Written by 5:41 am Tips & Trik

8 Cara Mengubah / Hapus Penilaian & Komentar Buruk Di Shopee

8 Cara Mengubah Hapus Penilaian & Komentar Buruk Di Shopee

Penilaian produk di marketplace memiliki peran penting yang bisa membangun kredibilitas seller atau penjual. 

Namun terkadang untuk bisa mendapatkan penilaian yang baik tidak hanya dari segi kualitas dan pelayanan juga lho, karena ada saja oknum yang ingin menjatuhkan penjual dengan membeli produk namun menjelek – jelekkan produk di halaman penilaian. 

Padahal penilaian itu penting untuk menjaga nama baik toko maupun meningkatkan penjualan karena pelanggan merasa percaya dengan produk kamu dari apa yang dilihat dalam penilaian produk. 

Sebagai seller mungkin kamu was was jika penilaian produk kamu tiba – tiba jelek karena salah satu oknum, sedangkan di marketplace seperti shopee penjual atau seller tidak bisa menghapus penilaian dari pelanggan. 

Pengaruh Penilaian / Ulasan / Komentar Buruk Di Shopee

komentar buruk shopee

Penilaian, ulasan, atau komentar buruk di toko Shopee atau platform e-commerce lainnya dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bisnis. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi:

  1. Pengurangan Kepercayaan Pelanggan: Ulasan dan penilaian adalah salah satu faktor utama yang sering dilihat konsumen sebelum melakukan pembelian. Ulasan buruk bisa menurunkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau toko, sehingga menurunkan kemungkinan pembelian.

  2. Penurunan Peringkat Toko: Di beberapa platform e-commerce, termasuk Shopee, ulasan dan penilaian dapat memengaruhi peringkat toko. Ulasan negatif bisa menyebabkan toko turun dalam peringkat pencarian, sehingga lebih sulit ditemukan oleh pembeli potensial.

  3. Dampak terhadap Penjualan: Seperti yang telah disebutkan, penurunan kepercayaan dan visibilitas toko bisa berdampak langsung pada penjualan. Toko yang memiliki banyak ulasan buruk kemungkinan akan melihat penurunan dalam jumlah transaksi.

  4. Pengaruh terhadap Reputasi Merek: Ulasan buruk tidak hanya berdampak pada produk atau transaksi tertentu; mereka juga bisa merusak reputasi merek atau toko secara keseluruhan. Ini bisa memiliki efek jangka panjang dan sulit untuk diperbaiki.

  5. Peningkatan Biaya Pemasaran: Untuk mengatasi ulasan negatif, toko mungkin perlu meningkatkan usaha pemasarannya, termasuk memberikan diskon atau promosi khusus untuk menarik pelanggan. Ini bisa meningkatkan biaya pemasaran.

  6. Respon dan Penanganan: Terkadang, ulasan buruk mungkin mencerminkan masalah nyata dalam layanan atau produk. Respon yang cepat dan profesional terhadap ulasan negatif bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki masalah dan mendemonstrasikan pelayanan pelanggan yang baik. Namun, penanganan yang buruk bisa memperparah situasi.

  7. Hambatan bagi Penjual Baru: Bagi penjual baru yang belum memiliki banyak ulasan, beberapa ulasan negatif awal bisa menjadi hambatan yang signifikan dalam membangun bisnis.

  8. Peluang untuk Perbaikan: Di sisi lain, ulasan buruk juga bisa menjadi alat yang berguna untuk memahami apa yang mungkin salah dengan produk atau layanan dan memberikan kesempatan untuk memperbaikinya.

70% pembeli lebih cenderung membeli dari toko yang memiliki rating tinggi. (Sumber: Econsultancy)

90% pembeli akan membaca ulasan sebelum membeli dari toko online. (Sumber: BrightLocal)

Toko dengan rating bintang 4,5 atau lebih akan mendapatkan 50% lebih banyak penjualan daripada toko dengan rating bintang 3,5 atau lebih. (Sumber: ReviewTrackers)

Toko dengan rating bintang 4,0 atau lebih akan mendapatkan 200% lebih banyak penjualan daripada toko dengan rating bintang 3,0 atau lebih. (Sumber: Bazaarvoice)

Apakah Penilaian / Komentar Di Shopee Bisa Di Ganti Oleh Penjual ?

Mungkin kamu berpikir jika penilaian di shopee tidak bisa diganti karena jika dilihat sekilas, tidak ada pilihan untuk mengganti komentar di shopee.

penilaian pembeli

Namun ternyata, Penilaian atau komentar di shopee bisa diganti lho, tapi hanya bisa diganti oleh pihak pembeli dan jatah pembeli mengganti hanya sekali saja dalam kurun waktu 30 hari. Setelah 30 hari penilaian tidak bisa diubah maupun dihapus oleh pembeli.

Pihak Shopee pun belum membuat fitur untuk menghapus penilaian dari pihak penjual, penilaian hanya bisa diubah dari pihak pembeli saja.

Namun sebagai penjual, kamu bisa lho mengajukan komplain ke customer service jika dirasa penilaian yang diberikan tidak sesuai. Sebagai penjual, setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengganti penilaian buruk di shopee.

  1. Menghubungi pembeli, ini merupakan cara terbaik yang dapat kamu lakukan. Ajak pembeli diskusi, selesaikan masalahnya apa, namun jika kesalahan ada pada ekspedisi maka berikan pengertian kepada pembeli. Jika sudah, mintalah pembeli untuk merubah penilaiannya. Biasanya pembeli mau kok merubah penilaian buruknya.
  2. Jika kamu merasa pembeli sengaja / terdapat kesengajaan untuk menjatuhkan, kamu diperbolehkan kok komplen ke customer service shopee. Jika komplen kamu benar, customer service akan membantumu untuk menghapus penilaian buruk shopee tersebut.

