Written by 7:04 am Informasi

Contoh Akun Publik Instagram yang Sukses & Cara Membuatnya

Contoh Akun Publik Instagram yang Sukses & Cara Membuatnya

Sekarang media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Instagram.

Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi foto dan video pribadi, tetapi juga menjadi platform yang sangat efektif untuk pemasaran bisnis.

Salah satu fitur yang paling penting dalam pemasaran Instagram adalah akun publik.

Instagram menawarkan tiga jenis akun yaitu akun pribadi, akun publik, dan akun bisnis.

Dari ketiga jenis akun tersebut, akun publik memiliki keunggulan yang signifikan dalam pemasaran dibandingkan dengan jenis akun lainnya.

Akun publik Instagram memungkinkan pengguna untuk membagikan konten mereka dengan audiens yang lebih luas tanpa batasan privasi. Ini berarti bahwa konten yang Anda bagikan dapat dilihat oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak mengikuti Anda.

Selain itu, akun publik Instagram juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur-fitur pemasaran yang tidak tersedia di akun pribadi, seperti penggunaan hashtag yang relevan, kolaborasi dengan influencer, dan berpartisipasi dalam tren dan tantangan yang sedang populer.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens Anda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Perbedaan Akun Pribadi , Akun Publik Dan Akun Bisnis

FiturAkun PribadiAkun PublikAkun Bisnis
PrivasiDapat diatur menjadi publik atau privatPublikPublik
FiturPostingan, komentar, suka, dan ceritaPostingan, komentar, suka, cerita, statistik, iklan, Instagram ShoppingPostingan, komentar, suka, cerita, statistik, iklan, Instagram Shopping
Cocok untukPenggunaan pribadiPenggunaan umumPenggunaan bisnis

Akun publik memiliki banyak keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk pemasaran bisnis Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan memiliki akun publik Instagram:

Jangkauan yang Lebih Luas

Akun public Instagram memungkinkan konten Anda dilihat oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak mengikuti Anda. Ini berarti bahwa konten Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Meningkatkan Engagement

Dengan akun publik, Anda dapat menggunakan fitur-fitur pemasaran yang tidak tersedia di akun pribadi, seperti penggunaan hashtag yang relevan, kolaborasi dengan influencer, dan berpartisipasi dalam tren dan tantangan yang sedang populer. Ini dapat meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens Anda.

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Akun publik memungkinkan Anda untuk membagikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi yang dapat membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens Anda. Ini sangat penting dalam pemasaran karena dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Mengukur dan Mengevaluasi Kinerja Akun Anda

Akun publik Instagram memberikan akses ke alat analitik yang dapat membantu Anda mengukur dan mengevaluasi kinerja akun Anda. Anda dapat melihat metrik seperti jumlah pengikut, engagement, dan konversi untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web Anda

Dengan akun publik, Anda dapat menyertakan tautan ke situs web Anda di bio Anda. Ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan penjualan dan konversi.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Tidak seperti akun private Instagram, akun publik memungkinkan Anda untuk membagikan konten yang dapat meningkatkan kesadaran merek dan membangun identitas merek yang kuat. Ini dapat membantu Anda menarik pengikut yang lebih setia dan meningkatkan penjualan.

Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Dengan akun publik Instagram, Anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda dengan lebih efektif dan menarik pengikut yang lebih tertarget. Ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan konversi.

Contoh Akun Publik Instagram yang Sukses

Berikut adalah beberapa contoh akun publik Instagram yang terbukti memiliki banyak followers dan engagement tinggi :

1. @lambe_turah (Niche Entertainment) 11,5jt followers

akun publik - lambe_turah

2. @sumargodenny (Niche Aktris) 3,4jt followers

sumargodenny

3. @erickthohir (Niche Pejabat Pemerintahan) 3,8jt followers

erickthohir

4. @lucu.abis (Niche Humor) 2,5jt followers

lucu.abis

5. @kokbisa (Niche Sains) 825k followers

kokbisa

Langkah-langkah untuk Membuat Akun Publik Instagram

Pada dasarnya, akun publik ini hampir sama saja dengan akun personal pada umumnya. Yang membedakan hanya pengaturan & isi postingannya. Jika akun kami di atur sebagai private maka akun tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tertentu (followers anda). Isi postingannya pun hanya kehidupan sehari-hari saja. Berbeda jika tujuannya akun publik, akun publik di atur untuk bisa dilihat oleh siapa saja dan isi postingannya lebih beragam mulai dari hiburan, informasi, inspirasi dan lain sebagainya.

Nah untuk membuat akun publik Instagram yang sukses memerlukan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membangun akun publik Instagram yang sukses:

Memilih Niche yang Tepat

Tentukan niche atau bidang yang Anda minati dan sesuai dengan bisnis Anda. Ini akan membantu Anda menargetkan audiens yang tepat dan membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka. Contoh akun publik Instagram yang sukses biasanya memiliki niche yang jelas dan konsisten.

Membuat Bio Instagram yang Menarik

Bio Instagram adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan yang baik pada pengunjung. Buat bio yang singkat, jelas, dan menarik yang menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan. Sertakan kata kunci yang relevan dengan niche Anda untuk meningkatkan visibilitas akun Anda.

Menggunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas konten Anda. Gunakan hashtag yang relevan dengan niche Anda dan konten yang Anda bagikan. Anda juga dapat membuat hashtag khusus untuk bisnis Anda dan mendorong pengikut Anda untuk menggunakannya.

Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Konten adalah kunci sukses akun Instagram. Buat konten yang berkualitas tinggi, menarik, dan relevan dengan niche Anda. Gunakan gambar yang tajam dan teks yang jelas dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk menyertakan call-to-action yang kuat untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan yang Anda inginkan.

Berinteraksi dengan Pengikut

Interaksi dengan pengikut adalah salah satu faktor terpenting dalam membangun akun publik Instagram yang sukses. Balas komentar dan pesan yang Anda terima dengan cepat dan sopan. Tunjukkan apresiasi Anda kepada pengikut yang setia dengan memberikan like atau komentar pada konten mereka.

Mengadakan Kontes atau Giveaway

Kontes atau giveaway adalah cara yang efektif untuk meningkatkan engagement dan menarik pengikut baru. Pastikan untuk membuat aturan yang jelas dan mudah diikuti. Hadiah yang menarik dan relevan dengan niche Anda akan meningkatkan partisipasi dan minat pengikut Anda.

Mengukur dan Mengevaluasi Kinerja Akun Anda

Gunakan alat analitik yang disediakan oleh Instagram untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja akun Anda. Pantau metrik seperti jumlah pengikut, engagement, dan konversi untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Berkolaborasi dengan Influencer atau Akun Lain yang Relevan

Kolaborasi dengan influencer atau akun lain yang relevan dengan niche Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas akun Anda. Pastikan untuk memilih influencer atau akun yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.

Konsistensi adalah Kunci

Konsistensi adalah kunci sukses akun Instagram publik. Buat jadwal posting yang konsisten dan pastikan untuk mematuhi jadwal tersebut. Ini akan membantu Anda membangun kepercayaan dan loyalitas pengikut Anda.

Tips untuk Meningkatkan Engagement di Akun Publik Instagram

Menggunakan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan Anda membagikan foto dan video yang akan hilang setelah 24 jam. Ini adalah cara yang efektif untuk berinteraksi dengan pengikut Anda dan memberikan konten yang segar dan menarik. Anda dapat menggunakan fitur polling, pertanyaan, dan stiker lainnya untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut Anda.

Mengadakan Kontes atau Giveaway

Kontes atau giveaway adalah cara yang efektif untuk meningkatkan engagement dan menarik pengikut baru. Pastikan untuk membuat aturan yang jelas dan mudah diikuti. Hadiah yang menarik dan relevan dengan niche Anda akan meningkatkan partisipasi dan minat pengikut Anda.

Berkolaborasi dengan Influencer

Kolaborasi dengan influencer yang relevan dengan niche Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas akun Anda. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.

Menggunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas konten Anda. Gunakan hashtag yang relevan dengan niche Anda dan konten yang Anda bagikan. Anda juga dapat membuat hashtag khusus untuk bisnis Anda dan mendorong pengikut Anda untuk menggunakannya.

Berinteraksi dengan Pengikut

Interaksi dengan pengikut adalah salah satu faktor terpenting dalam membangun akun public Instagram yang sukses. Balas komentar dan pesan yang Anda terima dengan cepat dan sopan. Tunjukkan apresiasi Anda kepada pengikut yang setia dengan memberikan like atau komentar pada konten mereka.

Membuat Konten yang Menarik dan Relevan

Konten yang menarik dan relevan akan memicu interaksi dan engagement yang lebih tinggi dari pengikut Anda. Pastikan untuk membagikan konten yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan pengikut Anda.

Menggunakan Fitur Instagram Lainnya

Manfaatkan fitur Instagram lainnya seperti IGTV, Reels, dan Live untuk memberikan konten yang bervariasi dan menarik bagi pengikut Anda. Ini akan membantu meningkatkan engagement dan interaksi dengan pengikut Anda.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa itu akun publik Instagram?

Akun publik Instagram adalah akun yang dapat dilihat oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak mengikuti akun tersebut. Ini berbeda dengan akun pribadi yang hanya dapat dilihat oleh pengikut yang disetujui.

Apa keuntungan memiliki akun publik Instagram untuk pemasaran?

Akun publik Instagram memungkinkan konten Anda dilihat oleh audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas dan engagement bisnis Anda, membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens Anda, meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan dan konversi.

Bagaimana cara membuat akun publik Instagram yang sukses?

Memilih niche yang tepat, membuat bio Instagram yang menarik, menggunakan hashtag yang relevan, membuat konten berkualitas tinggi, berinteraksi dengan pengikut, mengadakan kontes atau giveaway, mengukur dan mengevaluasi kinerja akun Anda, berkolaborasi dengan influencer atau akun lain yang relevan, dan konsistensi adalah kunci sukses akun publick Instagram.

Bagaimana cara meningkatkan engagement di akun publik Instagram?

Menggunakan fitur Instagram Stories, mengadakan kontes atau giveaway, berkolaborasi dengan influencer, menggunakan hashtag yang relevan, berinteraksi dengan pengikut, membuat konten yang menarik dan relevan, dan menggunakan fitur Instagram lainnya seperti IGTV, Reels, dan Live dapat membantu meningkatkan engagement di akun publik Instagram Anda.

Apakah saya harus memiliki akun publik Instagram untuk pemasaran bisnis saya?

Tidak harus, tetapi memiliki akun publik Instagram dapat memberikan banyak keuntungan untuk pemasaran bisnis Anda, seperti meningkatkan visibilitas dan engagement, membangun kredibilitas dan kepercayaan, dan meningkatkan penjualan dan konversi.

(Visited 455 times, 1 visits today)
Close