Written by 1:20 am Tips & Trik

Fungsi Link Di Bio Tiktok/IG & Cara Membuatnya

Fungsi Link Di Bio Tiktok IG & Cara Membuatnya

Sering melihat bagaimana toko online maupun selebgram memberikan perintah untuk mengklik link di bio mereka baik di sosial media instagram maupun tiktok?

Ternyata link di bio itu punya fungsi yang penting lho untuk memudahkan kamu sebagai pemilik link dalam mengkategorikan berbagai jenis produk maupun jasa yang kamu punya, maupun sebagai customer yang mudah dalam mencari produk yang diinginkan tanpa harus mencari di marketplace.

8 Fungsi Link di Bio

Link di Bio bisa dikatakan sebagai sarana informasi produk bagi penjual maupun pembeli di sosial media. Link di bio memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait produk atau jasa dari suatu brand.

Karena fungsinya untuk kemudahan bertransaksi dalam proses jual beli produk maupun jasa, maka link di bio sangat penting dimiliki oleh setiap pemilik sosial media yang memiliki produk untuk dijual.

Selain itu masih ada fungsi link di bio lainnya, antara lain sebagai berikut;

  1. Jika kamu sedang mengadakan event promosi, maka link di bio bisa kamu fungsikan sebagai link yang memudahkan customer untuk mengunjungi halaman produk yang sedang promo. Dengan kata lain kamu bisa lebih mudah mengarahkan pelanggan untuk segera membeli produk kamu yang sedang promo.
  2. Jika pelanggan kesulitan dalam mendapatkan informasi product knowledge dari brand kamu, kamu bisa menaruh seluruh informasi yang mereka butuhkan dari mulai info brand, harga, katalog produk, cara order hingga metode pembayaran dan informasi lainnya, sehingga customer tinggal mengunjungi link di bio saja untuk mengakses keseluruhan informasi tersebut.
  3. Jika kamu bertemu dengan pelanggan yang serba sat set, dan selalu ingin langsung checkout dibandingkan kehabisan stok, kamu bisa membuat link di bio untuk mengarahkan mereka ke suatu link pembelian produk secara langsung.
  4. Setiap brand mempunyai produk best sellernya masing – masing , kamu bisa membuat link di bio untuk mengarahkan mereka ke halaman produk best seller dari brand kamu.
  5. Jika kamu memiliki website, marketplace yang banyak seperti membuka toko oren, ijo dan lain sebagainya, kamu bisa mengarahkan pelanggan ke link di bio dan biarkan mereka memutuskan akan bertransaksi melalui link yang mana, apakah langsung ke admin whatsapp, toko online, ecommerce maupun website.
  6. Jika kamu launching produk terbaru, kamu bisa membuat link di bio untuk menginformasikan kepada pelanggan setia kamu bahwa ada produk baru yang sudah di launching.
  7. Jika kamu memiliki akun sosial media lainnya seperti tiktok, youtube, podcast, twitter atau bahkan blog pribadi kamu bisa mengarahkan audiens untuk mengunjungi akun – akun tersebut dengan klik link di bio.
  8. Kamu juga bisa membuat link di bio untuk tutorial cara order, cara bayar, cara download dan lain sebagainya. Sehingga pelanggan mudah mendapatkan informasi tersebut.

Nah itulah 8 fungsi dari link di bio, lantas bagaimana cara membuat link di bio baik untuk instagram maupun tiktok, dan bagaimana cara menaruh link di bio.

Cara Membuat Link di Bio

Cara membuat link di bio baik untuk instagram maupun tiktok atau sosial media lainnya terbilang cukup mudah.

Kamu bisa langsung membuat link di bio hanya dengan copy paste link halaman promosi yang sudah kamu buat atau kamu menggunakan tools atau software untuk membuat link di bio.

Software atau tools link di bio biasanya ada yang gratis ada pula yang berbayar.

Berikut ini adalah cara membuat link di bio baik di Instagram maupun di Tiktok, yaitu;

Menggunakan Software atau Aplikasi Link di Bio

1. Linktree

Buka situs linktree kemudian pilih sign up with instagram, kemudian setelah akun instagram kamu sudah masuk pilih add new untuk menambahkan link sesuai dengan yang kamu butuhkan. Setelah selesai, kamu bisa menyalin link yang ada di kanan atas aplikasi linktree untuk ditambahkan di bio Instagram maupun Tiktok kamu.

