Written by 4:19 pm Bisnis Online

10 Cara Memulai Bisnis Clothing Line Online Untuk Pemula

cara memulai bisnis clothing line untuk pemula

Jika kamu sedang mencari ide usaha, bisnis clothing line bisa jadi pilihan lho. Kamu bisa mengkreasikan ide – ide unik untuk dituangkan di baju atau kaos.

Pada dasarnya, bisnis clothing line adalah bisnis yang mengacu pada rancangan dan memproduksi pakaian Kamu sendiri, kamu bisa mengontrol dan mengarahkan proses dari awal sampai akhir. Biasanya bisnis clothing line juga bisa dikenal dengan bisnis kaos custom, dimana kaos atau baju dirancang untuk target audiens tertentu, dan biasanya di jual secara ritel baik online maupun offline.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis clothing line custome, kamu bisa menggunakan sistem dropshipping lho, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk proses produksi, kamu hanya fokus pada strategi penjualan dan tetap kontrol produk agar tetap memiliki kualitas tinggi.

Selain itu ada manfaat lain juga lho jika pakai sistem dropshipping, baca artikel ini sampai habis untuk tahu informasi lengkapnya.

Manfaat bisnis pakaian custom / clothing line sistem dropshipping

manfaat bisnis clothing line

Pada dasarnya, sistem dropshipping dapat membantu kamu untuk fokus dalam membangun brand kamu saja, untuk masalah produksi, packing hingga pengiriman biasanya semua diurus oleh supplier. Pastikan kamu juga memilih supplier yang tepat sebagai partner bisnis kamu ya.

Manfaat dari bisnis clothing line dengan sistem dropshipping adalah :

  • Pengiriman bisa ke seluruh dunia
  • Minimalkan biaya
  • Menghemat Waktu
  • Tidak ada inventaris / stok

Pengiriman Seluruh Dunia

Kamu tidak hanya bisa menjangkau pengiriman di wilayah tempat tinggal kamu saja, tetapi kamu bisa menjangkau pelanggan sampai ke luar kota bahkan ke luar negri. Intinya dengan sistem dropshipping kamu bisa kirim pesanan Kamu ke pelanggan Kamu di mana pun mereka berada.

Tapi pastikan kamu mengetahui Term and condition mengenai ongkos pengiriman dari supplier ya.

Minimalkan Biaya

Jika kamu memakai sistem dropship, kamu hanya bayar produk untuk memenuhi pesanan Kamu saja.

Menghemat waktu

Kamu tidak perlu membuang waktu untuk mengirimkan produk Kamu, supplier yang akan melakukannya untuk Kamu.

Tidak ada Inventaris atau Stok

kamu tidak perlu membeli barang untuk stock, kecuali jualan kamu sedang ramai – ramainya atau keuntungan kamu bisa dipakai untuk stok produk, maka stok produk bisa jadi pilihan.

Nah itulah beberapa manfaat jika kamu bisnis clothing line dengan sistem dropshipping.

10 Cara Memulai Bisnis Clothing Line Secara Online

cara memulai usaha clothing line

Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis clothing line, tips tips memulai bisnis clothing ini wajib kamu ketahui.

Meski membuat brand baju sendiri terdengar menakutkan karena kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk berbisnis, tenang saja, bisnis clothing line kamu bisa sukses jika mempraktekkan beberapa tips dibawah ini;

1. Pahami pasar yang kamu sasar.

Kunci sukses terletak pada pemahaman industri dan pasar. Ini berarti menganalisis persaingan, basis pelanggan potensial, dan peluang pertumbuhan bisnis. Kamu bisa coba dengan mengidentifikasi terlebih dahulu, Apakah ada kebutuhan khusus di pasar? Apa yang bisa kamu buat agar orang suka memakainya? Setelah mengetahui dan memahami apa yang pasar butuhkan, kamu bisa membuat produk sebagai solusinya. Sehingga produk yang kamu jual akan mudah laris di pasar yang sudah kamu targetkan.

2. Buat Business Plan

Business Plan atau Rencana bisnis Kamu adalah landasan brand kamu yang bisa membantu Kamu melewati setiap tahap dalam memulai dan mengelola bisnis. Hal-hal yang harus Kamu pertimbangkan: Berapa biaya untuk memulai brand pakaian? Apakah saya membutuhkan investor? Siapa yang akan memproduksi produk saya? Tetapkan tujuan, identifikasi masalah, dan temukan solusi. Rencana bisnis yang terorganisir akan lebih mudah memberikan kamu jalan yang mulus saat memulai bisnisnya nanti.

