Written by 5:32 am Bisnis Offline, Bisnis Online

11 Rekomendasi Ide Usaha Di Bidang IT Modal Minim Terbaik 

11 Rekomendasi Ide Usaha Di Bidang IT Modal Minim Terbaik 

Ide usaha di era digital memang banyak sekali peluangnya, apalagi sektor teknologi, informasi dan komunikasi. Tak heran beberapa lulusan di bidang teknologi informasi atau IT memanfaatkan skill untuk membuka usaha baru.

Jika saat ini kamu berpengalaman di bidang IT dan ingin mendapatkan penghasilan hanya di rumah saja dengan modal yang minim, maka rekomendasi ide usaha di bidang IT modal minim terbaik ini cocok untuk kamu coba.

11 Rekomendasi Ide Usaha Di Bidang IT Modal Minim Terbaik

Berikut ini adalah daftar rekomendasi ide usaha di bidang IT dengan modal minim terbaik yang bisa kamu coba;

Kursus online sektor IT

Ide usaha online yang pertama yang bisa kamu coba adalah kursus online di sektor IT. Di era serba digital banyak anak muda hingga generasi millenial bahkan sampai anak usia balita tertarik di bidang IT. Dari besarnya peluang tersebut, kamu bisa memulai membuka kursus untuk pembelajaran teknologi seperti pemrograman komputer, teknik desain multimedia dan lain – lain.

Kamu bisa mencoba membuka kelas kursus secara online dengan menarik dan interaktif, agar pelanggan jasa kamu merasa puas belajar tentang dunia IT.

Ide usaha berikut ini, termasuk ke dalam ide usaha modal minim, yang terpenting modal utamanya adalah skill dan pengalaman, semakin besar ilmu yang kamu miliki maka semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Ide usaha ini biasanya dilirik oleh orang – orang yang sedang mengikuti pendidikan di bidang IT, karir di industri digital dan startup.

Baca juga20 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Jasa pembuatan website

Saat ini banyak individu bahkan pelaku bisnis yang beralih ke metode online untuk mempromosikan bisnisnya. Oleh karena itu, website menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mereka untuk menawarkan barang dagangannya.

Website sendiri, sudah banyak diakses dan digunakan oleh seluruh orang di dunia, sehingga tak heran jika kebutuhan pembuatan website pun meningkat secara signifikan. Kamu bisa mencoba ide usaha di bidang IT ini dengan menjadi seorang web programmer.

Tugasnya membantu para klien mendapatkan website impiannya dengan segala fitur yang memudahkan transaksi.

Jasa pembuatan website ini perlu skill khusus salah satunya adalah harus memahami dan mengerti tentang bahasa pemrograman, algoritma, struktur data sebuah program dan lain – lain.

Untuk membuka jasa pembuatan website ini kamu hanya perlu skill, tanpa modal besar untuk memulai ide usaha di bidang IT ini.

Jasa service komputer

Jika kamu punya kemampuan dalam memperbaiki perangkat komputer, maka ide usaha di bidang IT selanjutnya ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah.

Jasa service atau perbaikan perangkat komputer ini tidak memerlukan modal yang besar, kamu hanya perlu skill teknis dan peralatan khusus yang mendukung, keuntungannya juga memiliki potensi besar.

Jualan perangkat lunak / Software

Semakin pesatnya era digital kebutuhan akan perangkat lunak semakin tinggi juga, terutama bagi mereka yang ingin membeli perangkat lunak atau software resmi yang memiliki lisensi.

Kamu bisa mencoba ide usaha di bidang IT ini, karena modalnya minim cukup kamu memiliki skill dan pengetahuan lebih tentang teknologi. Sehingga pelanggan yang tertarik dengan berbagai software bisa mencari atau memakai jasa kamu.

Menjual tema blog

Setiap website yang dibuat biasanya menggunakan tema tertentu, namun semakin bagus tema dan semakin premium tema maka hasil websitenya pun akan semakin profesional, tak terkecuali untuk pemilik blog.

Biasanya blog berisi konten website seperti artikel, berita, buletin dan lain – lain. Nah sebagai solusi akan permasalahan tema website, kamu bisa menjual jasa tema blog, hanya dengan memanfaatkan modal internet saja dan bisa dilakukan secara online.

Translator

Ide usaha di bidang IT selanjutnya adalah menjadi translator atau penerjemah, pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah tanpa modal besar, hanya modal skill kemampuan bahasa asing saja, bagusnya lagi jika kamu punya sertifikat bahasa asing akan membantu memberikan nilai plus kepada jasa yang kamu tawarkan.

