Written by 2:57 am Tips & Trik

12 Tips & Cara Belajar / Memulai Bisnis Bagi Pemula

12 Tips & Cara Belajar Memulai Bisnis Bagi Pemula

Saat ini bisnis sudah menjadi hal yang bisa membantu perekonomian kamu, apalagi bisnis secara online mempunyai kemudahan yang bisa dilakukan siapa saja. Meski bisa dilakukan siapa saja, melakukan bisnis tanpa ilmu basic akan membuat kamu kesulitan untuk meningkatkan omset penjualan. Oleh karena itu kamu perlu belajar berbisnis yang benar.

Belajar bisnis baik untuk pemula, karena dapat membantu kamu meningkatkan penjualan dan juga membantu kamu dalam mengelola bisnis menjadi lebih baik lagi.

Namun sebelum memulai bisnis, kamu perlu tahu alasan kenapa kamu harus memulai bisnis sekarang juga, khususnya bisnis online.

10  Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Sekarang Juga

Selain karena kebutuhan ekonomi dan bagian dari investasi jangka panjang, ada berbagai macam alasan kenapa kamu harus memulai bisnis sekarang juga. Berikut adalah alasan – alasannya;

Bisnis gak kenal ruang dan waktu

Memulai bisnis, apalagi bisnis online membuat kamu bisa memiliki jaringan pelanggan yang luas, karena jangkauannya tak terbatas, kamu bisa mempromosikan dan menjual produk kamu ke berbagai wilayah hanya dengan modal internet saja. Apalagi kamu bisa membuka bisnis dalam waktu 24 jam, karena bisnis buka secara online, pelanggan bisa datang kapan saja sesuka hati mereka.

Gak perlu modal besar

Seperti yang kita ketahui, modal adalah salah satu instrumen penting dalam memulai bisnis  dan kerap menjadi hambatan karena kekurangan modal ataupun gak punya modal sama sekali. Jika kamu memulai bisnis dengan sistem online, kamu tidak perlu modal besar untuk membuka toko, karena kamu gak perlu sewa tempat untuk toko. Saat ini kamu bisa membuka bisnis cukup di rumah saja dan memasarkannya lewat online, ataupun kamu bisa menggunakan modal bisnis online yang fleksibel seperti dropship.

Baca juga : Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

Selain tidak perlu modal besar, kamu juga bisa promosi lebih mudah, hanya dengan memanfaatkan sosial media yang kamu miliki, misalnya instagram

Gak perlu lulusan sekolah bisnis

Apapun latar belakang pendidikan yang kamu punya, siapapun bisa membuka bisnis secara online, karena membuka bisnis bisa dipelajari secara otodidak, baik belajar bareng komunitas, ikut seminar, workshop, ecourse dan cari materi belajar berbisnis lewat youtube maupun artikel – artikel bisnis secara gratis.

Gaet pelanggan bisnis lebih mudah

Cara bisnis pemula yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah menggaet pelanggan. Ada banyak cara berbisnis untuk pemula jika ingin pelanggan ramai dan datang ke toko kamu. Salah satunya dengan melakukan promosi seperti promo spesial, diskon, gratis ongkir dan lain sebagainya. Jika kamu punya modal lebih, kamu juga bisa memanfaatkan iklan di Facebook maupun endorse influencer untuk mempromosikan produk yang kamu jual, sehingga menggaet pelanggan bisnis pun jadi jauh lebih mudah. Meskipun kamu termasuk orang yang berbisnis untuk pemula, mencari pelanggan bisa lebih mudah dengan cara – cara ini.

Baca juga : 8 Cara Endorse Selebgram & Artis Untuk Pemula, Dijamin Untung!

Lebih Hemat Biaya Operasional Bisnis

Alasan lain kenapa kamu harus belajar berbisnis sekarang adalah karena memulai bisnis itu hemat biaya operasional, kamu tidak perlu sewa toko atau tempat berbisnis, dengan kata lain biaya operasional menjadi lebih hemat, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan, listrik dan lain sebagainya.

