Written by 12:57 pm Sosial Media, Tips & Trik

Cara Daftar & Membuat Nomor Baru Di Whatsapp Cuma 1 Menit

cara daftar whatsapp

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi pesan instant WhatsApp ? Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi pesan instant yang populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Dengan WhatsApp, Anda dapat berkirim pesan teks, gambar, video, dan suara ke teman-teman dan keluarga Anda dengan mudah dan cepat. Selain itu, WhatsApp juga menyediakan fitur panggilan suara dan video yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

data pengguna whatsapp

WhatsApp, aplikasi pesan instant yang dikembangkan oleh Facebook Inc, terus menjadi salah satu platform komunikasi yang paling populer di dunia. Berdasarkan laporan Business of Apps, jumlah pengguna WhatsApp secara global telah mencapai 2,41 miliar orang pada kuartal II 2022. Angka ini meningkat sebesar 5,41% dibandingkan jumlah pengguna pada kuartal II tahun sebelumnya yang sebanyak 2,28 miliar orang.

India adalah negara dengan jumlah pengguna WhatsApp terbesar di dunia, dengan 390 juta pengguna pada 2021. Brasil dan Indonesia menyusul dengan jumlah pengguna masing-masing sebanyak 148 juta orang dan 112 juta orang.

Sementara itu, laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa WhatsApp juga menjadi platform media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. 27,6% responden mengatakan sangat sering menggunakan WhatsApp dalam sehari, sementara 52% mengatakan sering menggunakannya. Hanya 16,6% responden yang mengatakan jarang menggunakan WhatsApp dan 3,8% yang mengatakan sangat jarang menggunakannya.

Baca juga : 7 Tips & Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, Pasti Cuan !

Menariknya, jumlah pengguna WhatsApp global terus meningkat dalam lima tahun terakhir, seperti yang terlihat dalam grafik. Hal ini menunjukkan bahwa WhatsApp terus menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam berkomunikasi, baik secara pribadi maupun bisnis.

Namun sayangnya, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu cara daftar / membuat nomor baru di WhatsApp lho, maka dari itu di artikel ini kami akan mengulas bagaimana sih cara daftar whatsapp dengan mudah bagi anda yang belum memiliki akun WhatsApp.

Kami akan membagi panduannya dalam 2 cara :

  1. Untuk yang belum pernah sama sekali menggunakan WhatsApp
  2. Untuk yang sudah pernah daftar tapi ingin mengganti nomor WhatsApp

Cara Daftar Nomor Baru Di Whatsapp Bagi Pengguna Baru

Jika anda belum pernah memiliki akun WhatsApp sebelumnya, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini :

1. Download WhatsApp

download whatsapp

Sumber : wikihow.com

Pastikan di HP anda sudah menginstall aplikasi WhatsApp, anda bisa mendownloadnya melalui playstore (untuk pengguna android) dan AppStore (untuk pengguna IOS / Iphone)

2. Buka Dan Ikuti Panduannya

tampilan pertama kali

Saat pertama kali dibuka, anda akan melihat tampilan seperti diatas, klik saja setuju & lanjutkan -> isi nomor HP yang ingin menjadi identitas WhatsApp anda, dimulai dari angka 8 ya karena sudah ada kode area +62 didepannya, sebagai contoh jika nomor hp anda 08123456789 maka cukup masukkan 8123456789 tanpa angka 0 didepannya -> klik lanjut -> jika muncul popup klik saja OK

Selanjutnya anda akan diminta melakukan verifikasi bahwa memang benar andalah pemilik nomor HP tersebut, periksa sms di nomor yang dimasukkan tadi, ada pesan dari WhatsApp yang berisikan 6 digit kode.

verifikasi nomor whatsapp

Isikan 6 digit kode tersebut ke kolom yang tersedia di aplikasi WhatsApp -> jika kode nya benar, akan ada tulisan verifikasi berhasil dan anda sudah memiliki akun WhatsApp sekarang.

verifikasi whatsapp selesai

Jika muncul gambar seperti diatas, klik saja lanjut agar WhatsApp bisa mengakses kontak yang ada di HP anda -> lalu Izinkan

foto profil dan nama whatsapp

Selanjutnya silahkan masukkan Nama serta foto WhatsApp anda, nama dan foto ini akan tampil di orang lain ketika anda mengirim pesan ke teman / kerabat / dll

tampilan akun whatsapp

Jika tampilan aplikasi WhatsApp anda sudah seperti diatas, maka pembuatan akun WhatsApp sudah berhasil hingga akhir, seharusnya kamu sudah dapat menerima pesan dari orang lain, untuk memastikannya anda bisa meminta orang mengirim pesan WA ke nomor yang tadi anda daftarkan, jika di contoh ini maka nomor whatsapp kami adalah 08123456789.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp / Mendaftarkan Nomor Lain Di Akun Whatsapp

Lantas bagaimana jika anda sudah memiliki WhatsApp dan anda ingin mengganti nomor HP nya ?

Misalnya jika nomor lama anda sudah tidak terpakai (nomor lama mati) atau anda ingin mengkhususkan nomor tersebut untuk jualan, serta alasan – alasan lain yang intinya ingin mengubah nomor lama ke nomor baru tanpa menghilangkan riwayat chat lama anda.

Caranya adalah sebagai berikut :

Buka aplikasi WhatsApp nya, lalu klik tanda titik 3 disudut kanan atas seperti pada gambar dibawah ini -> klik Setelan

masuk ke pengaturan whatsapp

Selanjutnya klik menu bernama “Akun” -> lalu klik lagi “Ganti nomor”.

pengaturan akun whatsapp

menu ganti nomor hp

Lalu anda akan diperlihatkan halaman peringatan kalau dengan mengganti nomor hp maka anda akan memindahkan semua kontak, group dan pengaturan lama ke nomor yang baru, klik saja lanjutkan.

Setelah klik lanjutkan, anda akan diminta juga untuk memasukkan nomor lama (nomor hp lama anda) dan nomor baru (nomor hp baru yang ingin dijadikan identitas baru), pastikan anda mengisikan datanya dengan benar ya -> jika sudah klik lanjutkan.

notif kontak whatsapp

Anda akan diberikan pilihan, apakah ingin memberitahu kontak lama anda bahwa nomor anda sudah berubah atau tidak, warna abu-abu berarti jangan beritahu, jika warna hijau artinya beritahu.

Lalu klik lanjutkan, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor baru dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS, whatsapp perlu memastikan kalau nomor tersebut adalah benar milik anda.

Cek kotak masuk SMS anda, akan ada pesan dari whatsapp, masukkan kode nya ke kolom yang tersedia, jika kode sesuai, maka akan ada notif verifikasi berhasil.

Sekarang nomor WhatsApp anda sudah berganti ke nomor baru.

Catatan : Untuk menjaga – jaga sebelum membuat nomor baru di WhatsApp, silahkan backup terlebih dahulu riwayat pesan anda ya, caranya klik pengaturan (titik 3 disudut kanan atas) -> Setelan -> Chat -> Cadangan Chat -> Cadangkan

Demikian tutorial cara daftar akun WhatsApp atau Cara membuat nomor baru WhatsApp serta cara mengganti nomor lama ke nomor baru jika nomor sudah tidak aktif lagi, semoga panduan ini membantu, terimakasih.

(Visited 21 times, 1 visits today)
Close