Written by 4:31 am Bisnis Online

Cara Mendapatkan Uang / Gift Dari Penonton Live Tiktok

Cara Mendapatkan Uang / Gift Dari Penonton Live Tiktok

Cara mendapat uang dari TikTok Live memang sedang diminati oleh masyarakat, karena hanya dengan modal live saja kamu bisa mendapatkan cuan yang lumayan. Namun, untuk bisa banjir cuan kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal agar live kamu menarik perhatian pelanggan, dan mereka dengan sukarela memberikan gift kepada kamu.

Di artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapat hadiah di tiktok live, supaya banjir cuan saat live, dan cara menukarkan hasil gift menjadi uang yang masuk ke rekening pribadi kamu.

Apa Itu Tiktok Live ? Bagaimana Mendapatkan Hadiah di tiktok live ?

Sebelum masuk ke pembahasan, lebih baik ketahui terlebih dahulu apa itu Tiktok Live dan bagaimana cara menghasilkan uang dari tiktok lewat Live?

Seperti yang kita ketahui, TikTok adalah platform media sosial yang sedang populer dan naik daun karena banyak pengguna yang beralih ke tiktok, baik untuk mencari hiburan maupun mencari cuan. Oleh karena itu, banyak pengguna TikTok ingin mengetahui cara dapetin uang di Tiktok.

Salah satu cara yang paling diminati oleh pengguna Tiktok adalah membuat live streaming atau Live Tiktok.

Live Tiktok sendiri adalah fitur dari Tiktok yang memungkinkan pengguna untuk melakukan live streaming dan ditonton oleh banyak pengguna, Live nya pun beragam dari yang random, daily life hingga promosi bisnis.

Baca jugaAkses LIVE Tiktok Ditangguhkan: Penyebab & Cara Mengatasinya

Bagi pelaku bisnis, cara mendapat hadiah live di tiktok adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendongkrak penjualan menjadi lebih tinggi lagi. Bahkan menurut data survey Populix tahun 2022, TikTok Shop menjadi social commerce nomor satu di Indonesia, karena 45% penggunanya melakukan transaksi di Tiktok shop.

Data diatas bahkan bikin platform marketplace lainnya seperti shopee dan tokopedia menjadi ketar ketir nih.

Nah, buat kamu sebagai pelaku bisnis yang ingin mengetahui Cara mendapat uang dari TikTok Live, maka kamu ada di artikel yang tepat. Bagaimana caranya ? Simak terus artikel ini ya.

Sebelum kamu mengetahui hadiah live di tiktok, ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi jika ingin melakukan live.

Syarat yang pertama adalah minimal kamu berusia 16 tahun, namun jika ingin menerima hadiah virtual kamu harus berusia minimal 18 tahun, selain itu kamu juga harus memiliki setidaknya 1000 followers untuk bisa melakukan live.

Syarat yang kedua adalah kamu harus mengikuti aturan konten sesuai dengan kebijakan dari Tiktok, jika melanggar kamu bisa terkena sanksi penghapusan konten, tidak bisa live hingga penghapusan akun.

Ketentuan sesuai kebijakan tiktok adalah;

  1. Tidak boleh ada unsur pelecehan, membahayakan atau eksploitasi anak yang dibawah umur
  2. Tidak membagikan konten yang menggambarkan, menormalisasi tindakan berbahaya yang bisa mengakibatkan cedera hingga kematian
  3. Tidak mempromosikan kegiatan yang mencelakakan diri seperti tindakan bunuh diri
  4. Tidak boleh mengandung unsur eksploitasi seksual
  5. Tidak mengandung konten perundungan
  6. Tidak melakukan tindakan diskriminasi
  7. Tidak ada unsur ancaman atau hasutan hingga tindakan yang brutal
  8. Tidak melakukan pemalsuan identitas yang dapat membahayakan
  9. Tidak memperjualbelikan produk yang melanggar hukum

Jika ketentuan konten sesuai kebijakan tiktok kamu patuhi, maka live di tiktok akan lancar anti banned.

