Written by 9:04 pm Informasi

Apa Itu Subsidi Silang Dalam Bisnis dan Contohnya

Apa Itu Subsidi Silang Dalam Bisnis dan Contohnya

Subsidi silang adalah subsidi yang terdapat dalam perusahaan, biasanya departemen atau produk tertentu mendapatkan subsidi dari keuntungan yang didapatkan perusahaan dari departemen atau produk lainnya.

Biasanya subsidi silang berkaitan dengan penetapan harga, dimana produk yang satu dan yang lainnya saling bergantung satu sama lain.

Perusahaan yang melakukan subsidi silang biasanya menggunakan laba atau keuntungan dari produk lainnya untuk mensubsidi penjualan produk tertentu. Sebagai contoh misalnya kamu menjual produk sepatu lokal yang mendapatkan penjualan terbanyak, sedangkan produk sepatu lainnya lebih rendah, untuk meningkatkan laba, kamu menggunakan keuntungan yang didapatkan dari penjualan sepatu lokal untuk mensubsidi sepatu lainnya.

Secara singkat subsidi silang dalam sebuah bisnis adalah strategi penetapan harga yang dilakukan ketika ada permintaan untuk dua produk yang dihasilkan perusahaan yang saling terikat dari segi biaya maupun permintaan, pemilik bisnis bisa meningkatkan keuntungan dengan menetapkan subsidi silang, dimana menjual produk dibawah biayanya dan produk lain diatas biayanya. sehingga penjualan tetap terpenuhi.

Contoh subsidi silang yang sering dilakukan

Beberapa contoh subsidi silang yang sering dilakukan oleh beberapa perusahaan terkenal bisa kamu simak disini, berikut adalah contoh subsidi silang yaitu;

  1. Subsidi Silang ala perusahaan Adobe
    Adobe pernah melakukan penetapan harga yang cukup dramatis untuk kedua produk yang ia launching, salah satu produknya adalah adobe reader, produk ini bisa kamu peroleh secara gratis dan bisa kamu download langsung di situs adobe melalui perangkat lunak. Namun setelah mendapatkannya secara gratis kamu hanya bisa membuka file dengan format pdf, tetapi untuk membuat file dengan bentuk pdf kamu harus membayar produk Adobe Acrobat.2 produk ini saling melengkapi satu sama lain, jika hanya ingin melihat file pdf kamu hanya perlu Adobe reader, namun untuk membuat filenya kamu membutuhkan produk lain, sehingga terjadi konsep saling melengkapi antara permintaan konsumend engan biaya yang menguntungkan sebagai penyerapan dari subsidi silang yang dilakukan.
  2. Subsidi Silang Perusahaan besar ke perusahaan kecil
    Meskipun subsidi silang biasanya dilakukan dalam lingkup 2 produk yang saling terikat, ternyata 2 perusahaan juga bisa mencoba subsidi silang demi mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi. Biasanya perusahaan besar akan membantu perusahaan kecil, bukan hanya dari segi modal saja, namun juga bisa dalam bentuk teknologi, pelatihan, dan akses pasar.  Contoh dari subsidi silang antara perusahaan besar ke perusahaan kecil adalah program CSR (Corporate Social Responsibillity).
  3. Subsidi silang pemerintah
    Tidak bisa dipungkiri, pemerintah sering melakukan subsidi silang, namun untuk melakukan subsidi silang pemerintah harus memikirkan proses yang panjang agar tidak saling merugikan. Seperti subsidi silang antara pemerintah dengan lembaga pemerintah BUMN yang memegang penjualan pangan. Jika tidak ingin menjadi beban negara, maka penjualan pangan harus di subsidi.
  4. Subsidi silang untuk memabntu finansial yang tidak punya gaji
    Sama seperti program CSR, subsidi silang ini dilakukan untuk membantu banyak orang yang tidak memiliki gaji per bulannya, biasanya program seperti ini akan bekerjasama dengan lembaga tertentu untuk mendapatkan subsidi, sehingga biaya bisa diberikan ke orang yang membutuhkan.

Biasanya subsidi silang dalam bisnis terbagi menjadi beberapa bagian yaitu subsidi 100%, 75%, 50% hingga 0% dalam artian tidak mendapatkan subsidi.

Subsidi 100% diberikan penuh dari mulai biaya operasional hingga biaya pemeliharaan, sedangkan 75% biasanya terbagi 50%nya untuk biaya operasional, sisanya untuk pemanfaatan komersial atau promosi.

Sedangkan subsidi 50% lebih sedikit jumlahnya dibandingkan subsidi 100 maupun 75%.

Nah itulah beberapa contoh subsidi silang yang sering dilakukan di berbagai perusahaan dan berbagai industri. Namun melakukan subsidi silang juga tidak bisa sembarangan jangan sampai mengecewakan konsumen maupun merugikan keuntungan produk yang diambil keuntungannya untuk di subsidi.

Dalam bisnis, subsidi silang memang sudah menjadi hal yang wajar, karena untuk bisa meningkatkan penjualan butuh taktik atau strategi tertentu.

Jika kamu ingin subsidi silang di produk yang kamu jual kamu bisa memilih antara subsidi silang dengan 2 produk atau subsidi silang antara produk dengan kolaborasi lembaga, atau dengan acara atau event tertentu yang bisa sama – sama saling menguntungkan.

(Visited 2,098 times, 14 visits today)
Close