Written by 11:25 pm Informasi

Admin Marketing : Tugas, Kualifikasi & Estimasi Gajinya

Admin Marketing Tugas, Kualifikasi & Estimasi Gajinya

Sebuah bisnis tidak bisa berjalan sendirian untuk menjangkau target audiens, jika kamu sudah menjalankan strategi marketing, namun tidak ada admin marketing yang bertugas setelahnya maka strategi kamu akan sia – sia.

Dengan adanya admin marketing, kamu bisa menyempurnakan strategi penjualan dan promosi kamu untuk meningkatkan profit perusahaan.

Apalagi di era seperti sekarang ini, admin marketing dibutuhkan untuk melayani customer setelah mereka terkena iklan atau ingin bertransaksi untuk membeli produk di bisnis kamu.

Jika tugas admin marketing begitu penting untuk kelangsungan bisnis terutama untuk menjangkau konsumen, berarti peluang bekerja sebagai admin marketing sangat besar.

Lalu, bagaimana peluangnya, apa saja tugas dan job deskripsi dari seorang admin marketing dan seberapa besar estimasi gajinya? Simak selengkapnya di artikel berikut ini;

Peluang Bekerja Sebagai Admin Marketing

Tugas seorang admin marketing adalah menjangkau audiens dalam proses penjualan dan berhubungan langsung dengan konsumen, Karena tugasnya cukup menyenangkan dengan berkomunikasi dengan konsumen secara langsung, banyak yang tertarik untuk berkarir menjadi admin marketing.

Namun pekerjaan menjadi admin marketing juga cukup menantang karena kamu harus memenuhi target yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Lalu, bagaimana peluang menjadi admin marketing? Tentu saja peluangnya sangat besar, di era serba digital, perusahaan banyak membutuhkan admin marketing untuk mengurus kegiatan administrasi perusahaan secara online, seperti input orderan konsumen, melayani konsumen, memberitahu detail produk dan lain – lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk bekerja menjadi admin marketing, ada beberapa tugas yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan mengambil peluang atau kesempatan berkarir menjadi admin marketing.

Tugas & Job Deskripsi Seorang Admin Marketing

Bisa dibilang tugas dan job deskripsi seorang admin marketing cukup menantang karena berhubungan langsung dengan data, dengan konsumen dan perwakilan perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi admin marketing, ketahui beberapa tugas dan job deskripsinya terlebih dahulu, yaitu;

1. Mengurus Data Penjualan Perusahaan

Apapun data yang dimiliki oleh perusahaan termasuk data penjualan merupakan tugas dari seorang admin marketing. Tugas dalam mengurus data penjualan adalah memeriksa atau mengecek ulang status dan data penjulan yang sudah maupun belum masuk secara detail dan teliti. selain itu admin marketing juga harus rajin menginput data setiap harinya yang bertujuan untuk pengarsipan.

Selain mengecek dan menginput data penjualan, admin marketing juga bisa memfollow up orang – orang yang belum membayar dan tidak masuk dalam sistem tapi sudah melakukan order, biasanya ada dua kemungkinan bisa jadi dari konsumennya memang belum bayar atau dari sistemnya yang ada error.

2. Pengecekan Ulang Hasil Input Data

Biasanya dalam menginput data sering terjadi kesalahan input, oleh karena itu sebagai admin marketing kamu harus menelaah dan melakukan pengecekan kembali hasil yang sudah kamu input untuk menghindari kesalahan. Karena kesalahan sekecil apapun akan berpengaruh pada perhitungan penjualan hingga ke pelayanan penjualan.

Cara pengecekan ulangnya adalah dengan mengcross check invoice yang masuk dari konsumen dengan yang kamu input ke sistem. Jika terjadi perbedaan maka ada hasil input yang salah.

3. Menyusun Laporan

Tugas admin marketing berikutnya adalah menyusun laporan, biasanya laporannya berupa faktur atau invoice penjualan dan kamu harus membuatnya di laporan akhir bulan, selain itu kamu juga perlu melaporkan hasil rekapan transaksi per periode, bisa per minggu atau per bulan.

Tugas lainnya adalah mendistribusikan invoice kepada divisi finance untuk dilaporkan, dan membantu supervisor admin dalam melakukan dan menyusun laporan.

4. Membuat Pengarsipan dan Kegiatan Administrasi Lainnya

Tugas admin marketing berikutnya adalah membuat pengarsipan dan mengelola kegiatan administrasi perusahaan. biasanya setelah melakukan penginputan data, seorang admin marketing harus merekap dan mengarsip data tersebut agar rapi, terorganisis dan sistematis.

Tujuannya agar memudahkan dalam pencarian data ketika dibutuhkan secara mendadak atau darurat.

Selain data – data penjualan perusahaan, admin marketing juga berperan dalam mengelola kegiatan administrasi perusahaan salah satunya memenuhi kebutuhan kantor, seperti pengadaan alat tulis kantor yang kemudian diberikan kepada supervisor untuk dimintai persetujuan.

5. Kelola Database Konsumen

Database pelanggan atau konsumen adalah aset perusahaan dan menjadi kebutuhan paling penting untuk menjangkau customer agar menjadi pelanggan yang setia dan loyal.

Baca juga : Customer Retention : Strategi Pengusaha Pertahankan Pelanggan

Admin marketing harus bisa mengelola database konsumen dengan baik, karena data tersebut bisa menjadi informasi penting bagi keberlangsungan perusahaan khususnya dalam promosi dan penjualan.

