Written by 8:11 pm Bisnis Offline

Untung Rugi Jualan Pulsa Dirumah Yang Wajib Kamu Tahu !

Untung Rugi Jualan Pulsa Dirumah Yang Wajib Kamu Tahu !

Saat ini banyak pilihan untuk memulai bisnis meski dari rumah saja tanpa harus mempunyai modal yang besar.

Salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah dan tanpa modal besar adalah jualan pulsa. Saat ini pulsa tetap dibutuhkan untuk mengisi pulsa telepon maupun mengisi pulsa untuk paket kuota data.

Baca juga : 20 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Bahkan bisnis jualan pulsa ini tidak membutuhkan toko fisik karena banyak juga aplikasi jual pulsa yang memberikan kemudahan bagi penjual untuk mempromosikan usaha jualan pulsanya melalui online.

Namun, sama halnya dengan usaha atau bisnis lainnya, jualan pulsa di rumah juga memiliki keuntungan dan kerugiannya masing – masing.

Artikel berikut ini akan membahas mengenai keuntungan dan kerugian jualan pulsa di rumah.

Keuntungan Jualan Pulsa Dirumah

Jualan pulsa di rumah memiliki keuntungan tersendiri, berikut ini adalah keuntungan jualan pulsa di rumah yang bisa jadi pertimbangan untuk membuka bisnis ini;

  • Mudah dijalankan siapapun

Keuntungan pertama dari jualan pulsa di rumah adalah bisnis ini mudah untuk dijalankan dengan sistem yang sederhana, tanpa syarat apapun, baik kamu pekerja kantoran, mahasiswa, ibu rumah tangga maupun pelajar bisa menjalankan usaha ini, bahkan selain penghasilan utama, bisnis ini bisa dilakukan untuk mendapatkan uang saku tambahan.

  • Banyak Aplikasi penyedia pulsa untuk jualan

Dulu, untuk jualan pulsa di rumah kamu harus membuka toko atau menyewanya untuk dijadikan konter pulsa, namun sekarang modal kamu hanya smartphone saja dan menggunakan aplikasi jualan pulsa tertentu untuk bisa menjalankan usaha jualan pulsa di rumah secara online. Kamu tinggal memilih mana aplikasi yang bisa membantu kamu jualan pulsa cukup di rumah saja.

  • Risiko Kecil

Keuntungan jualan pulsa di rumah berikutnya adalah risikonya kecil, meskipun begitu risiko jualan pulsa ini hanya satu yang perlu diwaspadai adalah banyaknya yang berhutang pulsa, jangan sampai kamu membuka jualan pulsa dan menghutangkannya, karena kamu akan mengalami kesulitan jika modal untuk pulsa dipakai untuk mengisi pulsa yang berhutang.

  • Target Pasar Semua Kalangan

Enaknya berjualan pulsa adalah target pasar kamu bisa dibilang mass market, kamu tidak perlu mengincar target pasar tertentu, karena semua kalangan membutuhkan pulsa untuk kehidupan sehari – harinya dan tidak berbatas usia. Siapa saja masyarakat yang mempunyai handphone, dialah target pasar kamu.

  • Tidak Ada Batas Kadaluarsa

Jika kamu menjual produk fisik mungkin akan ada batas kadaluarsanya, namun berbeda dengan jualan pulsa yang tidak ada kadaluarsanya, karena kamu hanya bergantung pada kuota pulsa yang kamu miliki untuk dijual. Selama masih ada tidak akan hilang dan modalnya tetap ada.

  • Promosi Yang Mudah Dilakukan

Jika bisnis lain harus menyusun strategi promosi yang lebih kompleks, jualan pulsa tidak perlu promosi yang besar, kamu bisa memulai promosi menggunakan word of mouth terlebih dahulu, lalu mempromosikan di sosial media pribadi kamu, seperti Instagram, Whatsapp dan akun lainnya.

Baca juga : 40+ Contoh Caption Promosi Produk Di Instagram

  • Tidak Perlu Tempat untuk Jualan

Sekarang serba online, memesan pulsa bisa lewat aplikasi atau nomor whatsapp saja, dengan kata lain kamu hanya perlu perangkat smartphone untuk memulai bisnis jualan pulsa ini, tanpa harus menyewa tempat atau toko untuk membuka konter. Namun jika pelanggan kamu sudah banyak memang tidak ada salahnya kamu buka toko agar pelanggan kamu semakin bertambah.

Selain keuntungan, sama dengan bisnis lainnya ada kerugian juga yang mengincar kamu yang berjualan pulsa dirumah.

Kerugian Jualan Pulsa di Rumah

Meski banyak keuntungannya, ada pula kerugian jualan pulsa di rumah, yaitu;

  • Banyak yang Berhutang

Memang usaha pulsa selalu identik dengan orang – orang yang hutang pulsa, sehingga modal kamu bisa habis duluan jika terus banyak yang berhutang.

  • Persaingan Antar Aplikasi dan Konter

Dengan banyaknya aplikasi dan konter – konter yang masih buka di pinggir jalan, persaingan kamu tetap ada untuk jualan pulsa, oleh karena itu kamu perlu strategi yang pas untuk menarik pelanggan agar tetap setia membeli pulsa di tempat kamu dibandingkan kompetitor

Baca juga : 8 Cara Menghadapi Persaingan Usaha dengan Produk yang Sama

  • Keuntungan Kecil

Dalam sekali transaksi pulsa, kamu hanya mendapatkan keuntungan sedikit, mulai dari 2000 rupiah saja. Jika tidak punya pelanggan yang banyak, bisnis ini kurang menarik dijadikan bisnis utama, sedangkan jika kamu punya database pelanggan yang banyak, maka keuntungan akan semakin besar bahkan bisa mencapai 2jt perbulannya dari transaksi satu kartu perdana saja.

  • Gangguan Operator

Meski tidak selalu terjadi, terkadang operator ada gangguan dalam pengiriman pulsa, sehingga kamu harus siap siaga untuk tetap tenang dalam menghadapi komplain dari pelanggan ya.

Nah itulah beberapa keuntungan dan kerugian jualan pulsa di rumah, tanpa perlu sewa toko, bisa dikerjakan online, fleksibel dan mudah dijalankan siapapun.

Meski banyak kerugiannya, bisnis pulsa juga bisa dijadikan bisnis sampingan dengan keuntungan dan kemudahannya lho, dengan syarat pelanggan kamu harus banyak ya.

(Visited 425 times, 6 visits today)
Close