Produk Gampang Dicari dan Ditemukan

Mungkin jika kamu berbisnis dengan cara offline, akan lebih susah dalam mempromosikan produk kamu, karena kamu tidak tau apakah pelanggan membutuhkannya atau tidak, tidak ada riset pasar terlebih dahulu. Namun dengan memulai bisnis online, kamu bisa dengan mudah memajang produk dan pelanggan pun lebih mudah menemukan produk kamu tanpa mereka harus berkeliling toko.

Target Pasar Luas

Karena bisnis online bisa diakses dan ditemukan siapa saja di belahan bumi mana pun, kamu bisa mendapatkan target pasar yang lebih luas dibandingkan dengan toko offline. Kamu bisa mendapatkan pelanggan dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri hanya dengan bantuan jaringan internet saja.

Baca juga : Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Fleksibel

Kemudahan berbisnis menjadi alasan kenapa kamu harus mulai bisnis sekarang juga, salah satunya adalah fleksibilitas dari bisnis secara online, karena mudah dijalankan siapapun dan kapanpun, media yang kamu butuhkan juga bisa melalui handphone, laptop dan koneksi internet saja. Kamu juga bisa mengatur kapan operasional toko tutup, tapi pelanggan masih tetap bisa memesan produk dari toko kamu selama 24 jam nonstop.

Membuka peluang usaha baru

Dengan mulai bisnis sekarang, banyak yang membutuhkan sistem bisnis secara online, kamu juga bisa terhubung dengan peluang usaha baru seperti membuka peluang reseller, produsen, distributor dan lain sebagainya.

Menyediakan Lapangan Pekerjaan baru

Dengan memulai bisnis dan membuka bisnis secara resmi, kamu secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan yang baru, dimana kamu bisa membutuhkan staff untuk membantu kamu dalam operasional bisnis seperti admin marketing yang bisa membantu kamu dalam mengelola administrasi bisnis, misalnya rekap dan arsip orderan dari pelanggan.

Baca juga : Admin Marketing : Tugas, Kualifikasi & Estimasi Gajinya

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus memulai bisnis sekarang, tentu saja karena kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis secara online. Namun untuk memulai bisnis dan terjun ke dalam dunia bisnis itu tidak mudah, meskipun mudah dijalankan siapa saja tanpa ilmu dan tanpa belajar kamu tidak akan bisa membuat bisnis kamu stabil secara pendapatan maupun mengembangkan bisnis lebih maju lagi.

Oleh karena itu, kamu perlu belajar berbisnis, dan berikut ini adalah beberapa cara berbisnis bagi pemula yang bisa kamu coba dalam memulai bisnis khususnya berbisnis secara online.

Baca juga : Panduan Belajar Bisnis Online Terlengkap Untuk Pemula [2023]

12 Tips & Cara Belajar Bisnis Bagi Pemula

Tidak hanya kalangan millenial saja, saat ini kalangan muda seperti gen Z mulai melirik dunia bisnis khususnya bisnis online karena kemudahan yang didapatkan dan keuntungan yang besar dibandingkan harus menjadi seorang karyawan.

Namun transisi bekerja dan berbisnis itu tidak mudah, kamu perlu belajar berbisnis agar tidak salah langkah dalam menjalani bisnis rintisan ini. ke depannya kamu pasti akan menemui banyak rintangan dan halangan. Nah dengan belajar kamu bisa mengatasi setiap permasalahan dengan kepala dingin agar bisnis tetap berjalan seperti biasa.

Berikut ini adalah cara berbisnis untuk pemula yang bisa kamu contoh, yaitu;

Punya mindset bisnis yang tepat

Cara berbisnis untuk pemula yang pertama adalah mempunyai mindset bisnis yang tepat, namanya bisnis ada pasang surutnya, kadang untung kadang rugi, kamu harus bisa menghadapi rintangan tersebut, oleh karena itu kamu perlu mindset yang tepat agar kuat menghadapi rintangan dan mau bangkit lagi ketika gagal.

