Written by 4:11 am Bisnis Online

Cara Daftar Menjadi Agen Shopee : Untung, Rugi & Komisinya

Cara Daftar Menjadi Agen Shopee Keuntungan & Komisinya

Cara menjadi agen shopee express menjadi penting untuk diketahui jika kamu ingin menambah penghasilan di era serba digital.

Seperti yang kita tahu, di tengah maraknya marketplace di Indonesia, Shopee membuka banyak kesempatan untuk setiap orang agar bisa menghasilkan penghasilan tambahan bahkan bisa dijadikan bisnis utama.

Selain menjual produk sebagai seller, kamu bisa memanfaatkan marketplace shopee dengan menjadi agen shopee.

Sebagai pemula, cara menjadi agen shopee mungkin asing, oleh karena itu di artikel ini akan dibahas bagaimana keuntungan jadi agen shopee, dan cara daftar agen shopee.

Baca juga : 7 Cara Terbaik Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

Apa Sih Agen Shopee Express ?

Sebelum ke pembahasan, alangkah lebih baik kamu mengetahui apa itu agen shopee, dan kenapa kamu bisa menjadikan agen shopee alternatif untuk mencari penghasilan tambahan atau bisnis baru.

Secara sederhana, agen shopee akan berfungsi sebagai agen untuk drop point shopee express. Dimana kamu harus menyediakan tempat atau lokasi untuk transaksi paket seperti penjemputan paket atau barang oleh kurir.

Dilansir dari website resmi Shopee, agen shopee sendiri adalah sebuah tipe layanan pengiriman, dimana pembeli bisa mengambil paketnya sendiri secara langsung di agen shopee terdekat.

Jika kamu bergabung dengan Shopee maka kamu menjadi mitra shopee yang bertugas sebagai perantara penerimaan paket atau barang dengan pengambilan paket atau barang pelanggan.

Agen Shopee dapat mengelola dua layanan yang sudah disediakan pihak Shopee, mulai dari layanan drop off paket (biasanya ditujukan untuk penjual) dan layanan untuk ambil sendiri (biasanya ditujukan untuk pembeli)

Tertarik untuk bergabung menjadi agen Shopee? Ketahui terlebih dahulu keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi agen Shopee, dan bagaimana cara daftar dan syarat jadi agen Shopee.

6 Keuntungan Menjadi Agen Shopee

Keuntungan menjadi agen shopee sangatlah menjanjikan, ketahui keuntungannya berikut ini;

Komisi Agen Shopee Lumayan Besar

Tentu saja sebelum memutuskan bergabung menjadi agen shopee kamu perlu mengetahui komisi agen shopee itu berapa, agar kamu tambah yakin jika menjadi agen shopee bisa menambah penghasilan utama kamu.

komisi agen shopee yang ditentukan oleh Shopee adalah setiap paket yang diterima kamu akan mendapatkan Rp 500. Sehingga jika kamu bisa menerima paket sebanyak 100 paket per harinya selama 30 hari. Maka 100 x 30 x 500, kamu akan mendapatkan 1,5juta dalam satu bulan.

Pada intinya, keuntungan dan komisi kamu ditentukan berdasarkan berapa banyak paket yang kamu terima.

Sistem pengiriman Terintegrasi Shopee

Pada dasarnya kamu berbisnis dan berpartner dengan Shopee, dengan menjadi agen Shopee kamu bisa menerima berbagai jumlah paket dari pengguna tanpa khawatir tidak ada paket yang masuk ke agen Shopee.

Semua sudah terintegrasi dengan sistem shopee, kamu hanya tunggu ada paket yang dikirimkan ke lokasi drop point kamu.

Punya Customer Service yang Fast Respon

Customer Service adalah hal krusial dalam bisnis untuk membantu mengatasi masalah yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, dengan adanya customer service kamu pun tidak perlu khawatir ada masalah serius terkait paket. Karena customer service dari shopee akan melayani masalah paket pelanggan secara fast respon.

Proses Pendaftaran Mudah

Pendaftaran menjadi agen shopee express mudah, namun untuk bisa menjadi agen kamu harus jadi orang beruntung yang terpilih oleh pihak Shopee, karena tidak bisa mendaftar sendiri.

Biasanya kamu akan menerima pesan atau ajakan untuk menjadi mitra agen shopee, setelah itu kamu tinggal melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pihak Shopee.

Jumlah Paket Terus Meningkat

Dengan banyaknya pengguna Shopee, kamu tidak usah khawatir kekurangan pasokan paket untuk meningkatkan keuntungan, karena pasti jumlah paket yang akan kamu dapatkan di drop point off akan terus meningkat.

Daftar Tanpa Biaya Apapun

Jika kamu ingin menjalankan bisnis tanpa modal, maka kamu bisa menjadi agen shopee, karena pendaftarannya tidak dipungut biaya apapun gratis.

Nah itulah 6 keuntungan dari menjadi agen shopee, berikutnya ketahui cara menjadi agen shopee agar kamu bisa langsung buka bisnis ini.

