Written by 1:55 am Marketing

Pengertian Closing Sales & Strategi Untuk Mendapatkannya

Dalam penjualan, closing sales adalah hal yang penting. Tanpa ada closing sales, bisnis tidak akan berkembang dengan baik.

Seorang customer service harus bisa menggunakan teknik closing sales agar terjadi penjualan dan meningkatkan profit dari bisnis kamu. Oleh karena itu closing sale sangat diperlukan dalam bisnis.

Apa Itu Closing Sales?

Closing sales adalah sebuah teknik dimana kamu sebagai penjual atau pebisnis harus bisa membuat pelanggan menyelesaikan pesanannya dengan cepat.

Sepintas, closing sales ini hal yang mudah untuk dilakukan, namun siapa sangka membuat customer closing itu adalah hal yang rumit, karena terjadinya closing sales itu dipengaruhi beberapa faktor, seperti apakah customer sedang free dan bisa melakukan transaksi dengan cepat, atau apakah customer mengalami kendala keuangan.

Sulit dijalankan namun bisa dilakukan dengan berbagai proses, itulah closing sales. Tidak semua customer bisa langsung luluh untuk menyelesaikan transaksi, ada pula yang masih ragu dan menunda transaksi.

Meskipun begitu, closing sales tetap bisa terjadi jika kamu mengetahui beberapa strategi closing sales yang dibagi ke dalam beberapa teknik.

Strategi Biar Terjadi Closing

Pengertian Closing Sales & Strategi Untuk Mendapatkannya

Strategi closing sales ini mudah untuk dilakukan, namun kamu harus menempatkan teknik ini kepada audiens yang tepat.

Teknik closing sales biar pelanggan langsung transaksi adalah;

  • Now or Never

Meskipun dianggap sebagai teknik closing yang tradisional, teknik ini masih sangat bekerja secara efektif dalam closing pelanggan.

Teknik now or never ini dirancang dengan bumbu psikologis diantaranta menumbuhkan keinginan pelanggan saat akan melakukan transaksi.

Contoh kalimatnya seperti ini;

  1. Anda akan mendapatkan bonus VIP jika mendaftar hari ini, besok belum tentu bonus ini masih tersedia
  2. Anda bisa mendapatkan Diskon 50% untuk pembelian baju di hari ini
  3. Akses kelas gratis ini sekarang, karena besok kelas mulai berbayar

Teknik ini memang hampir mirip dengan teknik scarcity dan urgensi, namun dalam konteks tertentu hanya ingin mengajak audiens untuk beli sekarang atau tidak beli sama sekali, dan teknik ini masih banyak digunakan dalam kalimat promosi setiap bisnis.

Baca juga : Scarcity Adalah : Teknik Marketing Yang Bikin Kebelet Order

Teknik ini akan bekerja efektif, jika pelanggan memang ingin produk atau layanan kamu sesegera mungkin.

  • Summary

Biasanya pembeli suka merasa kebingungan jika produk yang akan dia beli lebih dari satu item. Oleh karena itu mereka membutuhkan bantuan kamu untuk menentukan produk mana saja yang akan dibeli dengan teknik summary.

Summary adalah teknik closing sales dimana kamu harus bisa menjelaskan produk yang kamu jual secara singkat, biasanya jika pelanggan tertarik maka kemungkinan besar mereka akan closing sales.

Contoh kalimat summary seperti ini;

Jadi shampo ini mampu memberikan kekuatan pada rambut yang rontok, cocok juga untuk membuat rambut kamu kuat. Nah agar lebih mantap perawatannya kamu bisa menggunakan conditionernya juga, jika ingin membeli 2 item ini dengan harga lebih hemat, kamu bisa ambil produk bundling, dan hanya berlaku hari ini saja.

  • Asumtif

Teknik asumtif sebenarnya bagus namun jika dilakukan kepada audiens yang tepat, karena teknik ini lebih kepada kepercayaan diri tinggi, dimana kamu berasumsi bahwa pelanggan akan segera membeli produk kamu.

Bagi seorang sales yang sudah profesional, teknik ini memang sering dipakai untuk menanamkan pikiran yang positif bahwa pelanggan pasti membeli produknya.

Jika ingin teknik ini berhasil kamu harus pintar mengamati pelanggan, apakah dia sudah yakin dan akan melakukan transaksi atau masih ragu – ragu.