Tekadkan Niat

Mulai bisnis itu niatnya harus 100%, jangan karena ada satu lain hal kamu jadi menurunkan niat dan bikin kamu gak fokus jalanin bisnis, apalagi nyerah di tengah jalan.

Jika dari awal tekad kamu sudah bulat untuk memulai bisnis, pasti hasilnya pun akan maksimal. Itulah cara menjadi pengusaha pemula yang wajib banget kamu miliki dari awal memutuskan merintis bisnis.

Fokus satu bisnis dan besarkan

Terkadang karena saking semangatnya, kamu ingin membuka banyak bisnis, tentu saja karena ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, namun ternyata hal tersebut justru gak baik lho, kamu malah jadi gak fokus dan bisnis jadi gak jalan sama sekali.

Alangkah lebih baiknya kamu mencurahkan pikiran, tenaga dan waktu untuk fokus pada satu bisnis dan besarkan bisnis tersebut. Setelah itu, baru kamu susun perencanaan bisnis baru.

Karena akan lebih enak dan nyaman untuk dijalani jika bisnis yang satu sudah bisa berjalan sendiri tanpa kamu terlibat banyak, dibandingkan mengurus banyak bisnis dalam satu waktu.

Jadi tips pro sebagai cara berbisnis bagi pemula adalah fokus satu lalu besarkan ya.

Mulailah dari passion kamu

Memulai Usaha itu lebih baik dari passion yang memang kamu sukai, jika kamu mengerjakan apa yang disukai maka kamu akan lebih konsisten dan lebih memahami bidang yang disukai dibandingkan terjun ke dunia yang baru tanpa ada pemandu, kamu hanya akan menyulitkan diri sendiri.

 Misalnya jika kamu hobi memasak, kamu bisa membuka usaha tentang makanan, dari mulai catering, baking atau desert. Selain dari makanan kamu juga bisa menjual peralatan masak dan lain sebagainya.

Jadi cara berdagang untuk pemula adalah memastikan memulai usaha dari bidang yang kamu sukai.

Lihat peluang dan tren yang sedang ramai

Memulai bisnis memang tidak bisa sembarangan, kamu harus melihat peluang dengan riset pasar terlebih dahulu, apakah bisnis yang kamu akan rintis ini memiliki pasarnya di masyarakat atau tidak.

Kamu juga bisa memulai bisnis dengan melihat peluang yang ada, misalnya yang sedang tren di kalangan masyarakat. Seperti contoh makanan yang sedang tren adalah mille crepes, kamu bisa mencoba peluang bisnis ini.

Riset Kompetitor

Jika kamu mulai bisnis pastikan kamu meriset kompetitor di bidang yang akan kamu jual, jangan sampai kamu bersaing dengan kompetitor besar tapi dari segi finansial maupun konten promosi tidak mendukung, kamu tidak bisa berkembang dan kalah dari kompetitor.

Kalaupun kamu mau mengalahkan kompetitor, pastikan kamu punya nilai lebih dan punya unique selling point yang berbeda dan kreatif, sehingga kamu bisa menonjol dibandingkan kompetitor. Itulah cara berbisnis untuk pemula yang perlu kamu lakukan, karena ini adalah hal penting.

Baca juga : Riset Kompetitor Adalah: Manfaat & Cara Melakukannya

Pilih Lokasi Bisnis yang strategis

Lokasi bisnis memang penting jika kamu membuka toko secara offline, atau sebagai kantor pusat dimana ketika customer membutuhkan solusi dari kendala dan perlu ke kantor kamu. Oleh karena itu kamu perlu lokasi yang strategis.

Alasannya agar bisnis kamu mudah untuk ditemui dan berdekatan dengan target audiens yang sudah kamu tentukan.

Berbeda dengan bisnis online, kamu tidak perlu terlalu khawatir mengenai lokasi bisnis, karena jika online kamu bisa menjangkau wilayah mana pun di seluruh Indonesia.

