Written by 1:46 am Bisnis Online

6 Cara Mengoptimalkan Toko & Bisnis Anda di Shopee

cara Mengoptimalkan Toko Shopee

Cara mengoptimalkan toko shopee memang penting untuk diketahui, agar bisnis kamu semakin berkembang.

Semakin kamu sering mengoptimalkan toko shopee maka semakin besar peluang penjualan kamu meningkat

Shopee saat ini masih menjadi sarana paling populer untuk berbisnis secara online, banyak penjual dan berbagai brand dari berbagai jenis kategori membuka toko di shopee.

Karena pesaing kamu kemungkinan banyak, tak heran kamu harus mengoptimalkan toko agar jualan tetap laris, pelanggan tetap repeat order dan kamu pun tidak kalah dari kompetitor. .

Selain itu, berjualan di shopee juga bisa terlibat perang harga, agar bisa optimal penjualan toko kamu, kamu perlu beberapa cara yang bisa mengoptimalkan penjualan agar semakin laris.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan toko shopee agar bisnis semakin lancar.

Cara Mengoptimalkan Toko & Bisnis di Shopee

Rahasia berjualan di shopee agar laris manis adalah dengan mengetahui cara mengoptimalkan toko shopee dan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh shopee sehingga memudahkan kamu dalam menggaet pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Inilah cara mengoptimalkan toko di shopee, yaitu;

Menganalisa Pesaing

Penting bagi kamu sebelum memulai sebuah kampanye promosi untuk menganalisa pesaing terlebih dahulu, kamu perlu tahu siapa saja yang menjadi pesaing kamu, dan akan mempermudah kamu dalam membuat strategi marketing yang bisa mengalahkan pesaing.

Baca juga : 8 Strategi Memenangkan Persaingan Yang Wajib Diketahui Pemula

Cara menganalisis pesaing adalah dengan melakukan pencarian terhadap produk yang kamu jual, lalu pilih kolom terlaris. Nah disinilah muncul pesaing – pesaing kamu yang mungkin penjualannya sudah banyak, harganya yang bersaing dan lain sebagainya.

Setelah tau pesaing kamu, dari mulai produk, harga, lokasi, dekorasi toko dan promosinya, kamu bisa mulai membuat strategi marketing untuk bisa mengalahkan pesaing dan mengoptimalkan toko di shopee.

Mengikuti Kampanye di Shopee

Shopee sebagai platform yang mewadahi berbagai penjual memberikan berbagai fitur yang bisa membantu dalam mengoptimalkan penjualan. Salah satunya adalah fitur my campaigns, dimana kamu bisa mendaftarkan toko kamu untuk diiklankan di berbagai website secara gratis.

Fitur ini bisa membantu kamu dalam mengoptimalkan toko shopee. Untuk mendaftar kamu hanya perlu masuk ke marketing centre, setelah itu kamu pilih campaign yang nantinya jika kampanye sedang berlangsung kamu bisa langsung mendaftar.

Selain di homepage shopee kamu juga bisa diiklankan dalam push notification lho, semakin banyak fitur yang membantu mengoptimalkan toko di Shopee kamu bukan?

Manfaatkan Sosial Media

Sosial media bisa memiliki peran penting dalam mengoptimalkan toko di shopee, karena dengan memanfaatkan sosial media kamu bisa mempromosikan toko kamu secara gratis dan bisa meningkatkan brand awareness toko kamu secara tidak langsung.

Selain melakukan promosi sendiri menggunakan Instagram, Whatsapp, Tiktok dan lain sebagainya, kamu juga bisa memanfaatkan endorsement dan affiliate marketing.

Dengan berbagai kemudahan yang bisa kamu lakukan untuk promosi, maka kamu juga bisa semakin mudah mengenalkan toko kamu kepada pelanggan banyak yang sesuai dengan target market kamu.

Caranya mudah, kamu tinggal membuat konten yang menarik dan berpotensi viral tentang produk atau toko kamu, setelah itu kamu ciptakan engagement di kolom komentar agar postingan kamu semakin menjangkau lebih banyak audiens.

Jika postingan kamu viral dan banyak viewsnya, besar kemungkinan toko shopee kamu juga bisa optimal dari segi followers maupun penjualannya.

Pakai Strategi Diskon

Diskon adalah salah satu strategi promosi yang tidak akan pernah dilewatkan oleh pembeli, kamu bisa memanfaatkan fitur diskon yang ada di shopee, kamu bisa mengatur diskon harga produk kamu.

Biasanya strategi diskon ini ampuh untuk menggaet perhatian pembeli, apalagi jika pesaing kamu tidak memberikan diskon, pasti toko kamu lah yang menjadi incaran para pembeli.

Namun, untuk mengatur harga diskon, kamu juga harus pintar – pintar menghitung harga, jangan sampai harga yang cantumkan membuat kamu rugi, selain itu kamu juga perlu memberikan batasan barang yang bisa di checkout dan bisa mendapatkan diskon, agar kamu tidak merugi.

Menggunakan Fitur Top Picks

Sebagai cara mengoptimalkan toko di shopee, kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia di shopee, seperti fitur top picks. Kamu bisa memasang 4 hingga 8 produk dalam satu kategori untuk bisa dimasukkan dalam kategori top picks.

Hal tersebut membantu pelanggan saat memilih produk di halaman toko kamu.

Untuk mengaktifkan fitur top picks, kamu bisa masuk ke shopee seller centre, lalu memilih top picks serta menambahkan produk yang akan dimasukkan ke dalam kategori koleksi.

Mengupdate Produk Terlaris

Kamu bisa melihat hasil report atau laporan mengenai barang mana saja yang laris di shopee, sehingga kamu bisa menentukan produk mana yang harus diupdate strategi marketingnya.

Jika kamu mengetahui posisi produk yang kamu jual, tentu akan mudah mengoptimalkan toko shopee kamu agar semakin laris.

Baca juga : 10 Cara Riset Produk Terlaris Agar Omset Meningkat

Pastikan kamu mengupdate produk terlaris ini agar semakin banyak pembeli yang hadir ke toko dan membeli produk kamu.

Ingat, untuk mengupdate strategi marketing kamu juga ya, agar produk terlaris bisa tetap menjadi produk laris.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengoptimalkan toko di shopee, sehingga penjualan kamu bisa meningkat dan membantu toko kamu semakin laris manis.

Mengoptimalkan toko di shopee tidak bisa instan, kamu perlu waktu trial dan error untuk mendapatkan cara yang jitu, sehingga setelah melakukan cara – cara diatas tetap lakukan evaluasi ya, agar kamu tau mana saja yang membantu dalam meningkatkan penjualan di toko shopee kamu. Selamat mencoba.

(Visited 369 times, 1 visits today)
Close