Written by 4:11 am Marketing

8 Strategi Memenangkan Persaingan Yang Wajib Diketahui Pemula

Strategi Memenangkan Persaingan Yang Wajib Diketahui Pemula

Strategi memenangkan persaingan memang diperlukan jika kamu ingin unggul dari kompetitor. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengalahkan pesaing.

Namun, di era serba digital seperti sekarang, tidak mudah mengalahkan pesaing, kamu perlu strategi jitu, mulai dari strategi sumber daya manusia, produksi, operasional hingga promosi dari segi marketing.

Ingat ini karena setiap usaha itu kompetisi dan setiap kompetisi adalah bagian dari usaha.

Meskipun terlihat tidak mudah dilakukan, namun strategi memenangkan persaingan punya banyak manfaat yang bisa memberi dampak yang baik bagi bisnis kamu kedepannya.

Ada beberapa strategi memenangkan persaingan terbaik yang bisa kamu tiru untuk bisa unggul dari kompetitor.

8 Strategi Terbaik Agar Memenangkan Persaingan

Mengenali Kompetitor atau Pesaing Kamu

Strategi pertama adalah mengetahui siapa kompetitor di bisnis kamu, dari mulai apa yang mereka tawarkan bagaimana layanan yang mereka sediakan sampai pemasaran seperti apa yang mereka lakukan untuk menggaet pelanggan. Cara ini bisa membantu kamu untuk menetapkan harga bersaing dan pemasaran yang lebih menarik.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana mengetahui apa yang menjadi kelemahan dari kompetitor. Kamu juga mampu bertahan ketika ada kompetitor baru karena sudah terbiasa untuk menganalisa kompetitor apalagi di era seperti digital sekarang.

Mengenali Siapa Pelanggan atau Target Audiens Kamu

Kenapa kamu harus mengenal pelanggan kamu terlebih dahulu? Karena riset pasar adalah hal krusial yang tidak boleh dilewatkan dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Pelanggan memang harus dianalisis terlebih dahulu, agar kamu bisa memberikan apa yang memang dibutuhkan oleh mereka, dari mulai jenis kelamin, apa minat mereka, hobi hingga produk apa yang sering mereka cari. Dengan menganalisis pelanggan kamu bisa mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang perlu kamu lakukan..

Menganalisis atau mengenali pelanggan cukup mudah dengan cara membangun hubungan yang baik antara pelanggan, agar mereka loyal walaupun hanya membeli beberapa kali saja dari brand kamu.

Data yang kamu dapatkan dari mengenali pelanggan bisa kamu manfaatkan untuk membuat strategi marketing yang lebih baik lagi.

Menunjukkan Keunikan Bisnis atau Produk kamu

Keunggulan atau dalam istilah bisnis dikenal dengan unique selling point adalah hal yang penting agar brand kamu terlihat berbeda dengan para kompetitor. Salah satu cara untuk membuat keunikan produk agar berbeda dengan pesaing adalah dengan mencari tahu apa keunikan pesaing setelah itu lakukan pembeda dengan menonjolkan apa yang tidak pesaing punya di bisnis mereka.

Selain itu, kamu bisa menunjukkan keunggulan dengan cara menjadi solusi dari permasalahan audiens, jika kamu menjalankan bisnis skincare, kamu perlu satu hal yang bisa membuat kamu lebih unggul di mata konsumen, misalnya jika brand lain hanya bisa klaim sebulan bisa mencerahkan kulit, kamu bisa mengklaim penggunaan 7 hari kulit bisa langsung cerah.

Dengan cara tersebut kamu bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Pertahankan Pelanggan Lama Kamu

Pelanggan lama itu jangan dibiarkan, justru mereka bisa berperan dalam mendatangkan pelanggan baru ke dalam bisnis kamu.

Kamu perlu mempertahankan pelanggan yang sudah setia dengan brang kamu, dengan tetap melayani mereka dengan cara yang baik. Misalnya memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan lama, memberikan penawaran khusus yang hanya bisa di dapatkan oleh pelanggan lama, dan lain sebagainya.

Dengan menjaga hubungan dan terus berinovasi dengan produk yang ditawarkan kepada pelanggan lama, kamu bisa lebih unggul dari kompetitor sekaligus memberikan kepuasan kepada konsumen setia kamu.

Baca juga : Customer Retention : Strategi Pengusaha Pertahankan Pelanggan

Kolaborasi Produk Untuk Inovasi Bisnis

Kolaborasi produk dalam bisnis adalah sebuah inovasi yang bagus dilakukan untuk menunjukkan bahwa brand kamu lebih baik dari pesaing. Kamu bisa bekerja sama dengan brand serupa dan membuat kolaborasi produk, atau kamu bisa bekerja sama dengan influencer ternama dengan membuat kolaborasi produk limited edition. Seperti contoh McDonalds yang berkolaborasi dengan idol KPop ternama yaitu BTS, atau KFC yang menggaet brand kecantikan lokal dengan membuat varian produk khusus.

Kolaborasi tersebut menguntungkan kedua belah pihak dan bisa menciptakan peluang yang sebelumnya tidak tercapai jika dilakukan oleh brand seorang diri tanpa adanya kerjasama.

Bangun Website Online yang Menarik

Di era digital strategi memenangkan persaingan memang perlu effort yang lebih, salah satunya dengan membuat website online yang didesain dengan baik, user friendly dan mampu memberikan dampak positif bagi pelanggan.

Kamu bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan konten – konten yang menarik, kamu bisa menggunakan website untuk berjualan secara langsung dan lain sebagainya.

Cari Tahu Kelebihan dan Kelemahan Pesaing

Untuk lebih unggul dan sebagai cara strategi memenangkan persaingan, kamu memang perlu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pesaing, agar kamu bisa menentukan produk seperti apa yang bisa unggul dari kompetitor, dan strategi pemasaran seperti apa yang tidak dimiliki pesaing.

Jika kamu mampu memberikan pelayanan dan produk yang tidak disediakan oleh kompetitor maka kamu memiliki peluang untuk memenangkan persaingan.

Ciptakan Event Promosi Produk

Cara ini dilakukan sebagai strategi memenangkan persaingan, dengan membuat event promosi produk yang bisa menggaet pelanggan lebih banyak lagi, kamu bisa menerapkan diskon. Dengan event tersebut kamu bisa meningkatkan penjualan, sekaligus memberikan layanan kepuasan bagi pelanggan.

Itulah 8 strategi memenangkan persaingan dalam sebuah bisnis, semakin kamu bisa memberikan hal yang tidak ada di kompetitor, semakin unik dan unggul produk dan layanan yang kamu ciptakan, maka semakin besar pula peluang kamu memenangkan persaingan.

(Visited 372 times, 1 visits today)
Close