3. Kenali audiens Kamu.

Salah satu langkah penting sebelum Kamu memulai bisnis clothing line adalah memahami pelanggan Kamu. Identifikasi dan atur pelanggan potensial Kamu ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kesamaan mereka, seperti usia, status perkawinan, apakah mereka berbelanja online atau di toko, dll. Pengetahuan ini dapat berguna untuk kamu saat memulai bisnis.

4. Buat desain yang unik.

Jika Kamu seorang desainer, selamat, Kamu dapat menuangkan imajinasi Kamu dengan membuat desain yang berkualitas tinggi. Namun, jika Kamu seorang pemula, kamu bisa mencoba merekrut freelancer atau kamu mencari supplier yang bisa memberikan kamu tool dalam proses desain yang mudah.

5. Pilih nama brand.

Nama brand yang tepat, bersama dengan logo, slogan, dan tagline, dapat berdampak besar pada bisnis Kamu. Kesan pertama seperti apa yang ingin Kamu buat? Pelanggan menikmati brand yang unik. Selalu gunakan kata-kata yang jelas, deskriptif, dan mudah diingat.

Kami sudah mengulas Cara Menentukan Nama & Logo Brand Yang Bagus Untuk Bisnis , anda bisa ikuti langkah nya agar tidak kesulitan dalam pemilihan nama ataupun logo brand.

6. Temukan Supplier yang Tepat.

Jika Kamu ingin memulai brand pakaian atau clothing line, pentingnya menemukan produsen atau supplier pakaian yang dapat dipercaya tidak dapat dilebih-lebihkan, Ini penting untuk kesuksesan Kamu.

Untungnya, internet memungkinkan Kamu untuk menemukan produsen pakaian dengan mudah melalui direktori produsen online, forum, media sosial, dll.

7. Periksa kualitas produk Kamu.

Selalu pesan sampel dan periksa apakah produk tersebut tahan lama, menyenangkan secara estetika, tahan beberapa kali pencucian, dan memenuhi standar kualitas brand kamu secara umum. Ingat, kualitas produk Kamu menentukan reputasi Kamu, Kamu akan lebih baik membayar harga yang sedikit lebih tinggi untuk produk berkualitas tinggi daripada mempertaruhkan reputasi Kamu untuk menghemat budget.

8. Desain situs web.

Untuk memulai bisnis clothing line, Kamu memerlukan situs web yang dirancang dengan baik, menarik, dan responsif. Situs web Kamu adalah salah satu aspek paling representatif dari bisnis Kamu.

Namun jika kamu belum bisa membuat situs web, kamu bisa mencoba memasarkan produk kamu di jejaring media sosial atau bergabung dengan marketplace yang ada seperti Shopee, Tokopedia dan lain – lain.

Memang lebih baik kamu memiliki situs web, karena akan terlihat lebih profesional dan meningkatkan nilai brand kamu di mata pelanggan.

9. Hargai produk Kamu dengan benar.

Rahasia sukses terletak pada harga produk Kamu dengan benar. Kamu harus memilih titik harga yang akan menutupi biaya produksi Kamu tanpa membebankan pelanggan Kamu.
Jika kamu harus menghargai produk kamu lebih tinggi, pastikan kamu punya nilai lebih sehingga pelanggan akan tetap memilih produk kamu untuk dibeli.

10. Mulailah pemasaran dan mulailah menjual.

Pertama, ciptakan brand awareness yang kuat, lalu kamu bisa beriklan di media sosial, buatlah campaign yang menceritakan kisah kamu dan juga brand serta produk kamu.

Kedua, tetapkan tujuan penjualan dan distribusi. Jika kamu belum bisa menentukannya, kamu bisa berkonsultasi dengan pakarnya agar kamu mendapatkan pencerahan.

Ketiga, setelah Kamu mencapai sasaran penjualan, ini artinya saatnya kamu mendapatkan keuntungan. Pastikan strategi pemasaran kamu efektif ya.

