Kenapa Jualan Online Sepi Pembeli

Written by 4:58 am Bisnis Online

Kenapa Jualan Online Sepi Pembeli ? Coba Perbaiki Ini !

Kenapa jualan online sepi pembeli? pertanyaan yang membutuhkan solusi bagi setiap pebisnis online yang sedang mengalami penurunan penjualan.

Seperti yang kita tahu, pebisnis pasti menginginkan agar usahanya berjalan lancar, tokonya ramai dengan pembeli dan menghasilkan keuntungan besar. Namun, kenyataan di lapangan kerap berlawanan dengan harapan. Tentu kamu perlu tindakan ekstra untuk mengatasinya bukan?

Nah, informasi berikut ini wajib kamu ketahui agar bisa memperbaiki kesalahan yang menyebabkan jualan online sepi pembeli.

Alasan Kenapa Jualan Sepi Pembeli?

Ada banyak faktor yang perlu kamu riset jika ingin mengetahui kenapa jualan sepi pembeli, tapi kamu jangan khawatir ada cara – cara terbaik untuk mengatasinya

Fenomena sepi pembeli adalah hal yang wajar terjadi, dunia sangat dinamis sehingga kamu bisa saja sedang berada di atas angin dengan pencapaian jualan yang besar atau kamu bisa saja mengalami penurunan penjualan.

Informasi ini membantu kamu untuk bisa mengatasi fenomena tersebut.

Lalu, faktor apa saja sih yang menyebabkan jualan sepi pembeli?

1. Persaingan ketat, bung!

Persaingan jualan online itu ketat banget, antara satu kompetitor dan kompetitor lain punya gaya jualannya masing – masing.

Persaingan jadi alasan pertama nih kenapa jualan kamu sepi pembeli, biasanya faktor inilah yang membuat pembeli banyak pertimbangan saat akan membeli produk.

Nah solusinya kamu harus punya nilai lebih di mata pembeli, sehingga rate kamu mendapatkan perhatian pembeli jauh lebih besar dibandingkan kompetitor.

Misalnya seperti ini, jika toko A menjual produk dengan harga Rp. 50,000 tanpa ada promo ataupun gratis ongkir, kamu bisa menjual produk yang sama dengan tema “Beli 2 gratis ongkir” dan pakai sistem bundling dimana harga lebih rendah sedikit tapi mempunya nilai lebih.

Baca juga : Jualan Desain Online Untung 10 Juta/Bulan? Ini Caranya

2. Strategi Promosi Belum Maksimal

Promosi menjadi kata kunci yang paling krusial jika membahas tentang jualan sepi pembeli. Apa yang terjadi jika promosi yang kamu lakukan kurang maksimal? tentu berimbas kepada produk yang terjual sedikit atau bahkan tidak laku.

Lebih parahnya lagi, jika kamu tidak melakukan strategi pemasaran adalah sulitnya mencari pembeli baru, atau pembeli yang sudah repeat order dan setia pada tokomu bisa berpindah ke lain toko.

Baca juga : Advertising adalah : Pengertian & Manfaatnya Untuk Bisnis

Kamu tidak mau seperti itu bukan?

Oleh karena itu, kamu wajib banget nih melakukan promosi yang maksimal jika ingin ramai pembeli. Tujuannya, agar para pembeli memperoleh informasi yang jelas tentang produk yang kamu jual.

3. Kualitas Produk Tidak Dijaga

Apa yang disenangi oleh pembeli adalah ketika mereka membeli produk yang kamu jual, kualitasnya ok, premium dan bisa awet lebih lama (red : tergantung jenis jualannya).

Tapi jika kamu menjual produk yang asal – asalan tanpa melihat kualitas, maka tidak heran jika toko akan sepi pembeli, jualan kamu gak laku dan penjualan sudah pasti turun.

Maka sebagai penjual yang baik dan amanah, wajib banget meningkatkan kualitas produk yang kamu jual, tujuannya tentu agar jualan kamu dinilai lebih baik dibandingkan kompetitor oleh pembeli.

Anda bisa baca cara riset produk agar jualan anda bisa laris dipasaran.

4. Pelayanan Pelanggan Kurang

Jika kamu peduli dengan keberlangsungan jualan yang kamu tekuni, maka sering – seringlah kamu melayani pelanggan sepenuh hati, jika mereka memiliki kendala, maka kamu bisa membantunya.

Banyak toko yang memiliki penilaian buruk dan akhirnya ditinggalkan pembeli, salah satu alasannya karena mereka tidak melayani pelanggan dengan baik.

