Written by 2:34 am Tips & Trik

5 Tips Sukses Membuka Toko Kosmetik Modal Minim

Tips Sukses Membuka Toko Kosmetik Modal Minim

Industri bisnis kecantikan khususnya kosmetik memiliki pangsa pasar yang besar, terlebih karena sekarang masyarakat lebih melek terhadap kesehatan dan perawatan kulitnya. Jika kamu ingin membuka bisnis di industri kosmetik, tidak perlu membuka toko yang langsung besar, kamu bisa melakukannya di rumah mulai dari bisnis kecil – kecilan saja, selama berproses nanti akan berkembang lebih maju.

Apalagi membuka toko kosmetik rumahan bisa tanpa modal atau modalnya minim lho. Potensi keuntungannya pun besar dan jika melihat peluang bisnis kosmetik ini, sangat bagus dijalankan untuk jangka waktu yang panjang, selama kebutuhan dari konsumen selalu ada setiap bulannya bahkan setiap harinya. Jadi jika kamu tertarik membuka bisnis kosmetik, maka tips membuka toko kosmetik rumahan ini cocok untuk kamu praktekkan.

Tips Sukses Membuka Toko Kosmetik Rumahan

Seperti yang bisa kamu lihat, industri bisnis kosmetik ini setiap harinya kian membaik, bahkan potensi keuntungannya bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta lho, apalagi jika kamu menjual produk yang memang tren dikalangan masyarakat dan banyak peminatnya.

Namun untuk membuka toko kosmetik modal minim ini kamu perlu memperhatikan berbagai hal agar meminimalisir tingkat kerugian, jualan pasti pengen untung bukan buntung kan?

Nah, oleh karena itu kamu butuh tips membuka toko kosmetik rumahan ini, berikut adalah tipsnya;

1. Persiapkan modal & tentukan produk yang akan dijual

Cara membuka toko kosmetik rumahan yang pertama adalah mempersiapkan modal, walaupun modal minim kamu tetap harus mempersiapkannya secara matang dan menentukan produk apa saja yang akan kamu jual.

Jika kamu ingin mulai menjual kosmetik dengan cara nyetok, maka modal yang kamu perlukan mungkin cukup besar, karena rata – rata harga kosmetik mulai dari 20rb hingga ratusan ribu tergantung brandnya. Namun jika kamu ingin membuka toko kosmetik dengan modal minim, kamu bisa mencoba sistem dropship dimana kamu bisa menjual produk kosmetik tanpa harus stok dan melakukan packing serta pengiriman, bahkan kamu tidak perlu memiliki toko fisik, kamu hanya perlu fokus mempromosikan bisnis kosmetik kamu.

Baca juga : Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

Namun jika kamu ingin membuka toko kosmetik dengan cara offline dan online, kamu bisa menyiapkan modal untuk membeli perlengkapan kosmetik seperti etalase untuk memajang produk, perlengkapan banner dan lain – lain. Modalnya tentu perlu kamu hitung terlebih dahulu, karena tidak hanya dana untuk perlengkapan saja tapi kamu perlu modal untuk membeli produk sebagai pajangan di etalase.

Enaknya membuka toko kosmetik rumahan itu kamu tidak perlu sewa toko, kamu bisa memanfaatkan rumah kamu sendiri sebagai toko yang bisa dikunjungi oleh calon pembeli kamu nantinya.

Jadi langkah pertama memang harus pikirkan matang – matang apa saja modal yang perlu disiapkan termasuk menentukan produk yang akan di jual.

2. Menentukan Target Pasar

Tips membuka toko kosmetik rumahan berikutnya adalah menentukan target pasar sebelum menjual produk. Kosmetik memiliki variasi yang bermacam – macam dari mulai make up mata, lipstik, foundation, blush on, eyeliner dan lain – lain. Nah dari variasi ini kamu bisa menentukan target pasarnya dengan melihat kebutuhan yang ada di masyarakat.

Apabila target pasar kamu kebanyakan remaja dan dewasa, kemampuan ekonominya menengah hingga ke bawah, maka kamu wajib mengambil produk dengan harga terjangkau, namun sebaliknya jika kemampuan ekonominya menengah ke atas,  kamu bisa menjual produk premium.

