Written by 3:44 am Informasi

7 Untung Rugi Belanja Online Yang Wajib Kamu Tahu

7 Untung Rugi Belanja Online Yang Wajib Kamu Tahu

Hari gini siapa sih yang gak suka dengan belanja online? Kamu bisa mendapatkan barang apapun bahkan barang teraneh dan terunik dengan belanja online.

Semenjak pandemi, belanja online naik kepopulerannya, walaupun sebenarnya belanja online sudah ada di kalangan masyarakat sejak 1 dekade yang lalu.

Fenomena belanja online ini mengubah kepribadian masyarakat, yang tadinya senang berbelanja offline dengan jalan ke mall, pilih barang – barang secara langsung, namun sejak ada online semua pindah haluan.

Fenomena belanja online pun gak hanya terjadi di kalangan atas saja lho, kalangan menengah ke bawah pun banyak memanfaatkan belanja online. Katanya belanja online bikin barang yang jauh bisa mudah dijangkau.

Namun, belanja online ini memiliki dampak yang baik dan buruk, sehingga setiap ada keuntungan pasti ada kerugian dari belanja online.

Oleh karena itu, di artikel ini akan dibahas mengenai apa saja kekurangan belanja online dan apa yang menjadi kelebihan belanja online.

Keuntungan Belanja Online

Seperti yang kita ketahui salah satu keuntungan belanja online adalah mendekatkan yang jauh. Kamu bisa menggapai barang yang di jual di luar kota dan bisa sampai hanya dalam beberapa hari saja.

Selain itu, ada banyak keuntungan belanja online yang bisa kamu ketahui, yaitu:

Memberikan Kemudahan secara efisien

Dengan belanja online, kebutuhan kamu menjadi terpenuhi dengan mudah, praktis dan efisien. Kamu tidak perlu panas – panasan di luar hanya untuk membeli makanan, minuman atau pun pakaian serta keinginan kamu yang lainnya.

Hanya melalui smartphone, kamu bisa bertransaksi hanya beberapa menit saja, setelah itu kamu tinggal menunggu barang yang kamu pesan sampai di rumah

Banyak Promo yang mudah digunakan

Seperti yang kita tahu, marketplace atau online shop bersaing untuk mendapatkan pelanggan, dan mereka selalu memberikan pelayanan maksimal untuk tercapainya penjualan. Salah satu yang dilakukan adalah memberi promo diskon, voucher atau cashback.

Pelanggan yang berbelanja online bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan promo, dari yang tadinya harga jual barang yang ingin dipesan adalah 100% bisa dapat promo menjadi 70 hingga 90%.

Semua itu bisa kamu dapatkan sebagai keuntungan belanja online.

Metode Pembayaran Beragam

Keuntungan belanja online berikutnya adalah metode pembayaran yang beragam, dari mulai transfer bank, cash on delivery, credit card atau menggunakan merchant yang bekerjasama dengan online shop tertentu.

Keuntungan belanja online di bagian metode pembayaran ini juga bisa buat kamu yang ingin menyicil barang yang kamu pesan. Karena hal tersebutlah belanja online menjadi disukai oleh pelanggan.

Namun, dibalik keuntungan belanja online ada juga kekurangan belanja online yang harus kamu waspadai agar tidak merugikan diri kamu ataupun orang lain.

Kekurangan Belanja Online

Meskipun belanja online memberikan dampak baik dengan berbagai keuntungan, namun ternyata belanja online juga memiliki kekurangan, yang jika tidak kamu waspadai nantinya akan merugikan kamu.

Berikut ini adalah kekurangan belanja online, yaitu:

Memberikan Dampak Impulsive Buying

Belanja online memang memudahkan dalam membeli kebutuhan dan keinginan secara cepat, namun ada dampak buruk terhadap keuangan, apalagi jika kamu kurang mengelola keuangan dengan baik.

Belanja online bisa memberikan dampak impulsive buying dimana kamu berbelanja secara rutin di luar perencanaan.

Sehingga jika kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, keuangan kamu akan terpuruk gara – gara belanja online.

Menerima Barang Tidak Sesuai Ekspektasi

Jika kamu pernah mendengar seorang membeli barang handphone, tapi yang datang malah kardusnya saja. Atau kamu membeli sofa yang terlihat besar di gambar ternyata pas sampai rumah malah sofa barbie yang super kecil yang dikirim.

Itulah kekurangan belanja online, kadang menerima barang yang gak sesuai ekspektasi, atau bahkan di tipu dengan diberikan barang yang salah.

Oleh karena itu, kamu harus berhati – hati jika berbelanja online.

Rawan Penipuan Online

Belanja online memang rawan penipuan bukan hanya pembeli saja yang kena tipu terkadang seller juga ada yang di tipu.

Banyak oknum nakal yang mengincar orang – orang yang kurang cerdas dalam berbelanja online.

Oleh karena itu untuk meminimalisir bahkan mencegah penipuan kamu harus teliti, dari mulai toko online shop, testimoni dari pembeli lain dan lain sebagainya.

Menjadi Konsumtif dan Tidak Terkontrol

Hampir sama dengan impulsive buying, kekurangan belanja online adalah kamu menjadi lebih konsumtif, terkadang membeli barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan sama sekali.

Bahkan ada yang ingin terlihat “kaya” dengan terus membeli paket padahal hasil ngutang atau paylater, ujungnya setelah menumpuk dan tidak bisa membayar, kamu akan rugi sendiri.

Belanja online yang tidak terkontrol ini bisa membuat kamu boros, tidak bisa hemat dan selalu lapar mata dan ingin terus membeli.

Nah itulah kelebihan belanja online dan kekurangan belanja online yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa lebih waspada dan mengontrol keuangan untuk berbelanja online sesuai kebutuhan saja.

Lebih bijak dalam berbelanja online akan membuat kamu lebih aman dan tenang karena tidak mengeluarkan uang ataupun berhutan hanya demi membeli barang yang belum tentu kamu butuhkan.

Akan jauh lebih baik jika kamu bisa membuat list atau daftar barang yang memang kamu butuhkan dalam sebulan untuk dibeli secara online, sehingga kamu ada takaran tertentu dalam berbelanja, dengan cara tersebut kamu juga bisa menghemat uang dan mengontrol keuangan lebih bijak lagi dan yang paling penting tidak merugikan diri sendiri

(Visited 164 times, 1 visits today)
Close