Written by 3:33 am Informasi

Manfaat & Kekurangan Asuransi Untuk Kelangsungan Sebuah Bisnis

Manfaat & Kekurangan Asuransi Untuk Kelangsungan Sebuah Bisnis

Benarkah kelangsungan bisnis terjamin jika kamu memiliki asuransi? Atau malah jadi bumerang yang bikin buntung bukannya untung.

Asuransi memang identik dengan perlindungan, tidak salah jika setiap individu maupun bisnis menggunakan asuransi sebagai perlindungan agar tetap terjaga jika ada satu lain hal yang membahayakan.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang asuransi bisnis, ketahui terlebih dahulu apa itu asuransi bisnis.

Asuransi bisnis sendiri adalah produk perlindungan untuk bisnismu dengan berbagai peran yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis kamu.

Asuransi bisnis juga memiliki berbagai jenis, mulai dari asuransi properti, asuransi tanggung jawab hukum, asuransi kompensasi karyawan, asuransi gangguan bisnis dan lain sebagainya.

Meskipun jenisnya banyak, namun bagi sebagian orang asuransi masih dipandang sebagai produk yang menyebalkan, karena sulitnya mengklaim dana yang sudah disetorkan.

Dalam dunia bisnis, asuransi menjadi perlu karena manfaatnya yang penting untuk kelangsungan bisnis.

Pertanyaannya, bagaimana dengan kelangsungan bisnis? Apakah dengan menggunakan asuransi bisnis kamu tergolong aman dan bisa menguntungkan atau malah jadi buntung?

Simak jawabannya di artikel ini dan cari tau manfaat, kelebihan serta kekurangan dari asuransi untuk bisnis.

Kelebihan & Manfaat Asuransi Bisnis

Pada dasarnya manfaat asuransi bisnis adalah untuk penanggulangan risiko bisnis, namun sistem kerjanya sama dengan asuransi seperti umum lainnya. Manfaat asuransi adalah untuk menanggulangi risiko.

Namun, untuk asuransi bisnis kamu patut merasa terlindungi, karena asuransi bisnis dapat menanggulangi dan bertanggung jawab atas risiko yang timbul dari bisnis sebagai pencegahan kerugian maupun meminimalisir risiko yang ada.

Itulah kenapa Asuransi bisnis banyak diminati oleh para pengusaha atau pemilik bisnis karena proteksi bisnis yang didapatkan cukup menjanjikan.

Selain hal diatas, ada banyak manfaat asuransi bisnis lainnya yang harus kamu ketahui.

Berikut ini adalah kelebihan dan manfaat dari asuransi bisnis yang bisa menjaga dan melindungi bisnis yang kamu miliki, yaitu;

1. Bisnis Rugi, Ada Asuransi yang Bisa Menggantikan

Bisnis itu tidak bisa diprediksi apakah akan berjalan lancar terus menerus, atau mengalami kerugian di tengah jalan.

Kerugiannya pun tidak bisa diprediksi, bisa mendapatkan kerugian besar maupun kecil. Namun sebagai pemilik bisnis kamu harus bisa menanggung resiko kerugian tersebut untuk bisa membangkitkan bisnis kamu kembali.

Nah untuk mengantisipasi kerugian bisnis yang bisa datang kapan saja, kamu bisa memanfaatkan asuransi bisnis. Dengan asuransi ini bisnis bisa terlindungi dari kebangkrutan atau kerugian baik besar maupun kecil. Karena peran dari asuransi bisnis adalah melindungi bisnis kamu dengan menanggung kerugian yang bisa kamu alami.

2. Perlindungan Aset Bisnis

Manfaat asuransi bisnis berikutnya adalah sebagai perlindungan aset bisnis. Kamu tidak tahu kedepannya bisnis kamu akan mengalami peristiwa seperti apa, apakah bisnis mengalami kebakaran, pencurian aset maupun kecelakaan bahkan terkena musibah seperti bencana alam.

Nah dengan asuransi bisnis yang kamu miliki, tentu kamu tidak perlu khawatir, karena aset – aset perusahaan yang dimiliki bisa mendapatkan perlindungan.

3. Bisnis Jadi Kokoh dan Memiliki Pondasi yang Kuat

Jika kamu memiliki bisnis yang sedang berjalan tanpa menggunakan asuransi bisnis berarti bisnis kamu tidak memiliki pondasi yang kuat. Berbeda halnya jika kamu menggunakan asuransi bisnis, pondasi bisnis menjadi kuat dan kokoh.

Kamu pun bisa fokus mengembangkan bisnis menjadi lebih maju lagi tanpa khawatir memikirkan risiko bisnis yang mungkin akan terjadi.

