Written by 11:32 pm Informasi

30 Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Jual Beli Online

30 Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Jual Beli Online

Jual beli online memang sudah jadi bagian kehidupan sehari – hari dari masyarakat di masa kini, bahkan sekarang sudah banyak pebisnis online bermunculan, brand – brand yang tadinya hanya membuka bisnis offline saja, membuka cabang online untuk meningkatkan penjualan.

Dibalik maraknya jual beli online, banyak pula istilah – istilah yang muncul antara penjual dan pembeli.

Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Jual Beli Online

Berikut ini adalah istilah – istilah familiar yang sering dipakai saat jual beli antara penjual dan pembeli, yaitu ;

  1. COD (Cash on delivery)

Karena maraknya penipuan kepada pembeli yang sudah transfer biaya produk, namun produk tidak dikirimkan, maka muncullah sistem COD atau cash on delivery yang artinya pembayaran produk atau barang dilakukan secara cash atau tunai pada saat barang sudah di antarkan ke alamat tujuan.

  1. Ongkir

Ongkir atau ongkos kirim ini adalah biaya atau nominal tertenu yang dipakai untuk mengetahui biaya kirim barang kepada pembeli. biasanya pembeli akan bertanya tentang ongkir ini untuk mengetahui apakah ada free ongkir atau tidak, karena di beberapa marketplace disedikan voucher free ongkir untuk setiap pembelian dengan minimal 0 rupiah hingga 120ribu rupiah.

  1. Gan atau Agan

Gan atau agan ternyata berasal dari kata juragan, sama seperti admin yang dipanggil mimin, gan atau agan ini hanya kata untuk memanggil penjual yang dilakukan oleh pembeli maupun penjual. selain agan, mimin, kak, mas, sis dan lain – lainnya juga bisa dijadikan panggilan satu sama lain.

  1. Nego Harga

Nego berasal dari kata negosiasi atau tawar menawar, dalam jual beli biasanya ada yang namanya nego harga, umumnya pembeli pasti akan bertanya bisa nego gak ya? artinya pembeli ingin menawar produk yang kamu jual.

  1. Rekber

Rekber atau bisa disebut rekening bersama yang gunanya adalah menyimpan uang transaksi sampai barang atau produk diterima oleh pembeli, jika produk tidak kunjung di terima, maka pemilik rekber tidak akan memberikan uang transaksi kepada penjual.

  1. No Afgan dan No Rossa

No afgan dan No Rossa adalah istilah yang terkenal dikalangan penjual, apalagi pada iklan penjualan untuk menarik perhatian pelanggannya. Maksud dari No afgan dan No Rossa adalah agar pembeli tidak memberikan sistem tawar menawar ahrga yang sadis dan tega sesuai dengan judul lagu afgan dan rossa.

  1. Dropship

Dropship adalah istilah jual beli online sekaligus model bisnis yang mudah dilakukan siapa saja dan dengan modal yang minim. Sistem dropship memberikan kemudahan kepada penjual yang ingin berjualan tanpa harus mempunyai barang atau produk sendiri. cukup promosikan produk dari produsen dan dapatkan keuntungannya,

Baca juga : Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

  1. Reseller

Reseller, hampir sama dengan model bisnis dropship, namun khusus reseller biasanya menyediakan stok barang atau produk, untuk dijual kembali kepada konsumen. Biasanya reseller mempunyai beberapa produsen agar jualan mereka bisa laris manis. 

  1. Official Store

Official store biasanya ditujukan untuk toko resmi dari brand yang ada di e-commerce. Dengan adanya official store pembeli mendapatkan jaminan jika produk yang dijualnya adalah original alias asli dan berkualitas.

Baca Juga : Bisnis e-Commerce : Pengertian, Jenis & Cara Kerjanya

  1. Merchant

Merchant, istilah yang ditujukan untuk pemilik lapak di marketplace atau e-commerce. Jika kamu menjual produk di sosial media ataupun e-commerce maka kamu disebut sebagai merchant.

  1. Mint condition atau like new

Mint condition atau like newa adalah sebuah istilah yang menandakan jika barang dijual memiliki kondisi yang sangat baik, seperti barang baru. biasanya istilah ini digunakan untuk menjual barang bekas namun dengan kondisi yang baik seperti barang yang baru atau hanya baru digunakan sekali saja.

  1. Refurbished

Pernah dengar istilah refurbushed? Dulu banyak yang menjual barang elektronik yang sudah diperbaiki kembali sebelum akhirnya dijual lagi. pada dasarnya barang elektronik tersebut sudah pernah rusak, tapi karena barangnya yang mulus dan bisa diperbaiki lalu dijual kembali. Oleh karena itu, barang refurbished biasanya punya kualitas yang sama dengan barang resmi yang dijual di toko – toko.

