Written by 4:11 am Sosial Media

Cara Live Di Tiktok : Syarat & Panduan Terlengkap 2024

Cara Live Di Tiktok Syarat & Panduan Terlengkap 2023

Live Tiktok menjadi salah satu fitur paling populer yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan barang dagangannya. Namun cara live di Tiktok membutuhkan skill dan persiapan yang baik agar dapat memberikan hasil yang maksimal. 

Jika kamu adalah seorang pelaku usaha, memang menggunakan fitur live Tiktok bisa mendongkrak sales kamu lebih tinggi. Oleh karena itu kamu perlu persiapan, agar cara live di Tiktok menjadi lebih mudah tapi tetap menghasilkan cuan yang maksimal. 

Sebelum memulai live di Tiktok, kamu perlu mengetahui syarat live di tiktok, agar kedepannya Live kamu bisa lancar tanpa gangguan ataupun kendala apapun. 

Syarat Live Di Tiktok Yang Wajib Kamu Tahu

Cara live di tiktok yang perlu kamu lakukan adalah memenuhi syarat live. Syarat Live di Tiktok tidak terlalu sulit dan rumit, kamu hanya perlu mengikuti instruksi dan kebijakan dari pihak Tiktok sehingga kamu bisa memulai Live tanpa ada masalah apapun. Berikut ini adalah syarat live di Tiktok, yaitu; 

  1. Syarat live di Tiktok yang pertama, tentu kamu memerlukan pendaftaran akun Tiktok terlebih dahulu dan pastikan kamu sudah melebihi batas umur yaitu 16 tahun. Namun jika kamu masih dibawah 16 tahun, penggunaan akun Tiktok harus dibatasi dan diawasi oleh orang tua. 
  2. Memiliki jumlah followers aktif minimal 1000 followers agar bisa langsung live di Tiktok. 
  3. Mengupgrade akun Tiktok kamu menjadi versi lebih baru

Selain ke tiga syarat diatas, kamu bisa melakukan Live tanpa melanggar peraturan yang ada. Untuk syarat daftar setelah 16 tahun bisa juga menjadi pertimbangan untuk menjauhkan gadget dari si kecil. 

Selanjutnya, setelah mengetahui syarat live di tiktok, langkah berikutnya adalah persiapan. Tidak hanya persiapan mental saja yang perlu kamu siapkan, namun secara teknis kamu juga harus melakukan persiapan peralatan live streaming di tiktok, agar live bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun. 

Baca juga : 13 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Tiktok Gratis Terbaik

Persiapan Alat Untuk Live Streaming Di Tiktok

Sebelum melakukan persiapan alat, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum melakukan Live Streaming di Tiktok agar live yang kamu lakukan nanti ramai pengunjung dan juga lancar. 

Yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai live streaming adalah menyiapkan tema Live, apa yang akan menjadi topik yang akan disampaikan saat live nanti, bagian mana bridging, kemudian isi dan promosi hingga ask question maupun penutupan. Semua harus dipersiapkan, sama halnya seperti menyiapkan sebuah acara. 

Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam penggunaan gaya bahasa ya, agar penonton live tiktok bisa memahami dan mengerti dengan karakteristik personal yang kamu bawakan saat live nanti. 

Selain menyiapkan tema dan gaya bahasa, kamu juga harus menyiapkan pakaian terbaik. Jangan sampai salah kostum ya, apalagi bikin penonton ilfeel melihat kostum yang kamu pakai. 

Pakaian yang baik akan menarik perhatian pelanggan untuk menonton live kamu, maka dari itu pentingnya memilih pakaian yang pas untuk Live, dan yang paling penting pakaiannya sopan dan tidak mengganggu bagi penonton. 

