Written by 9:18 am Marketing, Tips & Trik

Inilah 4 Cara Marketing Online Yang Dipakai Pengusaha Sukses

Cara Marketing Online

Marketing yang sukses adalah impian para pengusaha, tapi belum tentu semua pengusaha bisa menjalankan strategi yang berhasil. Nah kamu bisa coba cara marketing online yang dipakai pengusaha sukses yang sudah terbukti berhasil.

Mempelajari marketing adalah hal yang seru dan menarik, apalagi jika diibaratkan marketing adalah seni mengeksplorasi, menciptakan dan menyampaikan nilai dari produk kepada konsumenmu.

Tapi beberapa orang yang menjalankan bisnis masih awam dengan marketing, bahkan ada yang menganggap marketing bukanlah jalan untuk meningkatkan penjualan bisnisnya.

Pengusaha yang sudah berjalan bisnisnya selalu berkutat pada modal yang besar, padahal jauh lebih penting memikirkan dan melaksanakan tips marketing untuk kemajuan bisnis.

Maka kamu wajib memahami cara marketing online yang sukses jika ingin bisnis online mu berjalan dengan lancar. Di artikel berikut ini akan ada informasi menarik mengenai cara marketing online yang dipakai pengusaha sukses.

4 Cara Marketing Online Pengusaha Sukses

1. Pelajari Marketing Error

Marketing Error

source : hubspot.com

Realita dilapangan tentang marketing adalah ada sejumlah pengusaha yang menganggap marketing itu mudah, ada juga yang menganggap marketing itu susah dan masih awam untuk dilakukan.

Maka tidak heran jika beberapa pengusaha sering melakukan marketing error, jika kamu pernah melakukannya, tidak apa – apa, hal yang wajar dan bisa terjadi kepada siapa saja.

  • Target pasar yang asal – asal akibat dari kurangnya riset pasar. Kamu jadi membidik audience yang salah, bukannya untung malah capek dalam mengedukasi pasar yang salah, ibarat menembakkan panah, tak satupun bisa mengenai target.
  • Tidak melakukan branding. Emang branding penting? tentu saja, karena dengan adanya branding kamu bisa menjual produk lebih punya ciri khas, jika tidak branding dan marketing yang tepat, lama-kelamaan akan semakin sulit untuk mendapatkan omzet.
  • Tidak memiliki USP (Unique Selling Proposition) atau keunikan yang membuat produk kamu berbeda dari kompetitor sejenis.
  • Gak cerdas dalam melihat situasi, tren, kondisi dan peluang yang ada.
  • overpromising, terlalu jual janji, sedangkan yang didapatkan konsumen tidak sesuai, yang akhirnya menyebabkan konsumen kecewa.
  • Tidak bisa menjaga konsumen lama. kesalahan yang sering dilakukan pengusaha adalah fokus akuisisi pelanggan baru, sedangkan yang lama tidak dijaga. Padahal, biaya medapatkan konsumen baru jauh lebih besar ketimbang biaya menjaga konsumen lama.

Baca juga : Pemasaran Online dan Offline, Mana yang Lebih Baik ?

2. Memahami 4P dalam Marketing

4p marketing

source : correcttechno.az

Dalam marketing ada elemen penting untuk membuat strategi marketing yang sukses, yaitu product (produk/jasa), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).

Jika kamu belum memahami bagaimana 4 elemen ini mampu membuat bisnismu sukses, tips marketing berikut ini bisa kamu pakai untuk memahaminya :

Product

Saat memulai bisnis, produk menjadi hal penting, sebagai satu elemen yang akan ditawarkan kepada konsumen, produk bisa berupa barang atau jasa.

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, kamu tentukan apa saja keunikan yang bisa diangkat dari produkmu. Hal tersebut dilakukan agar produk yang kamu jual berbeda nilainya dengan kompetitor walaupun produknya sejenis.

Misalnya kamu membuka bisnis jualan parfum, kamu perlu mencari keunikan dari parfum kamu apa? seperti lebih tahan lama bisa sampai 8 jam, ketika kompetitor hanya tahan 5 – 6 jam saja. Bisa juga dari wanginya lebih soft punya ciri khas tersendiri.

jika kamu butuh rekomendasi mengenai jualan produk lain, kamu juga bisa baca Ide Barang Jualan Online Yang Laku Setiap Hari.