 

Edukasi Pembeli Untuk Tidak Memberikan Penilaian Sembarangan

Dalam marketplace ada 5 bintang yang diperlukan agar toko dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi, aman dan juga produk – produknya terjamin. 

Namun, sebagai penjual terkadang kamu bisa mendapatkan bintang 4, 3 bahkan kamu bisa mendapat bintang 1 jika ada oknum pembeli menyebalkan yang ingin menjatuhkan jualan kamu. 

Selain itu, bintang juga berpengaruh pada performa toko serta penjualan toko kamu. Jadi pastikan kamu tidak mendapatkan penilaian yang buruk,

Jangan lupa untuk mengedukasi pelanggan kamu, jika ingin komplain silahkan chat atau hubungi kamu di chat shopee atau komunikasi lainnya sambil memastikan kalau kamu memberikan respon yang baik dan cepat, agar tidak terjadi penilaian yang sembarangan yang bisa berakibat fatal pada toko jualan kamu.

Ajari Pembeli Cara Mengubah / Menghapus Penilaian Di Shopee

Penilaian suatu produk memang terkadang random, sebagai pembeli, tentu akan sangat senang ketika mengetahui paket yang di tunggu – tunggu datang, namun sebaliknya, bisa sangat kecewa jika barang yang di tunggu tidak sesuai ekspektasi, pengiriman oleh kurir terbilang lama dan lain sebagainya. 

Biasanya emosional pembeli akan sangat berpengaruh pada penilaian suatu produk, apalagi suasana emosinya bisa berubah sesuai dengan produk yang mereka terima.

Terkadang mereka langsung mengambil keputusan dengan memberikan penilaian jelek terhadap produk kamu di kolom review shopee. Dari mulai memberikan bintang 1 atau 2 saja, dan kata – kata kasar yang menandakan mereka kecewa terhadap produk kamu. 

Namun, sebagai seller yang bertanggung jawab kamu harus dengan yakin jika produk yang kamu kirimkan benar, jika pun ada kekurangan kamu bisa menggantinya sebagai kompensasi agar pelanggan tidak terlalu kecewa. 

Jika sudah negosiasi dengan kompensasi dan emosi mereka sudah mereda, kamu bisa meminta mereka untuk mengubah atau menghapus penilaian di shopee.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah cara mengubah penilaian di shopee yang mudah. 

  1. Langkah pertama kamu harus masuk ke akun shopee 
  2. Setelah itu, masuk ke profile shopee kamu di menu saya, dan pilih “lihat Riwayat Pesanan”
  3. Lalu pilihlah produk yang akan dihapus atau diubah penilaiannya
  4. Setelah memilih produk, scroll ke bagian bawah dan pilih Lihat Penilaian 
  5. Maka akan muncul halaman penilaian yang sudah dibuat sebelumnya
  6. Langkah selanjutnya adalah klik ubah untuk mengubah penilaian produk
  7. Jika kamu ingin merahasiakan identitas, kamu bisa menonaktifkan pilihan “tampilkan username pada penilaian”
  8. Lalu gantilah penilaian produknya, dan klik kirim. Penilaian pun berhasil diubah.

Lalu bagaimana jika pembeli tidak mau merubah penilaiannya di shopee? Ikuti langkah selanjutnya ya ,  terus lanjut baca ke akhir artikel.

Mengubah penilaian / Ulasan Di Shopee

Mengubah penilaian / Ulasan Di Shopee | Source : shopee.co.id

Cara Menghapus Penilaian & Komentar Buruk Di Shopee Lewat CS

Sebagaimana yang sudah di singgung sebelumnya, untuk menghapus penilaian, dari seller sebenarnya tidak bisa menghapus, hanya bisa dari pihak pembeli. Jika seller ingin menghapus penilaian yang buruk, bisa meminta dengan baik kepada pembeli untuk menghapus penilaian, namun jika pembeli tidak merespon. Penjual bisa meminta bantuan kepada customer service shopee untuk membantu menghapus komentar yang buruk. 

Kamu hanya perlu memberikan bukti jika seller tidak melakukan kesalahan apapun, produk dikirimkan sesuai pesanan dan pengiriman pun aman, sehingga nantinya akan dibantu CS shopee untuk menghapus komentar buruk pada produk di toko kamu.

Baca juga : Customer Care: Pengertian, Tujuan, Gaji & Fungsinya Untuk Bisnis

Nah itulah beberapa cara mengubah atau menghapus penilaian di komentar shopee. Sama halnya dengan sosial media, bijaklah dalam berkomentar, karena satu kata yang jelek saja bisa merugikan banyak pihak.

Jika kamu merasakan kekurangan dan ada kekecewaan dalam proses penerimaan paket atau pesanan, kamu bisa menghubungi penjual agar diberikan jaminan atau garansi atau setidaknya kamu bisa mendapatkan ganti rugi dari produk yang didapatkan. 

Tapi jika produk sesuai dan pengiriman pun tidak terkendala, jangan memberikan penilaian buruk kepada seller, itu sama artinya kamu mematikan jualan orang lain, karena seller online khususnya marketplace seperti shopee hanya bisa meningkatkan penjualan, salah satunya dengan penilaian yang baik dari pelanggan – pelanggannya. 

(Visited 17,612 times, 151 visits today)
Close