“chat gak pernah direspon”
“nanya ukuran gak dibales”
“nanya udah sampai mana paketnya gak dibales”

Jika sudah ada ocehan dari pembeli seperti itu, maka siap – siaplah tokomu sepi pembeli bahkan ditinggalkan.

Maka, kamu harus bisa melayani pelanggan sepenuh hati dan menjadi solusi bagi permasalahan yang sedang mereka alami sehingga dapat menarik pelanggan untuk berbelanja.

Misalnya kamu jualan online pakaian, dan ada yang bertanya mengenai  ukuran yang pas untuk mereka, maka jangan sungkan untuk memberikan detail ukuran pakaian yang mereka butuhkan.

Pembeli akan merasa dibantu, sehingga tingkat “akhirnya jadi membeli” jauh lebih tinggi dibandingkan jika kamu tidak melayani mereka dengan baik.

5. Minim Inovasi

Jaman sekarang semua serba instan, serba mudah di akses secara online, maka pembeli pun dapat dengan mudah berselancar di toko jualanmu.

Tapi, apa jadinya jika jualan kamu itu – itu aja? mungkin pembeli baru akan membeli produkmu, tapi pembeli lama? belum tentu akan membeli produkmu lagi jika tidak ada upgrade produk menjadi lebih baik.

Inovasi produk itu dibutuhkan untuk kamu agar pembeli lebih tertarik dan terus menjadi langganan.

Selain inovasi produk, kamu juga perlu memanfaatkan teknologi yang sudah ada, misalnya dari segi pembayaran bisa pake merchant tertentu seperti ovo, gopay atau shopeepay dan lainnya.

6. Kurangnya Testimoni Pembeli

Biasanya faktor lainnya, kenapa pembeli bisa membeli sebuah produk adalah karena adanya ulasan atau testimoni dari pembeli lain.

Produk yang dibeli secara online pastinya tidak dapat dilihat dan disentuh secara langsung. Sehingga mereka membutuhkan informasi yang sangat lengkap, termasuk testimoni dari pembeli sebelumnya.

Solusinya adalah setelah selesai transaksi, jangan lupa untuk meminta testimoni kepada pembeli ya untuk meningkatkan nilai jual dari produk yang kamu jual.

Nah itu beberapa faktor penyebab kenapa jualan sepi pembeli, Lalu selain solusi yang ada diatas apa lagi yang bisa kamu lakukan agar jualan ramai pembeli?

Solusi Jualan Ramai Pembeli

Solusi Jualan Ramai Pembeli

source : bisnis.com

1. Miliki Unique Selling Point

Unique selling point adalah hal penting yang wajib kamu miliki, karena dengan adanya USP kamu punya nilai lebih dibandingkan kompetitor.

Membangun USP bagi tokomu harus kuat agar bisa membantu strategi pemasaran menjadi lebih terarah dan menguatkan pesan yang ingin disampaikan kepada audience. 

Kamu bisa mulai dari membangun branding, membuat copywriting terarah, dan keputusan pemasaran lainnya. USP akan dengan cepat menjawab pertanyaan paling mendesak dari calon konsumen, misalnya “Apa yang membedakan bisnis kamu dari kompetitor?”

Dengan adanya USP, kamu bisa memanfaatkannya dengan efektif, terutama secara online, di mana konsumen memiliki begitu banyak pilihan dan menjadikan USP sebagai strategi pemasaran lebih baik lagi.

Kami telah mengulas 30+ Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan, disana anda dapat menemukan ide bisnis yang sedang hype belakangan ini.

2. Lakukan Pembayaran Yang Variatif

Metode pembayaran yang variatif akan membantu pembeli memilih membayar dengan metode favorit mereka. Kemudahan tersebut membantu pembeli lebih nyaman bertransaksi di tokomu dibandingkan di kompetitor.

Pembayaran sekarang sudah jauh lebih mudah dan banyak variannya, kamu bisa survey terlebih dahulu pembayaran mana saja yang sedang diminati oleh target marketmu. Tapi jangan sampai pembayaran yang kamu pilih malah membuat susah pembeli ya.

Kemudahan bertransaksi adalah solusi toko dan jualanmu ramai pembeli. Jadi, pastikan pembayaran yang dipilih adalah kemudahan bagi pembeli.

Oke, itu adalah beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa jualan online sepi pembeli. Nah kamu tinggal praktekkan beberapa solusi yang sudah ada agar bisa meningkatkan profile visit  ke tokomu hingga meningkatkan penjualan tokomu.

Semoga informasinya bermanfaat ya! Jangan lupa praktek dan semangat cuan!

Artikel Terkait :
(Visited 25 times, 2 visits today)
Close