Untuk memulai Live di Tiktok caranya memang mudah, kamu hanya perlu memenuhi syarat diatas dan lakukan Live dengan menekan tombol Live di aplikasi Tiktok.

Lantas bagaimana Cara mendapat uang dari TikTok Livenya? Secara sederhana, untuk bisa mendapatkan uang adalah kamu harus memulai live dengan menarik, setelah itu saat live pengguna yang tertarik akan memberikan gift atau hadiah virtual kepada kamu, nah dari gift tersebutlah kamu mendapatkan uang, karena bisa ditukar dalam bentuk rupiah.

Salah satu hadiah virtual yang dapat ditukarkan adalah Diamond, setiap 200 diamond yang kamu dapatkan dari pengguna Tiktok, dapat kamu tukar dengan kurs USD1 atau setara dengan 14,875 rupiah, bisa berubah sesuai kurs dollar.

Cara Agar Live Tiktok Bisa Dapat Uang & Banjir Gift Tanpa Harus Jualan

Live memang bisa menjadi cara mendapat uang dari Tiktok Live, namun tidak semua orang yang Live di Tiktok bisa berhasil dan banjir hadiah saat live di tiktok meskipun mereka tidak berjualan produk seperti pebisnis.

Dalam hal ini, ada beberapa cara mendapat hadiah di tiktok live yang bisa membuat kamu banjir gift meski tanpa jualan.

1. Siapkan tema yang menarik

Cara mendapat uang dari Tiktok Live yang pertama adalah pemilihan tema. Memilih tema memang sangat krusial, pastikan kamu memilih tema yang sesuai dengan audiens kamu, atau bahas tema yang sedang viral dengan gaya atau ciri khas kamu sendiri, biasanya jika pembawaan kamu santai dan relate dengan audiens, pengguna tiktok akan sukarela memberikan gift untuk kamu.

2. Mengatur Jadwal Live

Cara mendapat uang dari Tiktok Live berikutnya adalah mengatur jadwal Live. Sama halnya seperti akan memulai presentasi, saat live kamu harus mengatur jadwal kapan harus memulai live agar penonton juga tidak terlalu lama menunggu, selain itu kamu bisa memperhatikan jam ramainya pengguna atau audiens kamu agar saat kamu live nanti, mereka akan langsung menonton. Pastikan kamu memulai jadwal live yang tidak bentrok dengan jam sibuk audiens.

3. Gaya bahasa

Untuk menarik perhatian penonton Tiktok Live, cara mendapat uang dari Tiktok live ini memang wajib kamu penuhi, karena dengan gaya bahasa yang santai, asyik atau memang menggunakan gaya bahasa sesuai dengan audiens kamu justru akan membuat Live kamu semakin banyak penontonnya. Sama halnya dengan berbicara dan berinteraksi dengan teman, saat Live kamu juga harus bisa memposisikan gaya bahasa kamu agar tidak terlalu kamu dan tidak terlalu lebay atau berlebihan.

4. Menyiapkan peralatan cadangan

Agar live kamu tidak berantakan dan tetap berjalan lancar, kamu harus mempersiapkan worst scenario dengan menyiapkan peralatan cadangan jika terjadi kesalahan teknis, sehingga kamu dapat mengatasi masalah dengan cepat dan penonton tetap tidak terganggu saat menonton live nanti.

Sebagai cara mendapat uang dari Tiktok Live, Peralatan cadangan memang wajib kamu siapkan seperti menyiapkan laptop, kamera, lighting dan mikrofon, jangan lupa juga mendekorasi background kamu ya agar tidak monoton dan menarik bagi audiens.

5. Gunakan pakaian terbaik

Untuk menarik perhatian pengguna Tiktok, Cara mendapat uang dari TikTok Live selanjutnya adalah menggunakan pakaian terbaik, jangan sampai kamu Live tapi pakaian kamu tidak sesuai dengan tema akun kamu, atau tidak sesuai dengan target audiens yang akan menonton live nanti.