Pastikan kamu juga harus memiliki pengalaman yang cukup untuk bisa menawarkan jasa penerjemah dengan harga yang tinggi, jika kamu baru memulai kamu bisa tawarkan harga terjangkau.

Bisnis jasa konsultan SEO

Ide bisnis usaha dibidang IT selanjutnya adalah konsultan SEO. Seperti yang kita ketahui, SEO memiliki peran penting dalam kegiatan promosi marketing. Dengan adanya SEO sebuah bisnis bisa gampang dicari oleh klien hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian.

Karena perannya yang penting tersebut, banyak klien yang membutuhkan konsultan SEO untuk membuat bisnis mereka menjadi yang teratas di pencarian google selain itu, tugas utamanya adalah mengoptimalkan kinerja dan peringkat dari website agar bisa masuk halaman pertama pencarian di google.

Kamu bisa melakukan jasa ini cukup dirumah saja dan  secara otodidak, karena pekerjaan ini tidak berfokus dalam pengembangan coding namun lebih kepada teknik pengoptimalan website saja.

Freelancer pengembangan aplikasi

Jika kamu tidak ingin langsung membuka bisnis, kamu bisa mencoba metode freelancer. Dengan menjadi freelance khususnya dalam pengembangan aplikasi kamu bisa memulai mendapatkan penghasilan dengan modal yang minim.

Freelance programmer ini biasanya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk pengembangan aplikasi dan ada batas waktu penyelesaian projeknya, untuk melakukan proyek ini kamu bisa fleksibel, bekerja dimana saja dan kapan saja, namun tetap menghasilkan.

Content Writer

Ide bisnis usaha di bidang IT berikutnya adalah content writer, dimana tugas kamu disini adalah membuat sebuah tulisan biasanya seperti artikel, lalu mengunggahnya ke dalam sebuah halaman website.

Jika kamu mempunyai skill menulis atau sekedar hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan ide bisnis ini, tapi kamu juga harus memiliki kemampuan mengoperasikan website ya, karena kamu perlu mengelola content di dalam website tersebut.

Freelance desain grafis

Ide bisnis di bidang IT selanjutnya adalah menjadi freelance desain grafis, Jika kamu memiliki jiwa seni dan ingin menjadi desainer grafis untuk kebutuhan desain di dalam aplikasi, seperti logo, banner dan lain – lain, kamu wajib mencoba menjadi freelance design grafis.

Menjadi freelance desain grafis ini bisa kamu coba, yang terpenting kamu mengerti dan memahami bagaimana mendesain dan mengoperasikan software atau aplikasi desain yang dibutuhkan.

Baca juga : 16 Kerja Sampingan Online Di Rumah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Web designer

Jika sebelumnya kamu mengetahui ide bisnis usaha di bidang IT menjadi programmer website, maka ide bisnis kali ini bisa jadi peluang usaha baru yang bisa kamu manfaatkan, yaitu menjadi web designer.

Goal dari pekerjaan ini adalah fokus pada pembuatan tampilan website desain dari awal sebelum diterjemahkan dalam bentuk bahasa coding oleh developer website.

Kesimpulan

  1. Contoh bisnis di bidang IT: pengembangan perangkat lunak, layanan cloud computing, konsultasi IT, pengembangan aplikasi mobile, dan layanan keamanan siber.
  2. Bisnis di bidang teknologi: penjualan perangkat keras, layanan realitas virtual, produksi drone, dan teknologi wearable.
  3. Peluang bisnis di bidang IT: analisis data besar (big data), kecerdasan buatan, machine learning, dan Internet of Things (IoT).
  4. Contoh kewirausahaan di bidang komputer: toko komputer, perbaikan dan pemeliharaan komputer, dan pelatihan komputer.
  5. Contoh Perusahaan IT: Microsoft, Google, Apple, Amazon, dan Facebook.
  6. Contoh dari teknologi informasi: sistem manajemen basis data, jaringan komputer, dan perangkat lunak bisnis.
  7. 5 peluang usaha di bidang digital: pemasaran digital, e-commerce, pembuatan konten digital, influencer marketing, dan layanan analisis data.

Dalam ide bisnis ini, kamu haru memiliki perangkat komputer, tools untuk desain dan jaringan internet, selain itu jangan lupa jalin relasi dengan komunitas pengembangan untuk membantu kamu mengembangkan skill di dunia website designer.

Nah itulah, 11 rekomendasi ide bisnis usaha di bidang IT yang bisa kamu coba, apalagi sekarang masanya era digital, semua pelaku usaha baik individu maupun perusahaan membutuhkan jasa dari bidang IT ini.

(Visited 14,182 times, 7 visits today)
Close