Lakukan Promosi Secara Tepat

Bisnis tidak akan jalan lebih baik tanpa adanya promosi, promosi menjadi hal paling penting untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Sehingga tips atau cara berbisnis bagi pemula selanjutnya adalah lakukanlah promosi dengan tepat.

Promosi yang tepat akan membuat pelanggan mengenal produk kamu, dari mulai kualitas produk hingga pelayanan dari bisnis yang kamu rintis. Dengan adanya promosi kamu juga bisa membuat pelanggan baru menjadi pelanggan terloyal dari bisnis kamu.

Promosi bisa dilakukan secara gratis dengan membuat konten di sosial media, atau melakukan promosi berbayar dengan endorse influencer atau selebgram dan melakukan facebook ads.

Jangan lupa strategi promosi juga penting, salah satunya adalah copywriting. Copywriting yang nampol dan tertarget akan lebih kena kepada audiens dan membuat mereka lebih tertarik kepada bisnis dan produk yang kamu jual.

Baca juga : Copywriting untuk Pemula : Cara Menulis Teks yang Memikat

Manfaatkan Media Sosial

Bisnis tanpa media sosial di zaman serba digital seperti sekarang rasanya ada yang kurang, karena terlihat susah untuk dianggap sebagai bisnis profesional.

Apalagi jaringan internet sudah bisa diakses oleh siapa saja, jika kamu membuka bisnis, kamu harus segera go online dan membuka akun media sosial.

Kegunaannya banyak dari mulai promosi gratisan hingga pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis kamu. Selain itu menjadi media atau wadah untuk kamu bisa berinteraksi langsung bersama pelanggan agar brand kamu semakin di kenal.

Melakukan hal unik dan berbeda

Pada dasarnya pelanggan adalah manusia yang cepat bosan pada sebuah produk maupun bisnis, jadi akan mudah bagi mereka untuk berpindah ke kompetitor.

Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat pelanggan tetap setia, lakukanlah hal unik dan kreatif yang bisa membuat produk kamu semakin unggul dibandingkan kompetitor.

Kamu bisa berinovasi dan membuat produk berkualitas dan unik yang belum ada di kompetitor, sehingga konsumen akan tetap setia pada produk kamu.

Baca juga : Customer Retention : Strategi Pengusaha Pertahankan Pelanggan

Rekrut tim dan buat kerjasama tim yang solid

Berbisnis tidak bisa sendirian, jika bisnis sudah berjalan kamu perlu tim, oleh karena itu rekrutlah tim sesuai dengan kemampuan finansial bisnis kamu terlebih dahulu sebelum merekrut tim lebih banyak.

Pastikan tim yang kamu rekrut mau bekerja sama dengan baik karena bisnis yang kamu rintis juga perlu proses untuk menjadi besar.

Kamu juga bisa merekrut tim yang punya mental yang kuat, sehingga dia mau berjuang bersama dari nol untuk membesarkan bisnis yang kamu rintis.

Belajar dari Kesalahan

Kegagalan dan kesalahan itu akan selalu ada, dan dalam bisnis kegagalan maupun kesalahan itu adalah hal yang wajar, dan bisa membantu kamu untuk belajar menjadi lebih baik lagi agar bisnis juga semakin berkembang.

Dari sebuah kesalahan yang kamu perbuat kamu bisa menganalisisnya dan mengevaluasi bisnis kamu agar kamu bisa membuat strategi bisnis yang lebih tepat dan bagus untuk keberlangsungan bisnis kamu kedepannya.

Nah itulah cara belajar berbisnis bagi pemula yang bisa kamu lakukan langkah demi langkah untuk merintis bisnis yang kamu inginkan. Ingat setiap bisnis tidak bisa langsung besar, kamu harus menghargai proses dan teruslah belajar berbisnis untuk kemajuan bisnis yang lebih baik.

Bisnis yang baik terlahir dari sebuah proses yang dikerjakan dengan sungguh – sungguh dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Oke, semoga tips diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu dalam merintis bisnis ya.

(Visited 263 times, 1 visits today)
Close