Jika kamu masih bingung, salah satu supplier print on demand terlengkap yaitu dropshipaja bisa jadi pilihan, selain karena fasilitas yang disediakan lengkap dan sangat mudah dipraktekkan bagi pemula sekalipun, kamu akan diajarkan skill jualan sampai jago. Kamu juga bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang tinggi dibandingkan supplier lainnya.

Ada banyak kelas – kelas gratis juga yang disediakan khusus untuk member upgrade skill, sehingga jualannya makin lancar.

Cara jualan produk baju custom / clothing line tanpa modal

Cara jualan produk baju custom

Jika kamu merasa belum mempunyai modal yang besar untuk memulai bisnis clothing line, tenang saja berikut ini adalah cara kamu jualan produk baju atau kaos custom tanpa modal;

1. Temukan Niche Kamu

Hampir setiap ide yang sukses dan inovatif berasal dari seseorang yang mengidentifikasi kebutuhan di pasar. Tampaknya hampir semuanya telah dipikirkan, jadi Kamu harus kreatif. Jadi langkah pertama saat memulai bisnis clothing line adalah menemukan niche pasar Kamu. Dengan berfokus pada audiens target tertentu, Kamu akan dapat dengan mudah memasarkan brand Kamu, dan membuatnya lebih terjangkau.

2. Buat Desain Yang Unik

Jika Kamu ingin melakukan penjualan, Kamu harus terhubung dengan audiens target Kamu. berikan sentuhan atau sesuatu yang unik yang mungkin dianggap baru dan menarik oleh pelanggan. Cara paling sederhana (tetapi juga sangat menantang) adalah membuat desain Kamu sendiri. Jika Kamu membuat grafik Kamu sendiri yang bagus, Kamu dapat membedakan diri Kamu dengan kompetitor.

3. Dapatkan Sample

Sebelum Kamu mulai menjual dan terjun ke usaha clothing line, Kamu perlu mendapatkan sekumpulan sampel dari supplier pilihan Kamu untuk memutuskan perbaikan yang diperlukan serta untuk mengidentifikasi masalah yang kemungkinan terjadi.

4. Cantumkan Tag Harga

Hang tag harga dan produk adalah bagian penting agar produk kamu terlihat profesional. Banyak orang mengira hang tag tidak penting, padahal tag harga maupun produk bisa membuat produk dan brand terlihat lebih bagus di mata pelanggan.

Selain itu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk maupun brand kamu.

Oh iya, ada tips tambahan nih, jika kamu akan menyiapkan harga untuk produk, pastikan kamu mempertimbangkan beberapa hal ini ya;

  • Siapa pelanggan Kamu, dan berapa banyak yang bersedia mereka bayar untuk produk Kamu?
  • Berapa harga produk serupa di pasaran?
  • Apakah Kamu menawarkan pengiriman gratis?

Jika semua sudah tertarget, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan keuntungan menjadi lebih besar.

Ada lagi tips dan cara memulai bisnis kaos brand sendiri jika kamu adalah seorang pemula tanpa pengalaman jualan sama sekali.

Pada dasarnya jika kamu memiliki produk yang dibutuhkan orang, maka kamu tidak perlu biaya sangat besar untuk mendapatkan pelanggan, yang perlu kamu lakukan adalah :

  • Jangkau Jaringan yang ada di sekitar kamu
    Jika kamu meminta dengan baik, teman, keluarga, kolega kamu untuk dapat membantu kamu membagikan bisnis kamu di lingkaran media sosial mereka, atau bahkan mungkin membeli pakaian kamu, kenapa tidak? Salah satu strategi gratis yang bisa kamu lakukan.
  • Media sosial
    Instagram, Facebook, Pinterest, TikTok dll adalah platform iklan gratis terbesar di luar sana. Jika kamu merasa perlu sedikit kenaikan, kamu bisa memasukkan anggaran iklan yang kecil. Namun jika kamu sudah riset pasar di media sosial yang dituju, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, cukup jangkau mereka dengan cara organik, seperti membuat konten misalnya.

Nah itulah beberapa hal terkait bisnis clothing line yang bisa kamu jalankan, ternyata berbisnis kaos custom ini tidak perlu modal besar lho, kamu hanya perlu supplier yang bisa memproduksinya dengan mengirimkannya lewat sistem dropshipping.

(Visited 39 times, 1 visits today)
Close