Langkah selanjutnya adalah, pikirkan bagaimana produkmu bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Price

Harga mengacu kepada seberapa besar konsumen harus mengeluarkan uang untuk membayar produk atau jasa milikmu.

Kamu harus ingat bahwa harga berperan penting dalam menarik minat konsumen. Ketika membuat keputusan mengenai harga, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk yang kamu jual.

Place

Saat menentukan tempat dimana kamu menjual produk dapat mengacu pada tempat yang sekiranya mudah diakses oleh konsumen untuk melihat produkmu. Pada tahapan ini kamu perlu pertimbangkan juga selera pasar, apakah kamu jualan di sosial media seperti instagram, facebook dan lain sebagainya saja atau memanfaatkan platform jualan seperti marketplace.

Tempat yang tepat bisa mendatangkan keuntungan untuk bisnismu.

Promotion

Promosi adalah elemen paling penting dan tahapan yang menyenangkan karena begitu banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan produk.

Tapi pastikan kamu riset terlebih dahulu ya, supaya tahu audiens kamu berada dimana. Misalnya audiens kamu lebih aktif di sosial media, maka kamu perlu melakukan promosi di kanal – kanal seperti Facebook atau Instagram.

Manfaatkan juga konten – konten yang kreatif agar promosi kamu mudah diterima oleh audiens, sehingga tingkat penjualannya bisa meningkat.

3. Memahami Target Marketmu

Target Marketmu

source : gradien.id

Langkah selanjutnya untuk mengetahui cara marketing online yang baik & sukses adalah dengan memahami target market kamu. Menurut sensus, ada 4 generasi yang mengisi populasi di Indonesia: Gen X, Gen Y (atau Generasi Milenial), Gen Z, dan Gen Alpha.

Kenapa harus tahu 4 generasi ini? agar kamu bisa menentukan kira – kira produk kamu cocok untuk generasi yang mana, sehingga saat melakukan promosi akan jauh lebih mudah membidiknya.

Apa sih Gen Z?

Gen Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1996-2010. Mereka adalah generasi dengan populasi terbanyak di Indonesia saat ini. Gen Z memiliki beberapa tipikal umum seperti tech savvy, menghargai perbedaan, tak bisa lepas dari gadget dan media sosial, ingin selalu punya kontribusi positif kepada lingkungan sekitar, dan keputusan untuk membeli barang datang dari dirinya sendiri.

karena tipe Gen Z seperti diatas, kamu bisa mengolah copywriting promosi yang sesuai dengan tipe gen z sehingga mereka yakin kalau produkmu itu memang cocok untuk mereka.

Sedangkan, Gen Y atau Milenial merupakan penduduk terbanyak ke-2 di Indonesia. Berdasarkan survey, para Milenial ini menyukai barang-barang bermerek, sering menghabiskan waktu di internet, bisa multitasking, menyukai traveling, dan lebih suka transaksi cashless atau non-tunai.

Antara dua generasi dengan populasi terbesar yang ada di Indonesia, kamu pasti memiliki bayangan akan seperti apa strategi pemasaran yang tepat agar sesuai dengan target.

4. Pahami Cara Mengembangkan Media Sosial untuk Tujuan Marketing

Cara Mengembangkan Media Sosial

source : suara.com

Sosial media adalah platform yang sangat digemari oleh banyak orang, hampir semua orang di Indonesia memiliki sosial media, baik itu facebook, instagram, youtube dan platform lainnya.

Nah berdasarkan data, Laporan We Are Social mengungkapkan bahwa jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia pada Januari 2022 tumbuh sebesar 12,35% dari tahun lalu. Lebih tepatnya jumlah pengguna aktif medsos pada awal 2022 adalah sebanyak 191 juta orang.

Dengan banyaknya pengguna, sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan sosial media untuk tujuan marketing.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan media sosial untuk tujuan marketing?

Buatlah konten yang spesifik 

Konten adalah salah satu amunisi marketing yang wajib kamu buat apalagi konteksnya dalam memanfaatkan sosial media.

Konten yang bagus dan kreatif memiliki potensi viral di dunia maya, karena potensi tersebut dapat membuat produkmu dikenal luas.

Tapi ingat, buatlah konten yang spesifik sesuai dengan target audiens dan relevan dengan produk kamu. Misalnya, kamu memiliki usaha di bidang skincare, maka buatlah konten tentang perawatan kulit, perawatan wajah, tips and trik dan lain sebagainya.