6. Perhatikan pencahayaan Live

Cara dapetin uang di tiktok memang tidak hanya tentang gaya bahasa, pakaian dan lain sebagainya saja yang penting, tapi tampilan video juga sama pentingnya, oleh karena itu kamu butuh pencahayaan untuk live agar orang yang menonton merasa nyaman dengan tampilan live, kamu bisa memasang lighting, atau jika kamu live di siang hari kamu bisa menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan. Pastikan cahayanya bagus saat live ya.

7. Menyiapkan sesi tanya jawab

Sesi tanya jawab ini penting lho untuk membangun interaksi antara kamu dengan pengguna yang menonton, semakin banyak interaksi yang tercipta maka semakin banyak juga view yang bisa kamu dapatkan. Ini adalah cara mendapat uang dari Tiktok Live yang bisa kamu pertimbangkan.

Ohya, sesi tanya jawab juga biasanya sangat ditunggu pengguna lho agar bisa chit chat bersama kamu secara langsung.

8. Mempromosikan live stream

Penting untuk kamu mempromosikan live streaming yang sudah kamu jadwalkan, kamu bisa memanfaatkan sosial media lainnya untuk memberitahu bahwa kamu akan mengadakan Live. beritahu juga topik yang akan kamu angkat di Live nanti agar mereka semakin tertarik dan penasaran. Sebagai cara dapat uang dari tiktok untuk pemula, mempromosikan live bisa membantu kamu menarik lebih banyak penonton lho.

Nah itulah beberapa cara mendapat uang dari Tiktok Live meski tanpa jualan sama sekali, bisa kamu praktekkan ya. Lalu bagaimana cara mendapat uang dari Tiktok Live khususnya dalam pencairan hasil gift Tiktok Live menjadi uang?

Cara Menukar Hasil Gift Tiktok Live Menjadi Uang

Cara mendapat uang dari Tiktok Live adalah dengan menukar hasil gift atau hadiah virtual yang kamu dapatkan saat Live. Sebenarnya secara otomatis hadiah virtual kamu sudah ditukarkan dalam bentuk dollar dan terkumpul di saldo Tiktok kamu.

Namun untuk mencairkan gift menjadi mata uang rupiah kamu perlu aplikasi pihak ketiga, karena dari Tiktok tidak bisa langsung mengubah dollar menjadi rupiah.

Cara mendapat uang dari Tiktok Live ini bisa dimulai dengan mencairkan pendapatan hadiah virtual dengan menggunakan rekening bank pribadi, aplikasi DANA, atau paypal.

Biasanya kebanyakan menggunakan aplikasi DANA untuk mencairkan gift hasil live, dan perlu kamu ingat jika batas minimum penarikan pendapatan hadiah virtual adalah maksimal 4 USD saja.

Baca jugaCara Mendapatkan & Menukar Poin Tiktok Menjadi Saldo DANA

Cara mendapat uang dari Tiktok Live dengan cara ambil gaji tiktok adalah sebagai berikut;

  1. Masuk dan login ke aplikasi tiktok kamu
  2. Klik tombol profil yang ada di pojok bawah layar
  3. Kemudian klik ikon tiga garis di pojok kanan atas layar
  4. Pilihlah menu pengaturan dan privasi
  5. Pilih tombol saldo lalu klik pendapatan kado
  6. Pilih tarik uang (pada bagian ini kamu bisa memasukkan nomor rekening pribadi, DANA atau PayPal)

Setelah itu kamu klik tombol tarik uang sekarang.

Maka hadiah virtual yang kamu dapatkan saat live sudah terupdate secara otomatis dan masuk ke pilihan penyimpanan saldo yang kamu tentukan, mulai dari rekening pribadi, DANA maupun PayPal.

Baca jugaCara Mencairkan Dana Di Tiktok Yang Tertahan Karena Produk Palsu

Nah itulah cara mendapat uang dari Tiktok Live, mudah bukan? sekarang hanya dengan memanfaatkan Tiktok saja kamu bisa mendapatkan penghasilan sampingan bahkan bisa dijadikan penghasilan utama.

(Visited 2,277 times, 1 visits today)
Close