  1. OEM

OEM atau Original Equipment Manufacture adalah barang asli yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh perusahaan laun dengan label brand mereka sendiri.

  1. BU

BU alias butuh uang, biasanya istilah ini digunakan oleh penjual untuk menjelaskan motivasi mereka menjual barang lebih rendah dari harga pasarannya.

  1. BT

BT alias barter, proses dimana penjual atau pembeli melakukan transaksi jual beli dengan pilihan barter barang dengan barang lainnya yang memiliki nilai harga yang sama.

  1. PO

PO atau pre order sering dilakukan oleh penjual yang meminta pembeli untuk menunggu karena barangnya masih belum tersedia, bisa jadi karena masih produksi dan lain – lain.

  1. WTS atau WTB

WTS atau want to sell digunakan untuk mempromosikan produk yang ingin dijual dan WTB atau want to buy digunakan untuk mengumumkan produk apa yang ingin kamu beli.

  1. DM atau PM

Sama – sama chat personal atau menghubungi penjual dengan jalur komunikasi pribadi. DM atau PM sering dilakukan oleh pembeli yang ingin bertanya harga maupun ingin nego harga.

  1. BNIB atau BNOB

Selanjutnya ada istilah BNIB dan BNOB, dimana BNIB adalah brand new in box dimana barang masih tersegel dan baru dalam box atau kotak. Sedangkan BNOB brand new open box, biasanya barang sudah dikeluarkan dari box untuk alasan tertentu, misalnya pendaftaran atau aktivasi IMEI pada smartphone.

  1. Hit and run

Hit and run merupakan istilah yang menggambarkan perilaku calon pembeli yang sudah banyak nanya, sudah banyak tawar menawar tapi akhirnya kabur juga tanpa kabar yang jelas.

  1. Preloved

Preloved merupakan istilah menjual barang – barang bekas di marketplace maupun di sosial media. biasanya sering digunakan oleh influencer yang mendapatkan barang endorse, dan barangnya di preloved alias dijual kembali dengan harga murah.

  1. Nomor resi

Nomor resi adalah nomor penting untuk pelacakan paket yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi, kamu bisa melacak paket yang kamu pesan hanya dengan menginput nomor resi di situs aplikasi ekspedisi.

  1. Sold atau sold out

Sold atau sold out adalah istilah horror bagi pembeli yang memang menginginkan produk tertentu dan menjadi istilah paling menyenangkan bagi penjual, karena barang yang dijual sudah laku alias habis terjual oleh pembeli.

  1. Nett

Nett adalah istilah untuk menunjukkan harga akhir yang diberikan oleh penjual, Jika kamu menawar dibawah harga nett maka penjual akan menolak tawaran kamu.

  1. HB

HB adalah istilah harga barang biasanya digunakan saat pembeli menanyakan produk kepada penjual.

  1. PL

Price list merupakan sebuah daftar harga produk atau jasa yang kamu jual, biasanya pembeli akan menanyakan price list saat akan bertransaksi, dan PL juga berguna untuk penjual menjelaskan barang yang dijual dengan singkat dan jelas.

28. Marketplace

Marketplace merupakan istilah untuk menggambarkan mall online atau pasar yang bisa diakses secara online. Dimana di marketplace kamu bisa bertemu ratusan hingga ribuan penjual dan pembeli. Biasanya marketplace menggunakan sistem menampung uang transaksi sebelum produk diterima oleh pembeli, setelah produk diterima maka dana akan di transferkan kepada penjual.

29. DP  – Down Payment

DP adalah istilah untuk pembayaran awal sebagai tanda jadi, dan sisa pembayaran dilakukan sesuai dengan kesepakatan. Bila sudah lunas maka produk bisa di kirimkan oleh penjual.

30. Minor

Istilah Minor adalah istilah untuk memberitahukan pemesanan minimal untuk busa menikmati free ongkir. Misalnya minornya adalah 250rb, maka kamu baru bisa mendapayptkan free ongkir jika sudah mencapai angka belanja diatas 250ribu.

Itulah beberapa istilah dalam jual beli online yang sering digunakan baik oleh pembeli maupun penjual. Istilah ini membantu dalam proses transaksi jual beli dan bisa dipahami oleh kedua belah pihak. Selain itu, istilah jual beli online ini juga membantu proses komunikasi antara penjual dan pembeli lebih lancar dan meminimalisir kesalahpahaman dalam komunikasi maupun pelayanan.

Semoga istilah – istilah dalam jual beli online ini bisa kamu gunakan untuk membantu dalam pelayanan dengan pelanggan ya, atau membantu kamu sebagai pembeli untuk mempersingkat komunikasi langsung pada intinya.

(Visited 2,118 times, 2 visits today)
Close