Oke, sekarang masuk ke peralatan apa saja yang harus kamu persiapkan untuk melakukan live streaming tiktok, yaitu; 

  • Lampu Lighting atau Pencahayaan 

Dalam melakukan live streaming, lighting memang penting agar pencahayaan live kamu bagus dan terlihat dengan jelas. Kamu bisa menyiapkan paket lampu yang bisa dibeli dibawah Rp. 500,000. Mulai dari alat socket E27 bulb holder yang bisa menampung 4 lampu disertai dengan tombol on/off. 

Selain itu, kamu juga bisa membeli softbox berukuran 50×50 hingga 60×90 disesuaikan dengan ukuran ruangan yang kamu pakai. mulai dari socket E27 bulb holder yang dapat menampung empat lampu dan dilengkapi dengan tombol on/off.

Alat penting lainnya adalah light stand setinggi 2 meter, agar pencahayaan ruangan live streaming kamu makin mantap. 

  • Microphone

Salah satu alat paling penting lainnya adalah Microphone yang membuat live kamu bersuara bagus dan jernih, sehingga penonton pun akan betah berlama – lama di Live kamu nanti. 

Jenis microphone yang bisa digunakan pun beragam, mulai dari microphone jenis TNW yang dibandrol mulai dari 200 hingga 350 ribu rupiah. 

  • Tripod dan Phone holder

Kedua alat ini penting agar kamera yang kamu gunakan tetap berdiri dan tidak goyang saat live. Jika kamu menggunakan kamera DSLR kamu bisa menggunakan tripod untuk menjaga keseimbangan, sedangkan jika kamu menggunakan kamera handphone, kamu wajib memakai phone holder, daripada live gak bisa fleksibel karena terus memegang handphone.

  • Stabilizer

Alat satu ini yang membuat efek khusus pada kamera akan terlihat mulus saat live, cocok untuk kamu gunakan agar kualitas video menjadi lebih baik lagi.

  • Headset Wireless

Alternatif untuk gaya saat ngehost di live streaming Tiktok, kamu bisa membeli headset wireless ini sebagai properti saja, karena kamu tetap memakai microphone agar suara kamu terdengar jelas. 

  • Dekorasi Background

Jangan salah background itu penting lho agar tampilan live kamu semakin menarik, jangan asal pakai background apalagi backgroundnya tidak senada atau tidak nyambung dengan topik yang kamu bahas di Live. Jadi pastikan tetap senada dan aesthetic ya. 

Nah itulah beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan untuk memulai live streaming di Tiktok. cara live di tiktok dengan mempersiapkan alat – alat live ini wajib kamu jalani ya, agar live semakin lancar. 

8 Cara Mendapatkan Uang Dengan Live Di Tiktok

Live di Tiktok tidak hanya untuk hiburan semata, kamu bisa mendapatkan uang dengan Live di Tiktok. Adapun Cara live di tiktok yang bisa menghasilkan uang tanpa harus jualan maupun punya bisnis. 

Namun, jika kamu punya bisnis, kamu akan mendapatkan double income dari live di Tiktok. Satu dari penghasilan gift penonton, dan satu lagi dari hasil penjualan. 

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang / Gift Dari Penonton Live Tiktok

Berikut ini adalah cara live di tiktok dan  mendapatkan uang, yaitu; 

  1. Menyiapkan tema menarik untuk live, kamu harus siapkan temanya sebelum live berlangsung agar audiens yang kamu targetkan pun relate dengan topik yang akan kamu bahas. 
  2. Atur jadwal live agar tidak bentrok maupun sepi penonton, jangan live di waktu – waktu jam kerja penonton. 
  3. Penggunaan gaya bahasa, jika kamu ingin banyak penonton kamu bisa menentukan gaya bahasa yang santai agar audiens yang menonton pun santai dengan apa yang kamu ucapkan saat live
  4. Persiapkan peralatan cadangan, meskipun alat tempur kamu saat live streaming sudah lengkap dan disiapkan dengan baik, kamu tetap harus menyiapkan cadangan siapa tau saat live ternyata baterai kamera kamu lowbet, atau lighting kamu rusak, untuk meminimalisir kendala, siapkan peralatan cadangan saja. 
  5. Kostum terbaik bagi yang ngehost di live streaming akan menjadi daya tarik, jika kamu live dengan kostum asal – asalan padahal topik yang kamu bawakan serius, orang yang menonton tidak akan merasa tertarik dengan pembicaraan kamu di live 
  6. Pastikan pencahayaan live bagus dengan menggunakan berbagai peralatan lighting.
  7. Siapkan sesi tanya jawab untuk meningkatkan interaksi kamu dengan pengguna yang menonton, inilah cara live di tiktok yang harus kamu perhatikan agar engagement live kamu terus meningkat
  8. Jangan lupa promosikan live kamu di berbagai sosial media agar banyak penonton yang menonton live kamu nantinya. Ini juga termasuk cara agar penonton live tiktok banyak, dengan mempromosikan jadwal live kamu. 

Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari Live tiktok meskipun tanpa jualan, dengan persiapan yang matang, kamu bisa live tiktok dapat uang dari gift penonton live, dan ditukarkan ke dalam dana rupiah. 

Sekarang, kamu sudah tau bagaimana cara live di tiktok dan mendapatkan uang dari sana. Lantas bagaimana cara live di tiktok dengan mudah baik menggunakan PC atau menggunakan smartphone? 

Cara Live Di Tiktok, Langkah Demi Langkah

Cara live di tiktok cukup mudah, baik menggunakan PC maupun smartphone kamu. Langkah pertama kamu buka aplikasi tiktok, pastikan kamu sudah login ke akun tiktok kamu ya. Setelah itu, akan muncul halaman For Your Page sebagai halaman utama, untuk melakukan live, kamu tekan tombol plus atau + pada bagian bawah layar, kemudian pilih mulai siaran langsung untuk memulai live streaming kamu. 

Kamu bisa mengubah kamera, menambahkan efek hingga memfilter komentar yang datang saat live, atau bahkan kamu bisa mengundang penonton untuk live bersama agar engagement live semakin tinggi dan bisa jadi cara viewer tiktok banyak lewat undangan langsung. 

Itulah cara live di tiktok dengan mudah. Tapi sayangnya ada beberapa kendala yang biasanya dialami oleh pemula saat melakukan live di tiktok, misalnya view yang menonton sedikit, hasilnya live pun sepi penonton dan engagement semakin menurun. 

Artikel ini akan membahas bagaimana cara live di tiktok banyak viewnya sehingga live kamu ramai penonton, bahkan bisa kamu praktekkan untuk  live Tiktok tanpa 1000 Followers pun bisa lho.

Baca juga : Cara Meningkatkan Followers di TikTok Untuk Pemula

7 Cara Agar Live Di Tiktok Banyak View

Cara live di tiktok agar bisa mempunyai banyak view ada beberapa tipsnya, yaitu sebagai berikut; 

  1. Optimalkan konten FYP kamu, Jika kamu berhasil menjadikan konten FYP biasanya algoritma tiktok akan membaca jika konten kamu menarik dan akan terus ditampilkan sehingga views kamu akan semakin banyak.
  2. Engage dengan pengguna di niche kamu, misalnya kamu memiliki niche kpop maka kamu harus sering berinteraksi dengan mereka yang memiliki ketertarikan tentang kpop, semakin engage maka semakin banyak pula view yang bisa kamu dapatkan. Cara live di tiktok dengan engage bersama penonton juga akan memperbesar view yang kamu dapatkan.
  3. Gunakan trending sound dan effects,  untuk mendapatkan view dari penonton yang juga mengikuti tren yang ada di Tiktok
  4. Tambahkan kata kunci yang ada di caption kamu, kata kunci ini bisa berupa nama akun kamu atau tren yang sedang hype di tiktok, sehingga algoritma tiktok akan membantu mempromosikan konten live kamu ke berbagai penonton yang memang tertarik dengan kata kunci yang kamu pakai.
  5. cara live di tiktok agar banyak views berikutnya adalah dengan membuat video yang lebih singkat. Misalnya sebelum melakukan live kamu bisa membuat konten promosi dengan durasi singkat untuk menarik perhatian penonton agar saat live nanti kamu bisa mendapatkan view yang banyak.
  6. Bergabung dengan campaign influencer tiktok, menjadi influencer memang memberikan dampak yang besar, apapun yang dipakai yang digunakan oleh influencer akan menginfluence penonton untuk masuk ke dalam live yang sedang kamu jalankan, apalagi jika kamu bisa berkolaborasi dengan salah satu influencer, pasti view yang didapatkan akan lebih banyak.
  7. Posting konten yang menarik, karena dapat menarik perhatian penonton saat mereka scroll live di tiktok. Semakin menarik maka semakin besar pula kesempatan mereka masuk ke live kamu untuk menonton sampai akhir.