Karena jika kamu salah menargetkan pasar, kemungkinan produk yang kamu jual tidak akan laku dipasaran. kamu bisa mencoba survey di sekitar rumah kebutuhan masyarakat dan tingkat ekonominya sebelum memutuskan untuk bisnis kosmetik ini. Semakin detail hasil survey kamu maka semakin mudah kamu menentukan target pasar.

3. Susun Konsep Bisnis

Konsep bisnis ini penting untuk kamu tentukan sebelum memulai membuka toko kosmetik, kamu bisa memakai konsep bisnis sebagai dropship, reseller atau membuka toko fisik dan toko online sendiri.

Jika konsep bisnis kamu toko online dengan sistem dropship, kamu tidak perlu mempersiapkan etalase untuk memajang produk kamu, cukup siapkan katalog produk online dan promosikan ke audiens kamu. Namun jika konsep bisnis kamu toko kosmetik rumahan, kamu perlu menyiapkan etalase produk agar pembeli bisa memilih produk kamu secara langsung.

4. Menentukan Harga Jual Produk

Tips membuka toko kosmetik rumahan berikutnya adalah menentukan harga jual. sebelum kamu menentukan harga jual, kamu perlu melihat rincian anggaran yang kamu keluarkan, dari modal toko hingga modal produk. Selanjutnya kamu bisa menentukan harga jualnya lebih reasonable.

Tak lupa kamu harus menentukan harga jual dengan melihat kemampuan target pasar kamu, jangan sampai mematok harga lebih tinggi, meskipun lebih untung tapi realitanya bisa menyebabkan susah laku, karena calon pembeli merasa produk kamu terlalu mahal.

Tapi gimana jadinya jika kamu menjual dengan harga lebih murah? tidak menutup kemungkinan produk kamu laku namun juga tidak laku. Alasannya pembeli menjadi curiga dengan kualitas dan keaslian dari produk yang kamu tawarkan.

5. Buat Strategi Promosi Bisnis

Setelah semua siap, dari mulai modal, target pasar hingga konsep bisnis, mulailah menyusun strategi promosi.

Kamu perlu mempersiapkan strategi promosi dari mulai kalimat promosi, hingga konten promosi yang dibuat secara visual.

Strategi promosi tidak hanya berlaku jika kamu buka toko online saja, namun juga bisa dibuat untuk toko fisik di rumah, dengan cara membuat banner, spanduk dan word of mouth yang bisa membuat pelanggan datang berramai – ramai ke toko kamu.

Semakin sering kamu melakukan promosi maka semakin besar juga kemungkinan toko kamu dikenal lebih banyak audiens, selain itu kamu juga bisa membuat toko kamu lebih terkenal dengan mremberikan berbagai promo, karena biasanya pelanggan menyukai promo seperti diskon, buy 1 get 1 dan lain – lain.

Jika kamu kesulitan membuat contoh kalimat promosi untuk kosmetik atau make up kamu bisa baca : 20 Contoh Kata – Kata Promosi Make Up di IG

Biasanya strategi promosi yang unik akan lebih disukai oleh audiens, apalagi jika kamu menggunakan copywriting yang relate dengan keadaan atau situasi yang dialami oleh audiens kamu.

Jika semua sudah di praktekkan dan dilakukan secara konsisten, apalagi dibagian strategi promosi, kamu bisa memanfaatkan akun sosial media seperti Instagram, Tiktok, Facebook dan lain – lain.

Setelah bisnis kamu berjalan dengan baik, kamu juga bisa scale up bisnis kamu agar bisa meningkatkan brand awareness dan profit penjualan dengan mencoba review endorsement bersama influencer.

Kamu bisa berkolaborasi dengan beauty vlogger untuk mempromosikan produk kamu, tapi pemilihan influencer harus sesuai dengan target pasar kamu ya, jangan sampai salah pilih influencer.

Nah itulah tips membuka toko kosmetik rumahan modal minim yang bisa kamu praktekkan, semoga bisa membantu kamu menjalankan bisnsi kosmetik ya.

(Visited 231 times, 1 visits today)
Close