6. Melakukan Promosi dan Direct Mail

Tugas admin marketing selanjutnya adalah melakukan promosi dan melakukan direct mail kepada pelanggan, biasanya dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media seperti whatsapp, email, instagram dan lain – lain.

Promosi yang dilakukan adalah menawarkan beragam promosi terbaru dari perusahaan yang bisa menarik pelanggan untuk membeli produk perusahaan.

Baca juga : Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita ?

Selain promosi melalui platform sosial media, admin marketing juga membuat direct mail yang isisnya berupa penawaran produk, biasanya email marketing yang digunakan lebih profesional dibandingkan promosi di sosial media.

Selain untuk penawaran, direct mail juga berfungsi untuk menarik pelanggan yang belum order agar menjadi pelanggan setia dengan mengorder produk yang jadi penawaran khusus. Selain untuk pelanggan baru, penawaran juga bisa untuk pelanggan lama agar tetap setia dan loyal terhadap produk maupun bisnis kamu.

7. Mengelola Proses Penjualan

Selain melakukan promosi, admin marketing terlibat dalam proses penjualan baik secara aktif maupun pasif. Biasanya admin marketing mengelola proses penjualan berupa;

  • menerima orderan dan melakukan pencatatan transaksi
  • melihat data inventory atau stok barang
  • mencetak orderan dan mendistribusikannya ke bagian produksi
  • koordinasi terkait pengiriman bersama ekspedisi dan tim gudang dalam proses pengiriman barang pesanan.

8. Mengupload Produk di Toko Online

Jika perusahaan kamu bergerak secara online dengan membuka toko online, maka admin marketing bertugas mengupload produk yang akan dijual ke toko online.

Bisa di upload ke website, marketplace maupun sosial media perusahaan.

Baca juga : 5 Tips Sukses Membuka Toko Kosmetik Modal Minim

9. Melayani Chat Konsumen

Tugas admin marketing yang ke sembilan adalah melayani chat konsumen, baik chat terkait pesanan produk maupun kendala atau pertanyaan yang diajukan oleh konsumen. Biasanya chat konsumen beragam dan terbagi – bagi di beberapa platform seperti whatsapp, sosial media instagram, website hingga marketplace.

Dalam melayani konsumen, admin marketing diharapkan untuk bisa membalas chat dengan fast respon agar penilaian konsumen pun baik terhadap performa admin.

10. Memberikan Penjelasan Produk

Dalam hal edukasi konsumen terkait produk, admin marketing berperan untuk itu, menjelaskan dengan detail informasi produk, dari mulai manfaat, fitur, harga hingga promosi diskon yang tersedia.

Sehingga konsumen bisa langsung melakukan pemesanan jika tertarik dengan produknya.

Nah 10 tugas dan jo deskripsi admin marketing ini cukup menantang bukan? jika kamu tertarik kamu bisa mencoba peluang berkarir menjadi admin marketing. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui syarat dan kualifikasinya terlebih dahulu.

Syarat & Kualifikasi Untuk Menjadi Admin Marketing

Jika kamu tertarik untuk menjadi admin marketing, ada beberapa syarat dan kualifikasinya dilansir dari platform lowongan pekerjaan, yaitu;

  • Maksimal usia 27 – 35  tahun, laki-laki maupun perempuan (tergantung kebijakan dari perusahaan)
  • Riwayat pendidikan minimal SMA sederajar dan S1 semua jurusan, diutamakan untuk jurusan bisnis, akuntansi dan manajemen.
  • Lancar berbahasa asing seperti inggris
  • Mempunyai pengalaman di bidang yang sama selama minimal satu tahun
  • Mampu mengoperasikan komputer, seperti microsoft office dan accurate
  • Keterampilan berkomunikasi baik.
  • Memiliki penampilan baik.
  • Disiplin, teliti, jujur dan bertanggung jawab.
  • Mampu bekerjasama dengan tim
  • Mampu mencapai target yang ditentukan perusahaan
  • Terbiasa melayani customer baik online, offline maupun corporate

Untuk kualifikasi biasanya ditentukan oleh perusahaan berupa kemampuan khusus, seperti kemampuan telemarketing, kemampuan copywriting, melek teknologi, dan kreatif, serta mampu mengelola kegiatan administrasi dengan baik.

Estimasi Gaji Admin Marketing Berdasarkan Pengalaman & Wilayah Domisili

Di Indonesia ada banyak wilayah domisili, namun untuk rata-rata gaji admin marketing ada di Rp. 4.000.000-an. Berikut ini adalah estimasi gaji admin marketing berdasarkan pengalaman dan wilayah domisili, yaitu;

Dilansir dari beberapa lowongan pekerjaan untuk admin marketing berdasarkan wilayah domisili dan pengalaman, estimasi gaji per bulannya adalah;

Tangerang4,6 juta – 4,9 juta
Jakarta3 juta – 8 juta
Medan3,2 juta – 4,5 juta
Bogor4,3 juta – 4,5 juta
Bandung3,8 juta – 4,2 juta
Jogjakarta2 juta – 2,5 juta
Banten3 juta – 4,2 juta
Semarang2,7 juta – 3,2 juta
Surabaya2,7 juta – 5,5 juta
Sidoarjo2,5 juta – 3,5 juta
Bali3 juta – 4 juta

Di perusahaan besar gaji bisa di atas 12 Juta per bulannya.

Nah itulah beberapa hal penting mengenai admin marketing, dari mulai peluang berkarir, tugas admin marketing hingga estimasi gaji jika kamu berkarir menjadi admin marketing.

(Visited 2,615 times, 4 visits today)
Close