Syarat & Cara daftar menjadi agen shopee Express

Sebelum mengetahui cara menjadi agen shopee, lebih baik kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat agar bisa memenuhi kriteria menjadi agen shopee.

contoh chat dihubungi agen shopee

contoh chat dihubungi agen shopee | Screenshoot by Feni

Syarat menjadi agen Shopee Express adalah sebagai berikut;

  • Sebenarnya untuk menjadi agen shopee kamu harus terpilih dengan kriteria pembeli atau penjual yang aktif, biasanya akan ada pihak shopee yang menghubungi kamu secara langsung untuk menawarkan penawaran bergabung menjadi mitra agen shopee.
  • Jika kamu setuju ada beberapa syarat verifikasi yang perlu kamu siapkan, dari mulai Foto KTP, Foto selfie dengan KTP, Buku tabungan, foto outlet tampak depan yang akan kamu gunakan sebagai gudang paket, serta foto jalan depan outlet.
  • Setelah semua syarat kamu penuhi, masih ada beberapa syarat lagi seperti kamu harus memiliki device komputer, printer untuk mencetak dan koneksi internet.
  • Selain itu, kamu juga harus menyediakan gudang dengan ukuran 3×4 m untuk penyimpanan paket dan proses penerimaan serta pengambilan paket.
  • Dan yang paling penting lokasi kamu gampang dijangkau oleh kendaraan roda dua.
  • Setelah semua syarat terpenuhi, langkah selanjutnya kamu hanya menunggu persetujuan dari pihak Shopee untuk melanjutkan ke proses pendaftaran.

Lantas bagaimana cara daftar menjadi agen shopee? Simak penjelasannya dibawah ini.

  • Langkah pertama sebagai cara menjadi agen shopee adalah dengan mengisi form pendaftaran secara online melalui link. Namun link ini hanya diberikan kepada orang – orang yang terpilih dari pihak shopee. Jika kamu menerima link resmi dari pihak shopee sebagai cara menjadi agen shopee, kamu bisa langsung mengisi form pendaftarannya.
  • Nantinya kamu akan diarahkan untuk mengklik “Gabung sekarang” dan mengisi data diri dalam formulir pendaftaran online. Setelah selesai mengisi formulir kamu hanya perlu mengkonfirmasi saja.
  • Langkah kedua sebagai cara menjadi agen shopee adalah menunggu proses verifikasi dari tim Shopee. Biasanya prosesnya berlangsung selama 3 hari kerja. Jika kamu mengalami kesulitan kamu bisa menghubungi customer service resmi dari Shopee.
  • Langkah berikutnya sebagai cara menjadi agen shopee express adalah menandatangani kontrak kerjasama. Meskipun semua operasional kamu kerjakan secara individu tapi kamu berada dalam ruang lingkup Shopee, sehingga harus ada penandatanganan surat kontrak kerja sebagai ikatan kerja sama.
  • Cara daftar agen shopee selanjutnya adalah jika kamu masih pemula dalam bidang keagenan shopee ini, tenang saja sebelum memulai membuka agen kamu akan mendapatkan pelatihan secara online terlebih dahulu, sehingga kamu dapat mengerjakan tugas sebagai agen shopee dengan baik.
  • Cara menjadi agen shopee yang terakhir adalah kamu sudah mulai bisa menerima paket setelah mendapatkan pembekalan di pelatihan online yang diberikan oleh Shopee. Biasanya jadwal operasional tempat kamu menjadi agen shopee akan diberikan dan di konfirmasi oleh pihak shopee. Setelahnya kamu bisa mulai menerima paket dan mengumpulkan keuntungan.

Kerugian Menjadi Agen Shopee Express

Disamping keuntungannya yang lumayan banyak, ternyata ada juga lho kerugian yang harus kamu pertimbangkan. Berikut telah kami rangkum dari beberapa sumber :

  • Menanggung kehilangan, ketika barang / paket yang dititipkan ke agen namun terjadi kehilangan maka itu 100% akan jadi tanggung jawab si agen, maka dari itu pintar-pintarlah untuk menjaga paket tersebut ya.
  • Harus Siap Uang Kembalian, namanya paket pasti ada saja yang menggunakan layanan COD (Cash On Delivery). Otomatis kamu harus sedia banyak pecahan uang karena nominal uang orang tidak bisa di prediksi. Lalu dengan keuntungan yang terbilang kecil kamu harus rajin menyediakan uang kembalian mungkin bagi sebagian orang menyusahkan.
  • Harus sedia tempat / gudang yang aman, ini sangat wajib lho karena bisa jadi masalah besar kalo terjadi apa-apa sama paket shopee orang. Misalnya hilang, rusak karena tikus, dicakar kucing, dan lain sebagainya.
  • Wajib harus stand by, mungkin ini tidak akan masalah jika kamu sebagai agen shopee adalah usaha sampingan, contohnya sambil buka toko. Tapi jika hanya ngurusin ini doang mungkin bagi sebagian orang untuk harus stand by nungguin paket aja dengan komisi yang diberikan rasanya tidak sebanding.
  • Harus menerima jika rumah didatengin orang silih berganti, jika paket lagi banyak kamu harus siap-siap jika rumahmu akan diketok banyak orang lho. Tapi ini berlaku bagi mereka yang cuma fokus di usaha ini aja ya, jika ada sampingan toko sih gak masalah.

Itulah cara menjadi agen shopee, mudah bukan? Selain modalnya yang minim kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan menjadi agen shopee. Selamat mencoba cara menjadi agen shopee dan selamat menambah pundi – pundi rupiah kamu.

(Visited 47,163 times, 165 visits today)
Close