2. Lynk

Pertama, kamu masuk ke lynk.id lalu sign up jika kamu belum mempunyai akunnya, setelah itu masukkan identitas nama toko atau nama kamu sendiri. Lakukan verifikasi email. Setelah berhasil login, kamu bisa langsung copy link nya untuk di taruh di bio akun kamu.

3. Biolink

Buka situs link.or.id kemudian klik tombol dapatkan biolink sekarang juga, setelah itu kamu bisa memilih paket langganan dari mulai paket gratisan maupun paket berbayar tahunan mulai dari 50000 hingga 199 Ribu per tahunnya.

Setelah kamu memilih paket, langkah berikutnya kamu tinggal menaruh link di dalam Bio Link untuk disebarkan di bio akun sosial media kamu

Copy Paste Halaman yang sudah dibuat sendiri

Jika kamu memiliki website, maupun halaman situs penjualan, kamu bisa langsung copy paste linknya dan menaruh linknya di bio sosial media kamu. Jika terlalu panjang, kamu bisa menggunakan bit.ly untuk mempersingkat link halaman situs kamu.

Selain cara membuat link di bio, adapun cara menaruh link di bio untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi produk, caranya mudah sekali.

Pertama kamu bisa membuka akun sosial media, misalnya instagram melalui desktop. Pastikan kamu login terlebih dahulu, setelah itu masuk ke menu profil dan pilih edit profile, dibagian website kamu bisa copy paste link yang sudah kamu buat sebelumnya baik hanya copy paste halaman situs produk kamu maupun link dari aplikasi link di bio.

Setelah itu, kamu bisa lihat bio akun sosial media kamu sudah terisi link.

Sama halnya dengan menaruh link di bio melalui desktop, melalui Hp pun caranya hampir sama.

Kenapa tidak bisa menaruh link di bio instagram ?

1. Akun Instagram Anda Dibatasi

Salah satu alasan mengapa Anda tidak bisa menaruh link di bio Instagram adalah karena akun Anda sedang dibatasi. Instagram memiliki kebijakan yang melarang penggunaan link yang mengarah ke konten yang melanggar kebijakan komunitas mereka. Jika Anda mencoba menambahkan link yang melanggar kebijakan tersebut, akun Anda bisa dibatasi dan Anda tidak akan bisa menambahkan link di bio.

Cara Mengatasinya: Pastikan link yang Anda tambahkan tidak melanggar kebijakan komunitas Instagram. Jika akun Anda sudah dibatasi, Anda bisa menghubungi dukungan Instagram untuk meminta bantuan.

2. Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis juga bisa menjadi alasan mengapa Anda tidak bisa menaruh link di bio Instagram. Ini bisa terjadi karena masalah pada server Instagram atau masalah pada perangkat Anda.

Cara Mengatasinya: Coba keluar dari aplikasi Instagram dan masuk kembali. Jika masalahnya masih berlanjut, coba hapus data aplikasi dan instal ulang. Jika masalahnya masih berlanjut, coba hubungi dukungan Instagram.

3. Akun Anda Belum Terverifikasi

Instagram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dengan akun terverifikasi untuk menambahkan link ke story mereka. Jika akun Anda belum terverifikasi, Anda tidak akan bisa menambahkan link ke story Anda.

Cara Mengatasinya: Anda bisa mengajukan permohonan untuk verifikasi akun Anda melalui pengaturan akun Instagram Anda.

4. Menggunakan Link Pihak Ketiga

Beberapa pengguna menggunakan layanan pihak ketiga untuk menambahkan lebih dari satu link di bio Instagram mereka. Namun, beberapa layanan ini mungkin tidak kompatibel dengan Instagram dan bisa menyebabkan masalah.

Cara Mengatasinya: Gunakan layanan yang terpercaya dan kompatibel dengan Instagram. Pastikan juga bahwa layanan tersebut tidak melanggar kebijakan Instagram.

Kesimpulan

Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa menaruh link di bio Instagram. Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan untuk memeriksa kebijakan komunitas Instagram dan memastikan bahwa link yang Anda tambahkan tidak melanggar kebijakan tersebut. Jika Anda masih mengalami masalah, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Instagram.

Nah itulah cara membuat link di bio serta menaruh link di bio. Selamat mencoba.

(Visited 252 times, 1 visits today)
Close