di tokopedia sepi pembeli, jualan di shopee sepi pembeli, jualan di lazada sepi pembeli dan di marketplace lainnya juga sepi pembeli.

Walaupun berbeda platform pada dasarnya beberapa alasan kenapa jualan di marketplace sepi pembeli hampir sama dan paling berbeda sedikit saja, simak alasannya di artikel ini.

Jualan Di marketplace Sepi pembeli Ini Solusinya

Alasan Kenapa Jualan Di Marketplace (Tokopedia, Shopee, Lazada, etc) Sepi Pembeli

Berbagai platform e commerce mempunyai ciri – ciri atau keunikan tersendiri untuk bisa membantu penjualnya mendapatkan keuntungan, namun bagaimana jika penjualan dari seller menjadi sepi? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa jualan di marketplace sepi pembeli.

Alasan Kenapa Jualan di Tokopedia Sepi Pembeli

Jika jualan di tokopedia sepi pembeli, ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya, yaitu;

  1. Algoritma dari tokopedia yang berubah biasanya akan berpengaruh pada optimasi produk yang dijual di tokopedia.
  2. Ketatnya persaingan, semakin besar pengguna internet di Indonesia maka semakin banyak pula orang – orang yang terjun ke dunia bisnis online, dengan kata lain semakin banyak pula orang yang membuka toko online di Tokopedia. Oleh karena itu jualan di tokopedia bisa sepi pembeli karena terlalu banyak persaingan.
  3. Pembeli tidak mengandalkan satu source marketplace. Seperti yang kita ketahui marketplace di Indonesia itu banyak jenisnya ada lazada, shopee, bukalapak dan lain – lain, nah biasanya pembeli akan membandingkan harga dan produk di berbagai marketplace sebelum akhirnya mereka beli, bisa jadi toko kamu sepi karena mereka pindah marketplace.
  4. Tidak memanfaatkan fitur iklan topads, sama halnya dengan bisnis lainnya, iklan memang bisa meningkatkan penjualan secara signifikan, karena traffic secara organik kemungkinan sulit jika persaingan sangat ketat.
  5. Gambar produk di etalase tidak jelas, dalam dunia bisnis online, foto produk adalah hal penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan akhirnya mereka menjadi pelanggan bisnis kamu, tanpa adanya foto produk yang profesional akan sulit bagi kamu mendapatkan penjualan apalagi harus bertahan ditengah gempuran persaingan antar kompetitor.Baca juga : 5 Cara Membuat Katalog Produk Online Gratis Untuk Pemula

Selain itu masih ada alasan kenapa jualan di marketplace sepi pembeli, mari kita lihat versi di marketplace lazada, apakah masalahnya tetap sama seperti jualan di tokopedia?

Alasan Kenapa Jualan di Lazada Sepi Pembeli

Alasan kenapa jualan di lazada sepi pembeli kemungkinan dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut ini, yaitu:

  1.  Kurangnya promosi, walaupun kamu jualan di marketplace, promosi tetap harus dilakukan karena tanpa adanya promosi kamu akan kesulitan dalam meningkatkan penjualan, dan bagaimana pembeli bisa mengetahui toko kamu, apalagi persaingan di marketplace sangat ketat
  2. demand produk yang kurang diminati, sebelum menjual produk, memang ada baiknya kamu melakukan riset produk terlebih dahulu, agar saat berjualan kamu sudah percaya diri dengan produk yang kamu jual.
  3. Kamu kurang fast respon, pelayanan terhadap customer itu nomor satu karena dengan kamu memberikan pelayanan fast respons kemungkinan pembeli membeli produk kamu jauh lebih tinggi.
  4. Toko tidak muncul di Pencarian, sehingga toko kamu sepi pembeli.
  5. Deskripsi produk kurang jelas, sama halnya dengan alasan kenapa jualan di tokopedia sepi pembeli,yaitu gambar kurang jelas, deskripsi produk juga menentukan apakah pembeli akan membeli produk kamu atau tidak, semakin jelas deskripsi pelanggan akan lebih tertarik untuk checkout dibandingkan deskripsi sederhana yang kurang menjelaskan.