  • Teknik Takeaway

Menghapus barang yang paling diinginkan oleh pelanggan adalah salah satu teknik closing sales yang paling ampuh, secara psikologis pelanggan tidak ingin kehilangan apa yang mereka inginkan bukan?

Nah oleh karena itu, teknik takeaway ini pas untuk kamu praktekkan pada pelanggan yang sangat menginginkan produk kamu dan tidak ingin kehilangan kesempatan mendapatkan produk kamu sesegera mungkin.

Disini kamu bisa membuat strategi dimana kamu menghapus produk yang diinginkan setelah itu ketika pelanggan bertanya, kamu bisa beralasan bahwa ada perubahan fitur, atau akan ada yang spesial jadi produk disembunyikan sementara dan akan kembali live besok dengan penawaran spesial.

Pelanggan yang tidak ingin kehilangan produk ini akan menunggu sampai mereka mendapatkan produk tersebut.

  • Eksklusif Closing

Setiap pelanggan biasanya menyukai hal – hal seperti eksklusif atau limited edition. Dengan menggunakan teknik eksklusif, kamu bisa mempersuasi pelanggan bahwa produk ini hanya ada beberapa pcs stoknya dan hanya tersedia hari ini, sehingga mereka akan berlomba – lomba membeli barang tersebut.

Contoh kalimatnya seperti ini;

Dress Eksklusif dari Desainer Ternama Indonesia, Hanya tersedia 5 dress saja! Beli sekarang sebelum stok habis!

  • Softselling Closing

Teknik softselling ini lebih mengarah kepada promosi yang tidak to the point, biasanya lebih mengutamakan keinginan pelanggan terlebih dahulu, apa sih yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan, lalu setelah itu kamu bisa menawarkan produk dan membuat closing sales nya.

Walaupun teknik ini digunakan secara perlahan, tingkat keberhasilannya wajib dicoba lho! Apalagi jika masyarakat indonesia yang dominan lebih senang cerita, akan sangat relate dengan teknik soft closing ini.

Teknlk soft closing ini bisa dimulai dengan mengajukan pertanyaan yang mengarah kepada apa yang menjadi masalah mereka, dan produk kamu adalah solusinya.

  • Coret harga menjadi harga promo

Teknik yang tidak beda jauh dengan diskon ini bisa meningkatkan penjualan secara signifikan lho.

Biasanya teknik ini digunakan oleh online shop, jasa kelas dan berbagai bidang bisnis lainnya. Teknik ini sangat bisa dilakukan kapanpun, selama masa promosi kamu berjalan.

Contoh kalimatnya seperti ini;

Jika Anda bergabung ke kelas ngiklan hari ini, maka Anda akan mendapatkan special price dimana harga normalnya Rp.50.000, namun Anda cukup berinvestasi sebesar Rp.40.000 saja untuk akses selamanya.

harga coret

  • Teknik Bertanya Lagi dan lagi

Teknik ini sebenarnya biasa dilakukan namun sering lupa digunakan oleh sebagian pebisnis. Misalnya ada pelanggan yang ingin membeli produk kamu dan bertanya.

Ilustrasinya seperti ini;

Pelanggan : Hai kak produk ini ready gak ya?

Penjual : Hallo kak, produknya ready.

Jika berhenti disini biasanya ada 2 kemungkinan, membeli langsung atau menunda.

Tapi jika kamu melakukan teknik bertanya lagi,

Penjual : Hallo kak, produknya ready. Mau warna apa kak?

Pelanggan yang tertarik akan merasa lebih diperhatikan, dan kemungkinan membeli langsung pun menjadi lebih besar.

  • Teknik review atau testimoni

Testimoni pelanggan adalah hal yang penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika pelanggan ragu kamu bisa memberika testimoni atau screenshot review dari pelanggan lainnya yang sudah puas dengan produk kamu.

Biasanya kemungkinan membeli atau terjadi transaksi lebih besar jika diberikan testimoni karena mereka lebih yakin untuk membeli produk kamu.

Karena semakin banyak review positif maka semakin besar juga peluang terjadinya penjualan.

Baca juga : Contoh & Cara Membuat Testimonial Yang Baik Serta Menarik

Nah itulah 9 strategi biar terjadi closing sales yang bisa kamu praktekkan di dalam bisnis, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba teknik ini biar banjir closingan setiap harinya.

(Visited 863 times, 1 visits today)
Close