Written by 2:04 am Marketing

6 Manfaat Personal Branding Bagi Pebisnis Online

6 Manfaat Personal Branding Bagi Pebisnis Online

Manfaat personal branding bisa membuat kamu sebagai pebisnis online lebih dikenal oleh audiens. Selain itu, manfaatnya juga baik untuk kehidupan pribadi maupun profesional.

Seperti contoh, siapa yang tak kenal oprah winfrey? dia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membangun dirinya sebagai pemimpin media global.

Satu contoh lagi? Elon Musk. Ketika kamu mungkin hanya berpikir sesuatu dengan sudut pandang biasa, Elon musk sudah memikirkan cara bagaimana ke luar angkasa, belum lagi ia menciptakan model bisnis inovatif seperti PayPal atau Tesla.

Elon dikenal sebagai pengusaha visioner, sebagai individu yang tahu cara memanfaatkan inovasi.

Personal branding mengajarkan kamu bagaimana kamu mengatur nama kamu agar mudah dikenali oleh audiens. Ibaratnya ingat tesla pasti tau Elon Musk begitupun sebaliknya.

Oleh karena itu personal branding penting bagi kamu maupun bisnismu.

Di artikel ini akan membahas apa saja manfaat personal branding bagi pebisnis online.

Ada 6 Manfaat Personal Branding Bagi Pebisnis Online

1. Menciptakan kesan “Top Of Mind” pada target pasarmu

Menciptakan kesan "Top Of Mind" pada target pasarmu

Menjadi top of mind dalam ingatan target pasarmu adalah salah satu manfaat dari personal branding.

Bukankah menyenangkan jika orang mengetahui nama kamu tanpa harus memperkenalkan diri? Pikirkan Oprah, Trump, Tony Robbins, Steve Jobs, Elon Musk, Gary V, misalnya.

Jika di Indonesia Erick tohir, Nadiem M, Dian sastro dan lain – lain.

Apa yang terlintas di benak Kamu ketika memikirkan nama ini? Agenda atau profesi bisa berbeda. Tapi ada hal yang sama yaitu pengenalan nama.

Nama kamu bisa mudah diingat jika kamu punya kontribusi yang cukup besar di profesi yang kamu geluti.

Contohnya Public Figure Belva Devara, CEO dari Ruang guru, karena platformnya yang viral dan membantu banyak anak sekolah agar bisa belajar secara online, dan hasilnya banyak generasi muda yang bisa lulus di universitas terbaik di Indonesia.

Berkat kerja kerasnya, nama ia bisa terkenal dan mudah diingat, “oh belva CEO Ruang guru kan”

Lalu jika ada project yang sesuai, maka Kamu akan mendapatkan project tersebut secara cepat dan sesuai harapan.

Nama menjadi top of mind kamu. Jadi pastikan kamu membentuk image yang baik bagi nama maupun brand agar audiens dapat mudah mengenal kamu.

2. Membuat perbedaan antara kamu dan pesaing

Membuat perbedaan antara kamu dan pesaing

Kamu berbeda dari pesaing Kamu adalah keunggulan kompetitif yang bisa menarik perhatian pelanggan potensial.

Semakin Kamu membangun branding, semakin Kamu meninggikan diri Kamu di atas rekan-rekan, maka semakin sedikit Kamu harus bekerja untuk meyakinkan orang tentang diri Kamu.

Intinya, Semakin tinggi personal branding yang kamu miliki, maka semakin mudah kamu meyakinkan orang lain jika produk yang kamu tawarkan adalah solusi untuk masalah mereka.

3. Membantu menemukan banyak relasi baru

Membantu menemukan banyak relasi baru

Salah satu manfaat personal branding yang paling mendasar dan kuat adalah membangun jaringan Kamu atau menemukan relasi baru. Apakah jaringan Kamu terdiri dari beberapa ratus kontak, atau beberapa ratus ribu, orang-orang itu mewakili segalanya mulai dari teman potensial hingga rujukan pekerjaan hingga mitra bisnis dan pelanggan.

Sisi positif dari upaya jaringan Kamu yang disengaja tidak dapat diukur, karena Kamu tidak pernah tahu pintu apa yang mungkin terbuka dengan menjalin hubungan dengan seseorang yang baru dan berbagi nilai satu sama lain.

Nilai adalah kuncinya di sini, Inilah sebabnya mengapa memiliki sejumlah kecil koneksi yang sangat dekat lebih bermanfaat daripada jaringan koneksi dangkal yang besar. Daripada menilai jaringan Kamu berdasarkan jumlah pengikut, nilailah berdasarkan jumlah orang yang bersedia Kamu bantu, dan jumlah orang yang menurut Kamu bersedia membalas budi itu.

Orang-orang itu adalah koneksi jaringan Kamu yang sebenarnya, dan mewakili audiens untuk branding pribadi Kamu. Membangun hubungan yang kuat merupakan pilar inti dari personal branding, sekaligus manfaat terbesarnya.

4. Dapat menghasilkan lebih banyak penjualan

Dapat menghasilkan lebih banyak penjualan

Semakin tinggi dan terkenal personal branding yang kamu ciptakan, maka semakin sedikit effort atau usaha kamu untuk bisa meyakinkan target pasar kamu.

Contohnya seperti ini :

Jika seseorang diberikan pilihan dua produk berbeda, yang pertama sudah terkenal dan terbukti manfaatnya dan yang kedua belum terlalu dikenal. Maka otomatis secara logika akan memilih produk pertama apalagi jika produk pertama adalah milik seseorang yang punya pengaruh besar di profesinya.

Manfaat personal branding disini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan bisnis kamu lebih pesat lagi.

5. Memudahkan pertumbuhan bisnis baru

pertumbuhan bisnis baru

Agar pendapatan kamu bisa menambah, tentu kamu tidak hanya punya satu cabang usaha bukan? Pasti diantara kamu ingin membuka bisnis baru untuk menambah pundi – pundi rupiah.

Dengan adanya personal branding yang kuat, kamu bisa membuka bisnis baru lebih mudah.

Biasanya jika personal brandingnya kuat, maka ketika kamu buka bisnis orang akan penasaran dan jadi pelanggan kamu.

Contoh Arief Muhammad membuka restoran makanan padang, karena brandingnya kuat maka restoran ini tidak harus mempromosikan dirinya dari nol, tapi lewat branding Arief saja restoran ini mampu menarik perhatian pelanggan.

6. Menjadikan kamu selebritas di bidang spesialismu

bisnis lebih dikenal

Kamu menjadi terkenal dan menjadi selebritas di bidang spesialismu. Sebenarnya. “Di masa depan, semua orang akan terkenal di dunia selama 15 menit.” Ini adalah pernyataan yang paling banyak dikutip yang pernah dibuat Andy Warhol seorang artist amerika.

Kamu akan terkenal di antara orang-orang yang perlu mengenal Kamu. Tujuan Kamu adalah membangun klub penggemar yang terdiri dari orang-orang yang mendukung Kamu dan yang memiliki tujuan dan nilai yang sama dengan Kamu. Branding terkuat mengubah para penggemar menjadi promotor yang bisa meningkatkan bisnis kamu menjadi lebih berkembang.

Baca juga : Cara Bisnis Online Sukses, Pemula Juga Bisa Kok !

Itulah manfaat dari personal branding, jadi sudah sejauh mana personal branding kamu sebagai pebisnis online? perkuat personal branding kamu dan dapatkan segudang manfaatnya.

(Visited 129 times, 1 visits today)
Close