Sekarang jamannya konten reels untuk menyampaikan informasi produk kepada audiens, nah konten reels yang menarik akan lebih mudah diingat oleh audiens, jika kamu butuh inspirasi kontennya bisa baca ini juga : Inspirasi konten instagram reels FYP 

Visual adalah komponen penting

Sosial media rata – rata menunjukkan visual bukan?
elemen penting dalam memanfaatkan sosial media untuk menaikkan bisnismu adalah dengan mengunggah visual berupa foto atau video.

Tapi unggahlah dengan resolusi tinggi serta audio yang baik. Jangan sampai kualitas visual kurang ya, karena akan membuat audiens tidak mau menyimak konten yang kamu buat.

Yang terpenting, buatlah semenarik mungkin agar kamu bisa mendapat atensi audiens dalam waktu 3 detik pertama. Jika berhasil, besar kemungkinan audiens akan menyimak konten hingga selesai.

Konsistensi

Sosial media adalah platform yang berjalan begitu cepat, beberapa detik saja kita bisa mendapatkan informasi apa aja, di belahan bumi manapun.

Saking cepatnya, tentu kompetitor juga tidak mau kalah dalam mengunggah informasi produk untuk menarik perhatian audiens, jadi kamu butuh yang namanya konsistensi menjaga keeksisan produkmu di sosial media dengan terus mengunggah konten.

Kamu bisa memanfaatkan insight yang ada di Instagram untuk mengetahui prime time kapan audiens lebih banyak melihat konten yang kamu upload.

Tips lain yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga konsistensi adalah dengan membuat content planner supaya kamu tahu secara garis besar selama jangka waktu sebulan, misalnya, akan mengunggah konten apa saja, di hari apa dan jam berapa.

Tingkatkan engagement dengan audiens

Engagement kenapa harus ditingkatkan?

bisnis yang sukses adalah bisnis yang dicintai oleh audiensnya, cara mengetahui seberapa setia pelanggan terhadap produk kamu adalah dengan melakukan interaksi dua arah dengan audiens, agar mereka merasa  dihargai juga merasa dekat dengan brand kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk interaksi dengan audiens, tips berikut bisa langsung kamu praktekkan.

SERINGLAH LAKUKAN LIVE!

Live salah satu cara berinteraksi langsung dengan audiens, gak hanya tentang jualan kamu juga bisa berbagi pengalaman, sharing ilmu dan edukasi pelanggan.

Dengan begitu audiens akan merasa brand kamu punya value lebih. Bahkan sekarang melakukan live membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi bisnismu lebih pesat lagi.

Lakukan soft selling

softselling terdiri dari dua komponen yaitu storytelling dan emotional feelings. Cara komunikasi ini ternyata bisa jadi lebih efektif karena sesuatu yang mengandung emotional feelings akan masuk ke dalam otak bawah sadar sehingga orang lebih ingat.

Selalu membaca dan menganalisis insight

Jangan lupa perhatikan komentar-komentar followers, bagaimana reaksi mereka, pelajari data statistik media sosial, dan dapatkan insight yang bisa menjadi feedback bagi perkembangan brand kamu.

Mudah adaptasi dengan tren yang ada

Kenapa harus mengikuti tren? dengan tren audiens akan merasa brand kamu pemberi insight yang bagus dalam kehidupannya, sebagai pemilik bisnis wajib banget adaptasi dengan tren sehingga saat berinteraksi dengan audiens kamu bisa sejalan dan sepemikiran dengan mereka.

Hasilnya audiens akan merasa senang dengan berinteraksi di brand kamu, dan tak segan untuk selalu ikut berpartisipasi dengan event – event promosi yang kamu lakukan.

Baca juga : Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Nah itulah beberapa cara marketing online yang dipakai pengusaha sukses dan bisa banget kamu praktekkan sekarang juga.

Ingatlah bisnis itu harus dibangun, gak bisa instan dan sukses dalam semalam, konsistensi dan kerja keras tetap kamu butuhkan agar bisnismu sukses.

Oke selamat mencoba tips and trik diatas ya, siapa tahu setelah praktek kamu bisa banjir orderan, atau sosial media produkmu bisa terkenal dan ramai pengunjung.

Selamat praktek dan semangat cuan ya!

Artikel Terkait :
(Visited 22 times, 1 visits today)
Close