Itulah 7 cara live di tiktok agar punya banyak views, selain itu cara live di tiktok ini juga mudah dilakukan oleh siapa saja meskipun kamu pemula.

Namun cara live di tiktok tidak selamanya lancar, terkadang memang ada kendala yang tidak bisa dihindari, entah akunnya kena banned, tidak bisa live ataupun kendala lainnya. Biasanya ada alasan – alasan yang membuat akses live ditangguhkan atau malah tidak bisa live sama sekali.

3 Alasan kenapa tidak bisa live di tiktok

Dalam melakukan live streaming terkadang memang ada kendala, salah satunya adalah kamu tidak bisa live di Tiktok, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kenapa kamu tidak bisa live di Tiktok. 

Cara live di tiktok mungkin sudah kamu praktekkan namun ternyata masih tetap tidak bisa live, oleh karena itu kamu perlu simak 3 alasan berikut untuk mengatasinya. 

  1. Biasanya ada pelanggaran kebijakan dari tiktok, mungkin saat kamu live kamu melakukan pelanggaran yang tidak sengaja, namun bagi pihak tiktok hal tersebut sudah melanggar sehingga kamu tidak bisa live. 
  2. Koneksi Internet kamu tidak stabil bisa menjadi alasan kamu tidak bisa live, oleh karena itu jika kamu mempunyai jadwal live, pastikan kuota internet maupun jaringan internet kamu stabil. 
  3. Ada syarat dari tiktok yang tidak kamu penuhi, biasanya hal ini paling sering terjadi pada pemula, misalnya followersnya belum sampai 1000 sesuai dengan syarat dari Tiktok, sehingga kamu tidak bisa live, meskipun cara live di tiktok sudah kamu jalankan dengan baik. 

Nah itulah 3 alasan kenapa kamu tidak bisa live di Tiktok. Semakin kamu bijak dan menaati peraturan kebijakan dari Tiktok maka semakin besar pula kesempatan live kamu sukses dan lancar. Sehingga kamu diharuskan untuk selalu mematuhi peraturan dan memenuhi persyaratan yang diajukan Tiktok untuk bisa live. 

Beberapa orang banyak yang memanfaatkan live di tiktok ini untuk mendapatkan penghasilan, sehingga sudah seharusnya kamu juga memanfaatkan hal yang sama dengan tetap bijak saat live dan tidak membuat gaduh. Dampak positif akan memberikan dampak positif pula.

Demikian, artikel ini yang membahas tentang segala hal mengenai live tiktok sampai cara live di tiktok yang bisa menjadi sumber cuan dan banjir viewer. Semua langkah demi langkah bisa kamu lakukan tanpa ribet, karena cara live di tiktok ini praktis dan mudah dilakukan siapa saja. 

Semoga artikel ini bisa memberikan dampak positif bagi kamu dan bisa menambah wawasan tentang cara live di tiktok yang menjanjikan dan bisa membuat kamu banjir cuan, banjir views dan banjir followers juga di Tiktok, agar akun tiktok kamu semakin berkembang pesat. 

(Visited 697 times, 3 visits today)
Close