Alasan Kenapa Jualan di Shopee Sepi Pembeli

Alasan kenapa jualan di shopee sepi pembeli ada berbagai faktornya, seperti berikut ini:

  1. Kegiatan promosi atau strategi promosi kurang maksimal. Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness sehingga toko kamu dikenal oleh calon pembeli. Selain itu bisa meningkatkan penjualan juga. Kegiatan promosi yang kurang maksimal bisa jadi karena kamu salah menargetkan sasaran pelanggan. Baca juga : Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Untuk Bisnis Online
  2. Pelayanan kurang profesional yang membuat calon pembeli kabur duluan dibandingkan harus membeli produk kamu.
  3. Harga produk tidak kompetitif dengan toko lainnya, apalagi jika kamu menawarkan harga lebih tinggi dari kompetitor tapi produk tidak sebanding, bisa jadi toko kamu akan sepi dari pembeli.
  4. Tidak memanfaatkan fitur program yang ada di shopee, baik program gratis ongkir, program cashback hingga shopeeads.

Solusi Agar Jualan Di Marketplace Bisa Ramai Pembeli

Meskipun banyak alasan yang berbeda – beda dari jualan di marketplace sepi pembeli, solusinya hanpir sama dan bisa kamu praktekkan di setiap platform marketplace.

Berikut ini adalah solusi agar jualan di marketplace ramai pembeli, yaitu;

1. Product Detail Page

Produk adalah salah satu hal penting di toko online marketplace, karena secara online calon pembeli akan melihat produk lebih dulu sebelum akhirnya membeli produk, oleh karena itu kamu harus bisa membuat halaman produk menarik, menggunakan foto produk yang bagus dan profesional dan jangan lupa tambahkan deskripsi produk se menarik mungkin dan selengkap mungkin, agar calon pembeli lebih tertarik membeli produk di toko kamu dibandingkan toko lainnya.

2. Tingkatkan Pelayanan Toko

Admin kamu ataupun kamu sendiri harus bisa meningkatkan pelayanan terhadap calon pembeli agar mereka merasakan kenyamanan bertransaksi di toko kamu, kamu bisa meningkatkan pelayanan komunikasi seperti menjawab pertanyaan calon pembeli dengan fast respons, atau melayani pembeli yang kebingungan memilih produk. Dengan pelayanan yang baik maka calon pembeli pun akan mempercayai uangnya untuk dibelikan produk yang kamu jual.

3. Gunakan Fitur Iklan

Iklan dapat memberikan manfaat signifikan terhadap toko kamu slaah satunya dengan mendatangkan calon pembeli untuk bisa membeli produk kamu.

Selain untuk meningkatkan brand Awareness, kamu juga bisa meningkatkan profile visit toko hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan kamu dari pendapatan sebelumnya.

semakin ramai calon pembeli di toko marketplace kamu, maka semakin besar peluang mereka membeli produk yang kamu jual di etalase toko.

4. Ikuti Program yang disediakan marketplace

Seperti yang ada di marketplace Shopee, program – program untuk meningkatkan penjualan sudah di sediakan, kamu tinggal memanfaatkannya sesuai dengan promosi yang akan kamu lakukan.

5. Jalankan strategi marketing yang menarik

Strategi marketing memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan dan profile visit ke toko kamu, kamu harus bisa menyediakan kalimat promosi menarik agar strategi marketing kamu berhasil.

Baca Juga : 30+ Contoh Kalimat Promosi Agar Cepat Closing

Nah itulah beberapa alasan kenapa jualan di marketplace sepi pembeli dan solusi untuk meningkatkan penjualan hingga membuat toko ramai pembeli di marketplace baik di Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain – lain. Semoga bisa bermanfaat dan bisa di praktekkan ya.

(Visited 824 times, 1 visits today)
Close