Dengan penggunaan asuransi dalam bisnis ini, kamu bisa mencegah risiko dalam jangka waktu yang panjang.

4. Berani Ambil Keputusan dan meminimalisir kerugian

Manfaat asuransi bisnis berikutnya adalah kamu bisa berani mengambil keputusan untuk meminimalisir kerugian, karena semakin bisnis berkembang maka semakin besar pula tantangan dan risiko yang dihadapi.

Namun dengan adanya asuransi bisnis, kamu bisa punya kepastian untuk meminimalisir risiko yang ada.

5. Ada Jaminan untuk Bisnis Tertentu

Jika kamu bergerak di bisnis yang membutuhkan pengiriman barang seperti bisnis online, properti atau perdagangan, tentu kamu perlu jaminan jika barang akan diterima dengan baik oleh pelanggan.

Dengan asuransi bisnis, kamu bisa meminimalisir risiko yang akan terjadi seperti kerusakan barang, kehilangan barang dan lain sebagainya.

Asuransi bisnis biasanya akan bertanggung jawab dan menanggung barang yang rusak atau hilang tersebut.

6. Menjaga Bisnis Agar Tetap Bergerak

Dengan adanya asuransi bisnis, kamu tidak usah khawatir akan perkembangan bisnis meskipun sedang ada bencana alam atau musibah lainnya. Karena

Segala bentuk kerugian bisa ditanggulangi oleh asuransi bisnis dan aset kamu pun terlindungi

7. Sebagai Perlindungan Staff Bisnis atau Karyawan

Asuransi tidak hanya melindungi bisnis kamu saja, namun orang – orang dalam bisnis kamu pun bisa terlindungi dengan asuransi seperti perawatan medis atau kompensasi kerja lainnya.

Dengan asuransi, kamu juga bisa menciptakan lapangan kerja yang aman dan nyaman bagi pekerja.

8. Membangun Kredibilitas Bisnis

Dengan adanya asuransi, bisnis kamu tidak hanya terlindungi namun juga bisa membangun kredibilitas yang dapat memikat investor bahwa perusahaan kamu sangat serius dalam penanggulangan risiko bisnis dalam jangka panjang dengan menggunakan Asuransi bisnis.

Nah itulah 8 manfaat asuransi bisnis yang bisa kamu dapatkan jika bisnismu menggunakan asuransi bisnis.

Biasanya jika kamu memilih asuransi bisnis yang tepat, perusahaan bisa berjalan dengan produktif dan efektif, maka bisnis kamu pun bisa menguntungkan di berbagai sisi.

Namun dibalik manfaat asuransi bisnis, ada juga kekurangan asuransi bisnis yang perlu kamu ketahui, agar bisa meminimalisir risiko atau kerugian di masa yang akan datang jika kamu menggunakan asuransi bisnis.

Kekurangan Asuransi Bisnis

Meskipun manfaat asuransi bisnis cukup menjanjikan sebagai perlindungan bisnis, namun ternyata ada kekurangan asuransi bisnis yang perlu kamu waspadai, yaitu;

Dana Hangus Jika Tidak Bayar Premi

Setiap asuransi mewajibkan penggunanya membayar premi sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih oleh perusahaan.

Premi biasanya akan dibayarkan setiap bulannya, sehingga jika kamu tidak membayar setiap bulan, kemungkinan dana yang sudah kamu bayarkan sebelumnya bisa hangus, dan jaminan perlindungan pun tidak terlaksana dengan baik, proses klaim pun menjadi terhambat.

Dana bisa masuk ke perusahaan Asuransi

Seperti poin no 1, jika kamu tidak membayar premi maka dana akan hangus, dana tersebut akan menjadi keuntungan dari pihak perusahaan asuransi.

Kamu tidak bisa klaim dana tersebut dan tidak mendapatkan pelayanan asuransi sesuai dengan pilihan yang kamu pilih.

Bisnis pun jadi tidak bisa mendapatkan perlindungan yang efektif.

Kuncinya jika kamu ingin asuransi bisnis menjaga perusahaan kamu dengan baik, maka kamu harus membayar premi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Dengan dana premi ini, asuransi bisnis dapat menjamin perlindungan yang baik bagi bisnis yang kamu jalani.

Nah itulah manfaat asuransi bisnis dan juga kekurangan asuransi bisnis. Namun dibalik kekurangannya lebih banyak manfaat yang bisa kamu ambil sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

Apalagi dengan asuransi bisnis kamu bisa mengundang investor untuk berinvestasi di perusahaan kamu, karena bisnis kamu sudah kredibel dengan penggunaan Asuransi bisnis.

(Visited 173 times, 1 visits today)
Close