Written by 2:26 pm Tanya Jawab, Tiktok

Cara Mencairkan Dana Di Tiktok Yang Tertahan Karena Produk Palsu

Ada banyak pertanyaan di sosial media , bagaimana sih cara mencairkan dana di tiktok yang tertahan karena terindikasi produk palsu ?

Nominal yang tertahan tidak tanggung – tanggung, ada yang sampai puluhan juta lho. Ini tentu sangat merugikan para pebisnis online yang punya modal kecil. Lantas gimana sih caranya ?

Yuk coba kita bahas lebih dalam.

Tiktok Shop adalah salah satu fitur dari tiktok yang memungkinkan para creator untuk berjualan melalui platform tiktok. Jadi disamping sebagai sosial media, tiktok juga bisa menghasilkan uang dengan cara berjualan.

Selayaknya kita berjualan di marketplace lainnya, tiktok pun memiliki sejumlah persyaratan dimana para creator wajib tunduk terhadap kebijakan tersebut. Beberapa kebijakan yang kerap dilanggar oleh para olshop di tiktok adalah produk palsu.

cara mencairkan uang yang tertahan tiktok shop

Lantas apa itu produk palsu ?

Seperti yang kami kutip dari laman tiktok shop academy, Pemalsuan mengacu pada penggunaan tidak sah dari merek dagang yang identik atau sangat mirip dengan merek dagang terdaftar orang lain pada barang yang sama yang tercakup dalam pendaftaran atau pada kemasannya. Iklan dan penjualan produk palsu sangat dilarang. Ini termasuk tampilan nama merek, logo atau merek dagang dalam gambar produk atau deskripsi produk tanpa izin dari pemilik merek.

Dengan begitu, kita sudah cukup mengerti bukan apa yang dimaksud dari produk palsunya ?

Untuk lebih jelasnya , berikut produk yang kerap dipalsukan :

  • Perhiasan
  • Produk Fashion seperti pakaian, tas, dompet, dll
  • Aksesoris HP
  • HP

Nah jika kamu terindikasi menjual produk palsu, biasanya akun tiktok kamu akan dibekukan dan dana yang ada akan ditahan oleh pihak tiktok. Kamu tidak dapat mencairkan dana tersebut.

Bagaimana Cara Menarik Uang Yang Tertahan ?

Sayangnya tidak ada cara untuk mengembalikan akun kamu yang sudah dinonaktifkan atau mengembalikan dana kamu yang tertahan selain dengan melakukan banding ke pihak tiktok.

Jika kamu memiliki AM (Account Manager), kamu bisa minta bantuan ke mereka

Dengan kamu melakukan banding, maka pihak tiktok biasanya akan me-review kembali akun kami apakah benar akun kami melakukan tindakan yang dilarang atau tidak. Jika terbukti tidak melakukan maka uang kamu akan bisa ditarik kembali kok jadi jangan takut.

Namun jika setelah pengajuan banding dan dilakukan review oleh pihak tiktok, kamu terbukti melakukan pelanggaran, maka tidak ada cara lain selain kamu mengikhlaskannya, tapi ada beberapa seller kok yang masih bisa menarik dananya setelah mengajukan banding berkali kali.

Untuk membaca secara lengkap terkait kebijakan & tindakan apa yang akan didapat , anda bisa membaca larangan produk palsu dari laman resmi tiktok academy.

Jadi saran kami, sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi lebih baik kamu ikutin kebijakan yang ada. Bukan hanya di tiktok, di marketplace lain pun memiliki kebijakan yang berbeda dan kita selaku seller harus tunduk dengan kebijakan tersebut.

Jika suatu saat kamu kena pelanggaran terhadap kebijakan yang ada, maka kita protes pun tidak akan membuahkan hasil apapun.

(Visited 53 times, 1 visits today)
Close